Masih Suka Menulis Diary? Cek 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik dan Menggemaskan Ini (2020)

Masih Suka Menulis Diary? Cek 10 Rekomendasi Buku Catatan Terbaik dan Menggemaskan Ini (2020)

Tidak banyak dari kita yang masih betah manulis di buku catatan. Keberadaan buku catatan kebanyakan sudah digantikan oleh aplikasi pada gadget kita. Namun, banyak juga yang tetap setia memakai buku catatan. Manfaat menulis di buku catatan juga ada banyak. Ketahui manfaatnya dan simak rekomendasi produk dari kami, ya!

Masih Banyak Orang yang Rajin Menulis di Buku Catatan

Sekarang ini mungkin sudah tidak banyak dari kita yang setia menulis di buku catatan. Dengan kecanggihan teknologi, gadget yang sekarang kita pakai bisa menggantikan fungsi buku catatan sepenuhnya. Namun, masih banyak juga loh di antara kita yang masih gemar menulis di buku catatan meski gadget sudah sangat canggih.

Untuk anak sekolah, buku catatan berfungsi sebagai alat untuk mencatat segala hal penting yang diajarkan. Untuk orang dewasa, buku catatan berfungsi untuk mencatat berbagai janji temu, jadwal, hingga lain sebagainya. Kegunaan buku catatan memang sangat beragam sehingga tak heran jika masih banyak orang yang tidak bisa lepas dari perlengkapan tulis menulis yang satu ini.

Manfaat Rutin Menulis di Buku Catatan

Ruutin mengisi buku catatan bisa memberi kita banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk membuat kemampuan menulis jadi semakin bagus. Apalagi jika memang kamu menggemari kegiatan tulis menulis.

Manfaat lainnya adalah bisa membuat kita jadi lebih kreatif. Kita bisa membuat beberapa jadwal baik untuk kegiatan sekolah, kampus, pekerjaan, dan lain sebagainya. Kita juga bisa mewarnai dan menggambar buku catatan tersebut supaya lebih menarik. Ini tentu mengasah kreatifitas kita, ya.

Menulis di buku catatan tentang segala aktivitas penting dalam satu hari tersebut bisa membuat kita jadi lebih menghargai waktu. Kita jadi tahu dan ingat apa saja yang kita lakukan seharian tadi. Dan saat membacanya, kita jadi tahu apa yang sebaiknya ditingkatkan dan apa yang sebaiknya dikurangi waktunya untuk keesokan harinya agar lebih efektif dan efisien memanfaatkan waktu.

Rutin menulis di buku catatan juga membuat kita jadi belajar dari masa lalu. Kamu bisa membaca apa yang sudah kamu tulis dulunya lalu merefleksikan diri. Ini sebagai catatan diri untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan bisa jadi orang yang lebih baik ke depannya.

Menulis di Buku Catatan juga Punya Dampak bagi Kesehatan

Jika kamu jadi salah satu yang hingga kini masih setia menggunakan buku catatan, maka bersyukurlah karena menurut sudut pandang medis, terbiasa memakai buku catatan untuk menulis bisa memberikan banyak manfaat.

Salah satunya adalah untuk memperkuat imun tubuh. Seorang ahli riset kesehatan dari Texas, James Pennebaker, menyatakan bahwa rutin menulis pada buku catatan bisa menjadi salah satu cara untuk mengendalikan emosi. Saat emosi stabil, maka syaraf jadi tenang dan rileks. Jika sudah begini maka imun tubuh jadi meningkat.

Menulis dengan rutin beberapa kejadian penting pada buku catatan juga bisa mengurangi gejala dan risiko stres. Ketika seseorang berlebihan dalam memikirkan sesuatu maka bisa menimbulkan gejala stres dan juga depresi. Agar tidak berlarut-larut, maka wajib dituangkan pada tulisan. Dengan begini maka beban pikiran jadi tidak terlalu berat.

Tips Memilih Buku Catatan

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Untuk memilih buku catatan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Bagi yang sekolah dan kuliah, pilihlah buku catatan dengan pola monoton karena fungsinya vital. Dengan pola yang monoton dan desain sederhana, maka buku catatan bisa bikin kamu lebih berkonsentrasi untuk menuliskan catatan pelajaran, hafalan, dan lain sebagainya.

Untuk yang bekerja mungkin butuh buku catatan model agenda. Buku catatan jenis ini memiliki detail tanggal dan tahun. Ada juga yang diberi kotak khusus setiap tanggalnya. Dengan begini, kamu bisa menandai jadwalmu dengan lebih mudah setiap harinya.

Kamu yang memakai buku catatan untuk buku harian bisa memilih buku catatan yang desainnya menarik. Bisa juga yang dilengkapi dengan gambar atau stiker lucu agar kamu bisa semangat menulis di buku catatan tersebut.

Buku catatan ukuran kecil akan sangat cocok untuk kamu yang butuh mencatat ide-ide penting. Buku semacam ini bisa kamu masukkan ke dalam tas atau saku dan kamu bawa ke mana saja. Sehingga, jika ada hal penting yang ingin kamu ingat nantinya, kamu bisa langsung menuliskannya di buku catatan tersebut.

