Inilah 10 Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda Lengkap dengan 6 Resep Masker Beras yang Bisa Digunakan

Inilah 10 Khasiat Masker Beras untuk Kecantikan Kulit Wajah Anda Lengkap dengan 6 Resep Masker Beras yang Bisa Digunakan

Ingin mendapatkan wajah lebih cerah dan segar? Cukup Anda gunakan masker dengan bahan yang tersedia di rumah yaitu beras. Beras sebagai bahan masker sudah lama dipergunakan sejak zaman nenek moyang yang dipercaya untuk merawat wajah. Kali ini BP-Guide akan mengulas manfaat masker beras dan resep masker beras yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Masker Beras Merupakan Hal yang Lazim Dipakai Dalam Resep Kecantikan Jepang

Keinginan dasar setiap wanita adalah memiliki kulit mulus, bening, dan cerah. Demi mencapai impian tersebut, berbagai perawatan dilakukan, bahkan mencoba bermacam-macam produk kecantikan. Termasuk dengan melakukan operasi plastik tanpa memperhatikan efek jangka panjang atau pun pendek tindakan tersebut.

Daripada khawatir dengan faktor kesehatan yang mengintai di balik berbagai prosedur kecantikan, lebih baik back to nature saja, seperti yang dilakukan wanita Jepang dalam merawat kecantikan kulitnya menggunakan beras.

Selain sebagai bahan makanan pokok, beras dipercaya mampu membuat kulit menjadi cantik. Tak hanya berasnya saja yang bisa digunakan untuk masker, tetapi air cucian beras juga bisa dipakai sebagai pencuci muka. Let’s back to the nature!

Masker Beras Cocok Digunakan untuk Semua Jenis Kulit

Sumber gambar www.jessoshii.com

Selain sebagai makanan pokok, beras juga sangat bermanfaat bagi kecantikan untuk beraneka tipe kulit. Beras bersifat anti aging dan mengandung kolagen yang paling baik sekaligus mampu mencerahkan dan melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

Tak hanya bagi kecantikan wanita saja, beras juga mampu menghilangkan berbagai permasalahan kulit pada pria, seperti bekas jerawat atau pun flek hitam.

Berbagai produk kecantikan telah menggunakan beras sebagai bahan pokok kosmetik, mulai dari masker, krim, sabun, hingga body lotion. Selain beras, madu juga memiliki manfaat yang hampir sama, sehingga kolaborasi keduanya cocok sekali untuk memberantas berbagai macam permasalahan kulit.

Resep Masker Beras yang Dipadukan dengan Bahan Alami Lainnya

Masker Bedak dari Beras



Ada berbagai macam produk kosmetik menggunakan beras sebagai kandungan dasar kecantikan. Salah satunya adalah masker beras dengan variannya berupa masker cair, bubuk, atau pun masker tissu. Kita tinggal memakai sesuai dengan petunjuk cara pemakaian yang tertera pada produk.

Lebih bagus lagi, kita membuat masker beras sendiri di rumah. Proses pembuatan masker beras terbilang sangat simpel. Berikut ini cara membuatnya:

Cara membuat masker bedak dari beras

  • Persiapkan beras organik, usahakan beras dengan kualitas bagus, bebas pemutih, dan pengawet.
  • Ambil beras sebanyak 3 genggam dan letakkan pada wadah
  • Kemudian masukkan air dan cuci hingga beras bersih dari kotoran, kutu atau kulit beras.
  • Rendam beras dengan air dan biarkan semalaman. Pastikan tersimpan rapi dan bebas dari nyamuk ataupun serangga.
  • Keesokan harinya, beras sudah menjadi lunak. Segera angkat, lalu haluskan hingga rata.
  • Jemur dibawah terik matahari, beras yang telah di haluskan tadi hingga kering.
  • Angkat dan simpan dalam wadah kedap udara.

