30 Pilihan Kamera Profesional untuk Hasil Foto yang Super Masa Kini!

30 Pilihan Kamera Profesional untuk Hasil Foto yang Super Masa Kini!

Mau menekuni dunia fotografi? Tak cukup hanya skill yang mumpuni, alat yang digunakan juga harus super keren agar hasil fotonya semakin sempurna. Bingung menentukan di antara banyaknya pilihan kamera? Coba baca dulu rekomendasi BP-Guide berikut ini.

Kamera Profesional yang Baik Akan Menghasilkan Gambar yang Bagus

Bayangkan dalam sebuah momen yang sempurna, dengan pencahayaan yang bagus, objek foto yang menarik, dan Anda memegang sebuah kamera. Tentunya pada saat itu kemampuan Anda dan kualitas kamera lah yang jadi penentu hasil foto yang lebih baik.

Anda bisa belajar dari banyak sumber tentang kemampuan fotografi, tapi tak cukup tanpa kamera profesional yang mumpuni. Lantas di antara banyaknya pilihan kamera, mana yang mesti Anda miliki demi mendapatkan hasil foto maksimal dan makin meningkatkan kemampuan Anda dalam fotografi?

Sebelum memilih coba baca uraian kami tentang beberapa kamera dan fitur-fitur canggihnya demi hasil foto yang super!

Setting Kamera yang Wajib Anda Tahu Agar Menghasilkan Gambar yang Baik

White Balance

Biasanya pengaturan ini dilakukan di awal proses foto. Fungsinya? Untuk memastikan kamera dapat menangkap warna seakurat mungkin. Hal ini dilakukan dengan cara mengarahkan kamera ke objek berwarna putih dengan menggunakan manual focus. Pada akhirnya lensa akan menyesuaikan dengan warna putih yang memang dipantulkan oleh objek. Selain menggunakan manual focus, Anda juga bisa mengatur white balance ini dengan menggunakan pengaturan otomatis alias Auto.

Highlight Warning

Meskipun kini semua sudah beralih ke kamera digital, bukan berarti foto yang Anda hasilkan takkan terbakar seperti kebanyakan kasus dalam kamera analog yang menggunakan film.

Ada satu fitur di kamera DSLR atau SLR yang bisa mencegah terbakarnya foto atau yang dikenal dengan istilah Overexposure, di mana cahaya yang ditangkap kamera terlalu berlebihan hingga merusak warna dan hasil foto. Untuk mencegah hal ini, Anda tinggal mengaktifkan Highlight Warning.

Dengan fitur ini kamera Anda akan memberi tahu Anda saat tengah membidik objek yang Overexposure, sehingga Anda tak perlu khawatir hasil foto berantakan. Selain menggunakan pengaturan ini, Anda juga bisa mengeceknya dengan melihat Histogram pada kamera.

ISO

Istilah ini mungkin sangat familiar di kalangan fotografer, baik yang profesional maupun pemula. ISO sendiri merupakan penentu seberapa peka sensor yang ada dalam kamera terhadap cahaya.

Jika hendak mengambil gambar dengan pencahayaan minim, gunakan pengaturan ISO yang tinggi, jadi kamera Anda lebih peka terhadap cahaya yang ada. Sebaliknya di kala memotret objek yang berada di ruangan terang, gunakan ISO rendah.

Exposure

Exposure sendiri merupakan istilah ketika melihat seberapa banyaknya cahaya yang ada dalam foto Anda. Jika terlalu terang maka akan disebut overexposure, sebaliknya jika terlalu sedikit cahaya yang masuk disebut sebagai underexposure.

Dalam kamera digital atau DSLR biasanya pengaturan ini disediakan dalam bentuk otomatis yang dikenal dengan nama Auto Exposure, namun jika Anda ingin lebih lihai dalam mengotak-atik hasil foto Anda, cobalah ‘bermain’ dengan Exposure Compensation (Ev). Naikan Ev ke arah positif untuk hasil foto lebih terang, atau turunkan ke negatif untuk mendapatkan foto lebih gelap.

Exposure juga tidak bisa dipisahkan dari aperture (seberapa lebar bukaan lensa) dan shutter speed (seberapa lama lensa dibuka). Apabila Anda ingin memotret di tempat gelap, maka shutter speed harus lebih lama guna menangkap jejak cahaya. Gunakan pula tripod untuk hasil foto yang lebih baik.

