9+ Pilihan Kamera Profesional untuk Hasil Foto yang Super Masa Kini!

9+ Pilihan Kamera Profesional untuk Hasil Foto yang Super Masa Kini!

Mau menekuni dunia fotografi? Tak cukup hanya skill yang mumpuni, alat yang digunakan juga harus super keren agar hasil fotonya semakin sempurna. Bingung menentukan di antara banyaknya pilihan kamera? Coba baca dulu rekomendasi BP-Guide berikut ini.

Kamera Profesional yang Baik Akan Menghasilkan Gambar yang Bagus

Bayangkan dalam sebuah momen yang sempurna, dengan pencahayaan yang bagus, objek foto yang menarik, dan Anda memegang sebuah kamera. Tentunya pada saat itu kemampuan Anda dan kualitas kamera lah yang jadi penentu hasil foto yang lebih baik.

Anda bisa belajar dari banyak sumber tentang kemampuan fotografi, tapi tak cukup tanpa kamera profesional yang mumpuni. Lantas di antara banyaknya pilihan kamera, mana yang mesti Anda miliki demi mendapatkan hasil foto maksimal dan makin meningkatkan kemampuan Anda dalam fotografi?

Sebelum memilih coba baca uraian kami tentang beberapa kamera dan fitur-fitur canggihnya demi hasil foto yang super!

Setting Kamera yang Wajib Anda Tahu Agar Menghasilkan Gambar yang Baik

White Balance

Biasanya pengaturan ini dilakukan di awal proses foto. Fungsinya? Untuk memastikan kamera dapat menangkap warna seakurat mungkin. Hal ini dilakukan dengan cara mengarahkan kamera ke objek berwarna putih dengan menggunakan manual focus. Pada akhirnya lensa akan menyesuaikan dengan warna putih yang memang dipantulkan oleh objek. Selain menggunakan manual focus, Anda juga bisa mengatur white balance ini dengan menggunakan pengaturan otomatis alias Auto.

Highlight Warning

Meskipun kini semua sudah beralih ke kamera digital, bukan berarti foto yang Anda hasilkan takkan terbakar seperti kebanyakan kasus dalam kamera analog yang menggunakan film.

Ada satu fitur di kamera DSLR atau SLR yang bisa mencegah terbakarnya foto atau yang dikenal dengan istilah Overexposure, di mana cahaya yang ditangkap kamera terlalu berlebihan hingga merusak warna dan hasil foto. Untuk mencegah hal ini, Anda tinggal mengaktifkan Highlight Warning.

Dengan fitur ini kamera Anda akan memberi tahu Anda saat tengah membidik objek yang Overexposure, sehingga Anda tak perlu khawatir hasil foto berantakan. Selain menggunakan pengaturan ini, Anda juga bisa mengeceknya dengan melihat Histogram pada kamera.

ISO

Istilah ini mungkin sangat familiar di kalangan fotografer, baik yang profesional maupun pemula. ISO sendiri merupakan penentu seberapa peka sensor yang ada dalam kamera terhadap cahaya.

Jika hendak mengambil gambar dengan pencahayaan minim, gunakan pengaturan ISO yang tinggi, jadi kamera Anda lebih peka terhadap cahaya yang ada. Sebaliknya di kala memotret objek yang berada di ruangan terang, gunakan ISO rendah.

Exposure

Exposure sendiri merupakan istilah ketika melihat seberapa banyaknya cahaya yang ada dalam foto Anda. Jika terlalu terang maka akan disebut overexposure, sebaliknya jika terlalu sedikit cahaya yang masuk disebut sebagai underexposure.

Dalam kamera digital atau DSLR biasanya pengaturan ini disediakan dalam bentuk otomatis yang dikenal dengan nama Auto Exposure, namun jika Anda ingin lebih lihai dalam mengotak-atik hasil foto Anda, cobalah ‘bermain’ dengan Exposure Compensation (Ev). Naikan Ev ke arah positif untuk hasil foto lebih terang, atau turunkan ke negatif untuk mendapatkan foto lebih gelap.

Exposure juga tidak bisa dipisahkan dari aperture (seberapa lebar bukaan lensa) dan shutter speed (seberapa lama lensa dibuka). Apabila Anda ingin memotret di tempat gelap, maka shutter speed harus lebih lama guna menangkap jejak cahaya. Gunakan pula tripod untuk hasil foto yang lebih baik.

Sering-seringlah berlatih untuk membuat Anda semakin tahu pengaturan terbaik ketika mengambil foto di segala waktu dan lokasi.

