10 Rekomendasi Pena Menggambar yang Bisa Mendukung Aktivitas Menggambar Anda

10 Rekomendasi Pena Menggambar yang Bisa Mendukung Aktivitas Menggambar Anda

Menggambar dengan pena, tidak hanya milik para pemula. Ada banyak pelukis andal yang terus menggambar sketsa dan sebagainya. Tidak hanya itu, para arsitek juga memerlukan pena atau pensil untuk menggambar sketsanya. Oleh karena itu, BP-Guide akan mengulas pena untuk menggambar yang pas untuk mendukung kerja Anda.

Menggambar Merupakan Suatu Aktivitas untuk Menuangkan Sebuah Imajinasi ke Dalam Suatu Media

Setiap manusia pasti memiliki banyak imajinasi, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Menggambar adalah salah satu aktivitas untuk merawat imajinasi Anda yang kaya. Anda bisa menuangkan semua imajinasi menggunakan media kertas dan pensil warna. Tidak hanya imajinasi, Anda juga dapat mengungkapkan perasaan yang terdalam dengan goresan pensil atau kuas.

Menggambar dapat membuat Anda menjadi lebih cerdas, karena membutuhkan keterampilan, kepekaan rasa, kreativitas, ide, pengetahuan, dan wawasan yang melatih kerja otak. Karena itulah, menggambar sangat disarankan untuk anak-anak, agar tumbuh kembang otaknya menjadi optimal.

Beberapa Peralatan Wajib bagi para Pencinta Aktivitas Menggambar

Pensil Warna

Pensil warna lazim digunakan untuk menggambar. Satu set pensil warna ada yang terdiri dari 12, 24, atau 72 warna. Pensil warna sangat bagus digunakan untuk mengarsir atau mewarnai gambar dengan cara gradasi.

Cat Akrilik

Jika Anda menggambar menggunakan media kanvas, kayu, atau styrofoam, Anda tidak membutuhkan pensil warna lagi, tetapi cat akrilik. Cat akrilik adalah cat yang menggunakan air sebagai basisnya tetapi memiliki tekstur yang lebih pekat daripada cat air biasa.

Keunggulan dari cat ini adalah cepat mengering. Hal ini karena cat akrilik mengandung larutan pigmen dan resin akrilik. Larutan ini mengandung air sehingga ketika menguap akan mengering dan yang tersisa adalah perpaduan resin akrilik dan pigmen warna.

Pastel

Pastel adalah pewarna yang terbuat dari bubuk pigmen yang dicampur dengan pengikat non berminyak. Pewarna ini dapat diaplikasikan dengan cara digosokkan pada bidang gambar dengan tekanan tertentu. Penggunaan pastel menghasilkan warna yang lebih cerah dan segar.

Tortillon / Alat Dussel

Tortillon atau dussel adalah alat yang terbuat dari kertas yang digulung dan ujungnya berbentuk silinder dan memiliki fungsi untuk meratakan atau menghasilkan goresan pada gambar yang dibuat dengan pensil, krayon, arang, ataupun alat lainnya.

Penggunaan dari alat dussel ini sangatlah sederhana, hanya dengan menggosok atau menyapukan bagian ujungnya di atas gambar yang akan dihaluskan.

Drawing Pen

Drawing pen adalah alat menggambar yang memiliki karakteristik warna yang pekat, sehingga dapat memudahkan Anda untuk menggambar atau membuat sketsa. Drawing pen memiliki beragam ukuran, seperti 0.0 , 0.1 , 0.2 , 0.25 , 0.3, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada juga drawing pen yang telah tersedia untuk membuat kaligrafi.

9 Rekomendasi Drawing Pen Terbaik

Sakura Pigma Micron Drawing Pen

Sumber gambar www.blibli.com

Sakura Pigma Micron Drawing Pen adalah pulpen gambar yang berkualitas dan sangat populer di kalangan para ilustrator. Dalam paket ini terdapat lima buah pena yang terdiri dari sebuah brush pen, sebuah pulpen ukuran 5, sebuah pulpen ukuran 3, sebuah pulpen ukuran 1, dan sebuah pulpen ukuran 0.05. Anda bisa mendapatkan produk Sakura Pigma Micron Pen ini di Blibli dengan harga hanya Rp 165.000.

Sailor Fude De Mannen - Stroke Style Calligraphy Fountain Pen - Bamboo Green - Nib Angle 55 Degrees (11-0127-767)

Sumber gambar www.ubuy.co.id

Sailor Fude De Mannen - Stroke Style Calligraphy Fountain Pen - Bamboo Green - Nib Angle 55 Degrees (11-0127-767) adalah pena menggambar yang secara khusus dirancang untuk memudahkan Anda dalam menulis kaligrafi. Anda bisa membuat tulisan tebal ataupun tipis dengan produk ini. Anda bisa mendapatkan produk dari ini di Ubuy Indonesia dengan harga Rp 202.470 atau juga bisa didapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 300.000.

