7 Tips Belajar di Rumah dan 10 Rekomendasi Produk untuk Menemani Kamu Belajar (2021)

7 Tips Belajar di Rumah dan 10 Rekomendasi Produk untuk Menemani Kamu Belajar (2021)

Sebagai pelajar, tugas utama kita adalah belajar. Untuk sementara ini, kita masih banyak belajar di rumah ketimbang di sekolah. Hal ini tidak ada masalah karena kamu tetap bisa belajar dengan nyaman selama kamu tahu tips-tips-nya. Kami juga merekomendasikan deretan produk terbaik untuk menunjang aktivitas belajarmu.

Bukan Hanya di Sekolah, di Rumah juga Tetap Wajib Belajar

Di masa pandemi, sekolah-sekolah sengaja memberlakukan proram belajar dari rumah atau belajar daring. Hal ini dilakukan demi menekan penularan virus Corona. Setelah hampir dua tahun belajar di rumah, kini sudah mulai banyak sekolah yang kembali membuka sekolah dan memberlakukan pembelajaran tatap muka meski jumlahnya masih dibatasi.

Saat sekolah sudah kembali normal, tentu saja belajar jadi lebih menyenangkan. Kita bisa bertemu lagi dengan teman-teman hingga guru-guru kita. Selain itu, kita juga bisa belajar bersama tanpa mengalami masalah koneksi internet, mati listrik, dan lain sebagainya.

Meski nantinya sekolah kembali normal dan kamu sudah bisa belajar di sekolah, kamu tetap masih harus belajar di rumah, ya. Kamu masih harus mengulang pelajaran yang didapat di sekolah saat berada di rumah. Kamu juga perlu mengerjakan tugas yang diberikan dari sekolah. Jangan karena sudah merasa belajar di sekolah lalu kamu merasa tidak perlu lagi belajar di rumah.

Belajar di rumah harus tetap semangat, ya. Untuk itu, kamu harus tahu beberapa tips agar belajarmu makin nyaman di rumah. Tips di bawah ini juga cocok untuk kamu yang sekarang masih harus belajar di rumah dan belum bisa kembali ke sekolah untuk belajar seperti umumnya.

Tips Belajar di Rumah agar Nyaman dan Efektif

Buat Ruang Khusus untuk Belajar

Saat berada di rumah, kadang sulit bagi kita untuk berkonsentrasi. Ada saja hal yang bisa mengalihkan fokus kita. Maka dari itu, pilih ruang khusus di mana sekiranya kamu tidak terganggu. Kamu bisa pilih kamar tidurmu atau kamar belajar jika kamu memilikinya.

Jika tak ada, kamu bisa pakai ruang lainnya juga seperti ruang keluarga. Kamu bisa juga menciptakan sudut khusus untuk belajar. Misalnya saja dengan meletakkan meja dan kursi belajar. Dengan begini, keluargamu pasti mengerti saat kamu sedang duduk di meja dan kursi belajar tersebut, artinya kamu sedang sibuk belajar dan tidak ingin diganggu.

Offo Living - Meja Tulis Meja Belajar dengan Rak Buku AIKO - MTSL-1

Offo Living - Meja Tulis Meja Belajar dengan Rak Buku AIKO - MTSL-1 merupakan meja belajar yang pas untuk diletakkan di area belajarmu. Terbuat dari bahan pine solid wood, produk ini hadir dengan papan meja berbahan particle board setebal 15 mm. Papan meja juga dilaminasi paper white sehingga kesannya minimalis namun tetap estetik.

Meja ini tidak hanya menyediakan tempat untuk menulis atau mengetik di laptop, kamu juga bisa menyimpan aneka buku-buku pada area rak yang tersedia. Warna produknya tidak mudah pudar dan tidak mudah berjamur. Ukuran meja ini adalah 100 x 59 x 96 cm.

Harga Rp. 425.000-818.000

Pira - Ethan DC

Pira - Ethan DC adalah kursi yang cocok untuk menemani kamu belajar. Desain kursinya memang simpel namun sangat keren. Produk ini dilengkapi sandaran yang bikin nyaman saat belajar. Terbuat dari beech wood, bagian kakinya begitu kokoh dan tahan lama digunakan. Ada 4 pilihan warna, yaitu, hitam, merah, abu-abu, dan putih.

Kursi ini dibuat dari bahan berkualitas terbaik. Ini membuatnya mudah dibersihkan. Ukuran kursinya adalah 46 cm x 42 cm x 76 cm.

Harga Rp. 360.000-375.000

Perhatikan Pencahayaan

Agar mata dan kepala tidak pusing selama belajar, cek pencahayaan di tempat belajarmu. Hindari memilih area yang minim pencahayaan karena bisa bikin kepalamu pusing dan kamu jadi tidak betah belajar dalam waktu lama. Pilihlah tempat belajar dengan pencahayaan bagus atau dekat jendela. Dengan begini, kamu bisa mendapat cahaya yang cukup.

