Untuk Berbagai Keperluan, Miliki 10 Rekomendasi Lakban Terbaik Berikut (2020)

Untuk Berbagai Keperluan, Miliki 10 Rekomendasi Lakban Terbaik Berikut (2020)

Lakban bukan hal baru dalam kehidupan kita. Perlengkapan yang satu ini bisa digunakan dalam berbagai bidang. Dengan adanya lakban, kita bisa menambal, merekatkan dan menutup dengan rapat berbagai permukaan. Lakban memiliki banyak jenis yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Intip rekomendasi lakban terbaik dari kami untuk berbagai keperluan!

Mengenal Sedikit Sejarah Lakban

Bagi para pengusaha toko online, lakban mungkin mejadi salah satu barang yang sangat diperlukan. Lakban sangat berguna untuk menyegel atau menutup paket yang akan dikirim agar lebih aman hingga sampai tempat tujuan. Perlengkapan yang satu ini mirip plester namun ukurannya lebar. Selain bisa untuk mengemas barang, lakban juga bisa digunakan untuk menjilid tugas, menjilid buku, menambal kebocoran, dan lain sebagainya.

Lakban awalnya dinamakan sebagai duct tape. Ini adalah isolasi multiguna yang mulai berkembang semasa Perang Dunia II. Kala itu duct tape dipakai untuk membungkus kotak amunisi agar tahan terhadap air. Dulu sekali, duct tape terbuat dari bahan kanvas dengan perekat di salah satu sisinya. Kala itu duct tape hadir dengan lebar 48 mm dengan warna hitam atau perak.

Selain digunakan dalam perang, duct tape juga banyak digunakan untuk memperbaiki senjata api, tank, bahkan pesawat terbang. Duct tape sudah ditambah perekat berbahan dasar karet sintetis dengan jalinan kain sehingga semakin kuat merekat. Duct tape pun digunakan untuk keperluan dalam rumah tangga usai perang karena banyak tentara membawa alat ini pulang ke rumah.

Duct tape pernah juga digunakan untuk membungkus kabel baja jembatan. Duct tape sepanjang 91.440 meter membungkus kabel gantung Jembatan Brooklyn Bridge di tahun 1903. Jembatan yang satu ini menghubungkan Manhattan dan Brooklyn. Penggunaan duct tape kala itu adalah untuk melindungi kabel-kabel baja dari karat. Saat ini duct tape sudah dibuat dari bahan polyethylene atau biasa kita kenal dengan plastik PE. Ini membuat lakban jadi lebih kokoh dan kuat.

Mengenal Aneka Fungsi Lakban

Untuk Rumah Tangga

Lakban banyak digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Namun tentu saja tipenya juga berbeda-beda didasarkan pada penggunaannya. Untuk segel kardus misalnya, Anda bisa memakai lakban bening, lakban cokelat, atau lakban fragile. Jenis lakban tersebut bisa juga digunakan untuk menyambung barang rusak.

Untuk penggunaan rumah tangga, Anda mungkin juga butuh lakban aluminium foil. Lakban semacam ini bisa menambal alat masak yang retak dan bocor, seperti panci, pipa air, atas, dinding, dan lain sebagainya.

Pilihan lakban lain untuk rumah tangga adalah lakban kertas alias masking tape. Ini bisa melindungi dinding, plafon, dan list dinding saat mengecat rumah. Masking tape bisa juga untuk menghias buku, kuku, dan lain sebagainya.

Ada juga cloth tape alias lakban hitam yang dibutuhkan dalam rumah tangga. Lakban macam ini bisa menutup, merapikan, dan menyambungkan karpet. Selain itu, lakban semacam ini bisa juga dipakai untuk menjilid buku.

Untuk Industri

Sama seperti lakban untuk rumah tangga, ada banyak juga jenis lakban yang digunakan untuk industri. Anda bisa memakai lakban cokelat, lakban fragile, hingga lakban alumunium foil.

Jenis-jenis lakban tersebut bisa digunakan untuk menyegel kardus, mengisolasi, merekatkan, meredam panas, dan lain sebagainya. Anda bisa juga memakai lakban jenis kertas untuk melindungi bodi mobil, sepeda, dan perangkat elektronik.

Untuk Proses Jasa

Lakban bisa juga untuk digunakan dalam proses jasa. Anda bisa mengandalkan lakban fragile, lakban cokelat, cloth tape, hingga stationary tape untuk jasa kemasan, pergudangan, hingga logistik.

