Dapatkan Kulit Tangan Lembut dan Halus dengan 10 Rekomendasi Hand Cream Terbaik dari BP-Guide! (2020)

Dapatkan Kulit Tangan Lembut dan Halus dengan 10 Rekomendasi Hand Cream Terbaik dari BP-Guide! (2020)

Kulit tangan memang cukup rentang kering dan kasar. Penggunaan handbody saja rasanya belum cukup. Saat ini sudah banyak brand yang mengeluarkan produk khusus untuk mengatasi kulit tangan yang cepat kering. Yuk, cek rekomendasinya dari BP-Guide berikut ini.

Kenali 3 Faktor Penyebab Kulit Tangan Kering

Sumber gambar www.beautyise.com

Sering mendapati kulit tangan terasa kasar, kering, bahkan mengelupas? Rasanya tentu tidak nyaman dan mengganggu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit tangan Anda mengalami kondisi tersebut, antara lain:

  • Sering Mencuci Tangan
    Kegiatan mencuci tangan dengan sabun sebenarnya sangat baik dan penting karena dapat meluruhkan bakteri berbahaya. Tetapi, mencuci tangan yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sering kali, kulit telapak tangan juga bisa terkelupas. Sabun yang Anda gunakan untuk mencuci tangan bersifat menghilangkan minyak alami pelindung kulit. Ketika minyak alami tersebut luruh dengan sabun dan air, tidak ada lagi penahan yang melembabkan tangan Anda. Oleh karena itu, kulit menjadi pecah-pecah dan terasa kering.
  • Tangan Sering Terpapar Bahan-Bahan Kimia
    Terkena bahan kimia dapat terjadi di mana saja. Ada beberapa pekerjaan yang menyebabkan seseorang terpapar bahan kimia di tangan mereka. Pekerjaan tersebut antara lain seseorang yang bekerja di bidang konstruksi, manufaktur, dan pertanian. Namun, Anda juga bisa terkena paparan bahan kimia ketika melakukan pekerjaan rumah tangga. Misalnya, saat mencuci baju dan mencuci piring. Tangan Anda mau tidak mau terpapar sabun, deterjen, dan pelarut yang mengandung zat kimia. Tanda-tanda kulit terkena iritasi adalah kulit tangan menjadi kering, terasa tebal, dan radang kemerahan. Kulit tangan juga akan mengelupas meski tidak terasa gatal.
  • Perubahan Cuaca dan Iklim
    Penyebab lain dari kulit kering adalah adanya perubahan cuaca dan iklim. Hal ini karena adanya pengaruh angin, panas, dan tingkat tinggi atau rendahnya kelembaban yang mempengaruhi kondisi kulit tangan. Seringkali, cuaca yang dingin dan kering mempengaruhi kelembaban kulit tangan. Dalam udara yang lembab, terdapat kandungan uap air. Saat udara panas, kelembabapan akan meningkat sehingga kulit Anda juga terhidrasi. Namun, ketika udara dingin dan kering, kelembabapan udara akan menurun sehingga tingkat hidrasi pada kulit juga berkurang. Hal ini menyebabkan kulit akan mudah kering.

Cari Tahu Juga Cara Mengatasi dan Mencegah Kulit Tangan Kering

Sumber gambar fashionfoodbeauty.com
  • Menggunakan Hand Cream atau Krim Tangan
    Seperti bagian tubuh yang lain, setiap orang memiliki karakteristik kulit tangan sendiri. Bagian punggung tangan merupakan bagian yang memiliki kulit tipis. Selain itu, punggung tangan juga menjadi bagian yang cepat mengalami penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kerutan pada kulit tangan akan rentan timbul. Tangan menjadi bagian tubuh yang sering kali digunakan untuk bekerja dan terpapar berbagai bahan kimia karena aktifitas Anda. Semua yang berkaitan dengan aktivitas yang sering dilakukan dengan tangan mulai dari memasak, mengetik di komputer, bekerja, dan mencuci akan mempengaruhi kesehatan kulit tangan. Agar tidak kering, pecah-pecah, dan tetap lembab, Anda dapat menggunakan hand cream atau krim untuk tangan. Hand cream yang baik mengandung gliserin, ceramides, asam lemak, dan shea butter. Kulit tangan yang sehat adalah kulit tangan yang lembab. Kulit lembab membantu melindungi tangan Anda dari iritasi.
  • Menghindari Air Panas untuk Cuci Tangan
    Mencuci tangan dengan air panas dapat memicu kondisi tangan menjadi kering. Air panas juga tidak efektif untuk membunuh bakteri. Air panas dapat menghilangkan minyak yang melembabkan kulit tangan. Minyak ini sangat penting untuk lapisan kulit karena melindungi kulit tangan dari kekeringan dan iritasi. Mencuci tangan lebih efektif menggunakan air dingin atau air hangat suam-suam kuku. Ketika cuaca sedang dingin, air hangat suam-suam kuku dapat digunakan untuk mencuci tangan jika tidak tahan menggunakan air dingin.
  • Menggunakan Sarung Tangan
    Ketika mencuci piring, Anda akan terpapar sabun yang merupakan bahan kimia. Tangan Anda berisiko menjadi kering atau terkena iritasi. Menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring dan baju dapat menghindari Anda terpapar langsung dengan bahan-bahan kimia tersebut. Selain itu, Anda juga dapat menghindari paparan sinar matahari dengan menggunakan sarung tangan saat keluar rumah. Sarung tangan ini juga melindungi tangan Anda dari udara dingin. Sebelum menggunakan sarung tangan untuk keluar rumah dan mencuci piring, ada baiknya Anda menggunakan hand cream agar tangan tetap lembab.

