10 Rekomendasi Pulpen Standard yang Mesti Ada di Meja Kerja dan Rumah Anda (2020)

10 Rekomendasi Pulpen Standard yang Mesti Ada di Meja Kerja dan Rumah Anda (2020)

Pulpen adalah alat tulis yang wajib ada untuk keperluan kerja atau sekolah. Ada berbagai macam merek pulpen yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih pulpen yang enak dan nyaman digunakan, salah satunya adalah pulpen Standard. Simak ulasan terkait alat tulis berikut ini.

Setiap Kantor Pasti Membutuhkan Alat Tulis

Di era teknologi ini, ternyata kehadiran alat tulis kantor atau ATK masih sangat dibutuhkan. Meskipun setiap kantor telah dilengkapi dengan berbagai alat dan mesin berteknologi tinggi, tetapi kerja operasional kantor akan terganggu jika tidak adanya ATK.

Sayangnya, karena ATK tergolong barang yang habis pakai dan memiliki bentuk yang cenderung kecil, ATK menjadi barang yang sering terlupakan dalam daftar pembelanjaan kantor.

ATK tidak hanya berperan penting dalam dunia perkantoran, tetapi juga masih sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Meskipun proses belajar mengajar di SMA atau Kampus telah memanfaatkan proyektor sebagai media ajar, namun ATK tetapi dibutuhkan oleh guru dan murid.

Pemanfaatan ATK di dunia pendidikan biasanya digunakan untuk keperluan mencatat materi, menyatukan dokumen, atau memberi penanda dari buku yang telah dibaca.

Perlengkapan Alat Tulis yang Harus Selalu Ada Dalam Setiap Kantor Saat Ini

Highlighter

Highlighter adalah perlengkapan ATK yang wajib ada. Alat tulis ini memiliki fungsi untuk memberikan tanda melalui warna. Highlighter biasanya digunakan untuk memberi penanda pada kata atau kalimat penting di dalam buku. Warna-warna yang cerah dan khas membuat tanda yang dihasilkannya menjadi sangat menonjol dan mudah diingat.

Highlighter biasanya memiliki aneka macam warna, seperti hijau, merah, oranye, dan warna-warna lainnya. Warna yang dihasilkannya sangat cerah dan tidak mudah pudar, sehingga tanda yang dihasilkan akan bertahan dalam waktu yang lama.

Spidol

Marker atau yang biasa dikenal dengan nama spidol adalah salah satu perlengkapan ATK yang kehadirannya sangat penting. Berfungsi sebagai alat tulis, spidol memiliki keunggulan dari pena, yaitu dapat menghasilkan garis tinta yang lebih besar. Ciri khas dari spidol adalah ujungnya terbuat dari serat berpori.

Sedangkan bagian dalamnya memiliki serat yang mampu menampung dan menyimpan persediaan tinta. Spidol termasuk ke dalam benda habis pakai, sehingga harus diganti secara berkala atau diisi ulang. Meskipun dalam kerja perkantoran alat tulis seperti spidol jarang digunakan, namun spidol wajib tersedia agar tidak mengganggu operasional kantor saat dibutuhkan.

Spidol memiliki dua jenis tinta, tinta biasa dan tinta permanen. Spidol yang memiliki tinta biasa atau board maker dapat digunakan untuk menulis di papan tulis. Board marker menawarkan tinta yang terang, sehingga tulisan yang dihasilkan terlihat jelas. Meskipun demikian, tinta yang dihasilkan board marker dapat dihapus dengan mudah.

Jenis kedua adalah spidol dengan tinta permanen atau permanent marker. Spidol jenis ini biasa digunakan untuk menandai berbagai permukaan seperti kaca, alumunium, atau plastik. Tinta permanennya akan menghasilkan warna yang terang dan tidak akan terhapus.

Selain warna hitam, spidol sekarang telah tersedia dalam berbagai jenis warna. Tetapi warna yang sering digunakan adalah warna hitam, merah, dan biru.

Staples

Staples adalah alat perlengkapan kantor yang memiliki kegunaan sebagai alat penjepit kertas. Karena steples atau stapler cenderung susah untuk disebutkan, masyarakat Indonesia di berbagai daerah memberikan berbagai nama untuk alat ini, seperti pengokot, necis, jegrekan, cekrekan, jeglokan, dan nama-nama lainnya. Kehadiran staples sangat dibutuhkan dalam kebutuhan perkantoran, karena dapat menyatukan dokumen penting agar tidak tercecer.