10 Pilihan Kamera Profesional Terbaik untuk Mendapatkan Foto yang Sempurna

Canon EOS 5D Mark IV

Sumber gambar www.digitaltrends.com

Merupakan pembaruan dari Canon 5D Mark III, kamera full frame ini dilengkapi dengan sensor CMOS 30,4 MP yang sangat sensitif. Bahkan rentang ISO-nya bisa dinaikkan hingga ISO 102.400, yang cocok untuk digunakan memotret dalam kondisi low light. Pembaruan paling terasa adalah keberadaan Duel Pixel CMOS yang memungkinkan kamera ini menyajikan autofocus yang sangat cepat dan presisi yang sangat tinggi. Jadi selain untuk memotret, kamera ini juga mampu mendukung pembuatan film dengan format 4K.

Jika Anda hanya ingin membeli kamera Canon DSLR EOS 5D Mark VI tanpa lensa, maka Anda bisa merogoh kocek hingga Rp 49.525.000 untuk pembelian resmi di store canon.co.id.

Sementara untuk pembelian camera kit, Canon 5D Mark VI Anda akan disertai dengan lensa EF 24-70MM F/4L IS USM yang memiliki kemampuan 30,4 MP. Camera kit ini dihargai sebesar Rp 56.555.500 di blibli.com.

Nikon D750

Sumber gambar www.nikonusa.com

Dari pesaingnya Canon, Nikon menawarkan kamera yang memiliki sensor 24,3 MP, CMOS, format FX, dan image processor EXPEED 4. Kelebihannya tentunya pada fokus yang lebih cepat dan noise yang lebih rendah. Selain itu kamera ini juga memiliki 51-point autofocus system yang mampu menghasilkan gambar lebih baik. Kamera ini juga dilengkapi Wi-Fi sehingga memudahkan Anda mengirimkan hasil foto ke smartphone atau laptop Anda.

Apabila Anda menginginkan membeli Nikon D750 kamera saja, Anda bisa membelinya via online di bhinneka.com dengan harga Rp 21.000.000. Namun jika belum cukup, Anda bisa memiliki camera kit Nikon D750 yang dilengkapi dengan lensa 24-120mm. Camera kit in dijual dengan harga Rp 31.500.000 di blibli.com.

Canon EOS 760D

Sumber gambar www.harveynorman.ie

Termasuk dalam kamera DLSR yang ditujukan bagi pemula, namun Canon melengkapinya dengan banyak fitur canggih. Seperti sensor 24 MP APS-C yang merupakan sensor unggulan jika dibandingkan dengan kamera lain yang sejenis. Jadi bisa dibilang Canon 760D ini memiliky body yang terlihat seperti kamera pemula namun kemampuan yang menyerupai kamera kelas menengah.

Memotret dengan Canon 760D juga lebih mudah karena kamera ini memiliki kontrol pemotretan yang lebih lengkap serta LCD yang touchsreen dan bisa diputar. Sensor COS 24.2 MP juga terintegrasi langsung dengan mode pemotretan kreatif, fitur HDR, dan anti flicker. Harga camera only dari Canon 760D adalah Rp 17.132.500 di bhinneka.com.

Sementara untuk camera kit, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 12.298.000 di blibli.com.

Canon EOS 70D

Masih dari Canon, kamera 70D ini memang diluncurkan untuk Anda yang ingin secara serius mendalami dunia fotografi. Kamera ini dilengkapi dengan layar 3 inci yang memiliki kemampuan touchscreen. Selain itu keberadaan Wi-Fi juga mempermudah pengguna memindhkan hasil foto.

Salah satu keunggulan dari Canon 70D adalah kemampuan autofocus-nya yang kini didukung oleh Dual Pixel CMOS AF. Cukup dengan menyapukan jari di layar sentuh, autofocus akan bekerja secara cepat untuk menangkap gambar secara akurat. Canon 70D juga hadir dengan kemampuan mengabadikan gambar dengan kecepatan tinggi yakni 7.0 frame per detik.

Jika Anda tertarik memiliki kamera ini yang dilengkapi dengan lensa 18-135mm Anda bisa membelinya seharga Rp 16.930.000 di blibli.com, atau di plazakamera.com seharga Rp 17.840.000.

Canon EOS 750D

Sumber gambar www.expertreviews.co.uk

Apabila Anda mencari kamera dengan harga kamera pemula namun fitur layaknya kamera canggih maka Canon EOS 750D adaalah jawaban Anda. Dari segi penampilan kamera DSLR ini merupakan penggabungan dari kamera profesional dan pemula, di mana keberadaan layar yang sudah dilengkapi dengan touchscreen membuatnya tampak seperti kamera profesional.

Canon EOS 750D dilengkapi dengan sensor CMOS 24,2 MP, prosesor DIGIC6, dan 19 titik AF tipe silang. Semua perpaduan teknologi tersebut pastinya membuat EOS 750D menjadi salah satu kamera unggulan di kelas pemula. Untuk body only dari kamera ini Anda akan dibanderol dengan harga Rp 9.075.000 di canon.co.id.