Cara pemakaian masker beras :

  • Ambil 2 sendok tepung beras, campurkan madu, air, minyak zaitun, air mawar, gula atau bahan tambahan apa pun sesuai selera kita. Aduk hingga rata dan cukup kental.
  • Sebelum menggunakan masker beras, pastikan kulit wajah dan leher telah dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian oleskan masker beras secara merata, usahakan tidak mengenai mata dan bibir. Lalu diamkan hingga masker mengering, kira kira selama 20 sampai 30 menit
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat. Keringkan wajah dan leher dengan menepuk nepuknya, bukan dengan menggosoknya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara teratur dalam seminggu sekali.

Masker Air Beras

Sumber gambar www.1mhealthtips.com

Air cucian beras bisa dipakai untuk penyegar atau toner wajah. Proses pembuatannya sangat sederhana sekali, yaitu dengan mencuci beras seperti biasanya, kemudian menyimpan air cucian beras tersebut.

Namun perlu untuk diingat agar membuang air cucian beras pertama kali, karena biasanya masih terdapat kotoran, kutu, kulit beras.

Gunakan air tersebut untuk membersihkan wajah setiap hari atau pun sebagai masker tisu. Caranya sangat praktis yaitu dengan mempersiapkan tisu yang tebal, kemudian rendam dalam air cucian beras dan gunakanlah tisu tersebut pada wajah. Agar mendapatkan hasil maksimal, usahakan melakukan perawatan masker tisu secara rutin.

Masker Beras Jepang

Sumber gambar www.youtube.com

Pada dasarnya berbagai jenis beras memiliki manfaat sama, namun khusus beras jepang memiliki kandungan squalane oil yang tinggi karena mampu menjaga elastisitas kulit. Beras jepang juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, menjaga kelembapan, melindungi kulit dari sinar UV dan memberikan asupan air lebih besar ke kulit.

Beras jepang juga bisa diolah menjadi masker beras, sama seperti beras yang lain. Caranya cukup
simpel, yaitu:

  • Campurkan tepung beras jepang dengan air atau bahan bahan lain, sesuai selera.
  • Kemudian aduk hingga rata dan oleskan pada wajah, seperti masker biasa.
  • Diamkan 10 sampai 20 menit, dan bilas dengan air hangat

Masker Beras, Susu, dan Cuka Apel

Sumber gambar id.pinterest.com

Tak bisa dipungkiri, bahwa khasiat beras dalam dunia kecantikan sangat besar. Banyak produk kosmetik menggunakan beras sebagai bahan dasarnya. Selain mampu memberikan perawatan alami, beras aman dikombinasikan dengan bahan bahan lain.

Salah satu kombinasi masker yang paling cocok untuk mencerahkan kulit adalah masker beras, susu, dan cuka apel. Bahan-bahan ini sama sama aktif menghilangkan warna gelap, sehingga sangat pas sekali digunakan sebagai perawatan rutin.

Berikut khasiat masker beras apabila dicampur dengan bahan-bahan di antaranya susu dan cuka apel.

Untuk mengatasi kulit keriput

  • Masukkan tepung gandum 2 sendok makan ke dalam air.
  • Masak di atas api sampai mendidih. Angkat. Diamkan sampai dingin.
  • Tambah 2 sendok makan tepung beras ke dalam larutan air gandum dan ditambah 1 sendok teh cuka apel.
  • Cara pemakaian cukup dioleskan ke wajah sampai leher, biarkan mengering, lalu bilas.

Untuk kulit cerah dan bercahaya

  • Campur tepung beras 2 sendok makan, 2 tetes cuka apel, dan 4-5 tetes susu ke dalam sebuah wadah
  • Aduk-aduk bahan di atas sampai campuran berbentuk pasta
  • Oleskan adonan masker ke muka dan leher dan lakukan sedikit gerakan memijat secara pelan selama 2 menit.
  • Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air.