Selain itu, lakban aluminium foil juga bisa digunakan untuk jasa anti bocor gedung, bangunan, dan rumah. Anda bisa juga melirik lakban kertas untuk jasa pengecatan dinding, plafon, hingga list dinding.

Tips Memilih Lakban

Jangan sampai salah memilih lakban yang tepat untuk keperluan Anda, ya. Anda bisa memperhatikan tips berikut agar bisa memilih lakban berkualitas.

Pertama, pilih lakban berdasarkan fungsinya. Lakban hadir dalam banyak tipe. Ada tipe OPP, stationary, masking tape, cloth tape, dan lain sebagainya. Setiap tipe lakban memiliki fungsi sendiri. Misalnya untuk packing, akan lebih cocok memakai OPP, cloth tape, atau stationary tape. Sementara itu, untuk keperluan menambal bisa memakai aluminium tape. Untuk menutup atau hiasan bisa memakai masking tape.

Kedua, pilih ukuran lakban sesuai keperluan. Lakban tersedia dalam berbagai ukuran lebar, panjang, dan ketebalan. Pilih sesuai kebutuhan sehingga bisa mengakomodasi kebutuhan dengan lebih baik.

Ketiga, pilih lakban dengan kualitas yang bagus. Cari produsen lakban terbaik yang nama mereknya sudah dikenal luas. Dengan begini, kualitas lakban tidak perlu dipertanyakan lagi. Lakban yang bagus memiliki daya rekat kuat dan tidak mudah lepas.

Pilih lakban dari harganya juga. Hindari tergiur harga lakban yang terlalu murah. Harga bisa mempengaruhi kualitas lakban. Ada banyak lakban merek baru yang selalu memberikan harga lakban murah namun tidak sesuai dengan kualitas, jadi Anda wajib berhati-hati memilihnya.

Ini Dia Deretan Lakban Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Daimaru Aluminium Foil Tape

Daimaru Aluminium Foil Tape merupakan rekomendasi pertama untuk Anda. Produk yang satu ini terbuat dari bahan alumunium. Ukuran panjangnya 37 meter dan lebar 48 mm.

Anda bisa memakai lakban ini untuk menambal panci yang bocor. Produk ini cocok untuk melapisi pipa AC juga. Lakban ini tahan panas dan memiliki daya rekat yang kuat.

Meski bentuknya sangat tipis, namun lakban aluminium ini tahan dingin, paparan sinar ultraviolet, dan bahan kimia. Ini karena bagian perekatnya dilapisi dengan kertas sehingga Anda bisa memakainya sedikit demi sedikit.

Harga Rp. 34.000-60.000

Rainbow Glitter Masking Tape

10pcs Rainbow Glitter Masking Tape menjadi rekomendasi selanjutnya. Ini adalah lakban model masking tape yang keren. Anda bisa menggunakannya untuk mendekorasi kerajinan tangan seperti scrapbook.

Produk ini mudah disobek dengan hanya memakai tangan dan juga mudah dikelupas tanpa meninggalkan jejak yang mengganggu. Produk ini cocok juga untuk menandai halaman buku. Ukurannya adalah 15 x 4,5 cm. Dalam pembelian terdiri dari 10 buah dengan warna beragam.

Harga Rp. 25.832-26.000

Lakban Bening - Lakban Coklat Kagumi

Lakban Bening - Lakban Coklat Kagumi ini adalah produk selanjutnya untuk jadi andalan. Lakban terbaik ini cocok untuk packing. Lebarnya adalah 5 cm.

Kualitas lakban ini sangat bagus dan tidak mudah putus. Ada dua pilihan warna, yakni cokelat dan bening. Anda bisa memilih yang sesuai kebutuhan.

Harga Rp. 3.500-33.000

Double Tape Foam Hijau 1"x5 m / Double Tape Busa Hijau 5 Meter Nankai

Jangan lewatkan memiliki Double Tape Foam Hijau 1"x5 m / Double Tape Busa Hijau 5 Meter Nankai. Ini merupakan lakban jenis double tape terbaik.

Produk yang satu ini hadir dengan bahan akrilik foam cotton. Anda bisa memakainya untuk dekorasi interior mobil, dekorasi pintu, mencegah air hujan, dan bisa untuk memperbaiki rekatan. Pastikan saja permukaan yang akan ditempeli sudah bersih dari debu, oli, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 4.500-15.000

Nano Magic 1 m Double Tape Bening Tahan Air 30 mm x 1 m

Nano Magic 1 m Double Tape Bening Tahan Air 30 mm x 1 m juga tidak bisa Anda lewatkan sebagai pilihan. Lakban terbaik dengan tipe double tape ini bisa dicuci dan bisa digunakan kembali.