Sering-seringlah berlatih untuk membuat Anda semakin tahu pengaturan terbaik ketika mengambil foto di segala waktu dan lokasi.

30 Pilihan Kamera Profesional Terbaik untuk Mendapatkan Foto yang Sempurna

Ada banyak pilihan kamera yang bisa dilirik. Anda bisa pilih dari segi harga atau dari segi mereknya. Berikut, kami hadirkan deretan rekomendasi yang bisa Anda lirik untuk jadi pilihan.

Rekomendasi Kamera Merek Canon

1. Canon EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV adalah kamera full frame yang dilengkapi dengan sensor CMOS 30,4 MP yang sangat sensitif. Bahkan rentang ISO-nya bisa dinaikkan hingga ISO 102.400, yang cocok untuk digunakan memotret dalam kondisi low light. Pembaruan paling terasa adalah keberadaan Duel Pixel CMOS yang memungkinkan kamera ini menyajikan autofocus yang sangat cepat dan presisi yang sangat tinggi. Jadi selain untuk memotret, kamera ini juga mampu mendukung pembuatan film dengan format 4K.

Harga Rp. 53.000.000-58.900.000

2. Canon EOS 70D

Canon EOS 70D diluncurkan untuk Anda yang ingin secara serius mendalami dunia fotografi. Kamera ini dilengkapi dengan layar 3 inci yang memiliki kemampuan touchscreen. Selain itu keberadaan Wi-Fi juga mempermudah pengguna memindhkan hasil foto.

Salah satu keunggulan dari Canon 70D adalah kemampuan autofocus-nya yang kini didukung oleh Dual Pixel CMOS AF. Cukup dengan menyapukan jari di layar sentuh, autofocus akan bekerja secara cepat untuk menangkap gambar secara akurat. Canon 70D juga hadir dengan kemampuan mengabadikan gambar dengan kecepatan tinggi yakni 7.0 frame per detik.

Harga Rp. 8.990.000-12.500.000

3. Canon EOS 750D

Canon EOS 750D merupakan penggabungan dari kamera profesional dan pemula, di mana keberadaan layar yang sudah dilengkapi dengan touchscreen membuatnya tampak seperti kamera profesional.

Canon EOS 750D dilengkapi dengan sensor CMOS 24,2 MP, prosesor DIGIC6, dan 19 titik AF tipe silang. Semua perpaduan teknologi tersebut pastinya membuat EOS 750D menjadi salah satu kamera unggulan di kelas pemula.

Harga Rp. 5.900.000-7.900.000

4. Canon EOS 700D

Canon EOS 700D dikenal dengan nama EOS Rebel T5i atau EOS Kiss X7i, kamera ini memiliki resolusi maksimal hingga 18MP. Ia jga dilengkapi dengan sensor 18 MP APS-C 22.3x14.9 CMOS dan prosesor DIGIC 5 untuk memastikan hasil foto yang diambilnya akan maksimal. Saat membeli camera kit Anda juga akan mendapatkan lensa STM 18-55mm.

Harga Rp. 3.649.000-5.052.000

5. Canon Digital Camera EOS 1500D

Canon Digital Camera EOS 1500D memiliki prosesor gambar DIGIG 4+ serta sensor APS-C CMOS 24.1 megapiksel. Hal itu membuat kamera mampu menghasilkan kualitas gambar yang tajam, serta tetap jernih walaupun pada saat kondisi minim cahaya. Dilengkapi dengan Creative Filter, produk mampu memberikan berbagai efek unik pada hasil jepretan.

Ada juga fitur Wi-Fi dan koneksi Near-Field Communication sehingga lebih mudah terkonieksi dengan perangkat lainnya.

Harga Rp. 5.299.000-7.949.000

6. Camera Canon EOS M50 Mark II

Camera Canon EOS M50 Mark II termasuk kamera dengan bobot ringan namun desainnya trendi. Nyaman dibawa kemana saja dan mudah dioperasikan. Produk mampu menghasilkan video berformat 4K dan autofokus pendeteksian mata dan wajah yang handal.

Produk memiliki fitur autofokus sehingga gambar lebih tajam dan luar biasa hasilnya. Dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi sehingga lebih mudah terkoneksi dengan lainnya.

Harga Rp. 9.800.000-11.699.000

7. Canon Digital Camera PowerShot G7X Mark II

Canon Digital Camera PowerShot G7X Mark II adalah produk dengan sensor besar dalam bodi yang ramping dan ringkas. Hadir dengan prosesor DIGIC 7 baru, PowerShot G7 X Mark II menyempurnakan foto yang Anda ambil. Ada banyak mode foto yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto yang sempurna.