EOS 750D juga hadir dengan dilengkapi lensa kit 18-55mm yang telah dilengkapi dengan fitur image stabilizer dan autofocus. Untuk camera kit ini Anda akan dibanderol dengan harga Rp 9.600.000 di blibli.com.

Nikon D5500

Sumber gambar www.nikonusa.com

Secara fisik Nikon D5500 memang mencuri perhatian. Selain karena ukurannya yang relatif kecil, berat kamera ini juga terhitung ringan yakni sekitar 420 gram saja. Akan tetapi justru disinilah tolok ukur keberhasilan Nikon yang mampu memasukan seluruh teknologi canggih dalam Nikon D5500 ini.

Nikon 5500 dilengkapi dengan layar touchscreen, sensor 24.2 MP DX-Format CMOS Sensor dan prosesor EXPEED 4. Ia juga memiliki sambungan wifi dan kemampuan mengambil gambar hingga 5 frame per detik. Jika Anda membeli kamera ini plus lensa 18-55MM VR II Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 10.250.000 di plazakamera.com, atau Rp 9.350.000 di blibli.com.

Canon EOS 700D

Sumber gambar www.flipkart.com

Dikenal dengan nama EOS Rebel T5i atau EOS Kiss X7i, kamera ini memiliki resolusi maksimal hingga 18MP. Ia jga dilengkapi dengan sensor 18 MP APS-C 22.3x14.9 CMOS dan prosesor DIGIC 5 untuk memastikan hasil foto yang diambilnya akan maksimal. Saat membeli camera kit Anda juga akan mendapatkan lensa STM 18-55mm.

Untuk Canon EOS 700D Anda bisa membelinya dengan kisaran harga Rp 5.600.000 hingga Rp 12.538.500 di tokopedia.com atau seharga Rp 10.750.000 di blibli.com.

Pentax K-50

Sumber gambar www.dpreview.com

Kalau berbicara penampilan rasanya Pentax K-50 adalah juaranya. Pasalnya kamera ini memiliki 120 pilihan warna kamera yang bisa dipilih sesuai preferensi Anda. Akan tetapi ‘kecantikan’ kamera ini juga diikuti dengan kemampuan yang canggih. Ia mengusung kecepatan pengambilan gambar yang bisa sampai 6 frame per detik, tingkat ISO yang mencapai 51.200, kemampuan menahan pengaruh guncangan, debu, dan cuaca., dan masih banyak lagi kemampuan kamera ini yang membuatnya dapat dibandingkan dengan kamera DSLR tingkat atas.

Jika Anda membeli kamera ini saja, maka harganya sekitar Rp 5.300.000 di situs blibli.com, sementara jika Anda membelinya bersama dengan lensa kit 16.3MP maka Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000.000 di lazada.co.id.

Nikon D3400

Sumber gambar www.imaging-resource.com

Meskipun termasuk dalam kelas entry alias level pemula Nikon D3400 merupakan kamera dengan banyak keunggulan yang kami rasa bisa memenuhi kebutuhan Anda bahkan di level semi-profesional. Nikon D3400 hadir dengan dilengkapi lensa kit 18-mm. Salah satu keunggulan Nikon yang mungkin masih belum dimiliki brand kamera lain adalah ketahanan baterai yang disebut mampu memotret 1.2000 foto dalam satu pengisian penuh baterai. Selain itu kamera ini juga memiliki fitur SnapBridge sehingga bisa terhubung dengan smartphone melalui Bluetooth Low Energy.

Anda bisa memiliki kamera ini dengan harga Rp 6.125.000 di blibli.com atau Rp 6.700.000 di tokopedia.com.

Nikon D5200

Sumber gambar www.cnet.com

Masuk dalam level amatir kelas menengah, Nikon D5200 menawarkan banyak hal yang membuatnya cocok untuk dimiliki Anda yang tengah berniat serius di bidang fotografi. Kamera ini dilengkapi dnegan lensa kit 18-55mm yang memiliki sensor DX-format 24.1MP CMOS dan EXPEED 3.

Nikon D5200 dibanderol dengan harga Rp 5.785.000 di blibli.com.

From our editorial team

Pastikan Budget dan Keseriusan Anda Dalam Bidang Fotografi

Menggenggam kamera kemana-mana tentunya terlihat keren, akan tetapi sebelum membeli satu kamera pastikan Anda memang memiliki keseriusan untuk menekuni hobi ini, dan tentunya budget yang sesuai dengan kamera pilihan Anda. Jadi jangan salah pilih, ya.