Faber-Castell Pitt Artists' Drawing Pen

Sumber gambar www.tokopedia.com

Faber Castell PITT Artist Pen - Black - India Ink - Satuan adalah pena gambar yang memiliki tinta berpigmen, sehingga cocok untuk digunakan membuat sketsa, gambar, dan ilustrasi. Tintanya gambar dengan sangat cepat ini memiliki banyak keunggulan, seperti tahan air, bebas bau, bebas asam, memiliki pH netral, dan permanen. Pena gambar ini dapat Anda miliki dengan harga hanya Rp 53.000 dan pembelian dapat Anda lakukan di Tokopedia.

Rotring Rapidograph Technical Pen

Sumber gambar www.tokopedia.com

ROTRING Rapidograph 0.60 mm Technical Drawing Pen adalah pena gambar teknis yang memiliki presisi tinggi. Pena merupakan buatan Jerman ini memiliki ujung yang berukuran 0,60 mm. Ujung penanya yang tipis berlapis krom tahan aus dan tahan air, sehingga dapat memudahkan Anda untuk menggunakannya. Pena yang memiliki tinta helix ini menggunakan kartrid yang inovatif. Anda bisa mendapatkan pena gambar ini di Tokopedia dengan harga hanya Rp 435.000.

Pentel Color Brush pen

Sumber gambar www.tokopedia.com

ID 20769 Brush pen : Pentel Standard Brush Pen / 1 pc adalah pena kuas dari Pentel yang memiliki kuas nilon yang memudahkan Anda dalam membuat tulisan kaligrafi, tulisan jepang, ataupun sketsa. Ujung pena yang fleksibel juga memudahkan Anda untuk mengkreasikan garis dengan ketebalan yang berbeda. Tintanya berwarna hitam dan berbasis air sehingga pena yang memiliki panjang 175 cm ini cocok digunakan untuk melukis.

Mengisi ulang tinta untuk pena gambar ini sangatlah sederhana, hanya dengan mengisi catridge-nya saja tanpa perlu repot. Anda bisa mendapatkan pena gambar dari Pentel ini di Tokopedia dengan harga Rp 74.500 atau juga bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 70.000.

Uni Posca Paint Marker PCF350 Black Brush Tip

Sumber gambar www.tokopedia.com

Uni Posca Paint Marker PCF350 Black Brush Tip adalah pena gambar yang ujungnya terbuat dari bahan sintetis. Pena gambar yang menggunakan tinta yang sejenis dengan cat akrilik ini dapat Anda gunakan untuk semua permukaan seperti kertas, foto, kaca, kayu, plastik, dan logam. Tintanya juga sangat aman digunakan karena berbasis air dan tidak beracun. Anda bisa mendapatkan pena gambar dari Uni Posca ini di Tokopedia dengan harga Rp 96.000.

UNI Pin Fine Line Drawing Pen

Sumber gambar www.tokopedia.com

UNI Pin Fine Line Drawing Pen adalah pena gambar yang memiliki ujung pipih yang berukuran 0.28 mm, sehingga cocok untuk membantu Anda dalam menggambar dan menulis. Tinta yang digunakan oleh pena gambar ini adalah tinta pigmen berwarna hitam yang tahan air dan tahan pudar, sehingga aman dan nyaman digunakan untuk menggambar. Anda bisa mendapatkan pena gambar dari Uni ini di Tokopedia dengan harga hanya Rp 24.000.

Copic Drawing Pen

Sumber gambar www.jetpens.com



Copic Drawing Pen bisa menghasilkan garis dengan berbagai ukuran hanya dengan mengubah tekanan saat menulis. Tintanya berbahan air dan bebas asam. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga hanya Rp 60.000.

Pilot Drawing pen

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pilot Drawing pen adalah pena gambar dari Pilot yang memiliki warna tinta hitam. Pena yang dapat menghasilkan aliran tinta yang tajam, bersih dan konsisten ini memiliki ketebalan mata pena berukuran 0,1 mm, 0,2 mm, 0,3 mm, dan 0,5 mm. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 16.400.

From our editorial team

Pena Menggambar Berkualitas untuk Hasil Gambar yang Berkualitas Tinggi

Aktivitas menggambar tentu memerlukan peralatan yang terbaik pula. Pastikan juga agar Anda sudah mempelajari berbagai teknik menggambar yang tepat. Sebab, peralatan terbaik tentunya tidak akan berfungsi maksimal bila tidak dibarengi dengan teknik yang mumpuni.