Tidak hanya di kantor, ternyata staples juga ditemukan di berbagai tempat penjual makanan atau barang. Hal ini dikarenakan staples tidak hanya bisa digunakan untuk kertas saja, tetapi juga dapat digunakan untuk plastik. Sehingga masyarakat Indonesia sering memanfaatkan staples sebagai perekat saat membungkus makanan atau barang.

Staples tersedia dalam berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan ketebalan kertas yang akan direkatkan. Semakin tebal kertas, maka semakin besar pula staples yang dibutuhkan. Isi dari staples memiliki bentuk seperti huruf U. Semakin panjang isinya, maka semakin tebal pula kertas yang dapat dijangkaunya.

Pulpen

Pulpen atau pena adalah alat tulis yang paling populer dan paling banyak digunakan. Tidak hanya untuk perlengkapan kantor, tetapi pulpen juga menjadi alat tulis yang penting dalam proses belajar mengajar di sekolah atau kampus. Meskipun sekarang kantor atau kampus telah dilengkapi dengan teknologi berbasis komputer, namun kehadiran pulpen tetap saja dibutuhkan untuk mencatat materi atau tanda tangan.

Sayangnya, karena ukurannya yang kecil dan termasuk ke dalam barang habis pakai, pulpen menjadi salah satu ATK yang sering terlupakan. Maka dari itu, pulpen harus selalu dimasukkan ke dalam daftar belanjaan kantor atau keperluan sekolah.

Pulpen memiliki warna tinta yang beragam, yaitu merah, hitam, dan biru. Namun, semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula variasi dari warna pulpen. Dari warna-warna yang cerah seperti hijau, hingga warna-warna yang elegan dan eksklusif seperti warna emas.

Jenis-jenis Pulpen yang Harus Anda Ketahui

Ballpoint

Ballpoint adalah jenis pulpen yang paling sering digunakan di kantor maupun di sekolah. Hal ini dikarenakan, selain mudah untuk digunakan, ballpoint juga memiliki harga yang relatif murah. Ciri khas dari ballpoint adalah memiliki mata yang berbentuk bulat dan tumpul.

Tintanya memiliki tekstur yang kental dan berbasis minyak. Untuk penyimpanan tintanya disimpan di dalam tabung tinta yang memiliki bentuk bulat memanjang. Ukuran ujung mata ballpoint umumnya adalah berkisar 0,7 mm hingga 1,0 mm. Keunggulan jenis pulpen ini adalah tinta yang dihasilkannya halus dan merata, sehingga dapat memperlancar penggunaannya.

Namun, jenis pulpen ini rentan terjadi kebocoran jika terbentur atau terjatuh. Kebocoran tinta ini memiliki efek yang sangat merugikan, karena dapat mengotori kertas, tangan. hingga pakaian. Maka dari itu, penggunaan ballpoint harus lebih berhati-hati.

Rollerball

Rollerball adalah pulpen yang memiliki tinta yang terbuat dari air. Keunggulan dari tinta rollerball ini adalah dapat mengalir dengan cepat dan halus, sehingga dapat menghasilkan garis yang lebih rata dan bagus.

Pulpen yang memiliki ukuran mata kisaran 0,5 mm hingga 0,7 mm ini memiliki bentuk mata seperti bola yang kecil yang dapat menghasilkan garis yang lebih ramping dan tipis. Selain itu, tintanya yang begitu cair membuat Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar saat ingin menulis.

Sayangnya, tinta yang begitu cair ini dapat membuat tulisan Anda begitu tebal dan terkadang dapat menembus lapisan kertas. Selain itu, jika tinta belum kering dan tersentuh oleh tangan Anda, maka tinta akan berserakan dan membuat kertas menjadi kotor. Maka dari itu, agar tinta tidak berserakan dan mengotori kertas dan tangan Anda, gunakanlah book signing sebagai wadahnya.

Pena

Pena adalah jenis pulpen yang sangat familiar di telinga, terutama telinga masyarakat Indonesia. Jenis pulpen ini memiliki mata yang dapat diganti, sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan ukuran yang Anda butuhkan. Selain itu, tintanya juga bisa diisi ulang dengan menggunakan media pipet.

Proses kerja dari pena adalah menggunakan sistem umpan dari reservoir atau cartridge yang memanfaatkan gravitasi dan aksi kapiler. Pengisian tintanya dapat dilakukan dengan gaya piston internal.

Sayangnya, pulpen jenis ini memiliki harga yang relatif lebih mahal sehingga jarang sekali digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Biasanya, pena digunakan untuk keperluan yang penting-penting saja, seperti tanda tangan atau paraf.