Pilih yang Ada Keterangan Tanggal

Jika hendak membeli buku catatan, kamu bisa mempertimbangkan yang ada keterangan tanggalnya. Buku catatan dengan tanggal akan membuat kamu lebih mudah mengingat momen dengan lebih detail. Apalagi jika kamu memasukkan catatan perhitungan dan lain sebagainya. Tentunya akan lebih terperinci jika ada tanggalnya.

Kamu bisa juga membeli buku catatan yang tidak ada tanggalnya. Jika tak ada tanggalnya, kamu bisa menuliskan sendiri tanggalnya dengan kreativitasmu. Bisa diberi highlight dan lain sebagainya agar makin menarik dan berkesan.

Pastikan Ukurannya Bikin Kamu Nyaman Menulis

Buku catatan hadir dalam berbagai ukuran. Kamu bisa memilih ukuran buku catatan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga dengan buku tersebut kamu jadi nyaman menulis tanpa membuat tangan cepat pegal.

Ada buku catatan dengan kecil, besar, dan sedang. Pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika untuk sekolah atau ke kampus, kamu bisa memilih ukuran buku standar. Namun jika untuk memo, kamu bisa memilih buku catatan berukuran kecil. Sementara, untuk buku jurnal atau diary, kamu bisa memilih buku yang sedikit lebih kecil dari buku standar agar lebih mudah dibawa kemana saja.

Carilah buku dengan ukuran baris yang sekiranya nyaman untuk kamu menulis. Kamu bisa memilih ukuran 7 mm untuk membuat kamu lebih mudah menulis di tiap barisnya. Atau boleh juga memilih ukuran 6 mm yang membuat kamu lebih mudah membaca ulang tulisan di dalamnya. Atau jika memang tidak suka terlalu terikat dengan baris, kamu bisa memilih yang tidak ada barisnya alias polos.

Pilih Desain dan Warna

Desain dan warna buku juga wajib jadi pertimbangan saat memilih buku catatan. Tentu saja desain dan warna wajib disesuaikan dengan kebutuhan juga.

Misalnya untuk kamu yang sudah bekerja dan memakai buku catatan untuk urusan resmi, tentu kamu tidak ingin memakai buku catatan yang asal saja dan memiliki gambar warna-warni yang kekanakan. Ini akan membuat kamu terkesan tidak dewasa. Kamu bisa memilih desain buku catatan yang elegan dengan sampul kulit atau dengan sampul hard cover dengan warna netral tanpa banyak gambar.

Beda halnya jika kamu mencari buku catatan untuk buku jurnal atau harian. Kamu bisa memilih desain dan warna yang ceria. Kamu bisa juga memilih sesuai selera dan kepribadian kamu supaya kamu lebih semangat untuk menulis di buku tersebut.

Ini Dia Rekomendasi Buku Catatan untuk Kamu

The Language of Sakura Spiral Ruled Notebook

The Language of Sakura Spiral Ruled Notebook menjadi rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini hadir dalam dua pilihan ukuran yakni ukuran A5 dan B5. Ukuran B5 sedikit lebih kecil dari ukuran A5. Buku catatan ini memiliki spiral di pinggirnya.

Desain bukunya sangat indah dan menarik dengan gambar bunga sakura yang kalem. Ada 4 pilihan warna seperti biru, hijau, pink, dan putih. Isi kertasnya bergaris sehingga lebih memudahkan kita untuk menulis dengan rapi. Buku ini berisi 65 lembar atau 130 halaman. Sampul belakang bukunya berbahan karton dengan ketebalan 1 mm.

Harga Rp. 22.000-50.000

Replaceable Buku Catatan Binder Kulit Retro Pirate

Replaceable Buku Catatan Binder Kulit Retro Pirate ini merupakan produk yang bisa jadi pilihan selanjutnya. Buku yang satu ini terbuat dari bahan kulit PU. Bukunya memiliki halaman dalam sekitar 40 lembar atau 80 halaman.

Produk yang satu ini memiliki ukuran 12,9 x 8,2 cm. Buku ini hadir dalam warna cokelat dan ada juga pilihan warna hitam. Dilengkapi pula dengan tali yang dihiasi logam bentuk kompas.

Buku yang satu ini terkesan retro dan sangat keren. Baik laki-laki maupun perempuan bisa memakai buku yang satu ini. Buku catatan ini bisa digunakan untuk kuliah, kantor, atau keperluan pribadi lainnya.

Harga Rp. 59.000-82.000

[DZ] ST245 - Note Book / Buku Tulis Catatan Karakter

DZ ST245 - Note Book / Buku Tulis Catatan Karakter menjadi rekomendasi berikutnya dari kami. Ukuran buku ini adalah 18,5 x 13,5 cm dengan berat 340 gram. Isinya 228 halaman dengan sampul hard cover.