Masker Beras dan Gula

Sumber gambar andreadrugay.com

Eksfoliasi sangat berarti untuk merawat kecantikan, karena memiliki berbagai manfaat, seperti membantu membersihkan, menghaluskan, menyamarkan noda dan peremajaan kulit. Eksfoliasi diperlukan tak hanya sekedar untuk wajah saja, tetapi tubuh juga.

Eksfoliasi wajah bisa menggunakan campuran masker beras dan gula. Selain sebagai pemanis, gula juga dikenal ampuh mengatasi jerawat dan pengelupasan kulit. Berikut cara pembuatan masker beras dan gula:

Resep Masker Gula dan Beras

  • Campur beras dan gula ke dalam sebuah mangkuk
  • Tambahkan sedikit air lalu diaduk hingga mengental menjadi masker
  • Aplikasikan pada wajah dan didiamkan sebentar sampai kering
  • Bilas dengan air

Selain masker, kombinasi beras dan gula juga bisa dipergunakan sebagai scrub. Cara pembuatan scrub pun hampir sama dengan masker. Berikut merupakan pembuatan scrub beras dan gula.

Cara pembuatan scrub beras dan gula

  • Siapkan gula dan beras, campur ke dalam satu wadah.
  • Tambahkan yoghurt, aduk dan campur merata.
  • Gosokkan pada kulit muka secara lembut. Diamkan selma 20 menit.
  • Bilas dengan air.

Masker Beras dan Tomat

Tomat sangat lezat diolah menjadi berbagai makanan atau pun minuman. Dibalik polemik berkepanjangan tentang klasifikasi tomat masuk dalam buah atau sayuran, ternyata tomat juga mempunyai khasiat dalam merawat kecantikan kulit.

Efek segar pada kulit, bebas permasalahan jerawat dan kulit berminyak, mengecilkan pori pori, memutihkan, menghilangkan komedo, menghaluskan, dan mampu melindungi kulit adalah serangkaian manfaat dari kombinasi masker beras dan tomat.

Cara membuat masker beras dan tomat

  • Siapkan beras / tepung beras dan buah tomat yang segar
  • Haluskan buah tomat dengan blender
  • Tambahkan tepung beras ke dalam tomat yang sudah diblender, aduk merata.
  • Oleskan pada wajah dan gosok perlahan.
  • Diamkan hingga masker mengering. Bilas dengan air bersih.

Inilah Khasiat Masker Beras yang Perlu Anda Tahu

Memperkecil Pori-pori

Sumber gambar makeupandbeauty.com

Memiliki pori pori besar sangat mengganggu penampilan, terlebih lagi tidak begitu memperhatikan kebersihan hingga ke level pori pori, cukup membersihkan biasa saja. Hal ini bisa berakibat kulit mudah berminyak dan suburnya jerawat.

Perawatan ekstra sangat diperlukan agar kulit menjadi mulus. Penampilan seperti ini adalah impian setiap wanita, karena kulit mulus tanpa pori pori mampu membuat make up tahan lama.

Masker beras dipercaya bisa membantu mengecilkan pori pori dan mengurangi minyak berlebih. Aplikasikan secara rutin sekitar 2-3 kali seminggu. Pergunakan juga endapan air cucian beras, sebab kandungan asam ferullic dan allantoin mampu melindungi kulit.

Memutihkan Kulit

Sumber gambar www.belle18.com

Setiap wanita selalu mendambakan memiliki kulit yang putih, bersih, dan cerah. Berbagai cara dan produk kecantikan digunakan untuk memperoleh hasil maksimal, mulai dari berbahan alami hingga operasi plastik. Wanita dan penampilan memang dua hal yang erat melekat satu sama lain.

Dalam menjaga kecantikan kulit wanita, bisa menggunakan bahan dasar yang ada di dapur, seperti beras. Kandungan squalane, oil, vitamin A dan C dalam beras, secara alami mampu memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan membuat wajah lebih bersih.

