Inilah Perbedaan Utama Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR

Inilah Perbedaan Utama Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR

Kamera mirrorless juga merupakan kamera populer sekarang ini. Mungkin, popularitasnya masih di bawah kamera DSLR. Namun, hasil gambar yang dihasilkan oleh kamera mirrorless juga sama baiknya dengan DSLR.

Sejak Muncul Pertama Kali, Kamera Mirrorless Sudah Menarik Perhatian Pecinta Fotografi

Sumber gambar wiranurmansyah.com

Kamera DSLR boleh saja merajai posisi pertama sebagai kamera populer selama bertahun-tahun. Kini, mereka harus memberikan trofi posisi pertama tersebut pada si imut, kamera mirrorless. Sejak muncul pertama kali, kamera mirrorless sudah menarik perhatian pecinta fotografi.

Namun, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan kamera mirrorless? Yang dimaksud dengan kamera mirrorless adalah kamera tanpa cermin. Jadi, jika sebelumnya kamera jenis DSLR memakai cermin untuk memantulkan gambar dari lensa ke viewfinder, maka kamera mirrorless langsung menghubungkan lensa dengan sensor. Canggih kan!

Inilah Perbedaan Utama antara Kamera Mirrorless dan Kamera DSLR

Sumber gambar foto.co.id

Untuk kamu yang masih asing dengan kamera mirrorless atau masih setia dengan DSLR mu, kamu perlu tahu nih apa saja sih sebenarnya perbedaan kamera mirrorless dan kamera DSLR? Seiring dengan kemajuan teknologi, kualitas, harga, dan ukuran sudah tak bisa lagi kita jadikan faktor untuk membedakan dua jenis kamera tersebut. Berikut ini adalah hasil rangkuman tim kami mengenai perbedaan utama di antara dua jenis kamera tersebut.

View Finder

Sumber gambar www.sansmirror.com

Perbedaan pertama adalah Optical View Finder (OVF) atau jendela bidik yang hanya kamu temui di kamera DSLR. Pada kamera mirrorless, kamu justru akan menemukan Electrical View Finder (EVF). Simpelnya, EVF ini cara kerjanya sama dengan layar LCD. Dengan teknologi ini, kamu bisa melihat perkiraan hasil foto di layar LCD sebelum menjepret sebuah objek. Hal ini berbeda dengan DSLR yang baru kita ketahui hasilnya setelah kita menjepret sebuah objek.

DSLR Lebih Besar dan Lebih Berat

Sumber gambar cdn.idntimes.com

Perbedaan berikutnya, tentu saja pada berat kamera. Karena tanpa cermin dan ukurannya bisa setara dengan sensor, kamera mirrorless jauh lebih ringan dibandingkan DSLR. Kamera mirrorless berukuran serupa dengan kamera kompak,. Hal ini membuat kamera mirrorless menjadi teman travelling yang sangat bisa diandalkan lho!

Baterai Mirrorless Lebih Cepat Habis

Sumber gambar www.infofotografi.com

Ukuran yang lebih ringkas ternyata membawa kekurangan pada kamera mirrorless. Dengan ukurannya yang mini, kamera mirrorless cenderung memiliki baterai berukuran kecil. Tidak seperti DSLR dengan baterai besarnya yang sanggup mengambil 700-1000 foto, kamera mirrorless hanya sanggup mengambil 200-400 foto. Konsumsi baterai yang besar juga berasal dari layar LCD yang ada pada kamera mirrorless. Solusi untuk kekurangan ini adalah kamu cukup membawa baterai cadangan saja jika ingin memotret lebih banyak objek.

Varian Lensa Mirrorless Belum Sebanyak DSLR

Sumber gambar media.pricebook.co.id

Mungkin karena usianya yang belum setua DSLR, kamera mirrorless memiliki kekurangan lain yaitu belum banyaknya varian lensa. DSLR tentu saja dilengkapi dengan berbagai jenis lensa yang bisa kamu beli. Pihak ketiga bahkan membuat produk yang kompatibel untuk kamera-kamera DSLR tersebut. Saat ini, Olympus dan Panasonic merupakan dua merk dengan varian lensa mirrorless yang paling banyak. Ke depannya, kita doakan saja supaya varian lensa kamera ringkas ini bisa makin beragam ya!

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless yang Bisa Dijadikan Pilihan

Bosan dengan DSLR-mu atau sekedar ingin mencoba teknologi kamera baru, kamu bisa mencoba beberapa pilihan kamera mirrorless. Di bawah ini adalah rekomendasi kamera mirrorless yang bisa dijadikan pilihan untuk kamu:

Sony Alpha A9

Sumber gambar 4.img-dpreview.com

Pilihan kamera mirrorless pertama dari kami jatuh pada Sony Alpha A9. Handgripnya yang melengkung membuat kamera ini bernuansa sedikit mirip dengan DSLR. Kamera 24 MP ini dilengkapi dengan berbagai tombol dan fitur yang memudahkan penggunanya.

Sony Alpha A9 didesain sebagai kamera potret. Keunggulannya adalah shutter antidistorsi dan antigetaran yang memungkinkan pengambilan gambar dalam keheningan. Kamera ini juga bisa mengambil objek yang bergerak sangat cepat dengan kecepatan 1/32.000 detik. Dilengkapi dengan 2 slot SD card, Sony Alpha A9 dibanderol Rp 62 juta. Kamu bisa membelinya di mataharimall.com atau blibli.com.

