Ingin Mengetik dengan Mesin Tik? Ini 8 Rekomendasi Mesin Tik Manual dan Elektronik yang Masih Dicari Orang (2018)

Ingin Mengetik dengan Mesin Tik? Ini 8 Rekomendasi Mesin Tik Manual dan Elektronik yang Masih Dicari Orang (2018)

Siapa bilang setelah ada komputer maka mesin tik sudah ditinggalkan? Sensasi mengetik dengan mesin tik tentu sangat berbeda dan memberikan kenikmatan tersendiri. Hasil ketikannya juga khas sehingga mesin tik yang vintage masih banyak dicari orang.

Meskipun Sudah Kurang Populer, Mesin Tik Masih Menjadi Pilihan Dalam Membuat Dokumen

Sekarang ini untuk membuat dokumen sudah tak begitu rumit, karena ada banyak gadget yang bisa mempermudah kita. Dari mulai smartphone, tablet sampai laptop bisa digunakan untuk membuat dokumen dan menyimpan salinannya dengan mudah.

Pada zaman dahulu dokumen penting dibuat dengan memakai mesin tik. Namun, di zaman serba instan seperti sekarang, mesin ketik sudah hampir punah karena banyak digantikan oleh komputer meja maupun komputer portabel.

Kendati demikian, beberapa kantor pemerintahan masih ada juga yang memakai mesin tik untuk membuat dokumen seperti SPJ hingga kuitansi. Bersama BP-Guide, mari bersama menelusuri bagaimana cara memiliki mesin tik yang tepat.

Panduan Cara Memilih Mesin Tik

Lebar Kertas

Saat akan membeli mesin tik, kita bisa perhatikan kualitas mesin tersebut dari segi lebar kertas yang bisa digunakan dengan mesin tersebut. Anda bisa memiliki mesin tik yang memiliki pengaturan ukuran kertas. Biasanya ukuran lebar yang tersedia adalah 9, 13, 15 hingga 18 inci.

Untuk jenis kertasnya biasanya orang mengenal kertas HVS untuk dijadikan dokumen yang dipakai untuk mesin ketik. Kertas ini populer karena lebih mudah didapatkan di pasaran. Kertas HVS hadir dalam warna putih dengan varian gramatur dari 60 gram hingga 100 gram.

Jenis

Mesin tik ada dua jenis yakni yang tipe manual dan ada juga yang tipe elektrik. Mesin tik manual tentu seluruh cara kerjanya manual dengan tenaga manusia. Mesin tik ini banyak dijumpai baik di rumah atau di kantor yang masih memakai mesin tik model manual.

Jenis yang satunya lagi adalah mesin tik elektrik yang lebih praktis. Mesin ini cara kerjanya digerakkan memakai listrik dan tenaga manusia. Mesin ini bentuknya sedikit berbeda dari yang biasanya. Lebih mudah digunakan dan diatur karena memiliki fitur delete atau backspace untuk menghapus kesalahan pengetikannya. Tentu saja, mesin tik elektrik harganya jauh lebih mahal.

Garansi Resmi

Saat membeli mesin tik, usahakan Anda membeli yang masih baru. Ini karena kualitas dan sparepart-nya masih terjamin keasliannya. Hindari membeli barang second karena kita tak tahu apakah sudah rekondisi atau tidak.
Belilah pada toko dan penjual terpercaya supaya Anda mendapatkan garansi resmi dan bukan sekadar garansi abal-abal.

Keunggulan Mesin Tik Manual

Tidak Ada Biaya Listrik

Pada zaman serba instan seperti saat ini, hampir segala sesuatunya menggunakan gadget. Dengan memakai gadget artinya kita menggunakan listrik juga. Makin banyak gadget yang kita gunakan maka makin besar daya listrik yang kita konsumsi.

Memakai mesin tik manual untuk mengetik sebenarnya memiliki keuntungan, loh. Anda jadi tak perlu mengeluarkan biaya listrik karena mesin tik manual tak butuh daya listrik untuk mengoperasikannya.

Bisa Digunakan di Mana Saja dan Kapan Saja

Banyak orang memang lebih mengandalkan kepraktisan di zaman sekarang. Alat portabel yang mudah dibawa dan dipindahkan banyak jadi pilihan. Ini karena kita jadi bisa melakukan kegiatan kapan saja dan dimana saja tanpa batasan.

Nah, keuntungan lain memakai mesin tik manual adalah bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Mesin tik manual memiliki keunggulan tersebut karena Anda tak butuh listrik untuk memakainya. Sehingga meski berada di tempat yang tak memiliki jaringan listrik, Anda tetap bisa mengetik dan membuat dokumen dengan nyaman.

Gampang Sekali untuk Dipelajari

Manusia memang menciptakan aneka gadget demi kenyamanan pemakaian. Salah satunya adalah karena gadget mampu meringankan beban pekerjaan. Namun, jika belum terbiasa menggunakannya maka kita akan mengalami kesulitan menggunakan gadget. Makin canggih gadget-nya, maka kita butuh waktu untuk mempelajarinya lebih dulu.

Mesin tik manual mudah sekali untuk dipelajari. Ini merupakan salah satu keuntungan yang menarik dari memakai mesin tik manual. Dari orang tua hingga yang muda bisa pengoperasiannya karena bisa dipelajari sendiri dalam waktu singkat.

Keunggulan Mesin Tik Elektrik

Mempercepat Pekerjaan

Mesin tik elektrik memakai listrik dalam penggunaannya. Mesin tik elektrik ini juga memiliki keunggulan tersendiri. Karena lebih mudah dan lebih efisien digunakan, maka mesin tik ini bisa mempermudah pekerjaan kantor. Mesin ini lebih sedikit memakai tenaga manusia. Hasil ketikannya tak jauh beda dengan hasil ketikan pada komputer, loh.