10 Rekomendasi Hand Cream Terbaik untuk Tangan

Untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit tangan, Anda perlu menggunakan hand cream. Berikut 10 rekomendasi hand cream terbaik dari BP-Guide.

L’Occitane Amande Almond

L’Occitane Amande Almond merupakan hand cream yang mengandung susu dan minyak almond. Kandungan almond yang terdapat di dalamnya memiliki banyak nutrisi yang dapat mengembalikan kelembutan dan kelembaban tangan.

Almond dalam L’Occitane berasal dari daerah Haute Provence di Prancis. L’Occitane juga mendukung keberlangsungan petani almond dari daerah tersebut. Aroma almond dari hand cream ini terasa lembut, segar, dan menenangkan. Teksturnya pekat dan creamy, tetapi krim tangan ini tidak lengket serta cepat meresap ke dalam kulit.

Hand cream ini juga tidak meninggalkan jejak berminyak di tangan Anda. L’Occitane Amande Almond dapat digunakan setiap hari, saat kulit terasa kering atau setiap kali Anda ingin mengoleskan krim tangan. Oleskan hand cream ini di telapak tangan dan buku jari.

Harga Rp. 85.000-560.000

CeraVe Reparative

Ceramide merupakan sejenis minyak (lipid) yang berada di dalam membran-membran sel. Ceramide sebenarnya dapat ditemukan di lapisan kulit terluar (epidermis). Dengan adanya ceramide yang menjaga kandungan air, lapisan kulit dapat terlindung dari kekeringan sehingga tetap lembab dan dapat melindungi dari polusi.

Kadar ceramide di dalam kulit semakin lama semakin menurun seiring pertambahan usia. Oleh sebab itu, semakin tua usia kulit akan terasa kering. Penurunan kadar ceramide dapat terjadi apabila terlalu sering menggunakan produk kecantikan yang bersifat kasar. Penggunaan obat-obatan tertentu dan pola hidup yang tidak sehat juga memicu penurunan kadar ceramide di dalam kulit.

CeraVe Reparative mengembalikan kelembaban kulit yang kasar, kering, dan pecah-pecah.Hand cream ini adalah salah satu produk yang dikembangkan oleh dermatologi. CeraVe Reparative dapat cepat meresap ke dalam kulit tanpa menimbulkan rasa lengket dan berminyak.

CeraVe Reparative memiliki tiga kandungan esensial ceramides dan formula hyaluronic acid yang dapat membantu melindungi kelembaban kulit tangan.Hand cream ini cocok untuk kulit sensitif dan tidak menyebabkan alergi karena tidak mengandung pewangi. Selain itu, formulanya dapat melindungi tangan hingga 24 jam.

Harga Rp. 200.000-270.000

Aveeno Skin Relief

Aveeno Skin Relief memiliki tiga kandungan dari koloidal oatmeal yaitu esens oat, minyak oat, dan sari oat. Hand cream ini membantu untuk mengatasi tangan kering dan cocok untuk kulit senstif karena tidak mengandung pewangi tambahan.

Menggunakan Aveeno Skin Relief akan membuat tangan tampak sehat serta terasa halus dan lembut. Cocok juga untuk kulit sensitif, Aveeno Skin Relief tidak menimbulkan iritasi dan kemerahan di kulit tangan. Hand cream ini dapat melembabkan tangan hingga 6 jam.

Harga Rp. 133.000-389.000

Supergoop! Forever Young SPF 40

Mencari hand cream yang sekaligus mengandung SPF? Supergoop! dari Forever Young dapat menjadi pilihan utama. Produk-produk dengan menggunakan tabir surya sering kali meninggalkan kesan berminyak dan lengket.

Namun, hand cream ini mempunyai keunggulan yaitu cepat menyerap di kulit dan meninggalkan rasa ringan setelah pemakaian. Selain itu, kandungan argan oil dalam hand cream ini juga melembabkan kulit tanpa terasa berminyak atau lengket.

