9 Rekomendasi Meja Belajar Lipat Anak yang Portabel dan Nyaman Digunakan (2020)

9 Rekomendasi Meja Belajar Lipat Anak yang Portabel dan Nyaman Digunakan (2020)

Meja belajar lipat anak saat ini sering digunakan. Tidak hanya di rumah, tapi juga di lembaga pembelajaran juga sudah sering menggunakan meja satu ini. Alasannya selain simpel, juga portabel. Jadi, anak bisa berpindah tempat belajar dengan sekaligus membawa mejanya. Nah, bila Anda juga sedang ingin mencari meja lipat untuk anak atau mungkin ingin membuatnya, simak dulu artikel berikut ini, ya.

Meja Belajar Lipat Sangat Praktis Digunakan

Meja belajar adalah meja yang dirancang khusus untuk menjadikan proses belajar menjadi lebih nyaman. Karena nyaman, maka belajar bisa lebih optimal dan hasilnya juga akan lebih baik. Belajar atau membaca sambil tengkurap, berguling, atau posisi lainnya tentunya akan membuat Anda tidak nyaman. Hasilnya menjadikan belajar tidak optimal. Karena itulah, meja belajar sangat dibutuhkan.

Apalagi di saat pandemi seperti saat ini, di mana semua kegiatan dialihkan di rumah saja. Jadinya, tidak hanya belajar tapi juga pekerjaan telah dipindahkan ke rumah. Karena itulah, menyiapkan meja belajar di rumah sendiri menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Cara Membuat Meja Belajar Lipat Anak

Peralatan

Tahap persiapan untuk membuat sebuah meja belajar lipat, Anda memerlukan sejumlah alat dan bahan yang mesti disiapkan. Alat-alat yang Anda perlukan antara lain palu yang tentunya sangat penting untuk memasang paku. Kemudian, siapkan pula obeng yang diperlukan untuk memasang baut dan sekrup yang dibutuhkan.

Berikutnya, Anda memerlukan paku yang diperlukan untuk menyatukan bahan yang sudah disiapkan. Terakhir, Anda juga mesti menyiapkan baut dan sekrup untuk memasang bagian-bagian penting di meja lipat tersebut, terutama pemasangan kaki lipatnya.

Bahan

Nah, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan meja lipat adalah kayu, triplek, dan lem kayu. Kayu berfungsi sebagai kaki-kaki untuk meja belajar nantinya. Triplek akan menjadi alas meja yang memudahkan Anda untuk menulis. Siapkan juga lem kayu untuk merekatkan triplek pada kaki-kaki kayu.

Pembuatan

Sumber gambar www.diminimalis.com

Proses pembuatan dimulai dari kaki. Untuk bagian kaki, gunakan dua buah kayu yang sama panjang. Lobangi bagian ujungnya dengan menggunakan bor. Lalu siapkan lagi empat kayu yang ukurannya lebih pendek. Bolongi juga ujungnya dengan bor.

Siapkan baut dan sekrup, lalu masukkan baut pada kayu besar ke kayu kecil. Tutup dengan sekrup, lalu kencangkan dengan obeng. Begitu juga sisi yang lainnya. Maka hasilnya akan ada dua kayu dengan kayu kecil bagian atasnya.

Paku sisi di atas dengan paku dan palu. Pastikan sudah sejajar dan hasilnya akan terbentuk persegi panjang. Nah, terakhir tinggal Anda lem dan pasangkan triplek di atasnya. Setelah selesai, tambahkan paku agar triplek tidak lepas. Juga tambahkan kayu penyangga di setiap kaki kayu dan Anda sudah bisa menggunakannya untuk belajar.

Keunggulan Memilih Meja Belajar Lipat

Portabilitas

Meja lipat memudahkan Anda untuk membawanya ke mana saja. Jadinya, Anda bisa dengan mudah melipat lalu membawanya dari satu tempat ke tempat yang lain. Misalnya Anda ingin menggambar di alam luas, maka Anda tinggal melipat dan membawanya ke tempat mana saja.

Ditambah lagi, meja ini juga lebih ringan karena material yang digunakan adalah kayu atau plastik yang ringan. Jadinya, tidak berat dan mudah dibawa bahkan oleh anak-anak sekali pun.

Daya Tahan Lebih Kuat

Meja ini juga didesain dengan berbagai bahan lain seperti besi ringan, kayu yang ringan, serta plastik (polythylene). Hasilnya, daya tahannya juga cukup kuat.

Meja yang portabel serta tahan lama tentunya akan sangat menguntungkan. Apabila Anda tahu di mana tempat terbaik untuk menyimpannya, maka meja lipat berbahan kayu ringan ini tentu akan terhindar dari berbagai kerusakan seperti jamur, rayap, dan sebagainya.