Kita bisa membuat masker beras sendiri di rumah dan menggunakannya secara rutin. Masker beras homemade, selain lebih alami dan sehat juga bisa menghemat anggaran kita.

Mengatasi Jerawat

Sumber gambar www.allure.com

Jerawat memang membuat sebal, tak hanya mengganggu penampilan tetapi juga akan menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Kurang menjaga kebersihan kulit menjadi penyebab utama munculnya jerawat, karena pori pori tertutup oleh kotoran dan debu.

Ukuran jerawat baik besar atau pun kecil sama sama perlu perhatian ekstra untuk melawannya. Menjaga kebersihan kulit dan perawatan rutin tak perlu dengan produk kosmetik mahal, kita bisa menggunakan bahan yang ada di dapur dan pastinya alami plus sehat.

Pemakaian beras sebagai masker sangatlah efektif untuk melawan jerawat , karena beras mempunyai sifat anti inflamasi yang mampu melindungi kulit. Gunakan masker beras secara berkala agar mendapatkan hasil maksimal.

Mengencangkan Kulit

Sumber gambar www.karishmacosmetic.com

Semakin usia bertambah otomatis elastisitas kulit berkurang karena produksi kolagen menjadi sedikit, alhasil kulit menjadi kendur. Banyak produk kecantikan menawarkan mengembalikan elastisitas kulit baik alami atau pun campuran senyawa tertentu. Namun kita tidak benar benar tahu berapa persen kandungan bahan dalam produk tersebut, sehingga ada baiknya kita membuat sendiri dirumah.

Selain alami dan sehat, beras sudah sejak dahulu dipercaya mampu mengatasi segala permasalahan kulit. Proses pembuatan masker beras pun terbilang sangat mudah dan sederhana.

Penggunaan masker beras secara rutin bisa mengembalikan elastisitas kulit dan mengkombinasikannya dengan bahan lain, seperti madu, susu juga pas untuk menghilangkan keriput, melawan penuaan dini dan menghilangkan noda hitam di wajah.

Regenerasi Kulit

Sumber gambar www.divine-secrets.ca

Peremajaan kulit sangat diperlukan untuk wajah dan tubuh, karena sel sel kulit yang telah mati perlu diganti agar wajah tidak menjadi kusam. Regenerasi kulit secara teratur bisa membuat wajah tetap cerah dan bebas noda hitam. Selain penggunaan masker, scrub adalah cara yang tepat dalam memperlancar regenerasi kulit.

Sel kulit yang telah mati diangkat dan digantikan dengan sel kulit yang baru. Pilihan tepat untuk regenerasi kulit adalah beras, karena beras memiliki asam ferulic sebagai antioksidan dan anti inflamasi.

Selain alami, beras juga sehat dan pastinya menghemat anggaran. Untuk memperoleh hasil maksimal dan regenerasi kulit bisa berjalan dengan lancar, gunakan masker beras dan scrub secara teratur.

Menghilangkan Flek Hitam

Sumber gambar www.stethnews.com

Memiliki flek dan noda hitam diwajah sangat mengganggu penampilan. Menutupinya dengan concealer, tambahan foundation, BB Cream atau CC cream memang efektif tapi tidak menghilangkannya. Selain karena faktor usia, flek hitam bisa muncul karena stress dan efek dari sinar matahari.

Perawatan masker beras secara rutin bisa membantu memperbaiki semua masalah kulit, termasuk menghilangkan flek hitam, noda dan jerawat.

Kombinasi masker beras dengan bahan alami lain seperti kunyit atau minyak zaitun juga sangat baik. Kunyit sendiri dikenal mampu menyembuhkan jerawat, sedangkan minyak zaitun bisa menghilangkan flek hitam. Perawatan rutin dengan bahan alami memang jauh lebih aman dan sehat daripada dengan campuran senyawa kimia tertentu.