Ada juga fitur WiFi dan NFC sehingga mudah terkoneksi dengan perangkat lainnya.

Harga Rp. 3.058.000-7.847.000

8. Canon EOS M6 Mark II

Canon EOS M6 Mark II memiliki fitur 32.5MP CMOS sensor berukuran APS-C sehingga bisa menghasilkan gambar yang jernih. Ada juga fitur ISO 25600 dan noise rendah sehingga bisa mendapatkan gambar yang jelas dan indah meski minim cahaya.

Dikombinasikan dengan advanced image processing, Anda bisa menghasilkan video UHD 4K30p dan Full HD 120p yang memuaskan.

Harga Rp. 13.700.000-19.399.000

9. Canon EOS R6 Mirrorless Camera

Canon EOS R6 Mirrorless Camera merupakan rekomendasi yang sayang untuk dilewatkan. Produk ini dibekali prosesor DIGIC X dan sistem Dual Pixel CMOS AF II dengan AF area coverage sehingga bisa lancar melakukan aneka aktivitas baik melakukan pengambilan gambar maupun video dalam berbagai kondisi cahaya.

Kamera terbuat dari bahan magnesium alloy dan body plastik yang memiliki weather seal sehingga lebih tahan di berbagai cuaca. Ada Electronic ViewFinder OLED 0.5 inch dengan resolusi 3.69 juta dot dan refresh rate hingga 120 Hz sehingga hasil gambar sangat memuaskan.

Harga Rp. 45.999.000-58.399.000

10. Canon Digital EOS RP

Canon Digital EOS RP sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Kamera yang satu ini berbahan magnesium alloy sehingga ringan dan nyaman dibawa kemana saja. Kamera juga tahan debu dan air.

Ada banyak fitur menarik yang tersedia. Ada fitur Sensor CMOS full-frame 26,2MP, 4.779 pilihan area fokus, dan 4.779 pilihan area fokus.

Harga Rp. 15.499.000-20.000.000

Rekomendasi Kamera Merek Nikon

11. Nikon D5500

Nikon D5500 mencuri perhatian. Selain karena ukurannya yang relatif kecil, berat kamera ini juga terhitung ringan yakni sekitar 420 gram saja. Akan tetapi justru disinilah tolok ukur keberhasilan Nikon yang mampu memasukan seluruh teknologi canggih dalam Nikon D5500 ini.

Nikon 5500 dilengkapi dengan layar touchscreen, sensor 24.2 MP DX-Format CMOS Sensor dan prosesor EXPEED 4. Ia juga memiliki sambungan wifi dan kemampuan mengambil gambar hingga 5 frame per detik.

Harga Rp. 5.400.000-13.375.000

12. Nikon D3400

Nikon D3400 merupakan kamera dengan banyak keunggulan yang kami rasa bisa memenuhi kebutuhan Anda bahkan di level semi-profesional. Nikon D3400 hadir dengan dilengkapi lensa kit 18-mm. Salah satu keunggulan Nikon yang mungkin masih belum dimiliki brand kamera lain adalah ketahanan baterai yang disebut mampu memotret 1.2000 foto dalam satu pengisian penuh baterai. Selain itu kamera ini juga memiliki fitur SnapBridge sehingga bisa terhubung dengan smartphone melalui Bluetooth Low Energy.

Harga Rp. 3.500.000-7.356.000

13. Nikon D5200

Nikon D5200 masuk dalam level amatir kelas menengah. Nikon D5200 menawarkan banyak hal yang membuatnya cocok untuk dimiliki Anda yang tengah berniat serius di bidang fotografi. Kamera ini dilengkapi dnegan lensa kit 18-55mm yang memiliki sensor DX-format 24.1MP CMOS dan EXPEED 3.

Harga Rp. 3.750.000-4.725.000

14. Nikon Df DSLR

Nikon Df DSLR hadir dengan desain klasik yang sangat ikonik. Ini membuat kita mendapatkan feel yang beda saat memegang dan mengoperasikannya. Tidak ada lagi touchscreen, melainkan tombol-tombol yang memberi kesan klasik mendalam.

Fitur yang disematkan pun ada banyak dan tidak main-main. Hal ini membuat Anda jadi lebih puas saat mengoperasikannya. Hasil gambarnya pun sangat luar biasa sehingga memuaskan mata dan hati.