Dengan bahan terbuat dari kayu juga, seandainya rusak karena patah atau sebagainya maka produk ini bisa dengan cepat diperbaiki. Anda tinggal mencari kayu pengganti untuk memperbaikinya. Produk bekasnya juga bisa didaur ulang untuk menjadi produk lain yang tentunya juga sangat berguna bagi Anda.

Penyimpanan Lebih Mudah

Dengan ukurannya yang jauh lebih kecil ketimbang meja biasa, maka ada satu kelebihan lain dari meja belajar lipat ini. Yakni, sangat mudah disimpan di mana saja.

Tempat penyimpanannya tidak memerlukan ruang yang besar dan terlalu lapang. Anda juga bisa menyimpannya di bawah ranjang, di sela-sela lemari, dan sebagainya. Hasilnya, pekerjaan Anda menjadi lebih mudah, karena tinggal mengambil lalu membuka lipatannya ketika akan digunakan.

Meja lipat juga menjadikan kebutuhan Anda terhadap ruang yang lebih luas sebagai tempat belajar bisa teratasi. Anda juga bisa dengan mudah menjadikan ruang apa saja sebagai ruang belajar atau ruang bekerja.

Modelnya Kekinian

Sumber gambar ceklist.id

Berikutnya, berbagai jenis meja lipat juga memiliki desain kekinian dengan gambar atau warna yang menarik. Bisa disesuaikan dengan apa yang disukai anak Anda. Karena itu, di era kekinian seperti saat ini, di mana efektivitas dan efisiensi menjadi hal utama, maka memiliki meja lipat menjadi salah satu hal yang sangat pas untuk Anda.

Rekomendasi Meja Belajar Lipat untuk Anak Anda di Rumah

Green Leaf Omega Portable Desk

Meja belajar pertama yang direkomendasikan adalah Green Leaf 1120 Meja Lipat Belajar Anak Plastik. Produk satu ini dibuat dengan bahan plastik yang tebal, kuat, dan tentunya tidak mudah patah.

Selain itu, bahan ini menjadikan meja ini aman dan tidak berbahaya bagi anak Anda. Ukurannya adalah 51 x 31 x 18 cm ketika dibuka dan menjadi 45,5 x 31 x 6 cm ketika dilipat.

Karena itu, ukurannya menjadikan meja lipat ini sangat efisien untuk disimpan. Anda juga lebih mudah untuk membawanya ke mana saja.

Harga Rp. 85.000-160.000

Meja Lipat Belajar Anak Mainan Tulisan Drawing White Board Magnetic

Berikutnya ada meja belajar lipat multifungsi yakni Mainan Edukatif Meja Belajar Papan Tulis Anak/ Drawing Board Art Desk. Produk satu ini bisa digunakan sebagai meja gambar dengan 6 pena warna yang disediakan. Selain itu, bisa juga dilipat dan menjadi meja tulis biasa dilengkapi dengan spidol.

Meja ini dilengkapi whiteboard biasa serta whiteboard magnetic yang dilengkapi dengan 54 simbol angka dan huruf magnetik. Dilengkapi pula dengan 1 penghapus whiteboard. Ukuran meja ini adalah 26x19 cm dan terbuat dari plastik yang ringan, namun tebal dan tidak mudah patah.

Produk satu ini dilengkapi dengan 2 buah pegangan meja untuk memudahkan membawanya ke mana saja. Pegangan tersebut juga memudahkan Anda membuka lipatan serta melipatnya lagi.

Harga Rp. 134.900-378.000

Meja Belajar Lipat Anak Karakter 3D

Produk berikutnya ada meja belajar anak lipat 3D Karakter Kaki Pipa Besi Kokoh. Produk satu ini terbuat dari bahan kayu berkualitas yang sudah diampelas bagian ujung dan sikunya. Jadinya, tidak tajam dan aman digunakan anak-anak.

Kakinya sebanyak 4 buah terbuat dari pipa besi yang menjadikannya lebih kokoh dan tidak goyang. Anda bisa dengan mudah melipatnya lalu menyimpannya di mana saja. Meja ini memiliki daya tahan yang baik, jadinya bisa menjadi meja apa saja mulai dari meja belajar, meja laptop, sampai meja makan.

Produk ini memiliki panjang 50,5 cm, lebar 34,2 cm, dan tingginya 21,5 cm. Produk ini juga dilengkapi holder untuk memudahkan Anda menentengnya, ditambah lagi lebih ringan untuk dibawa ke mana saja. Menariknya lagi, ada gambar karakter 3D yang tentunya disukai anak Anda.

Harga Rp. 39.500

Soleil Meja Lantai Lipat atau Meja Belajar Lipat Alumunium

Selanjutnya ada Soleil Meja Lantai Lipat atau Meja Belajar Lipat Alumunium. Meja satu ini adalah jenis meja lipat yang praktis dan bisa digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan Anda. Produk ini dibuat dari bahan alumunium yang tahan lama, juga ringan digunakan. Ditambah lagi, ketika berdiri tetap seimbang terutama di permukaan datar. Produk ini memiliki dimensi 60x40x25 cm.

