Tampil Berbeda dan Anti Mainstream dengan 10 Handphone Jadul yang Unik

Tampil Berbeda dan Anti Mainstream dengan 10 Handphone Jadul yang Unik

Sebelum bentuk handphone rata-rata sama yaitu persegi, seperti saat ini, awal-awal kemunculan handphone biasanya mengedepankan desain. Bentuknya unik-unik loh, dan tentunya bisa menjadikan Anda tampil berbeda dengan yang lainnya.

Handphone Selalu Mengalami Perkembangan dari Zaman Dulu Hingga Sekarang

Teknologi berkembang dengan cepat, seiring perkembangan zaman. Tentu saja, ada efek positif dan negatif dari perkembangan yang sedemikian pesat itu. Termasuk salah satunya perkembangan handphone, yang sekarang telah menjelma menjadi smartphone.

Awalnya, pada tahun 1970-an, lahirlah Motorola DynaTAC yang digunakan oleh direktur Motorola, Martin Cooper ketika menghubungi rival mereka, Bel Labs. Kemudian, pada era 1980-an, handphone seri Motorola DynaTAC 8000X hadir, menjadi produk handphone pertama yang diproduksi secara komersil. Memasuki 1990-an, handphone yang dibuat Motorola sudah mampu mengirim pesan singkat atau disebut SMS.

Muncul pula pesaing Motorola, yakni Nokia yang hadir dengan kemampuan browsing di internet dengan teknologi WAP yang disematkan di dalamnya. Ketika meluncurkan seri 3210, Nokia akhirnya merajai dunia dengan penjualan produk ke seluruh dunia mencapai 160 juta unit.

Di Era Tahun 2000-an, Handphone Mempunyai Desain Unik dan Mainstream

Awal tahun 2000-an, semua merek HP mulai berlomba dalam segi desain. Hasilnya, muncullah sejumlah HP dengan bentuk yang berbeda dan unik-unik. Anda bisa menemukan HP yang berukuran besar, kecil, tipis, tebal dan sebagainya. Bentuknya juga bisa petak, persegi panjang, bulat, lonjong dan lain-lain sebagainya.

Tentu saja setiap HP muncul dengan keunikan tersendiri. Blackberry adalah produk awal yang mengenalkan HP internet total, yang akan hilang fungsinya apabila tidak terkoneksi internet. Kemudian, ada merek Sharp yang muncul sebagai produk HP berkamera pertama kalinya, yang dibuat dan dikenalkan pada tahun 2000. Selanjutnya, ada iPhone yang pertama kali mengenalkan teknologi layar sentuh dengan sistem operasi iOS.

Perbedaan Handphone Zaman Dulu dan Sekarang

Kecanggihan

HP zaman dulu bisa dibilang kalah canggih dengan HP zaman sekarang. HP zaman sekarang sudah memungkinkan Anda untuk mengakses internet dengan cepat, serta banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk berselancar di dunia maya.

Namun jangan salah, firmware sederhana dari HP zaman dulu justru lebih tahan banting dan tidak makan baterai terlalu banyak. Jadi, Anda tetap bisa menggunakan HP Anda meski sudah terjatuh ke tanah berkali-kali, loh. Baterainya juga jauh lebih hemat dibanding HP zaman sekarang.

Penampilan

HP zaman dulu memiliki banyak bentuk yang unik, dibanding HP zaman sekarang. Zaman sekarang, HP terlalu monoton dengan bentuk yang hampir sama, meski berbeda merek. Sedangkan zaman dulu, bentuknya lebih variatif.

Beberapa di antaranya unik, bahkan malah membuat Anda menjadi sulit ketika hendak mengetik SMS atau mengoperasikannya. Namun, salah satu kelebihan HP zaman dulu adalah, Anda bisa mengganti casingnya berkali-kali dengan biaya yang cukup terjangkau. Jadi, wajar bila zaman dulu, Anda memiliki sebuah HP berwarna merah, namun akan menjadi hijau di hari selanjutnya.

Harga

Ketika HP menjadi barang mewah seperti awal tahun 2000-an, maka harga HP menjadi terlampau tinggi di era itu. HP monokrom dengan bunyi monophonic saja sudah dijual dengan harga Rp 1.000.000 ke atas. Bila bertambah fiturnya, maka HP tersebut akan lebih tinggi lagi harganya.