Pulpen Tinta Gel

Pulpen tinta gel adalah pulpen yang memiliki tinta yang bertekstur gel dan dilengkapi dengan pigmen agar tersuspensi dalam air. Pulpen yang memiliki mata berukuran 0,5 mm hingga 0,7 mm ini dapat menghasilkan garis yang lebih tajam. Hal ini dikarenakan tinta yang dihasilkannya sangat kental.

Kekurangan dari tinta gel ini adalah tinta yang dihasilkan cenderung menggelembung dan susah kering. Jika Anda gunakan jenis pulpen ini untuk menulis, Anda harus menunggu baris pertama kering terlebih dahulu untuk menulis baris selanjutnya. Hal ini dilakukan agar tinta tidak berserakan dan membuat kertas menjadi kotor.

Tinta gel pada pulpen memiliki dua jenis, yaitu berbasis air dan berbasis minyak. Keduanya memiliki kualitas yang sama dan juga sama-sama dapat menghasilkan goresan yang halus. Keunggulan dari tinta gel adalah dapat memberikan efek mengkilat saat diaplikasikan. Tampilan ini tentunya membuat tinta gel memberikan hasil yang lebih menarik dibandingkan pulpen dengan tinta jenis lain.

Rekomendasi Pulpen Standard untuk Kebutuhan Alat Tulis di Rumah atau Kantor

Pulpen Standard AE7

Pulpen Standard AE7 adalah pulpen yang dapat menghasilkan garis yang jelas dengan ketebalan 0,5 mm. Pulpen yang memiliki ukuran 15 x 0,8 cm ini dilengkapi dengan mata pena yang telah menggunakan teknologi orbit cat dan space ball, sehingga nyaman digunakan.

Desain pegangannya juga tidak licin dan bebas berputar, sehingga lebih mudah untuk digunakan. Pulpen dari Standard ini memiliki tinta yang dapat melekat sempurna pada kertas, sehingga kertas Anda tidak mudah kotor. Selain itu, tabungnya terbuat dari bahan plastik berkualitas yang tidak mudah patah.

Harga Rp. 15.600-16.900

Pulpen Standard Tecno

Pulpen Standard Tecno adalah pulpen yang berukuran 15 cm dan dapat menghasilkan tinta dengan ketebalan 0,38 cm. Didesain dengan bodi yang transparan, sehingga membuat tampilannya menjadi lebih menarik.

Pulpen dari Standard ini menggunakan tinta gel yang berbasis minyak. Tinta jenis ini dapat membuat garis yang dihasilkan lebih jelas dan mengkilap. Dilengkapi pula dengan klip yang dapat mempermudah Anda untuk membawanya kemana-mana.

Tintanya juga bisa diisi ulang, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan. Tersedia dalam berbagai pilihan warna, seperti hitam, biru, dan merah.

Harga Rp. 20.000-29.484

Pulpen Standard NX-7HTM

Pulpen Standard NX-7HTM adalah jenis pulpen yang memiliki ukuran refill yang besar. Ukuran refil dari pulpen jenis ini bahkan lebih besar hingga 35% dibandingkan dengan refill pulpen jenis lain. Tintanya merupakan perpaduan antara H2O gel dan oil gel, sehingga dapat menghasilkan tulisan yang memiliki warna yang lebih pekat.

Selain itu, pulpen yang memiliki mata berukuran 0,388 mm ini bisa menghasilkan tulisan yang lebih halus dan bebas noda. Bodinya terbuat dari bahan plastik berkualitas yang tidak mudah rusak dan patah. Didesain penuh warna dan trendi yang disesuaikan dengan karakter anak muda.

Harga Rp. 23.000-28.392

Pulpen Standard R-8 HTM

Pulpen Standard R-8 HTM adalah pulpen dari Standard yang menawarkan hasil yang super halus, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar saat menggunakannya.

Pulpen yang didesain dalam bentuk retractable ini dilengkapi dengan sistem auto clip. Pulpen yang memiliki mata berukuran 0,7 mm ini dilengkapi dengan pegangan karet yang dapat memberikan kenyamanan saat menulis.

Pena yang terdiri dari tiga warna, yaitu hitam, biru, dan merah ini memiliki tinta dengan jenis semi gel.

Harga Rp. 35.700-79.000

Pulpen Standard Boldliner Elite 1.0

Pulpen Standard Boldliner Elite 1.0 adalah pulpen yang memiliki tinta gel untuk menghasilkan garis yang solid dan mengkilap. Pulpen yang memiliki ukuran mata 1,0 mm ini dirancang khusus sebagai pulpen tanda tangan.