Produk ini juga bisa dikelupas lagi tanpa meninggalkan bekas pada permukaan. Terbuat dari bahan PU soft gel, lakban ini mudah digunakan. Anda bisa memakainya pada permukaan kayu, marmer, kaca, plastik, baja, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 7.350-40.000

Nanko Merah OPP Tape Fragile 48 mm x 90 y

Nanko Merah OPP Tape Fragile 48 mm x 90 y adalah produk untuk Anda miliki selanjutnya. Lakban terbaik yang satu ini berjenis OPP tape. Daya rekatnya tidak perlu dipertanyakan.

Lakban ini begitu kuat dan kokoh saat digunakan sehingga cocok untuk membungkus produk yang mudah pecah.

Dengan warna dasar merah, produk ini jadi lebih terlihat saat digunakan. Lebar lakbannya adalah 48 mm dengan panjang 90 yard. Anda bisa memakainya untuk menyegel dus dan mengepak barang.

Harga Rp. 15.000-22.500

Berry Tape Aluminium Tape

Berry Tape Aluminium Tape menjadi rekomendasi berikutnya untuk Anda. Produk yang satu ini unik karena bisa tahan panas dan dingin. Lakban terbaik ini akan tahan suhu -20 derajat celcius hingga 120 derajat celcius. Ukuran lebarnya adalah 48 mm dengan panjang sekitar 65,8 meter. Anda bisa memakainya untuk menambal knalpot atau panci.

Produk ini bisa juga digunakan untuk merekatkan bubble wrap. Anda bisa juga memakainya untuk melapisi pipa bersuhu tinggi seperti pipa AC dan aneka benda bahan logam. Produk ini memiliki perekat yang kuat jadi tidak perlu khawatir saat memakainya.

Decorative Glitter Lace Washi Tape Colorful Sticky Adhesive Masking Tape DIY Craft Decorations Scrapbooking Decorating Stickers

Decorative Glitter Lace Washi Tape Colorful Sticky Adhesive Masking Tape DIY Craft Decorations Scrapbooking Decorating Stickers adalah rekomendasi kami selanjutnya.

Lakban jenis masking tape ini bisa dibilang yang terbaik. Tampilannya unik karena seperti renda namun bisa merekatkan dengan kuat.

Produk ini bisa jadi hiasan scrapbook, bisa juga jadi perekat kado dan lain sebagainya. Terbuat dari bahan PVC, produk yang satu ini kualitasnya oke banget.

Harga Rp. 5.766-17.000

Solatip Joyko STT-32-R6 / Stationery Tape

Solatip Joyko STT-32-R6 / Stationery Tape menjadi rekomendasi berikutnya. Lakban terbaik yang satu ini berjenis stationary tape. Panjangnya 45 meter dan lebar 24 mm. Anda bisa memakainya untuk aneka keperluan. Bisa untuk menjilid buku, merekatkan bungkusan, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 2.250-12.000

Flex Tape Lakban Super Kuat Anti Bocor Anti Air Magic Tape

Flex Tape Lakban Super Kuat Anti Bocor Anti Air Magic Tape menjadi rekomendasi terakhir dari kami. Lakban terbaik ini super kuat dan antiair. Anda bisa memakainya untuk menambal, mengikat, menyegel, dan memperbaiki aneka bahan.

Produk ini tebal, fleksibel, dan tahan panas dan dingin. Anda pun bisa menggunakannya untuk menyegel air, udara, dan kelembapan untuk menciptakan penghalang kedap air. Ukuran panjangnya adalah 1520 mm dengan lebar 100 mm.

Harga Rp. 17.000-114.000
From our editorial team

Sesuaikan Lakban dengan Kebutuhan

Jika bicara soal lakban, tentu kita terbayang pada plester hitam, cokelat, atau bening dengan lebar yang lebih luas dari selotip biasa. Padahal, jenis lakban ada banyak. Ada juga yang ukuran lebarnya tidak selebar lakban pada umumnya. Desain lakban juga beragam, ada yang polos, ada yang bergambar, atau ada yang dilengkapi tulisan. Anda bisa memilih lakban sesuai kebutuhan. Misalnya untuk menjilid buku, maka paling baik memakai lakban hitam alisan cloth tape karena lebih kuat. Sementara jika butuh menghias buku atau menandai buku, Anda bisa gunakan masking tape yang hadir dalam berbagai bentuk yang lucu dan menarik.