Belajar dari Rumah Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Tablet untuk Anak (2021)

Belajar dari Rumah Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Tablet untuk Anak (2021)

Anak zaman sekarang susah lepas dari yang namanya gadget. Tidak mengapa anak bermain gadget, namun alangkah baiknya jika Anda terus mengawasinya. Simak rekomendasi deretan tablet dari BP-Guide yang bagus untuk membantu anak belajar.

Kenalkan Tablet pada Anak Sejak Dini untuk Mendapatkan Manfaatnya

Di saat zaman sudah semakin canggih seperti sekarang ini, sudah sewajarnya jika kita memperkenalkan aneka gadget kepada anak. Ini supaya ia tidak gagap teknologi dan bisa memanfaatkan teknologi dengan maksimal demi mendukung pendidikan dan tumbuh kembangnya.

Tablet merupakan salah satu jenis gadget yang bisa Anda kenalkan pada buah hati. Gadget yang satu ini bukan lagi benda baru untuk di sekitar kita. Tablet banyak digunakan untuk membantu keperluan kita dalam keseharian, baik untuk berkomunikasi, mencari informasi, mencari hiburan, dan lain sebagainya.

Memperkenalkan anak kepada tablet bisa membantu merangsang keterampilan motoriknya. Mereka bisa memainkan aneka permainan edukasi dalam tablet yang bisa melibatkan koordinasi mata dan gerakan jari-jari tangannya.

Mengenalkan tablet kepada anak juga bisa melatih cara berpikirnya. Ini akan meningkatkan kemampuan kognitif anak dengan lebih cepat dan lebih baik. Mereka jadi bisa lebih cepat mengingat, membuat rencana, hingga memecahkan masalah. Anak bisa merangsang kemampuan berpikir dan juga kemampuan memecahkan masalah dengan memainkan permainan puzzle pada tablet.

Selain itu, memperkenalkan tablet kepada anak juga bisa membantu ia untuk belajar dengan lebih baik. Di masa pandemi seperti sekarang ini, belajar di rumah kembali digalakkan. Untuk membantunya mengikuti pelajaran daring, maka tablet bisa jadi solusinya.

Tips Memilih Tablet untuk Anak

Antarmuka Simpel

Dalam memilih tablet untuk digunakan anak, Anda bisa mengutamakan tablet dengan antarmuka yang simpel. Tablet semacam ini akan lebih mudah dioperasikan. Anak jadi tidak bingung saat memilih aplikasi, membuka aplikasi, atau masuk ke berbagai menu yang ia minati. Pilih juga tablet dengan kontrol intuitif yang sederhana sehingga nantinya anak cepat akrab dengan tablet.

Ukuran Pas di Tangan Anak

Ukuran tablet juga perlu dipilih dengan baik. Jika tablet digunakan bersama, Anda bisa memilih yang ukurannya besar karena bisa digunakan dalam berbagai mode, contohnya tablet dengan ukuran 10 inci. Sementara, jika untuk dipakai anak saja maka pilih tablet yang ukurannya sekiranya pas di tangan anak. Ini supaya ia tidak kesulitan jika hendak memegangnya atau memindahkannya. Untuk anak, Anda bisa memilih tablet ukuran 8 inci.

Pilih yang Sudah Ada Perlindungan Blue Filter

Dalam memilih tablet untuk anak, Anda bisa mengutamakan tablet dengan perlindungan blue filter. Perlindungan yang satu ini membuat tablet lebih aman digunakan anak. Ini artinya tablet sudah mendapat proteksi tambahan untuk melindungi dan menjaga kesehatan mata.

Fitur Edukasi dan Pengamanan Ekstra

Hal lain yang wajib jadi pertimbangan saat memilih tablet untuk anak adalah adanya aneka fitur-fitur dan aplikasi edukasi. Dengan begini anak akan lebih terbantu belajar. Selain itu, anak akan lebih mengenal tablet sebagai alat untuk belajar bukan hanya bermain semata.

Jangan lupa juga memilih tablet dengan fitur pengaman ekstra. Contohnya adalah fitur Time Management. Adanya fitur ini bisa mengingatkan anak bahwa waktunya dibatasi untuk bermain tablet. Ada juga fitur Content Management di mana anak tidak akan bisa mengakses aplikasi yang tidak pantas.

Intip Segera Deretan Tablet Terbaik untuk Anak

Samsung Galaxy Tab A7

Samsung Galaxy Tab A7 adalah rekomendasi tablet pertama dari kami. Produk ini sudah mendukung semua fitur dan layanan Samsung Kids sehingga cocok jadi teman belajar anak. Tablet ini bisa memberikan ruang aman dan menyenangkan bagi anak. Ada banyak teman virtual bernama Crocro, Cooki, Lisa, dan Booby. Anak jadi bisa mengeksplorasi dan menemukan tantangan untuk melatih kemampuan berpikir kritis melalui aneka permainan yang tersedia.