Dapat Menyimpan Memori/Data

Mesin tik elektrik hadir dalam model yang lebih mengandalkan teknologi. Sehingga keunggulannya adalah mampu menyimpan memori. Fungsi editing-nya juga bisa untuk meningkatkan penampilan tulisan tangan. Mesin tik elektrik bisa juga merekam data sehingga bila diperlukan sewaktu-waktu bisa dibuka kembali.

Menggunakan Warna

Dokumen yang penting tentu akan lebih bermakna jika kita memberi sedikit highlight. Bisa dengan mempertebal kata-kata atau diberi warna. Ini merupakan salah satu keuntungan kala mengetik memakai mesin tik elektrik karena fitur ini mirip dengan yang dimiliki oleh komputer.

8 Pilihan Mesin Ketik Manual dan Elektrik

Mesin Tik Manual

OLYMPIA SM 18

Sumber gambar tokopedia.com

OLYMPIA SM 18 merupakan salah satu mesin tik manual yang bisa Anda miliki. Mesin ketik manual ini aman dipakai dan tahan lama. Menawarkan huruf berjenis Pica dan Elite. Produk ini kecepatan pengetikannya 11 karakter dengan warna ketikan merah dan hitam. Ada 44 tombol keyboard pada mesin ini. Produk bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 2.500.000.

Manual OLIVETTI 18"

Sumber gambar tokopedia.com

Produk Mesin ketik Manual Olivetti 18 inch ini bisa jadi pilihan Anda. Mesin tik ini merupakan mesin tik elektrik dengan keyboard qwerty. Mesin ini bisa memuat kertas dengan lebar maksimal 18 inci. Kecepatan pengetikannya 92 karakter. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 1.400.000.

OLYMPIA SG 3N

Sumber gambar bukalapak.com

Mesin tik dengan merek Olympia banyak dicari juga. Ini karena produsen Olympia berasal dari Jerman. Pabrikan Olympia mulai memproduksi mesin tik mulai tahun 1903.

Mesin tik ini bisa memuat kertas dengan lebar 18 inci dan memakai huruf berjenis Pica dan juga Elite. Produk ini menghadirkan ketikan berwarna hitam. Kecepatan pengetikan hurufnya hingga 44 karakter. Produk seberat 20 kilogram ini memiliki garansi 1 tahun lamanya. Anda bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 1.300.000.

OLYMPIA CARINA 3 (13")

Sumber gambar kotakpensil.com

Olympia Carina 3 ini juga bisa jadi pilihan Anda. Bagi Anda yang menggemari tata ruang bertema klasik retro, Anda bisa memajang mesin ketik ini sebagai dekorasi. Olympia Carina 3 ini memiiki desain khusus dengan mutu tinggi. Tak mudah rusak dan tahan lama. Ukuran kertas yang bisa masuk adalah 13 inci. Produk ini menghadirkan jenis huruff Pica dan Elite. Produk ini bisa dibeli di Kotak Pensil dengan harga Rp 1.610.000.

BROTHER M 2000 9"

Brother M-2000 Deluxe ini juga bisa menjadi pilihan Anda. Produk keren ini merupakan sebuah mesin tik manual yang bisa memuat kertas berukuran 9 inci. Mesin tik ini menghadirkan huruf Pica.

Produk memiliki casing dengan tutupan berupa handle yang memudahkan Anda membawanya ke mana saja. Produk ini memiliki berat 7 kilogram dan bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 689.000.

Elektrik

NAKAJIMA AX- 150 ( 13")

Sumber gambar bukalapak.com

NAKAJIMA AX- 150 ini adalah salah satu mesin tik elektrik yang bisa Anda miliki. Produk ini memiliki ukuran lebar kertas masuk 13 inci. Sementara untuk huruf yang dihadirkan adalah Pica, Elite, dan Micron. Produk ini memiliki fitur correction memory sebanyak 1 baris atau 90 karakter dan kontrol pengetikan 3 level. Jika berminat, Anda bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 2.498.000.

NAKAJIMA AE- 640 (15")

Sumber gambar tokopedia.com

NAKAJIMA AE – 640 ini bisa menjadi milik Anda juga. Mesin ketik elektrik ini memiliki ukuran lebar kertas masuk 13 inci. Mesin ini memiliki jenis huruf Pica dan Elite. Produk buatan Jepang ini memiliki metode cetak Print Wheel 100 karakter. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 6.675.000.

BROTHER GX 6750 (9" A4-Tiduran)

Sumber gambar wholesale.com.np

BROTHER GX 6750 merupakan produk mesin tik elektrik yang tak bisa disepelekan. Mesin tik ini diproduksi perusahaan Brother yang kini telah berhenti beroperasi sejak tahun 2012 lalu karena permintaan terhadap mesin ketik terus menurun. Mesin BROTHER GX 6750 ini bisa jadi yang tengah Anda cari.

Produk yang satu ini merupakan produk dengan desain keyboard yang profesional serta fitur terdepan dari Brother. Ukuran kertas yang bisa masuk adalah 9 inci. Jenis huruf yang tersedia adalah Pica dan Elite. Produk ini bisa dibeli di kotakpensil.com dengan harga Rp 2.519.000.

From our editorial team

Pilih Mesin Tik Manual atau Elektrik?

Tentunya, meski tik elektrik maupun manual, keduanya memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mengetik. Tentu saja, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Nah, sekarang, Anda pilih yang mana, yang manual atau elektrik?

Tag