Namun, jika memang keadaan tidak memungkinkan, kamu bisa memakai lampu belajar. Pemakaian lampu belajar bisa di pagi, siang, atau malam hari. Lampu belajar bikin mata kamu jadi lebih nyaman saat belajar sehingga kamu jadi betah belajarnya.

AOKI Lampu belajar si kancil

AOKI Lampu belajar si kancil merupakan lampu yang bisa bikin kamu lebih nyaman belajar. Dengan 3 mode cahaya yakni, warm white, warm, dan white, kamu bisa sesuaikan mana yang lebih nyaman untuk mata. Desainnya menggemaskan dengan bentuk kancil. Ada tombol dimmer yang cukup disentuh untuk menerangkan dan meredupkan lampu. Kamu juga bebas memakai 2 metode penggunaan yaitu ac dan dc.

Lampunya portabel sehingga mudah dipindahkan kemana saja kamu inginkan. Kamu juga bisa menekuk dan membentuk lampu sesuai keinginkan. Lampu ini juga memakai rechargeable baterai sehingga saat penggunaan tidak perlu selalu ditancap ke saluran listrik. Produk ini juga bisa kamu bawa ke alam terbuka dan difungsikan sebagai senter saat dibutuhkan.

Harga Rp. 80.850-150.000

Pastikan Koneksi Internetmu Bagus

Ada kalanya kamu butuh informasi dari internet saat belajar di rumah. Untuk itu, pastikan koneksi internetmu sudah lancar. Kamu bisa memakai jaringan internet di smartphone atau memakai jaringan internet WiFi di rumah. Apalagi jika misalnya kamu ada kelas online, jaringan yang bagus tentunya akan bikin kamu lebih nyaman belajar dalam waktu lama.

TP-LINK TL-WR840N 300Mbps Wireless N Router

TP-LINK TL-WR840N 300Mbps Wireless N Router ini bisa kamu gunakan untuk memperkuat sinyal internet di rumahmu. Kamu bisa memakainya sebagai access point, wireless router, hingga range extender. Kamu bisa juga memakainya sebagai WISP yaitu untuk menghubungkan WiFi dengan WiFi tanpa mengubah IP. Produk ini ideal untuk kedua tugas sensitif bandwidth dan pekerjaan dasar. Kamu juga bisa lebih leluasa menentukan berapa banyak bandwidth yang dialokasikan ke setiap PC. Produk lebih mudah disetting karena sudah bisa memakai Theater APP.

Harga Rp. 148.000-210.000

Buat Jadwal Belajar

Belajar dari rumah membuat kita bebas merencakan apa yang akan kita pelajari. Namun, supaya lebih teratur, tak ada salahnya jika kamu mengatur jadwalmu jadi lebih baik. Tidak hanya mengatur pelajaran apa saja yang akan kamu pelajari hari ini, kamu juga bisa mulai menjadwalkan kegiatan yang akan kamu lakukan seharian.

Buat jadwal terinci kegiatan yang kamu lakukan dari pagi hingga menjelang tidur. Dengan adanya jadwal, kamu jadi lebih pandai mengatur waktu. Belajar jadi lebih terencana dan kamu juga bisa memakai sisa waktu yang kamu punya untuk melakukan hal lainnya.

TRG - Schedule Board Pastel

TRG - Schedule Board Pastel ini akan membantu kamu dalam mengatur jadwal. Kamu bisa memakainya untuk mengatur jadwal per hari atau per bulan. Bagian sisi depan bisa menampilkan hari dalam 1 bulan sehingga bagian tanggal bisa bebas untuk kita ganti. Bagian sisi belakangnya menampilkan kolom kosong sehingga kita bisa memakainya untuk membuat jadwal atau pengingat yang harus kita lakukan. Ukuran produk ini adalah 70 x 50 cm. Varian warnanya bikin kamu jadi lebih semangat merencanakan jadwalmu seharian.

Harga Rp. 8.500-16.500

Lengkapi Peralatan Belajar

Lengkapi peralatan belajarmu sebelum kamu mulai belajar. Jangan sampai kekurangan peralatan belajar hingga akhirnya kamu kurang konsentrasi dan malah membuang-buang waktu untuk mencari peralatan belajar yang kamu butuhkan. Letakkan aneka peralatan belajar yang sekiranya kamu butuhkan di dekatmu. Tata alat-alat belajar pada rak atau tempat khusus sehingga kamu lebih mudah menjangkaunya saat membutuhkannya. Dengan begini, kamu bisa lebih fokus belajar.

Staedtler School Set

Staedtler School Set ini keren untuk melengkapi kebutuhan belajarmu. Satu paketnya berisi sepaket pensil warna permanen isi 24 buah, 3 buah pensil Norica 2B, sebuah penggaris transparan 15 cm, dan sebuah penghapus ekonomis. Dengan berbagai perlengkapan belajar ini diharapkan kamu jadi lebih semangat dalam belajar, ya.

