10 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Retinol untuk Kulit Lebih Muda dan Sehat (2020)

10 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Retinol untuk Kulit Lebih Muda dan Sehat (2020)

Skincare yang mengandung retinol kini menjadi salah satu produk yang paling dicari. Ini karena retinol berkhasiat untuk membuat kulit tampak lebih elastis, awet muda, dan membantu menghilangkan tanda penuaan dini. Yuk, simak rekomendasi skincare retinol terbaik dari BP-Guide berikut ini.

Akhir-akhir Ini, Produk Mengandung Retinol Sedang Ramai Dibicarakan para Pencinta Skincare

Membahas skincare tidak akan ada habisnya. Kaum wanita suka merawat tubuh dan kecantikan mereka demi penampilan yang tetap sempurna. Terutama masalah kulit wajah yang sering menjadi kunci kepercayaan diri mereka. Berbagai macam produk skincare pun tidak ragu dicoba demi mendapatkan kulit sempurna.

Salah satu inovasi skincare yang sedang ramai dibicarakan adalah penggunaan retinol. Retinol sendiri merupakan zat yang turunan dari vitamin A yang mampu bekerja merangsang pertumbuhan sel kulit baru secara efektif. Selain itu, retinol juga dapat merangsang produksi kolagen pada kulit.

Retinol atau yang juga sering disebut dengan retinoid, biasanya terkandung di dalam essence atau serum. Khasiat dari zat ini adalah mencerahkan dan membersihkan kulit, membuatnya terlihat berseri alami. Itulah mengapa retinol sering dijadikan komponen utama dalam produk-produk anti aging. Fungsi lain dari retinol adalah mampu menangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya.

Manfaat Retinol untuk Kesehatan Kulit

Mengobati Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami oleh orang dewasa. Kemunculan jerawat menandakan kondisi kulit yang sedang tidak sehat dan bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang. Retinol sebagai kandungan skincare yang efektif sering digunakan dokter untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang.

Retinol bekerja membuka sumbatan pori-pori pada kulit, memberi jalan agar obat jerawat bisa meresap lebih sempurna ke dalam kulit dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Kemudian retinol juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih serta mencegah kulit wajah mengalami peradangan.

Retinol sebaiknya digunakan setiap hari, sekali dalam sehari sekitar 30 menit setelah membersihkan wajah.

Mencerahkan Kulit di Area Mata

Mata adalah daerah yang rawan kering dan menghitam, namun banyak orang memilih melewatkan krim mata karena dianggap tidak terlalu penting. Padahal mata menjadi area rawan munculnya tanda penuaan dini seperti garis halus dan kerutan. Dalam rangkaian skincare harianmu, jangan pernah melewatkan yang namanya krim mata, ya.

Jangan pilih sembarang krim mata, tapi pilihlah yang memiliki kandungan retinol. Retinol akan membantu mencerahkan area sekitar mata dan membantu memperlambat munculnya garis halus dan tanda penuaan dini lainnya pada wajah. Aplikasikan tipis-tipis saja setiap malam sebelum tidur agar kamu bisa tampil lebih muda dan lebih percaya diri.

Mencegah Penuaan Dini

Retinol menjadi primadona baru dalam produk antiaging. Zat yang merupakan turunan dari vitamin A ini telah terbukti sangat berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah. Mengapa retinol sangat ampuh untuk antiaging?

Retinol bekerja meningkatkan perputaran sel dalam kulit sehingga mampu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan pada wajah. Zat ini juga mempercepat pengangkatan sel kulit yang lama dan mendorong munculnya sel kulit baru yang lebih sehat. Tidak hanya itu, retinol juga dapat merangsang produksi kolagen pada kulit dan menebalkan lapisan kulit dalam yang menjadi sumber munculnya kerutan.

Menyamarkan Noda Hitam

Flek hitam sering disebut sebagai salah satu tanda penuaan dini. Namun, kondisi ini juga bisa muncul dari hiperpigmentasi yang terjadi pada lapisan kulit. Parahnya lagi, flek hitam tidak selalu muncul di usia 40-an saja lho. Wanita yang berusia 20-30 tahun juga bisa memiliki flek hitam.

Pemakaian produk yang mengandung retinol secara rutin yang dibarengi dengan perawatan lainnya akan membantu menyamarkan noda hitam di wajah. Namun yang harus diingat, jangan pernah menggunakan retinol bersama dengan vitamin C karena keduanya memiliki zat aktif yang bekerja berlawanan.

Cara Pemakaian Produk Retinol yang Tepat

Jangan Gunakan Terlalu Banyak

Apa pun produk perawatan kulit yang kamu gunakan, pastikan kamu tidak menggunakan terlalu banyak. Pakai sesuai dengan dosis yang disarankan agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diinginkan. Kandungan retinol yang disarankan dalam suatu produk adalah 0.01% hingga 0.03%.