Harga Rp. 13.500.000-33.000.000

15. NIKON Z fc Mirrorless Digital Camera

NIKON Z fc Mirrorless Digital Camera sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Hadir dengan EXPEED 6 image processor membuat kamera memiliki performa tinggi untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Dengan ISO 100-51200 yang bisa diubah hingga ISO 204800, kamera bisa menghasilkan gambar yang bagus meski sedang minim cahaya.

Produk memiliki 209-point hybrid autofocus system sehingga bisa menghasilkan gambar yang lebih fokus dan detail. Ada fitur UHD 4K Video Recording sehingga video yang dihasilkan juga lebih memuaskan.

Harga Rp. 14.000.000-18.499.000

16. Nikon Z6

Nikon Z6 merupakan rekomendasi kami berikutnya. Produk ini bisa menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Meski berada di cahaya yang minim, gambar tetap sanagt memuaskan. Kamera mirrorless ini wajib jadi pilihan untuk para amatir hingga profesional.

Harga Rp. 23.499.000-33.399.000

17. Nikon D850

Nikon D850 merupakan kamera dengan desain body yang keren. Bobotnya ringan dan mudah dibawa kemana saja. Bisa menghasilkan gambar yang bagus dan memuaskan. Cocok untuk pemula hingga profesional. Mudah dioperasikan, tahan air dan debu.

Dengan sensor CMOS BSI 45.7MP, produk bisa menghasilkan gambar yang detail dan kejernihan yang lebih besar, bahkan saat bekerja dalam kondisi cahaya rendah. Sensor juga mengabaikan filter low-pass optik untuk meningkatkan ketajamannya.

Harga Rp. 39.000.000-45.000.000

18. Nikon Coolpix B600

Nikon Coolpix B600 adalah produk yang bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk ini memiliki 16MP CMOS sensor yang bisa membuat tampilan gambar lebih mirip aslinya. Kamera juga berfungsi dengan baik meskipun saat pengambilan gambar cahayanya sedang kurang.

Harga Rp. 2.849.000-4.999.000

19. Nikon Mirrorless Full Frame Z5

Nikon Mirrorless Full Frame Z5 sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Kamera keren ini desainnya cukup modern. Kesannya mewah dan elegan. Mudah dibawa kemana saja dan mudah dioperasikan.

Kamera memiliki banyak fitur menarik. Contohnya, 24.3 MP full frame CMOS sensor yang bisa menghasilkan gambar tajam dan detail. Ada juga 4K UHD video sehingga membuat video lebih bagus.

Harga Rp. 24.199.000-33.499.000

20. COOLPIX A1000 SILVER

COOLPIX A1000 SILVER adalah produk lain yang bisa Anda lirik. Kamera ini bisa menghasilkan video berkualitas HD. Selain itu, gambar yang diambil juga jadi sangat mengesankan dan terkesan nyata. Detail dan begitu berwarna. Ada banyak fitur lain yang disematkan pada kamera kecil ini. Anda pasti puas memakainya.

Harga Rp. 7.499.000-11.249.000

Rekomendasi Kamera Merek Fujifilm

21. Fujifilm X-E3

Fujifilm X-E3 hadir dengan X-Processor Pro Image Processor. Produk sangat berkualitas tinggi. Ada 3.0" 1.04m-Dot Touchscreen LCD dalam kamera yang satu ini.

Pembelian lengkap dengan manual book. Ada juga kartu garansi pada produk ini. Selai itu ada protective cover juga pada produk ini.

Harga Rp. 13.349.000-16.000.000

22. Fujifilm X-T20

Fujifilm X-T20 merupakan kamera bergaransi resmi selama 1 tahun. Ada banyak fitur yang ada dalam kamera. Mulai dari 24.3MP APS-C X-Trans CMOS III Sensor, X-Processor Pro Image Processor, dan 2.36m-Dot Electronic Viewfinder.

Kamera ini desainnya keren dan modern. Sudah ada Built-In Wi-Fi. Kamera juga bisa merekam UHD 4K Video Recording at 30p.

Harga Rp. 11.999.000-16.999.000

23. Fujifilm GFX 50S II

Fujifilm GFX 50S II merupakan kamera yang bisa jadi pilihan Anda. Produk ini hadir dengan fitur 51.4MP 43.8 x 32.9mm CMOS Sensor dan X-Processor 4 Image Processor. Ada juga fitur 3.2" 2.36m-Dot Tilting Touchscreen LCD dan 117-Point Contrast-Detection AF System.

