10 Rekomendasi Lakban Anti Air yang Serbaguna dan Multifungsi (2020)

10 Rekomendasi Lakban Anti Air yang Serbaguna dan Multifungsi (2020)

Lakban adalah benda yang banyak dijumpai sehari-hari. Kegunaannya sangat luas, mulai dari rumah tangga, kantor, hingga pertukangan. Dalam artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi lakban anti air terbaik buat Anda.

Lakban Punya Sejarah Panjang Dalam Hidup Manusia

Sumber gambar www.makodesign.com

Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya lakban bukan? Benda ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari rumah tangga, perkantoran, hingga pertukangan membutuhkan lakban untuk berbagai macam keperluan. Tapi tahukah Anda bahwa di masa lalu lakban punya peran penting dalam sejarah manusia?

Lakban merupakan kata serapan dari Bahasa Belanda yaitu plakband. Di negara Barat, lakban disebut dengan duct tape. Ternyata lakban ditemukan oleh dokter bernama Horace Day pada tahun 1845. Ia menggunakan lakban untuk menutup luka para tentara perang agar perdarahan dapat dihentikan.

Di tahun 1902, kegunaan lakban semakin berkembang di luar bidang medis. Ketika itu, lakban dibuat lebih panjang agar dapat dipakai untuk membungkus kabel baja pada Jembatan Manhattan. Beberapa tahun kemudian, lakban mulai dipakai untuk keperluan listrik.

Lakban terus mengalami evolusi hingga memiliki kegunaan yang sangat luas di masa modern seperti sekarang ini.

Tidak Hanya Untuk Packing, Ini Fungsi Lakban Lainnya

Proyek Do-It-Yourself

Sumber gambar www.bobvila.com

Anda yang suka berkreasi pasti membutuhkan pasti membutuhkan lakban dalam prosesnya. Entah itu untuk merekatkan potongan-potongan bahan atau untuk hal lainnya. Tidak hanya bagian yang bisa menempel saja lho yang bisa digunakan. Bekas gulungan lakban juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat kreasi yang lainnya. Misalnya nih sebagai dekorasi untuk dinding, wadah pensil di atas meja, dan masih banyak lagi.

Penyimpanan Amunisi

Meski cukup mengejutkan, tapi percaya atau tidak lakban memang sangat berkontribusi di bidang militer pada awal masa penemuannya lho. Di masa Perang Dunia II, lakban digunakan untuk membungkus bagian luar kotak amunisi supaya tahan air. Ketika itu, lakban masih terbuat dari kanvas.

Namun dalam perkembangannya, lakban dibuat menggunakan bahan plastik dan sintetis sehingga membuatkan tahan terhadap air. Bukan hanya itu, lakban juga dapat dipakai untuk memperbaiki senjata api dan keperluan darurat lainnya.

Membersihkan Bulu Hewan yang Menempel

Sumber gambar www.rachaelrayshow.com

Fungsi lain dari lakban adalah membersihkan bulu hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang menempel pada baju atau karpet. Bulu-bulu halus ini memang bisa dihilangkan dnegan menggunakan alat vacuum khusus. Namun jika Anda belum punya budget yang memadai, tidak perlu khawatir.

Hilangkan saja dengan menepuk-nepukkan lakban ke seluruh permukaan karpet dan pakaian. Dijamin bulu hewan akan bisa terangkat dengan mudah.

Alat Survival di Kegiatan Outdoor

Sumber gambar wideopenspaces.com

Bagi Anda yang suka melakukan kegiatan outdoor seperti camping, hiking, atau naik gunung wajib banget nih membawa lakban. Lakban berfungsi sebagai alat survival yang serbaguna di alam bebas. Misalnya nih untuk menyatukan kembali tenda atau jas hujan yang robek. Bahkan ada lakban yang khusus dirancang untuk kegiatan surival lho. Ini menunjukkan bahwa lakban memang benda yang sangat serbaguna.

Melindungi Sepatu dari Air Hujan

Terjebak hujan dan takut sepatu rusak karena genangan air? Tenang saja, lakban bisa menjadi alat pertolongan pertama untuk menyelamatkan sepatu kesayangan. Cukup dengan melapisi sepatu menggunakan lakban agar terhindari dari air.

Tapi kamu harus hati-hati dalam melakukan hal ini. Pastikan lakban yang digunakan adalah tipe yang mudah dilepas tanpa menempel pada permukaan. Selain itu, pastikan juga sepatu Anda terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah terkelupas.

Jenis Lakban yang Banyak Digunakan

Opp Tape

Sumber gambar blibli.com

Di antara semua jenis lakban, Opp Tape mungkin yang paling banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Opp Tape berwarna coklat atau bening, sering digunakan untuk keperluan packing, mengepak kardus, dan masih banyak lagi.