Buku ini juga dilengkapi busa sehingga terkesan empuk di bagian cover-nya. Bagian dalam buku sudah dilengkapi tanggal sehingga lebih mudah untuk mencatat. Ada juga gambar hiasan di setiap lembarnya sehingga tidak perlu tambah stiker lagi untuk menjadikannya buku catatan yang menarik.

Harga Rp. 42.000-109.000

Kenko Ring Note A5-RNPP

Jangan lewatkan untuk memiliki Kenko Ring Note A5-RNPP. Produk yang satu ini cocok untuk digunakan siapa saja. Buku model binder dengan jilid spiral di sampingnya ini cocok digunakan untuk menulis sambil duduk atau berdiri sekalipun.

Buku catatan ini bisa memungkinkan kita untuk membalik halaman tanpa perlu menekuk kertasnya. Ukuran buku ini adalah A5 dengan jumlah 60 lembar kertas dan 120 halaman.

Harga Rp. 10.000-15.000

Dark Stars Quote Spiral Ruled Notebook Diary Journal Buku Tulis Catatan

Dark Stars Quote Spiral Ruled Notebook Diary Journal Buku Tulis Catatan tentu sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini hadir dengan desain secara eksklusif yang bikin kita jadi tergiur banget untuk membeli semuanya.

Jadi, bisa digunakan sebagai hadiah atau dipakai sendiri. Ukuran bukunya terdiri dari ukuran A4, B5, dan A5 yang bisa dipilih. Produk yang satu ini memakai karet penutup buku sehingga buku lebih aman dan tidak mudah terbuka.

Binding-nya bisa dibuka hingga 360 derajat. Produk yang satu ini elastis namun kokoh dan waterproof sehingga lebih aman. Isinya ada 50 lembar atau 100 halaman dengan kertas putih bersih kualitas tinggi.

Harga Rp. 36.000-176.000

Notebook Custom Motif Marble Catatan Buku

Notebook Custom Motif Marble Catatan Buku ini adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini memakai hard cover setebal 3 mm. Isinya terdiri dari 100 lembar kertas putih garis.

Kertasnya adalah HVS 80 gsm. Ada pita pembatas buku, jadi lebih mudah untuk mengetahui tempat terakhir kita membaca buku. Isi buku dijahit eksklusif dan buku bisa dibuka 180 derajat. Produk ini hadir dalam ukuran A5 dan cocok untuk aneka catatan.

Harga Rp. 49.000-90.000

MK930 Buku Tulis Notebook Midsummer Dream

MK930 Buku Tulis Notebook Midsummer Dream ini adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 13 x 19 cm.

Buku catatan ini berisi 120 lembar dengan berat 400 gram. Kertasnya memiliki motif yang indah. Ada banyak pilihan varian seperti fog, moon, tree, dan water. Cover bukunya tebal dengan warna dominan biru dan lukisan yang indah.

Harga Rp. 63.000-138.000

Notebook Agenda Kulit Ukuran A5

Notebook Agenda Kulit Ukuran A5 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Bahan cover-nya terbuat dari kulit sintetis. Dengan pilihan warna navy dan hitam, buku ini kesannya elegan. Produk ini memiliki ukuran 22 x 15 x 2 cm. Desainnya premium sehingga bikin kita semangat menulis. Produk ini cocok untuk kegiatan kantor, sekolah, dan lainnya.

Harga Rp. 58.000-117.000

MK751 Handbook Notebook

Jangan lewatkan juga MMK751 Handbook Notebook yang menjadi rekomendasi berikutnya. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 12,5 x 18,5 cm.

Di dalamnya berisi 90 lembar. Ada 3 macam kertas yang bisa dipilih. Kamu bisa pilih motif garis, polos, atau kotak-kotak. Berat kertasnya 240 gram. Cover-nya terbuat dari bahan kulit sintetis dengan warna yang indah. Ada 4 pilihan warna menarik yang bisa dipilih.

Harga Rp. 33.000-72.000

Notebook Blossom Flowers

Notebook Blossom Flower menjadi rekomendasi terakhir kami. Buku yang satu ini hadir dalam ukuran A5 berisi 60 lembar kertas.

Sampul bagian depan dan belakangnya bisa dibedakan sesuai permintaan. Kamu juga bisa memberi foto, desain sendiri, bahkan bisa juga pesan tulisan atau nama. Buku catatan ini memakai kertas HVS SIDU 70 gsm. Bagian pinggir buku dijilid spiral warna putih.

Harga Rp. 25.000-850.000
From our editorial team

Menulis di Buku Catatan Bisa Jadi Representasi Diri yang Produktif

Menulis adalah proses menuangkan pikiran dan perasaan lewat kata. Menulis juga bisa menjadi sarana untuk kita mengeluarkan opini, ide, dan lain sebagainya. Dengan rutin menulis di buku catatan tentang segala hal, maka bisa jadi representasi pribadi bahwa kita adalah orang yang produktif. Kita bisa selalu menghasilkan ide-ide karya yang mengagumkan. Maka dari itu, jangan lelah menulis. Teruslah berusaha menulis dan biasakan menulis untuk mengasah kreativitas diri dan untuk menjadi pribadi yang produktif.

Tag