Tablet berukuran 10 inci ini mudah digenggam dan nyaman dibawa kemana saja. Produk ini memiliki ROM 32 GB dan RAM 3GB. Ada juga ruang microSD sampai 1TB sehingga bisa diisi dengan berbagai aplikasi menarik. Tablet keren ini memakai CPU Qualcomm SM6115 Snapdragon 662.

Untuk fotografi, ada kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP. Tablet ini tahan lama digunakan sebab ada baterai 7040 mAh non-removable di dalamnya. Tablet ini memiliki ukuran 157,4 x 247,6 x 7,0 mm dengan berat 476 gram.

Harga Rp. 4.012.000-4.700.000

Huawei MatePad T8

Huawei MatePad T8 memiliki desain simpel sehingga lebih mudah digunakan. Ada banyak fitur canggih yang bisa membantu anak untuk belajar online selama di rumah saja. Performa produk yang satu ini juga tidak perlu diragukan lagi. Dengan adanya chipset MediaTek MT8768, dapur pacunya dibantu RAM 2 GB dan memori 32 GB. Ini membuatnya lancar menjalankan aneka aplikasi yang dibutuhkan anak untuk belajar.

Tablet 8 inci ini mudah digenggam anak. Selain itu bezel-nya juga hanya berukuran 4,9 mm dengan bobot 310 gram, jadi anak tidak kesulitan membawanya kemana saja. Ukuran penuhnya adalah 199,7 x 121,1 x 8,6 mm. Untuk baterainya, produk ini memakai baterai 5100 mAh.

Harga Rp. 1.483.800-1.649.000

Apple iPad mini 5

Apple iPad mini 5 ini memiliki layar berukuran 8 inci. Produk yang satu ini bisa memanjakan mata anak dengan layar true tone. Dengan chipset A12 Bionic, tablet ini dibekali sistem operasi iPadOS. Ada juga teknologi Neural Engine yang membuat performa perangkat jadi lebih kencang. Tablet yang satu ini hadir dengan berat hampir 300 gram jadi mudah dibawa kemana saja.

RAM-nya berkapasitas 3 GB sedangkan ROM-nya 64 GB. Produk ini juga dibekali dengan kamera utama 8 MP dan kamera depan 7 MP. Baterainya memakai baterai polimer litium isi ulang. Anak bisa memakai produk ini selama 10 jam dengan nyaman.

Harga Rp. 6.635.000-8.239.000

Apple iPad Mini 7.9

Apple iPad Mini 7.9 hadir dengan ukuran layar yang ringkas yakni 7,9 inci. Produk ini memiliki dimensi 203,2 x 134,8 x 6,1 mm. Tablet ini bisa membantu anak belajar dengan nyaman. Selain itu, tablet ini juga cocok untuk jadi sumber hiburan keluarga.

Performa tabletnya tinggi karena memakai chipset Apple A12 Bionic. Ada fitur sensor sidik jari hingga dukungan stylus yang membuatnya mudah dioperasikan. Tablet ini dibekali RAM 3GB dan memori internal 64 GB. Baterai produk ini adalah 5124 mAh sehingga aman digunakan dalam waktu lama.

Harga Rp. 6.735.000-8.365.000

Advan Tab 7

Advan Tab 7 merupakan produk lainnya yang bisa Anda pilih untuk buah hati. Tablet ini memiliki layar ukuran 7 inci sehingga akan lebih mudah digenggam anak. Tampilan layarnya simpel jadi anak tidak akan repot untuk membawanya kemana saja. Untuk dapur pacunya, tablet ini dibantu dengan prosesor quad-core 1,4GHz dan memori RAM 3GB.

Tablet ini memakai sistem operasi Android Pie dengan CPU Unisoc SC9832E. Untuk penyimpanannya ada ROM seluas 16 GB. Anak bisa menggunakan tablet ini untuk berfoto. Ini karena ada kamera utama 5 MP dan kamera depan 5 MP. Baterai produk ini 4000 mAh sehingga cocok untuk dipakai anak-anak belajar dan bermain agar tidak terlalu lama memakainya.

Harga Rp. 1.199.000-1.500.000

Samsung Galaxy Tablet Tab A 10.1

Samsung Galaxy Tablet Tab A 10.1 cocok untuk digunakan anak belajar di rumah. Layarnya besar dan luas sehingga melegakan mata. Anda tidak perlu was-was karena layarnya sudah memiliki teknologi proteksi Blue Light Filter yang nyaman di mata dan tidak bikin mata cepat lelah. Ukuran RAM sebesar 3 GB dengan ROM 32 GB.