Keunggulan dari Opp Tape adalah mampu merekat dengan kuat di banyak permukaan. Sebut saja seperti kaca, karton, kayu, besi, plastik, dan kertas. Opp Tape terbuat dari polypropylene film yang sangat kuat dan juga lentur. Sementara bagian pelekat lakban terbuat dari lem jenis water base acrylic yang sangat kuat.

Masking Tape

Sumber gambar shopee.co.id

Masking tape banyak digunakan untuk menutupi permukaan agar tidak terkena cat dan untuk menyembunyikan permukaan yang tidak rata. Biasanya masking tape digunakan ketika mewarnai mobil atau motor, memotong kaca, dan keperluan interior design lainnya.

Kelebihan dari masking tape ini adalah mudah disobek dan mudah dilepas sehingga tidak akan meninggalkan bekas pada permukaan yang ditinggalkan. Lakban ini terbuat dari bahan kertas krep yang diberi lapisan solvent base natural rubber resin. Warna masking tape yang sering dijumpai adalah putih.

Cloth Tape

Sumber gambar indiamart.com

Anda pasti sering melihat lakban berwarna hitam di tempat-tempat fotokopi atau penjilidan bukan? Nah, itu dia yang disebut dengan Cloth Tape. Kegunaan utama Cloth Tape selain untuk menjilid kertas adalah pengepakan kargo.

Ini karena kekuatannya yang sangat besar. Cloth Tapr dilapisi dengan PE pada permukaan luar, sementara bagian dalam dilapisi dengan natural rubber resin. Karena sangat kuat, lakban ini tahan cuaca dan tahan air.

Rekomendasi Lakban Anti Air Serbaguna Untuk Berbagai Kebutuhan

Nozomi Lakban Bening 48 mm

Produk lakban anti air pertama yang akan direkomendasikan untuk Anda adalah Nozomi Lakban Bening 48 mm. Lakban jenis transparan atau bening ini dikenal memiliki tingkat kerekatan yang terbaik di kelasnya. Bisa digunakan untuk berbagi macam keperluan seperti rumah tangga, industri, pengiriman, perkantoran, dan masih banyak lagi.

Lakban berukuran 48 mm punya panjang 90 yard tanpa putus. Lebih tebal dan kuat, tidak mudah sobek. Anda bisa membelinya secara ecer 1 roll atau 1 karton sekaligus yang total isi 36 pcs.

Harga Rp. 7.000-260.000

BBBC Strip Lakban Anti Air Jamur KODE 72

Dapur adalah area rumah yang sangat rawan kotor. Karena digunakan untuk memasak setiap hari, maka tidak heran area dapur kerap ditumbuhi oleh jamur. Demikian juga dengan tempat cuci piring yang selalu lembab. Kini Anda tidka perlu khawatir, cukup hilangkan jamur yang mengganggu dengan BBBC Strip Lakban Anti Air Jamur KODE 72.

Lakban perekat serbaguna ini dibuat khusus untuk mengatasi berbagai masalah di area dapur. Terbuat dari bahan PVC berkualitas, keunggulan yang ditawarkan oleh produk ini antara lain adalah tahan jamur, tahan lumut, dan tahan dengan kelembaban.

Pilihan warnanya cukup beragam dan sangat menarik. Ada putih, kuning, hijau, kopi, biru, abu, dan pink. Sehingga Anda bisa menyesuaikan warnanya dengan dekorasi dapur.

Harga Rp. 8.000-42.000

FLEX TAPE Lakban Super

Mencari lakban berkualitas yang tahan air dan anti bocor? FLEX TAPE Lakban Super bis ajadi solusi yang tepat. Lakban serbaguna ini benar-benar bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu gelap dan transparan untuk disesuaikan dengan keperluan masing-masing pengguna.

Flex Tape merupakan lakban anti air yang super kuat, dapat dipakai untuk menambal, mengikat, menyegel, dan memperbaiki hampir semua macam barang. Diformulasikan secara khusus untuk menghasilkan lakban yang tebal dan fleksibel, bahkan bisa molor dan berubah bentuk mengikuti kontur permukaan.

Produk ini juga tahan terhadap suhu dan udara. Mau panas, dingin, atau lembab, Flex Tape akan menempel dengan sangat sempurna. Selain itu, Flex Tape juga tahan sinar matahari, ramah lingkungan, dan bisa bertahan dalam cuaca ekstrem.

Harga Rp. 7.000-25.000

Lakban Daimaru Fragile Putih Merah

Pada sektor pengiriman barang dan pengepakan, keberadaan lakban memang sangat penting. Tidak ada perekat yang lebih kuat dibanding lakban untuk menjamin keamanan barang. Terlebih untuk barang yang mudah pecah, dibutuhkan lakban khusus yang sekaligus berfungsi sebagai tanda peringatan.

Namanya Lakban Daimaru Fragile Putih Merah. Lakban ini tersedia dalam 2 jenis, yaitu warna dasar putih dengan tulisan warna merah serta warna dasar merah dengan tulisan warna putih. Dengan lebar 2 inch, lakban ini memiliki total panjang 100 inch. Cocok banget nih buat Anda yang berdagang barang pecah belah dan sering mengirim barang jarak jauh.