Sony Alpha A7R II

Sumber gambar www.imaging-resource.com

Siapa bilang kamera mirrorles tidak sebagus kualitas DSLR? Kalau kamu masih beranggapan demikian, kamu perlu mencoba kamera satu ini. Sony Alpha A7R II, kamera beresolusi 42 MP ini dilengkapi dengan 339 titik fokus yang bahkan lebih lebar dari segala jenis DSLR full-frame yang ada di pasaran. Untuk memiliki kamera premium dengan desain retro ini, kamu harus menyiapkan uang hingga Rp 34 juta di Lazada.

Panasonic Lumix GH5

Sumber gambar keyassets.timeincuk.net

Berikutnya, ada kamera yang cocok buat para videografer. Panasonic Lumix GH5 disebut merupakan mirrorless pertama yang mampu melakukan perekaman video 4K. Keunggulannya adalah fitur photo 6K-nya yang mampu merekam video dengan kecepatan 30 fps. Kamu bisa mendapatkannya di Bukalapak seharga Rp 26 juta.

Fujifilm X-T2

Sumber gambar www.fujifilm.com

Jika kamu suka dengan hasil foto bergaya vintage, maka Fujifilm X-T2 bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu. Kamera mirrorless satu ini dilengkapi dengan fitur efek simulasi film untuk mengedit hasil foto kamu. Selain itu, kamera ini juga menghasilkan gambar yang tajam dan unggul dalam ruang gelap sekalipun. Gak cuma sampai di situ, Fujifilm X-T2 bisa melakukan perekaman video full HD juga lho. Fujifilm X-T2 dibanderol dengan harga Rp 23 juta di Blibli.

Canon EOS M5

Sumber gambar www.imaging-resource.com

Buat pecinta Canon, kamu mungkin sudah gak asing dengan kamera mirrorless satu ini. Canon EOS M5 ini ternyata sangat cocok bagi mereka yang masih setia dengan DSLR. Sebagai kamera mirrorless, Canon EOS M5 dilengkapi dengan jendela bidik di bagian atas serta tombol-tombol yang begitu banyak sehingga membawa nuansa DSLR yang mungkin membuat kamu nyaman menggunakannya. Meski punya jendela bidik, kamera ini tetap berlayar LCD khas kamera mirrorless, bahkan bisa diputar 180 derajat yang memudahkan kamu untuk selfie. Blibli menjual kamera ini seharga Rp 14 juta.

Samsung NX3000

Sumber gambar images.samsung.com

Selanjutnya, rekomendasi kami jatuh pada Samsung. Perusahaan raksasa yang sukses dengan smartphonenya ini juga punya Smart Camera juga lho. Samsung NX3000 namanya. Kamera mirrorless berdesain klasik dengan bodi yang dibalut dengan kulit dan dilengkapi Wi-Fi connection. Sharing foto terasa mudah untuk dilakukan kapanpun dan dimanapun. Kamu bisa mendapatkan kamera pintar ini cukup dengan Rp 4,9 juta saja di blibli.com.

Sony Alpha A6000

Sumber gambar cnet2.cbsistatic.com

Tidak hanya punya koleksi kamera premium, Sony juga punya nih koleksi mirrorless yang ramah kantong. Meskipun jauh lebih murah dibandingkan koleksi premium Sony, Sony Alpha A6000 disebut-sebut sebagai kamera autofokus yang tercepat. Harga boleh murah, tetapi kualitas kamera ini gak kalah ya dengan kamera lain. Kamera ini dilengkapi juga dengan Optical Steadyshot yang membuat kamu bisa mengucapkan selamat tinggal kepada foto blur. Plaza Kamera membanderol kamera ini seharga Rp 7,9 juta.

Fujifilm X-A2

Sumber gambar www.dpreview.com

Seri mirrorless murah selanjutnya adalah Fujifilm X-A2. Kamera murah keluaran Fuji ini gak banyak diketahui orang. Harga Fujifilm X-A2 dibanderol Rp 7,6 juta. Kamera ini dilengkapi dengan fitur-fitur mirrorless yang khas seperti layar LCD lipat, desain minimalis, dan resolusi hingga 16 MP. Bisa didapatkan di plazakamera.com.

Sony Alpha A5100

Sumber gambar pisces.bbystatic.com

Sony Alpha A5100, kamera yang sejenis dengan Sony Alpha A6000, sangat cocok bagi kamu yang pemula. Selain bisa menangkap objek yang bergerak dengan cepat serta hasil gambar yang tajam, kamera ini sudah dilengkapi fitur Wi-Fi dan NFC yang memudahkan kamu untuk sharing foto. Kamera ini dibanderol Rp 6,9 juta saja di plazakamera. com.

Canon EOS M10

Sumber gambar cnet2.cbsistatic.com

Rekomendasi terakhir kami adalah Canon EOS M10. Kamera teringan di serinya ini dibanderol dengan harga Rp 5,2 jutaan saja lho di Lazada. Meski murah, kamera ini dilengkapi sensor APS-C yang banyak ditemukan di kamera DSLR. Spek unggulan lainnya termasuk Prosesor DIGIC 6 yang disebut-sebut hemat dalam konsumsi daya. Kamera ini juga sudah memiliki fitur Wi-Fi dan NFC yang bisa kamu gunakan untuk sharing.

From our editorial team

Cekrak-cekrek asyik dengan kamera mirrorles terbaru!

Bagi kamu yang males membawa membawa barang yang berat. Gak ada salahnya menggunakan mirrorless. Hasilnya juga gak kalah jauh kok dari DSLR. Nggak perlu juga kamu khawatir mendapatkan barang yang kurang bagus. Dengan panduan dari kami di atas, kamu bakal mendapatkan kamera terbaik yang sesuai dengan maumu!