Sekarang, HP bukan lagi menjadi barang mewah, yang hanya dimiliki kaum menengah ke atas. Oleh karena itu, Anda sudah bisa mendapatkan HP dengan layar warna, banyak fitur dan suara poliphonic dengan harga sekitar Rp 350.000 ke bawah, saja. Sangat berbeda, bukan?

Beberapa Handphone Unik Ini Dibuat untuk Menarik Minat Konsumen

Nokia 888

Sumber gambar nokia888.com

Ini HP paling unik yang direkomendasikan BP-Guide di urutan teratas. Bagaimana tidak, HP yang satu ini bisa melengkung, dilipat, dan dibentuk sesuai keinginan Anda. Ponselnya tipis dan fleksibel, jadi seperti memegang sebuah karet saja.

Produk ini didesain oleh Tamer Nakisci, seorang desainer yang berasal dari Istanbul Turkey. Tidak hanya bentuk, warnanya juga bisa diubah dengan mengganti casing-nya, loh. Konsep awalnya adalah "tidak ada bentuk yang sempurna" sehingga HP yang satu ini memungkinkan Anda untuk membentuk sesuai keinginan Anda. Tentunya menjadi salah satu HP unik yang perlu Anda miliki untuk menambah koleksi Anda.

Samsung Serene

Sumber gambar wikipedia.com

Pada tahun 2005, Samsung bekerjasama dengan Bang&Olufsen untuk menciptakan sebuah produk yang bernama Samsung Serene. Produk yang dibuat di Eropa ini menjadi sebuah HP dengan desain yang sangat unik dan mencuri perhatian ketika dirilis. Bentuknya terinspirasi dari karya seni kontemporer.

Desainnya adalah clamshell trapesium, sedikit melengkung. Sedangkan bagian tepinya ditutup oleh plastik. Soket tertutup oleh plastik dan bisa dibuka ketika hendak charging. Ditambah lagi dengan kamera di sisi HP dengan resolusi cukup baik, untuk foto-foto.

Vodafone 904SH

Sumber gambar homedesi9n.com

HP yang satu ini juga unik, karena bisa menjadi stik untuk Nintendo Wii, loh. HP ini adalah buatan Sharp, khusus untuk Vodafone. Saat dirilis, produk ini termasuk produk kelas atas, dengan harga yang cukup mahal. Kelebihan produk ini adalah memiliki fitur pengenalan wajah.

Oleh sebab itu, HP ini disebut sebagai HP paling aman. Karena, Anda bisa mengeset HP ini terkunci dengan hanya bisa terbuka setelah mengenali wajah Anda. Jadi, sangat tidak mungkin diakses oleh orang lain, bukan. HP ini memiliki layar yang bisa diputar. Selain itu, HP ini juga disematkan kamera dengan resolusi 3,2 megapixel.

Hyundai MP-280:HP Perform

Sumber gambar blogspot.com

Ingin punya HP sekaligus parfum? Nah, produk dari Hyundai satu ini adalah solusinya. Unik bukan? Hyundai M 280 adalah HP dengan bentuk clamshell yang dilengkapi dengan tabung parfum. Jadi, ketika akan menelepon atau menerima telepon, maka secara otomatis, parfum tersebut akan tersemprot. Wah, wanginya bisa memukau sekeliling, loh. Terbayang nggak, ketika menerima telepon saja, Anda sudah menjadi pusat perhatian.

Karena ada parfumnya, maka Anda jangan lupa mengisi ulang ketika habis yah. Ada bentuk kupu-kupu di tengah HP ini yang merupakan tempat penyuntikan konsentrat parfum. Hanya perlu 2 tetes, dan sudah bisa bertahan selama 8 jam lebih.

Motorola V70

Sumber gambar ebay.com

Ini adalah salah satu produk jagoan dari Motorola ketika bersaing lagi dengan berbagai raksasa produsen HP semacam Nokia dan Ericsson. Produk ini adalah Motorola V70 dengan desain yang unik serta keypad tersembunyi di balik penutup di sekeliling layar. Unik sekali bukan?

Telepon ini disebut-sebut sebagai desain HP paling aneh yang pernah ada. Keypad yang bisa diputar bahkan hingga 360 derajat terbukti juga menjadi salah satu kekuatan HP ini sehingga memiliki banyak pembeli. Tidak hanya itu, HP ini juga disematkan sejumlah kemampuan seperti GPRS dan fitur menarik lainnya.