Ujungnya dilengkapi dengan teknologi anti shock spring yang dapat menghindari dari arus balik. Bagian bodinya dilengkapi dengan karet yang lembut untuk kenyamanan Anda saat menggenggamnya.

Pulpen dari Standard ini memiliki tinta yang tidak mudah kering, sehingga Anda perlu berhati-hati menggunakannya agar tinta tidak belepotan.

Harga Rp. 10.500-15.400

Pulpen Standard AE9

Pulpen Standard AE9 adalah pulpen dari Swiss yang dilengkapi dengan teknologi Orbit Cut dan Space Ball. Selain itu, bola tungsten carbide-nya yang berukuran 0,5 mm dilengkapi dengan Surface Traement yang dapat membuat mata pena bisa bebas berputar, sehingga sangat nyaman saat digunakan.

Gelnya berbasis minyak, sehingga dapat melekat sempurna pada kertas dan menghasilkan warna yang lebih pekat, bebas noda, dan halus. Selain minyak, tintanya juga terbuat dari bahan dyestuff yang murni. Bahan ini dapat membuat refill dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa memudar.

Harga Rp. 19.000-24.999

Pulpen Standard LX-205 Lexion

Pulpen Standard LX-205 Lexion adalah pulpen dengan tipe retract pen yang memiliki mata berukuran 1,0 mm. Didesain elegan dan minimalis dalam tampilan bodi yang jenrih. Dilengkapi pula dengan pegangan karet yang menambah kenyamanan saat digunakan.

Tintanya terbuat dari minyak, sehingga menghasilkan warna yang lebih pekat. Selain itu, tekstur gelnya juga membuat Anda dapat menulis dengan lancar dan merata. Pulpen ini membuat Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga yang besar, sehingga Anda terhindar dari tangan yang pegal saat menggunakannya.

Harga Rp. 20.800-25.130

Pulpen Standard Standard Action

Pulpen Standard Standard Action adalah retractable pen yang memiliki mata pulpen berukuran 0,5 mm. Didesain simpel dengan warna bodi yang menarik membuat tampilan dari pulpen ini menjadi lebih berkelas.

Tinta yang digunakan adalah tinta yang berbasis minyak, sehingga dapat menghasilkan garis yang lebih pekat. Selain itu, tinta yang bertekstur gel memberikan hasil yang lebih lembut dan bebas noda. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu warna hitam dan biru. Untuk pulpen hitam, bodinya berwarna-warni dan untuk tinta biru memiliki bodi berwarna biru saja.

Harga Rp. 20.400-27.000

Standard Grip ST009 Bolpen

Standard Grip ST009 Bolpen adalah pulpen yang memiliki ukuran panjang 15 cm dengan mata pena berukuran 0,5 mm. Didesain menarik dengan body yang terdiri dari beragam warna, seperti hitam, oranye, pink, biru, dan hijau.

Tintanya memiliki tekstur gel dengan basis minyak, sehingga menghasilkan warna yang lebih lembut dan tajam. Pena yang terbuat dari plastik berkualitas ini didesain ergonomis agar nyaman digenggam dan tidak membuat tangan pegal saat digunakan. Dilengkapi dengan teknologi refillable, sehingga Anda tidak perlu takut untuk kehabisan tinta.

Harga Rp. 21.500-50.000

Standard Tecnogrip S Bolpen

Standard Tecnogrip S Bolpen adalah pulpen yang terbuat dari bahan plastik berkualitas yang tidak mudah rusak atau patah. Pulpen yang memiliki panjang 15 cm ini dilengkapi dengan mata pena berukuran 0,38 mm.

Tintanya yang memiliki tekstur gel berbasis minyak menawarkan hasil yang lebih pekat dan dapat melekat sempurna. Mata penanya yang lembut membuat Anda lebih nyaman menggunakannya.

Selain itu, tintanya bebas noda dan tidak mudah bocor. Dilengkapi pula dengan teknologi refillable yang membuat Anda dapat mengisi ulang tinta dengan mudah.

Harga Rp. 2.200-2.200
From our editorial team

Miliki Pulpen Dalam Jumlah Banyak untuk Berjaga-jaga

Peulpen sebaiknya dimiliki dalam jumlah banyak, sehingga ketika dibutuhkan Anda bisa mencarinya dengan mudah. Dengan ukurannya yang kecil menjadikan pulpen sangat rentan hilang atau tercecer. Karena harganya cukup terjangkau, tentunya rekomendasi dari BP-Guide di atas bisa menjadi pilihan untuk melengkapi keperluan pulpen Anda.