Namun untuk kulit yang dipenuhi dengan tanda penuaan dini seperti bintik hitam dan kerutan, maka dosisnya bisa ditingkatkan hingga 0,1 persen. Berapa besar dosis retinol yang digunakan harus di bawah pengawasan dokter. Karena meningkatkan kadar retinol begitu saja tidak akan mempercepat hasilnya.

Gunakan di Malam Hari

Retinol memiliki sifat phototabile, yaitu akan langsung rusak begitu terkena sinar matahari. Kamu yang ingin menggunakan produk retinol harus berhati-hati untuk tidak menggunakannya pada siang hari. Oleh karena itu, sebaiknya pakai produk retinol hanya di malam hari saja sebelum tidur. Itulah mengapa retinol biasanya dikemas dalam botol berwarna gelap agar tidak merusak kandungan yang ada di dalamnya.

Jangan Digunakan ketika Hamil

Hal lain yang harus diketahui wanita sebelum menggunakan produk retinol adalah tidak untuk menggunakannya ketika hamil. Begitu juga setelah melahirkan, sebaiknya tidak langsung menggunakan retinol.

Retinol bisa mengganggu tumbuh kembang bayi yang ada di dalam kandungan dan yang lebih parah bisa menyebabkan janin mengalami cacat ketika dilahirkan. Jika ibu hamil ingin menggunakan produk skincare tertentu, maka harus berkonsultasi dulu dengan dokter.

Rekomendasi Produk Skincare yang Mengandung Retinol

The Ordinary Granactive Retinoid 5% in Squalane

Rekomendasi produk pertama datang dari The Ordinary Granactive Retinoid 5% in Squalane. Produk dari The Ordinary ini mengandung formula retinoid yang ringan dan mudah disesuaikan dengan rangkaian skincare yang lainnya.

Jenis retinoid yang terkandung di dalamnya adalah Granactive Retinoid yang merupakan turunan dari Retionoic Acid. Khasiat dari produk ini adalah mengurangi tanda penuaan dini secara lebih baik dibandingkan produk lain yang mengandung retinol. Meski produk ini boleh digunakan di siang hari, sebaiknya tetap dipakai di malam hari saja agar dapat bekerja dengan sempurna.

Harga Rp. 415.000-798.000

L'Oreal Revitalift Night Cream Anti Wrinkle Firming Dermalift Pro-Retinol

L'Oreal adalah merek produk kecantikan kelas dunia yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dalam lini antiaging mereka, ada produk L'Oreal Revitalift Night Cream Anti Wrinkle Firming Dermalift Pro-Retinol. Dibuat dengan formula yang inovatif, produk ini bekerja menstimulasi 8 natural lifters untuk membuat kulit terasa lebih kencang dan menyamarkan noda hitam secara bersamaan.

Digunakan khusus di malam hari, produk ini dapat meregenerasi kulit 2 kali lebih cepat dan diperkaya dengan kandungan Centella Asiatica untuk menghilangkan jerawat. Kombinasi teknologi Dermalift terbaru dan Pro Retinol-A sebagai bahan antiwrinkle akan mengoptimalkan pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

Gunakan produk ini secara rutin setiap malam hari. Oleskan ke area wajah dan leher secara merata. Dapatkan kulit yang lebih kencang, kenyal, dan bebas kerutan.

Harga Rp. 54.000-99.900

RoC Retinol Correxion Deep Wrinkle Anti-Aging Night Cream

Kamu ingin produk retinol yang murah tapi berkualitas dan bisa memberikan hasil terbaik? Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada RoC Retinol Correxion Deep Wrinkle Anti-Aging Night Cream. Produk ini disebut-sebut sebagai dupe dari produk merek ternama Murad Night Cream.

Dengan harga yang lebih murah, kamu bisa mendapatkan hasil setara dengan pemakaian Murad. RoC dapat memberikan perubahan yang signifikan pada kondisi kulit hanya dalam 12 minggu pemakaian saja. Diperkaya dengan kandungan glycerine dan seha butter yang bekerja melembapkan kulit wajah.

Sebagai produk yang merawat kerutan secara efektif, gunakan di malam hari supaya bisa bekerja dengan sempurna saat kamu tidur. Kandungan inti mineral kompleks dan retinol murni terbukti secara klinis mengurangi garis halus dan kerutan di wajah.

Harga Rp. 425.000-778.500

Biossance Squalane + Phyto-Retinol Serum

Biossance Squalane + Phyto-Retinol Serum bekerja secara signifikan membuat wajah lebih kencang, meratakan warna kulit, dan mencegah terjadinya iritasi kulit. Penggunaan yang rutin bisa mengurangi garis halus, kerutan, dan membuat kulit wajah terasa lebih kenyal dan awet muda.

Formula yang ada di dalam produk ini bekerja dengan baik tanpa menimbulkan iritasi sehingga sangat aman untuk semua jenis kulit. Di dalam produk ini juga ditemukan kandungan unik Bakuchiol yang memiliki kandungan untuk menggantikan senyawa kimia retinol.