Menghaluskan Kulit

Sumber gambar www.reallusion.com

Kulit halus, mulus seperti porselen adalah impian setiap wanita. Untuk menjaga kecantikan kulit harus melakukan perawatan rutin agar sel sel kulit mati bisa terangkat dan tergantikan dengan yang baru. Perawatan kulit dengan bahan dasar alami dan homemade jauh lebih bagus dibandingkan dengan tambahan senyawa kimia tertentu. Selain lebih sehat, perawatan jenis ini juga menghemat anggaran.

Air beras dipercaya cocok untuk perawatan semua jenis kulit dan ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit. Perempuan Jepang sejak dulu selalu menggunakan air beras untuk mencuci muka. Tak heran mereka mempunyai kulit halus, mulus dan tampak cerah.

Kita juga bisa melakukan perawatan yang sama dengan membuat masker beras atau pun air beras sendiri di rumah. Setiap kali mencuci beras, sisihkan air cucian beras dan segenggam beras. Selain alami dan sehat, perawatan ini sangat menghemat anggaran. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sumber gambar www.inspiringwomen.co.za

Beras memiliki kandungan ferulic acid dan allantoin yang merupakan tabir surya alami. Zat tersebut mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar ultraviolet. Perawatan alami dengan beras secara rutin bisa membantu mengangkat sel sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih cerah, bersih dan bercahaya.

Kombinasi masker beras dan susu murni sangat cocok untuk melindungi kulit dari sinar UV. Proses pembuatannya juga sangat sederhana yaitu dengan mencampurkan tepung beras dengan susu murni hingga menjadi krim, kemudian aplikasikan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Usahakan menghindari bagian mata dan mulut terkena masker. Setelah mengering basuhlah dengan air dingin.

Untuk mengeksfoliasi, memutihkan, mencerahkan dan membersihkan kulit, campuran masker beras dengan madu juga sangat efektif. Madu sendiri dipercaya mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk mengangkat sel sel kulit mati. Proses pembuatan masker beras dan madu sama dengan pembuatan masker pada umumnya, hanya saja bahan tambahan yang dipakai adalah madu.

Mengurangi Mata Panda

Sumber gambar journal.sociolla.com

Memiliki mata panda sangatlah mengganggu penampilan karena Anda akan terlihat lelah dan kurang bersemangat. Mata panda bisa muncul dikarenakan kurang tidur, efek sinar matahari, faktor usia atau pun keturunan, penggunaan make up yang terlalu tebal dan bisa jadi karena penyakit tertentu.

Untuk menghilangkan mata panda/lingkar hitam bisa dengan menggunakan teh, selain itu bisa juga dengan masker beras yang dicampur dengan minyak jarak. Minyak jarak sendiri mempunyai kemampuan mengontrol dan menyamakan warna kulit, sehingga campuran keduanya sangatlah efektif.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Sumber gambar permanentmakeuplash.com



Beras dikenal mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit, karena beras memiliki kandungan asam ferulic dan anti inflamasi. Selain untuk mempercantik kulit wajah, beras juga bisa digunakan untuk lulur dan scrub badan. Butiran kasar dari beras bermanfaat untuk mengangkat sel sel kulit mati.

Tak hanya itu saja, air beras juga bisa dikombinasikan dengan baking soda untuk mengatasi minyak berlebih pada kulit.

From our editorial team

Cobalah Masker Beras, Masker yang Murah dan Mudah Ditemukan

Setiap wanita ingin selalu tampil cantik. Berbagai cara dilakukan untuk tetap cantik meskipun usia mulai bertambah. Salah satunya adalah perawatan kulit. Perawatan kulit dengan menggunakan beras selain mudah ditemukan di dapur, juga perawatan yang murah namun dengan hasil yang maksimal. Coba bandingan saja dengan seri perawatan muka yang mengandung beras api dengan harga jutaan, sama saja hasilnya bukan? Yang penting adalah perawatan ini rutin dilakukan secara terus-menerus.