Dengan adanya lakban ini, maka pihak ekspedisi akan memperlakukan barang dengan sangat hati-hati selama proses pengiriman.

Harga Rp. 6.000-20.000

Lakban Bening RUSFET 2 Inch

Rekomendasi lakban bening anti air selanjutnya bernama Lakban Bening RUSFET 2 Inch. Lakban yang satu ini dijamin berkualitas, super lengket, lebih tebal, dan lebih rekat. Dapat digunakan untuk packing kardus dan keperluan pengepakan lainnya.

Ukuran 2 inch ini adalah ukuran terbesar dari brand Rusfet. Panjang keseluruhan dari lakban ini adalah 90 yard atau 82 meter dengan berat hanya 200 gram. Warnanya sangat bening hingga bagian logo di dalamnya terlihat dengan jelas. Selain untuk pengepakan, juga dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Lakban anti air ini tidak akan mudah terkelupas.

Harga Rp. 7.000-90.000

Tulips Lakban Coklat 48 mm

Brand Tulips sudah lama dikenal sebagai brand produsen lakban yang berkualitas. Tulips Lakban Coklat 48 mm adalah salah satu produknya. Dengan lebar 48 mm atau 3 inch, maka lakban ini sangat cocok untuk keperluan pengepakan kardus. Bisa juga digunakan untuk kebutuhan lain seperti membungkus sambungan kabel agar tidak berbahaya.

Lakban warna coklat ini mudah dipotong, namun tidak mudah sobek. Daya rekatnya sangat kuat dan tahan terhadap air.

Harga Rp. 3.000-80.000

Lakban GoldTape 100yard

Berikutnya ada rekomendasi produk dari Gold Tape, yaitu Lakban GoldTape 100yard. Lakban ini tersedia dalam 2 pilihan warna berbeda yaitu bening dan coklat yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Dengan lebar 2 inch, lakban ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari pengepakan hingga rumah tangga, semua bisa.

Keunggulan yang ditawarkan oleh lakban ini antara lain adalah kerekatan yang sangat kuat, tidak mudah sobek, dan mudah menempel di semua permukaan. Jadi tidak hanya untuk merekatkan kabel saja lho.

Harga Rp. 8.000-20.000

Nachi CLOTH TAPE 46 MM

Tahukah Anda bahwa lakban yang digunakan untuk menjilid kertas berbeda dengan lakban plastik biasa? Namanya adalah cloth tape atau lakban kain. Nachi CLOTH TAPE 46 MM adalah lakban kain berkualitas dengan daya rekat sangat tinggi.

Lakban ini terbuat dari kain dengan lapisan lem yang dirancang agar mudah menempel di semua permukaan. Jadi tidak hanya bisa digunakan untuk menjilid saja ya. Lakban warna hitam ini memiliki lebar 46 mm atau sekitar 2 inch dengan panjang total 100 yard.

Harga Rp. 10.000-15.000

Alligator Cloth Tape Black 46 mm

Produk selanjutnya yang akan direkomendasikan masih berjenis lakban kain atau cloth tape. Alligator Cloth Tape Black 46 mm namanya. Lakban kain ini memiliki daya rekat yang sangat kuat, mampu menahan beban hingga 25 kg! Terbuat dari kain yang menggunakan benang rayon, kemudian dilebur bersama dengan PE2.

Sementara bagian perekatnya terbuat dari 100% Natural Rubber Adhesive yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Lem jenis ini tidak meleleh sehingga tidak mengotori permukaan. Mudah disobek, tidak berserabut, sehingga lebih rapi. Lakban ini sangat pas digunakan untuk mengepak barang.

Harga Rp. 10.000-20.000

Lakban Fragile Cortape 72 mm

Terakhir ada Lakban Fragile Cortape 72 yard yang akan direkomendasikan dalam daftar ini. Lakban dengan lebar 48 mm atau 2 inch ini didesain khusus untuk keperluan pengepakan. Tulisan Fragile memberi keterangan bahwa barang yang ada di dalamnya merupakan barang pecah belah.

Dengan demikian, barang yang dikirim masih tetap utuh hingga sampai ke tujuan. Penting banget buat Anda yang berjualan barang dan sering melakukan pengiriman ke luar kota. Lakban ini berwarna merah dengan tulisan warna putih.

Harga Rp. 8.000-10.000
From our editorial team

Kenali Jenisnya, Beli Sesuai Kebutuhan

Dari artikel BP-Guide di atas, Anda pasti tahu kalau lakban hadir dalam warna dan ukuran berbeda. Oleh karena itu, jangan sembarang membeli lakban ya! Pastikan lakban yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari warna, ukuran, dan jenisnya. Simpan sisa lakban di tempat yang kering untuk menjaga kualitasnya.