Dengan ukuran yang sedang, desain yang minimalis, serta mudah dilipat maka penyimpanannya juga menjadi lebih mudah. Bagian sisinya juga dilengkapi dengan handle yang menjadikannya mudah dibawa ke mana saja.

Harga Rp. 258.000-427.000

Meja Belajar Lipat Napolly Frozen

Produk yang direkomendasikan berikutnya adalah Meja Lipat Belajar Anak Lesehan Karakter Frozen Biru Napolly. Produk dari Napolly yang satu ini dibuat dari bahan plastik polypropylene yang menjadikannya ringan, namun tetap kuat dan tahan lama.

Produk satu ini sangat pas untuk anak karena didesain menarik dan penuh warna. Tidak hanya itu, juga ada karakter Frozen dalam warna biru yang menawan yang tentunya juga disukai oleh anak-anak. Jadinya, anak-anak akan menjadi lebih semangat belajar dan hasilnya lebih optimal.

Meja satu ini memiliki dimensi 45 x 30 x 19 cm dan bisa dilipat dengan mudah. Bagian atasnya juga bisa dibuka serta mudah ditutup kembali. Juga dilengkapi dengan pegangan untuk mudah membawanya ke mana saja.

Harga Rp. 78.000-83.500

Zeus Meja Laptop Lipat Lesehan / Meja Belajar

Produk selanjutnya adalah Zeus Meja Belajar Lesehan Meja Laptop Lipat Serbaguna. Produk satu ini dibuat dari bahan particle board berkualitas tinggi yang dilengkapi dengan kaki pipa besi.

Karena kokoh dan kuat menampung beban di atasnya, maka meja ini bisa difungsikan sebagai meja kerja, meja laptop, meja belajar, dan sebagainya.

Desainnya menarik dan penuh warna. Ditambah lagi, bagian sikunya berbentuk oval yang menjadikan anak lebih aman ketika belajar. Di bagian bawah kaki dilengkapi dengan antiselip jadi tidak merusak alasnya.

Fitur menarik lainnya adalah adanya wadah gelas agar gelas tidak tumpah ketika diletakkan di atasnya. Lebih menarik lagi, produk ini antiair dan lebih mudah dibersihkan.

Harga Rp. 110.000-115.000

Nohan Kids Meja Belajar Lipat

Selanjutnya ada Nohan Kids Meja Lipat Kayu Mahoni. Meja satu ini dibuat dengan bahan kayu mahoni yang tebal dan kuat di bagian rangkanya. Karena itu, produk ini sangat kuat bahkan bisa menampung beban lebih dari 50 kg.

Tidak hanya itu, desainnya juga elegan. Kayu mahoni dengan serat alami dipelitur dengan warna cokelat tua sehingga tampak lebih natural sekaligus mewah. Kelebihan lainnya adalah bentuknya ringkas serta bisa dilipat. Jadinya, mudah disimpan serta bisa dibawa ke mana-mana.

Harga Rp. 135.000-150.000

Meja Lipat Serbaguna Meja Belajar M231

Meja Lipat Serbaguna Meja Belajar M231terbuat dari bahan plastik berkualitas tinggi sehingga tidak mudah patah serta tidak mudah rusak. Produk ini didesain menarik dan elegan membuatnya terlihat semakin indah.

Kelebihan lain adalah adanya slot untuk pena, handphone, bahkan gelas. Jadinya, Anda bisa meletakkan semua yang dibutuhkan di atas meja ini ketika difungsikan. Anda bisa dengan mudah melipat dan menyimpannya serta membawanya ke mana saja.

Harga Rp. 106.000-133.182

Dimora Meja Lesehan Meja Laptop Lipat Meja Belajar Anak

Terakhir ada produk Dimora Meja Lesehan Meja Laptop Lipat Meja Belajar Anak. Produk ini merupakan meja yang didesain untuk belajar secara lesehan dengan nyaman. Anda bisa santai membaca, belajar, juga bekerja menggunakan meja ini.

Produk ini dibuat dari bahan kayu dan MDF yang berkualitas tinggi. Di bagian kakinya ada penahan lantai yang antislip berbahan busa. Jadinya, jangan takut keramik atau lantai tergores.

Selain itu, juga dikunci dengan mur dan baut dengan kuat. Produk ini memiliki dimensi 40 x 60 x 28 cm. Dilengkapi pula dengan stand tablet serta tempat gelas yang aman digunakan.

Harga Rp. 100.000-275.000
From our editorial team

Meja Lipat Bisa Jadi Pilihan Jitu untuk Meningkatkan Semangat Belajar Anak

Anak menjadi semangat belajar bila memiliki meja sendiri. Tentunya, meja lipat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak Anda agar semakin semangat belajar. Nah, rekomendasi dari BP-Guide di atas tentunya bisa menjadi pilihan yang pas untuk anak Anda.

Tag