LG Folding Phone Concept

Sumber gambar hongkiat.com

Produk selanjutnya berasal dari merek LG. Merek ini memunculkan HP yang disebut LG Folding. Namun, uniknya, HP ini tidak dijual luas, loh. Jadi, bisa dikatakan sangat langka.

HP ini memiliki dua layar sentuh di kanan dan kiri, sedangkan sebuah speaker berkualitas baik berada di belakang handphone. HP ini juga bisa dilipat, juga mampu berubah fungsi menjadi headphone, loh. Nah, perlu juga sepertinya masuk ke dalam list HP unik yang perlu Anda miliki.

Nokia SURV1

Sumber gambar www.smartphoneku.com

Dari namanya, Nokia Surv, sepertinya Nokia memang menciptakan HP satu ini untuk Anda yang ingin bertahan hidup di dunia liar atau berada di outdoor. Oleh karena itu, HP ini memiliki banyak fungsi di outdoor, seperti pengikat, layar tanpa tombol, serta menjadi pencahayaan. Ditambah lagi dengan GPS serta yang tidak boleh ketinggalan, pemutar musik.

Sebagai HP yang digunakan untuk survival, maka HP ini tentunya menjadi HP yang tahan banting serta kuat. Bayangkan saja, HP ini tahan air, tahan gores dan tahan jatuh. Nah, kurang apalagi tuh. Bila Anda adalah tipe penjelajah alam, HP ini sangat cocok untuk Anda.

Siemens SX1

Sumber gambar wikimedia.org

HP dari Siemens yang dikeluarkan tahun 2004 ini, bentuknya bisa dikatakan sangat mirip dengan Nokia 6600. Perbedaannya hanya di speaker. Produk Siemens yang satu ini memiliki speaker eksternal yang bisa berfungsi untuk memutar radio dan musik apabila Anda mencolok lubang headset-nya.

Sistem operasinya Symbian. Keunikan lainnya adalah keypad berada di sisi samping layar. Jadi, sedikit berbeda dengan HP lainnya di era itu, yah. Bahkan, bisa dibilang sedikit menyulitkan Anda, terutama ketika ingin mengirim SMS.

Sony Ericson P990i

Sumber gambar theinformr.com

Ini adalah salah satu produk Sony Ericsson yang memiliki sistem operasi Symbian. Hadir pada tahun 2005 silam, P990 ini memiliki fitur menarik seperti Wi-Fi, Bluetooth, kamera 2 MP, dan sebagainya. Juga hadir dengan fitur 3G loh, untuk yang suka internet-an. Untuk pasaran Eropa, yang dijual adalah P990i.

Awal kemunculannya diwarnai dengan software-nya yang tidak bekerja dengan baik. Jadi, meski diperkenalkan tahun 2005, produk ini baru dilempar ke pasaran ketika beberapa tahun berikutnya. Dengan dukungan fitur Wi-Fi dan bluetooth menjadikan Anda bisa melakukan banyak hal dengan HP berbentuk unik ini.

Nokia 7280

Sumber gambar wikipedia.com

Kembali ke "mantan" raja HP, Nokia. Salah satu yang bisa Anda pilih adalah Nokia 7280. HP yang satu ini memiliki desain persegi panjang yang unik, malah mirip seperti lipstik. Oleh karena itu, sering juga disebut Nokia Lipstick. Tapi, karena bentuknya itulah HP yang satu ini masih ada penggemarnya, bahkan hingga saat ini.

Karena bentuknya bulat, maka tombolnya tidak sama dengan HP lainnya. Memang unik, tetapi bagi yang tidak terbiasa, tentu akan sulit untuk mengetik SMS misalnya. Keypad-nya melingkar, sehingga Anda harus memutar bulatan navigasi untuk mencari huruf tersebut. Tapi, karena layar berwarna, serta baterai yang tahan lama, bolehlah menjadikan produk Nokia satu ini sebagai salah satu koleksi HP unik Anda.

From our editorial team

HP Unik Memberi Kesan yang Tak Biasa pada Diri Anda

Setiap menggunakan HP yang unik, misalnya saat akan menerima panggilan telepon atau membalas SMS, maka Anda akan menjadi pusat perhatian bagi sekitar Anda, loh. Tidak hanya itu saja, handphone unik-unik ini juga fungsional dan tepat guna. Sayang, mencarinya cukup sulit karena HP unik seperti ini sangat langka. Jadi, kalau ingin memilikinya, Anda harus berusaha ekstra untuk mencarinya.