Harga Rp. 1.290.000-2.844.000

Avoskin Miraculous Retinol Toner

Toner adalah produk yang harus ada dalam rangkaian skincare harianmu. Toner biasanya digunakan setelah mencuci wajah dengan sabun dan sebelum menggunakan pelembap atau essence. Avoskin Miraculous Retinol Toner adalah toner dengan kandungan niacinamide, retinol, peptide, dan ekstrak delima. Bekerja secara maksimal untuk memperbaiki tekstur kulit, mengencangkan kulit, dan membuatnya lebih cerah.

Kandungan 3% niacinamide di dalamnya sangat efektif untuk membuat kulit terasa lebih kenyal, cerah, tetap lembap, dan elastis.

Harga Rp. 161.100-196.900

Neutrogena Rapid Wrinkle

Dengan konsentrasi kandungan yang lebih tinggi dan tekstur yang lebih cair, serum bisa menyerap ke dalam kulit wajah dengan lebih cepat daripada krim. Neutrogena Rapid Wrinkle akan membuat kulitmu terlihat lebih cerah dan lebih muda hanya dalam waktu 1 minggu.

Diperkaya dengan hyaluronic acid, glucose complex, dan accelerated retinol SA yang dapat meresap hingga ke lapisan kulit terdalam. Pemakaian teratur bisa membuat kulit terasa lebih kencang, menyamarkan garis halus, dan mencerahkan area di sekitar mata.

Dapatkan tampilan kulit yang lebih muda dan cerah bersinar dengan serum terbaik ini. Gunakan setiap hari setelah membersihkan wajah dengan sabun, lalu pijat lembut ke seluruh wajah hingga meresap dengan sempurna.

Harga Rp. 391.000-440.000

Skeyndor Power Retinol Emulsion

Skeyndor Power Retinol Emulsion diperkaya dengan berbagai kandungan terbaik untuk mengurangi kerutan dan garis halus, menjaga kekencangan kulit, membuatnya lebih elastis, dan membuat tekstur kulit menjadi lebih lembut. Kandungan dari produk ini adalah Bakuchiol, HS Soy Extract, dan Pure Retinol yang bisa memberikan efek peremajaan secara maksimal.

Efek samping yang ditimbulkan oleh produk ini sangat rendah. Aman untuk segala jenis kulit dan gunakan secara rutin di malam hari. Produk ini sebaiknya tidak digunakan di siang hari agar tidak merusak kandungan yang ada di dalamnya.

Harga Rp. 916.300-1.600.250

Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum

Retinoid atau retinol menjadi komponen yang sangat dicari dan banyak digunakan untuk membuat serum. Ini karena serum bisa diserap kulit dengan lebih cepat. Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum adalah produk yang bisa kamu pilih.

Konsentrasi retinoid di dalamnya sangat tinggi sebesar 6,5% yang bisa membantu mengatasi masalah penuaan dan memperbaiki tekstur kulit. Produk ini juga diklaim cruelty free dan vegan, sehingga dalam proses pembuatannya tidak membahayakan lingkungan dan makhluk hidup lainnya. Kamu yang punya masalah dengan bekas jerawat dan noda hitam juga bisa mendapatkan khasiat dari serum ini.

Harga Rp. 239.000-314.000

For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream

Krim malam yang satu ini diperkaya kandungan retinol, vitamin E, hyaluronic acid, centella asiatica, dan greentea. Produk ini diklaim mampu melawan tanda-tanda penuaan dini, membuat wajah terasa lebih kenyal, awet muda, dan terlihat segar.

Gunakan krim ini sebelum tidur agar bisa bekerja dengan efektif selama kamu tidur. Buat kamu yang belum pernah menggunakan produk retinol sama sekali, maka krim malam ini bisa kamu jadikan alternatif karena kandungan retinolnya tergolong aman dan rendah.

Harga Rp. 312.000-496.800

The Inkey List Retinol Face Serum

Terakhir ada rekomendasi produk bernama The Inkey List Retinol Face Serum. Kandungan retinol di dalamnya sebanyak 1% yang dikombinasikan dengan 0,5% HPR dan squalane yang bisa menjaga kulit tetap lembab. Tekstur serum yang mirip gel ini sangat ringan dan bisa melembutkan kulit dengan maksimal.

Dapatkan kulit yang lebih cerah, halus, dan lembut dengan pemakaian rutin di malam hari. Produk ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang punya kulit dengan undertone pink.

Harga Rp. 280.000-397.620
From our editorial team

Yuk, Lengkapi Rangkaian Skincare Kamu dengan Produk Retinol

Setelah membaca artikel BP-Guide di atas, kini kamu mengerti bahwa retinol sangat penting dan mampu memberikan banyak manfaat untuk kulit. Nah, tunggu apa lagi? Kalau belum pakai, segera lengkapi rangkaian skincare harianmu dengan produk yang mengandung retinol ya. Pilih yang paling cocok di kulit dan di dompet kamu, ya!