Harga Rp. 61.000-101.000

PAKET ALAT TULIS 9IN1 / ALAT TULIS SET

PAKET ALAT TULIS 9IN1 / ALAT TULIS SET akan menemani kamu belajar dengan nyaman. Dalam satu paket sudah lengkap untuk belajar lebih praktis. Kamu akan mendapatkan tempat pensil, penyangga smartphone agar tidak mudah jatuh, sebuah memo notes dengan jumlah 100 lembar, dan juga correction tape dengan desain lucu berukuran 3,5 cm.

Kamu juga akan mendapatkan 2 pulpen gel dengan ujung lancip yang nyaman dipakai menulis. Ada juga sebuah pensil mekanik gambar dan 1 refill tinta untuk isian pulpen. Kamu juga akan mendapatkan sebuah penghapus pensil.

Harga Rp. 25.000-35.900

Buat Catatan Penting

Salah satu cara agar kamu bisa lebih cepat mengerti hal yang sedang kamu pelajari adalah dengan membuat catatan penting. Kamu bisa menulis poin-poin dari materi yang sedang kamu pelajari. Dengan membuat poin-poin penting, maka saat ujian tiba kamu bisa lebih mudah mempelajarinya.

Untuk membuat catatan penting, kamu bisa menuliskannya pada sticky note lalu menempelkannya pada buku atau pada area khusus yang mudah dilihat atau menandai bagian yang penting dengan memakai stabilo pada buku. Kamu juga bisa memakai buku khusus dan spidol atau pulpen warna-warni untuk mencatat bagian-bagian penting. Pemakaian pena atau spidol warna warni diharapkan membuat catatan kamu jadi lebih menarik untuk dilihat kembali dan dipelajari.

Memo Stick / Sticky Note / Kertas Memo / Memo Tempel Joyko MMS-2

Memo Stick / Sticky Note / Kertas Memo / Memo Tempel Joyko MMS-2 bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini hadir dalam ukuran 75 x 18,75 mm. Dalam satu paket berisi 4 warna kertas. Setiap warna kertas memiliki jumlah 100 lembar. Kamu bisa menempelkannya pada buku untuk menandai bagian penting dan lain sebagainya.

Harga Rp. 6.500-11.200

STABILO Set 6 - BOSS Pastel Edition

STABILO Set 6 – BOSS Pastel Edition juga bisa jadi andalan kamu untuk menandai bagian penting dari sebuah catatan. Dengan ujung runcing, kamu bisa membuat 2 macam ketebalan garis yakni 2 mm dan 5 mm. Bentuknya unik dan khas sehingga nyaman digenggam di tangan. Bagian tintanya tidak mengering walau dibiarkan terbuka tanpa penutup selama 4 jam.

Produk ini tahan lama karena terbuat dari water based ink ramah lingkungan dan dapat digunakan untuk berbagai kertas, mulai dari kertas biasa, kertas fax, hingga kertas fotokopi. Ada 6 pilihan warna yang bisa kamu miliki.

Harga Rp. 60.000-84.000

Sediakan Camilan

Saat belajar dan berpikir, tenaga kamu jadi terkuras. Kamu bisa sesekali ngemil selama belajar. Lakukan jeda untuk ngemil 5 atau 10 menit setiap satu atau dua jam sekali. Pilih camilan favoritmu supaya kamu jadi makin semangat, ya.

WoCA Thin Cookies Krunz Chocolate Dark Chocolate

WoCA Thin Cookies Krunz Chocolate Dark Chocolate ini merupakan camilan yang bisa menemani kamu agar semangat belajar. Terbuat dari bahan tepung singkong, camilan ini gluten free. Camilan ini bebas pengawet, perasa buatan, dan pewarna. Paduan manisnya cokelat dan renyahnya kacang mede bikin kamu ketagihan ngemil.

Produk ini juga hadir dengan flaxseed yang merupakan sumber omega 3 alami dan terbukti bisa memberi manfaat pada kesehatanmu. Rasanya makin sempurna karena dipanggang dengan suhu yang tepat.

Dikemas dalam kaleng eksklusif dengan berat bersih 100 gram. Produk ini sudah memiliki PIRT sehingga terjamin lebih aman dikonsumsi.

Harga Rp. 16.999-22.999
From our editorial team

Hindari Gangguan yang Bikin Kurang Fokus

Saat belajar di rumah, pasti ada saja gangguan yang bikin kamu jadi kurang fokus belajar. Sebaiknya jauhi aneka gangguan yang bikin kamu jadi kurang fokus. Semisal gangguannya berupa suara televisi, kamu bisa mengecilkan volumenya. Jauhkan dirimu dari mainan dan juga smartphone karena pastinya akan bikin kamu lebih tertarik sehingga kamu jadi malas belajar.