Suka Belanja Kosmetik? Perhatikan 10 Tips Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit Berikut Ini! (2020)

Suka Belanja Kosmetik? Perhatikan 10 Tips Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit Berikut Ini! (2020)

Membeli dan menggunakan kosmetik tak boleh sembarangan, ada aturan sendiri agar kosmetik yang dibeli aman dan memuaskan. Yuk, simak 10 tips membeli kosmetik aman berikut ini!

Cerdas dalam Memilih Produk Kosmetik, Bagaimana Caranya?

Wanita di berbagai penjuru dunia kini memiliki kegemaran merias wajah. Kemampuan riasan wajah setiap orang pun tidak boleh dianggap main-main. Walau tidak ahli di bidang merias wajah, banyak wanita yang sudah pandai merias wajahnya sendiri. Namun, untuk dapat merias wajah dengan memuaskan ada banyak produk kosmetik yang harus dimiliki.

Terkadang agar memiliki variasi yang banyak, beberapa orang banyak membeli produk kosmetik. Jarang sekali mereka para pengguna produk kosmetik ini tidak memeriksa keamanan dari produk kosmetik itu.

Padahal jika produk kosmetik itu berbahaya, ada banyak efek negatif yang bisa menyerang pemakainya. Itulah mengapa pada bagian ini akan dijelaskan apa saja bahaya jika sebarang menggunakan produk kosmetik dan bagaimana tips membeli kosmetik aman untuk kulit.

Bahaya Jika Sembarang Menggunakan Produk Kosmetik

Kulit Terbakar dan Gosong

Produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya diketahui bisa menimbulkan efek panas pada kulit. Pada kasus-kasus tertentu bahkan bukan hanya panas yang akan dirasakan oleh penggunanya.

Akan tetapi, kulit bisa sampai terbakar dan gosong akibat produk kosmetik yang berbahaya. Jadi jika Anda tidak ingin mengalami kondisi ini, segeralah perhatikan produk apa saja yang Anda gunakan.

Muncul Ruam Merah/ Alergi

Bagi beberapa orang, produk kosmetik dengan kandungan yang berbahaya tidak langsung menyebabkan rasa terbakar dan panas. Ada yang akan mengalami gangguan kulit lain, berupa ruam merah yang sering terlihat saat seseorang mengalami alergi. Alergi ini memunculkan rasa gatal juga di seluruh permukaan kulit. Jadi segeralah pilah produk yang Anda gunakan agar tidak berakhir seperti ini.

Lapisan Kulit Terus Menipis

Efek bahaya penggunaan sembarang produk kosmetik juga bisa terlihat dari menipisnya lapisan kulit. Anda akan menemukan bahwa kulit Anda akan sering terkelupas. Selain itu, lapisan kulit yang menipis ini akan lebih sensitif dan bisa menyebabkan banyak penyakit lain bermunculan pada kulit. Jadi jangan sampai Anda menderita kondisi yang sama karena tidak hati-hati memilih produk kosmetik.

Wajah Membengkak dan Rusak Parah

Satu lagi bahaya jika Anda tidak hati-hati dalam membeli dan menggunakan produk kosmetik adalah wajah membengkak dan menjadi rusak parah. Kerusakan pada wajah adalah reaksi yang pasti muncul pada kesalahan penggunaan kosmetik. Bengkak yang timbul pun tidak main-main, karena rasanya sangat gatal dan menyiksa. Belum lagi masalah di beberapa lapisan kulit lain yang membuat lama kelamaan wajah pun tidak bisa bergerak sama sekali.

Menderita Kanker Kulit

Kali ini bahaya yang paling menjadi perhatian adalah akibat dari adanya kandungan merkuri dalam kosmetik. Kandungan bahan ini diketahui dapat menyebabkan kelainan pertumbuhan sel tubuh dan akhirnya muncul penyakit kanker. Anda tentu tidak ingin menderita kondisi seperti ini bukan? Jadi waspadalah selalu.

10 Tips Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit Anda

Periksa Dahulu Apakah Ada Izin BPOM pada Kemasan

Sumber gambar beautynesiablog.id

Tips membeli kosmetik aman yang pertama adalah dengan memastikan bahwa kosmetik telah melalui uji BPOM. Berbagai produk yang sudah lolos uji BPOM berarti sudah diperiksa kandungannya dan dinyatakan aman untuk digunakan secara umum. Bukti telah lolos uji BPOM adalah setiap produk mendapatkan nomor izin BPOM yang dicantumkan pada kemasan. Jadi selalu periksa dahulu keberadaan nomor izin ini, ya.

Memeriksa Apa Kosmetik Terdaftar di Website Resmi BPOM

Sumber gambar sumsel.tribunnews.com

Namun walau sudah memiliki nomor izin BPOM di kemasannya, Anda tetap harus waspada. Tips berikutnya adalah memeriksa apakah nomor itu benar terdaftar untuk produk yang ingin Anda beli. Saat ini banyak pemalsuan penggunaan nomor izin BPOM produk lain pada produk palsu. Jadi silahkan cek keaslian nomor izin BPOM tersebut pada website resmi BPOM di alamat https://cekbpom.pom.go.id.