Supergoop! dapat melindungi kulit tangan dari bahaya sinar UV A dan UV B. Hand cream ini bebas paraben serta pewangi buatan dan cocok untuk semua jenis kulit. Aroma dari Supergoop! berasal dari bahan alami yaitu cardamom, ekaliptus, dan tangerine.

Harga Rp. 250.000-500.000

Bioaqua Pink Silky Peach Plant Essence Moisturizing

Hand cream dari produk Bioaqua ini tidak hanya mengatasi kulit kering dan pecah-pecah, tetapi juga mencegah keriput pada punggung tangan. Formula dan teksturnya yang mirip krim cepat meresap sehingga meninggalkan kesan lembut, halus, dan tidak lengket serta berminyak.

Selain itu, hand cream ini juga dapat digunakan di bagian kulit selain tangan yang kering. Ada tiga aroma menarik yang dapat dipilih sesuai selera yaitu peach, coconut, dan orange.

Harga Rp. 7.800-42.500

The Body Shop Almond Hand and Nail Cream

Almond dipercaya sebagai salah satu sumber vitamin E terbaik. Vitamin E adalah vitamin yang menjadi sumber antioksidan dan larut dalam lemak. Antioksidan yang dihasilkan dalam vitamin E mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Antioksidan baik untuk mencegah kerusakan sel dan penuaan.

Hand cream dari The Body Shop ini merupakan produk kesehatan kulit yang dapat digunakan sehari-hari. Selain mengandung bahan utama dari almond, hand cream ini juga mengandung shea butter untuk membuat tangan terasa halus dan lembut. The Body Shop Almond juga sangat cocok digunakan setelah melakukan perawatan kuku.

Harga Rp. 89.000-189.000

The Saem Fruit Punch Apple

The Saem Fruit Punch Apple memiliki kandungan ekstrak apel, madu manuka, shea butter, dan ceramide yang dapat membantu melembabkan kulit kering. Selain itu, produk hand cream dari The Saem ini juga bebas alkohol, paraben, dan bahan anti alergi sehingga aman untuk kulit. Hand cream ini dapat digunakan setelah mencuci tangan.

Harga Rp. 236.000-369.000

Innisfree Jeju Life Perfumed Cream Guest House Laundry

Produk hand cream dari Innisfree ini memiliki kemasan dengan tutup one-touch cap sehingga mudah dibuka dan ditutup. Innisfree Jeju Life hand cream memiliki tekstur krim yang mudah diserap oleh kulit.

Aromanya juga tahan lama dan dapat memberikan sensasi seolah-olah Anda berada di Pulau Jeju, Korea Selatan. Hand cream ini dapat dioleskan di telapak tangan setelah mencuci tangan.

Harga Rp. 60.000-267.000

Eucerin Advanced Repair

Eucerin Advance Repair merupakan hand cream untuk mengatasi kulit kering, gatal, kasar, dan terkelupas. Hand cream ini juga efektif untuk melembabkan kulit kering akibat cuaca. Eucerin Advance Repair merupakan salah satu hand cream yang direkomendasikan oleh dokter kulit untuk mengatasi kulit kering.

Tekstur hand cream ini creamy dan cepat meresap ke dalam kulit tangan. Selain itu, kesan yang ditimbulkan setelah pemakaian adalah kulit tidak terasa berminyak. Produk ini intensif dalam menghidrasi dan melembabkan telapak tangan.

Harga Rp. 190.000-836.000

Frudia My Orchard Shea Butter

Hand cream Frudia My Orchard Shea Butter memiliki kandungan dari buah dan bunga. Kandungan buah dalam produk ini adalah mawar, melati, orris, dan heliotrope. Sedangkan kandungan buah dalam produk ini berasal dari buah rasberi.

Frudia hand cream juga memiliki kandungan tujuh jenis minyak esensial yang diekstrak dengan madu dan shea butter. Kandungan dalam hand cream ini memberikan nutrisi yang dapat melembutkan dan melembabkan serta sensasi hangat saat digunakan di tangan.

Frudia memiliki aroma mild baby powder yang lembut dan ringan. Selain itu, aroma ini juga tahan lama. Frudia hand cream menutrisi kulit dan tidak menimbulkan rasa lengket di tangan.

Harga Rp. 42.579-60.000
From our editorial team

Cegah Kulit Tangan Kering dan Kasar

Itulah beberapa produk hand cream terbaik pilihan BP-Guide. Yuk, cegah kulit tangan kering dan kasar dengan menggunakan hand cream. Karena kemasannya yang rata-rata mungil tentunya juga cukup mudah dibawa saat beraktivitas. Produk tersebut juga cukup mudah ditemukan baik dengan pembelian online maupun offline.