Tablet ini memiliki fitur dan layanan Kids Home. Adanya fitur ini memudahkan orangtua membatasi waktu pemakaian hingga mencegah anak membuka situs atau aplikasi yang belum sesuai usianya. Dengan tampilan antarmuka One UI, tablet ini jadi lebih mudah digunakan anak. Baterainya berkapasitas 6.150 mAh.

Tablet memiliki kamera utama 8 MP dengan kamera depan 5 MP. Produk dengan dimensi 245,2 x 149,4 x 7,5 mm memiliki berat 470 gram sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Harga Rp. 4.599.000-5.533.500

Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Samsung Galaxy Tab S6 Lite ini adalah rekomendasi selanjutnya dari kami. Tablet dengan desain premium ini sudah mendapatkan dukungan stylus khas Samsung. Mudah dioperasikan, tablet ini cocok juga untuk menemani buah hati belajar di rumah.

Tablet dengan ukuran 244,5 x 154,3 x 7 mm ini memiliki layar 10,4 inci sehingga sangat melegakan mata. Ada dukungan chipset Samsung Exynos 9611 dan RAM 4 GB yang melancarkan dapur pacu produk ini. Selain itu ada juga ROM seluas 64 GB atau 128 GB. Produk ini bisa tahan lama digunakan berkat adanya baterai 7040 mAh.

Harga Rp. 5.251.000-6.348.000

Apple iPad 8

Apple iPad 8 juga cocok untuk menemani putera puteri Anda belajar di rumah. Tablet yang satu ini hadir dengan layar 10,2 inci yang melegakan mata dengan resolusi 2160 x 1620 piksel. Dapur pacunya memakai A12 Bionic. Ada penyimpanan berukuran 128 GB yang membuat anak bebas menyimpan banyak aplikasi dan file.

Tablet dengan ukuran 9,8 x 6,8 x 0,29 inci ini memiliki berat hanya 1,08 pound sehingga mudah dibawa kemana saja. Ada kamera utama 8 MP dan kamera depan 1,2 MP yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen.

Harga Rp. 5.090.000-9.489.000

Samsung Galaxy Tab S5e

Samsung Galaxy Tab S5e hadir dengan layar 10, 5 inci. Ini membuatnya mudah digenggam dan nyaman dilihat. Dengan lebar 5,5 mm dan berat 400 gram, tablet ini mudah dibawa ke mana saja. Antarmukanya simpel dan minimalis jadi anak lebih mudah mengoperasikannya.

Tablet ini cocok untuk menemani anak belajar dari rumah. Dapur pacunya adalah Qualcomm SDM670 Snapdragon 670 Octa-core dengan sistem operasi Android 9. Ada RAM 6 GB dan ROM 64 GB yang tersedia untuk memorinya. Anda juga bisa menambahkan memori microSD hingga 512GB.

Kamera utama produk ini adalah 13 MP dan masih dilengkapi dengan kamera depan 8 MP. Baterainya berkapasitas 7040 mAh yang bisa menunjang anak untuk memakainya hingga puas.

Harga Rp. 4.725.000-7.499.000

Huawei Matepad Pro

Huawei Matepad Pro merupakan rekomendasi terakhir kami. Tablet yang satu ini hadir dengan dimensi 246 x 159 x 7,2 mm. Ukuran layarnya 10, 8 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel. Tablet ini dibekali dengan chipset Huawei HiSilicon Kirin 990 Octa Core. Ada RAM 6 GB dan memori internal 128 GB yang bisa menunjang penyimpanan aneka file dan aplikasi. Baterai tablet ini berkapasitas 7250 mAh dan sudah mendukung fast charging.

Harga Rp. 7.995.000-10.399.000
From our editorial team

Batasi Waktu Anak Bermain Tablet

Saat anak memakai tablet untuk bermain, ada baiknya Anda membatasi waktu sesuai usianya. Untuk anak usia 4 sampai 5 tahun, mereka cukup bermain selama 30 menit saja. Sementara untuk anak usia 6 hingga 7 tahun, pastikan mereka hanya bermain selama 1 jam saja. Jika mereka memakainya untuk belajar, maka tak masalah jika memakainya sedikit lebih lama. Pembatasan waktu anak bermain tablet ini juga harus diimbangi dengan perbuatan Anda. Jangan sampai Anda melarang buah hati bermain tablet terlalu lama, namun Anda sendiri malah sibuk dengan tablet atau smartphone sendiri. Anak akan mencontoh apa yang orang tuanya lakukan.

Tag