Pelajari Setiap Kandungan dalam Kosmetik Tersebut

Sumber gambar journal.sociolla.com

Selanjutnya, tips membeli kosmetik aman untuk kulit berikutnya adalah dengan mempelajari kandungan dalamnya. Setiap orang bisa memiliki alergi pada bahan yang berbeda-beda. Jadi penting untuk Anda mengetahui kandungan apa dalam produk kosmetik yang harus Anda hindari. Saat akan membeli kosmetik, pastikan kandungan itu tidak ada dalam produk tersebut. Jadi selama menggunakan produk yang tidak menyebabkan alergi, kulit Anda pun akan lebih terjaga kesehatannya.

Hanya Membeli Kosmetik di Toko yang Terpercaya

Kebanyakan orang terjebak membeli kosmetik yang berbahaya karena salah tempat membeli. Ada banyak toko kosmetik di sekitar Anda, namun tidak semua bisa dipastikan menjual produk yang asli. Anda harus berhati-hati untuk beberapa toko kosmetik tanpa nama mungkin sekali ada produk tiruan yang dijual. Jadi mulai dari sekarang, selalu beli kosmetik di toko yang terpercaya saja, ya.

Jangan Tergiur dengan Harga yang Jauh Lebih Murah

Tawaran banyak datang untuk membeli suatu produk kosmetik dengan harga yang jauh lebih murah. Pastinya tawaran seperti ini sangat menggiurkan. Namun waspadalah karena hampir semua penjual produk dengan harga yang jauh lebih rendah adalah mereka yang menjual produk tiruan. Jadi untuk bisa menghindarinya, selalu berhati-hati dan bernalarlah mengenai harga jual yang ditawarkan. Jangan sampai Anda salah memilih produk kosmetik di luar sana.

Coba Terlebih Dahulu di Kulit Permukaan Tangan

Beberapa tips juga menyarankan untuk Anda melakukan percobaan dulu pada produk kosmetik yang Anda rencanakan untuk gunakan. Tips ini tentu sangat direkomendasikan untuk Anda lakukan. Jadi Anda harus mencoba produk tersebut di daerah telapak tangan.

Tunggulah mungkin hingga 1 hari untuk melihat perubahan apa yang terjadi pada kulit permukaan tangan Anda tersebut. Cara ini akan sangat membantu Anda terhindar dari bahaya karena penggunaan produk kosmetik yang tidak aman.

Jangan Gunakan Kosmetik yang Menimbulkan Reaksi Kulit

Setelah Anda menggunakan produk kosmetik beberapa waktu, perhatikan adakah reaksi yang terjadi pada kulit Anda. Reaksi ini sangat banyak macamnya. Namun walau hanya reaksi kecil seperti gatal dan kulit terkelupas, sudah merupakan sebuah tanda mengenai kandungan dalam produk tersebut terlalu keras untuk kulit Anda. Sebaiknya Anda segera menghentikan pemakaian produk kosmetik yang menimbulkan reaksi-reaksi kulit seperti itu.

Pelajari Tekstur dan Warna Produk yang Tidak Disarankan Penggunaannya

Produk kosmetik yang tidak aman untuk kulit biasanya dapat dibedakan melalui tekstur dan warnanya. Oleh sebab itu, tips membeli kosmetik aman untuk kulit Anda berikutnya adalah dengan memperhatikan tekstur dan warna tersebut.

Jika pada kosmetik Anda tampak tekstur kasar dengan warna mengkilat, waspadalah. Lalu jika warna produk kosmetik Anda terlalu pucat juga waspadalah. Sebisa mungkin jangan menggunakan produk-produk kosmetik seperti itu.

Pastikan Alamat Pabrik pada Kemasan Benar Adanya

Sumber gambar https://unsplash.com

Tips berikutnya yang juga sangat praktis untuk memastikan Anda membeli produk kosmetik yang tepat adalah dengan memastikan informasi alamat pabrik. Setiap produk kosmetik dijual dalam kemasan. Kemasan tersebut memuat informasi hingga ke bagian pabrik di mana produk dibuat. Periksalah apakah alamat yang tertera benar adalah alamat pabrik kosmetik. Jika salah, maka bisa dipastikan produk tersebut hanyalah produk tiruan.

Hindari Menggunakan Produk yang Memiliki Aroma Menyengat

Terakhir, beberapa produk kosmetik yang berbahaya diketahui juga bisa dikenali melalui aromanya. Aroma menyengat pada produk kosmetik menunjukkan bahan kimia yang digunakan dalam komposisi pembuatannya.

Efeknya pun bisa sangat banyak pada kulit wajah Anda. Oleh sebab itu, selalu perhatikan aroma dari produk-produk kosmetik yang anda gunakan dan ingin gunakan. Jangan sampai Anda mengalami masalah kulit karenanya.


From our editorial team

Tak semua produk kosmetik aman, cek selalu dengan cermat demi keamanan Anda!

Demikianlah informasi mengenai tips membeli kosmetik aman untuk kulit Anda. Bagaimana informasinya sangat bermanfaat bukan? Jadi mulai sekarang semakin berhati-hatilah membeli produk kosmetik ya!