Kamera ini bisa dipakai untuk mengambil video dengan adanya fitur Full HD 1080p Video Recording at 30 fps. Produk hadir dengan garansi 1 tahun.

Harga Rp. 62.000.000-69.000.000

24. Fujifilm XS10

Fujifilm XS10 merupakan rekomendasi berikutnya dari kami. Kamera ini memiliki fitur 26.1MP APS-C X-Trans BSI CMOS 4 Sensor dan X-Processor 4 Image Processor. Dalam pembelian produk ini sudah free SDHC Extreme 32GB 90Mbs.

Produk hadir dengan garansi resmi 1 tahun. Ada shoulder strap, body cap, dan manual book dalam produk ini.

Harga Rp. 15.999.000-18.499.000

25. Fujifilm XPro3

Fujifilm XPro3 memiliki garansi resmi 1 tahun saat pembelian. Produk yang satu ini dilengkapi fitur 26.1MP APS-C X-Trans BSI CMOS 4 Sensor dan X-Processor 4 Image Processor. Fitur lain yang menarik adalah 3.0" Hidden 180° Tilting Touchscreen.

Dalam pembelian ada banyak gratisan yang bisa diklaim. Ada free Battery Fuji NP-W126S dan SDHC Extreme 32GB .

Harga Rp. 27.999.000-30.000.000

26. Fujifilm X100F

Fujifilm X100F hadir dengan aneka fitur menarik. Ada 24.3MP APS-C X-Trans CMOS III Sensor dan X-Processor Pro Image Processor untuk mendukung kinerja kamera yang lebih baik. Gambar yang dihasilkan jadi lebih tajam dan lebih nyata. Produk ini desainnya simpel dan mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 17.999.000-31.000.000

27. Fujifilm X-T3

Fujifilm X-T3 sayang untuk dilewatkan sebagai pilihan. Produk yang satu ini memiliki fitur seperti 26.1MP APS-C X-Trans BSI CMOS 4 Sensor dan X-Processor 4 with Quad CPU sehingga kinerjanya terdukung dengan baik. Kamera bisa menghasilkan gambar jernih dan juga menghasilkan UHD 4K60 Video.

Harga Rp. 14.000.000-21.999.000

28. Fujifilm XT100

Fujifilm XT100 hadir dengan banyak pilihan fitur menarik yang bisa diandalkan dalam dunia fotografi. Ada 24.2MP APS-C CMOS Sensor
dan 3.0" 1.04m-Dot Tilting Touchscreen LCD. Mudah dioperasikan dan cocok untuk pemula.

Ada sistem pendeteksian fase-fase-kontras dan pendeteksian autofokus yang cepat dan tepat serta pengaturan SR + Otomatis yang canggih membuat pemakainya jadi betah mengoperasikannya.

Harga Rp. 6.000.000-9.499.000

29. Fujifilm XT4

Fujifilm XT4 adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk ini memiliki garansi resmi selama 1 tahun jadi lebih aman digunakan. Ada fitur 26.1MP APS-C X-Trans BSI CMOS 4 Sensor dan X-Processor 4 Image Processor yang bisa dilirik.

Kamera juga hadir dengan 3.0" 1.62m-Dot Vari-Angle Touchscreen dan ISO 160-12800, up to 15-fps Shooting sehingga mudah dioperasikan untuk mendapatkan gambar yang luar biasa.

Harga Rp. 23.499.000-34.998.000

30. Fujifilm X-Pro2

Fujifilm X-Pro2 bergaransi resmi 2 tahun lamanya. Produk ini desainnya minimalis dan mudah dioperasikan. Kamera memiliki sensor X-Trans CMOS III resolusi tinggi dan prosesor X-Processor Pro sehingga bisa menghasilkan gambar yang tampak nyata. Ada fitur Built-In Wi-Fi, SHARE Printer Compatible sehingga produk mudah dikoneksikan dengan perangkat lainnya.

Harga Rp. 24.299.000
From our editorial team

Pastikan Budget dan Keseriusan Anda Dalam Bidang Fotografi

Menggenggam kamera kemana-mana tentunya terlihat keren, akan tetapi sebelum membeli satu kamera pastikan Anda memang memiliki keseriusan untuk menekuni hobi ini, dan tentunya budget yang sesuai dengan kamera pilihan Anda. Jadi jangan salah pilih, ya.