- Ingin Beralih ke Beras Organik tetapi Bingung Pilih yang Mana? Ini Dia, 10 Rekomendasi dari BP-Guide buat Anda
- Bermasalah dengan Lambung? 5 Rekomendasi Tablet Omeprazole Ini Bisa Jadi Solusi Efektif
- 9 Rekomendasi Peralatan Ortopedi yang Bisa Digunakan Sesuai dengan Pengawasan Tenaga Medis Ahli (2023)
- Sakit Diare? Ini 10 Rekomendasi Makanan yang Cocok untuk Atasi Diare
- Kenali 7 Cara Efektif Mengatasi Stress Untuk Ibu Rumah Tangga dari BP-Guide! (2023)
Berbagai Macam Tekanan Saat Bekerja Dapat Membuat Stres
Bekerja memang membutuhkan kegiatan yang membutuhkan banyak tenaga dan menguras waktu, meskipun akan mendapatkan gaji sebagai imbalannya. Terutama bagi para pekerja kantoran di kota-kota besar yang sering bekerja hingga tak kenal waktu, bekerja merupakan hal yang sangat melelahkan. Tak heran banyak pekerja kantoran yang mengalami stress kerja.
Stress kerja merupakan keadaan tertekan yang dialami oleh karyawan dalam menghadapi pekerjaannya. Stress ini terlihat dari gejalanya yang berupa emosi tidak stabil, perasaan tidak tenang, cemas, tegang, gugup, tekanan darah meningkat, sulit tidur dan lain-lainnya.
Meskipun begitu penyebab stress kerja bisa disebabkan oleh faktor lingkungan kerja atau faktor personal. Faktor lingkungan kerja dapat berupa kondisi manajemen kantor atau hubungan sosial di tempat kerja. Sedangkan faktor personal bisa berupa tipe kepribadian atau peristiwa yang sedang dialami di keluarga atau lingkungan sosialnya.
8 Cara Efektif Untuk Mengatasi Stres Kerja
Melupakan Pekerjaan Sejenak
Terkadang beban pekerjaan atau target saat bekerja membuat seseorang menjadi stres. Tentu hal tersebut juga akan mempengaruhi kehidupan pribadi seseorang tersebut. Jika Anda sudah berada pada posisi tersebut dan merasa bahwa pekerjaan membuat Anda tertekan dan tegang, sebaiknya Anda mengambil keputusan untuk beristirahat sejenak.
Anda dapat mengambil cuti selama beberapa waktu dan mencari hiburan yang dapat membuat Anda melupakan pekerjaan Anda. Pergi berlibur bersama keluarga atau sekadar melakukan kegiatan yang dapat membuat Anda tertawa seperti menonton film, pergi ke taman bermain dan sebagainya. Tertawa dapat membawa dampak positif terhadap tubuh Anda, dan juga dapat menghilangkan stres dan beban berat yang sedang Anda pikirkan.
Kenali Batas Kemampuan
Hal yang paling penting adalah Anda harus mengenali batas kemampuan Anda dalam melakukan setiap pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Dengan mengenali batas kemampuan, Anda dapat mengurangi stress karena pekerjaan.
Anda dapat memperhitungkan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Selain itu, Anda juga bisa menentukan kapan waktu Anda harus beristirahat dan mengambil cuti untuk sekedar berlibur dan menghilangkan penat karena bekerja, sehingga Anda tidak akan merasa stress.
Bicarakan dengan Atasan
Meskipun terkesan canggung, memiliki komunikasi dua arah dengan atasan adalah hal yang sangat diperlukan. Jika Anda merasa stres dan tertekan dalam pekerjaan, akan lebih baik apabila Anda membicarakan hal tersebut kepada atasan Anda.
Hal ini diperlukan agar atasan Anda mengetahui batas kemampuan Anda dan tidak memberi banyak tugas dan tekanan. Anda juga berhak menolak , jika beban yang diberikan kepada Anda sudah terlalu banyak dan di luar dari tanggung jawab pekerjaan yang Anda miliki. Tujuannya adalah untuk bekerja secara efektif dan menghindari stres dalam bekerja.
Mencari Dukungan Sosial
Rasa jenuh atau stres dalam bekerja tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja Anda. Maka dari itu Anda harus membuat lingkungan kerja Anda menjadi senyaman mungkin, dengan menemukan orang-orang yang mendukung, menyenangkan dan santai.
Menciptakan sekelompok besar rekan kerja yang dapat mendengarkan Anda dengan baik. Selain itu, dapat membuat Anda tertawa dapat membantu untuk meringankan beban kerja yang berat dan dapat melepas stres dengan tertawa bersama.
Mereka juga akan memberikan dukungan sosial untuk Anda agar terus semangat menjalankan pekerjaan tersebut. Orang-orang seperti ini memiliki peran yang sangat penting untuk mengatasi stres yang Anda alami.
Mendengarkan Musik
Musik merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan stres. Saat Anda merasa jenuh dan tertekan saat berada di tempat kerja, Anda dapat beristirahat sejenak dan mendengarkan musik yang Anda sukai.
Anda juga bisa mengerjakan pekerjaan Anda sambil mendengarkan lagu yang Anda sukai. Hal ini akan membuat Anda lebih rileks dan tenang serta mendapatkan mood kembali untuk mengerjakan pekerjaan. Musik memang memiliki pengaruh yang kuat terhadap pikiran, itulah mengapa musik dapat mempengaruhi mood dari si pendengarnya
Melakukan Olahraga Kecil
Sering kali stres kerja juga terjadi karena Anda merasa sangat lelah dan penat. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan olahraga kecil, seperti melakukan peregangan tubuh atau stretching di sela-sela pekerjaan Anda.
Hal ini dapat membantu Anda untuk memperlancar peredaran darah ke seluruh bagian tubuh dan otak. Tentu saja, hal ini juga akan membuat Anda lebih rileks dan menghilangkan stres ketika bekerja. Anda hanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit untuk melakukan stretching kecil-kecilan mulai dari kepala, tangan hingga kaki.
Menggunakan Waktu Istirahat dengan Efektif
Sering kali saat terlalu fokus bekerja dan banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, kita akan lupa dengan waktu istirahat dan makan siang. Hindarilah hal tersebut, karena jam istirahat merupakan waktu yang harus dipergunakan secara efektif untuk makan siang atau sekadar nongkrong di tempat makan bersama rekan kerja yang lain.
Hal ini akan membuat Anda untuk sejenak melupakan pekerjaan dan membuat pikiran kembali menjadi fresh. Sehingga Anda tidak boleh sekali pun melewatkan jam istirahat untuk makan siang, agar terhindar dari stres kerja.
Memotivasi Diri Sendiri
Anda juga harus senantiasa memotivasi diri sendiri dan mengingat kembali apa yang menjadi motivasi awal Anda saat pertama bekerja dulu. Baik itu untuk rencana masa depan, seperti menikah, membangun usaha atau melanjutkan pendidikan.
Harapan-harapan indah yang menjadi motivasi kamu untuk bekerja inilah yang dapat mengembalikan mood Anda untuk bekerja. Dengan motivasi yang kuat Anda akan lebih semangat lagi untuk mencapai tujuan-tujuan Anda.
Hindari Stress Hingga Sakit Saat Bekerja
Beberapa cara di atas merupakan cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stress saat bekerja. Jangan sampai Anda mengalami stress hingga sakit saat bekerja. Bagaimanapun juga kesehatan diri sendiri lebih mahal harganya dan harus dijaga agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan efektif.