10 Rekomendasi Jam Tangan Pria untuk Dikoleksi Sekaligus Dipakai Sendiri (2021)

10 Rekomendasi Jam Tangan Pria untuk Dikoleksi Sekaligus Dipakai Sendiri (2021)

Pria memakai jam tangan bukan sekadar untuk pelengkap penampilan. Jam tangan bisa menunjukkan waktu agar pria lebih disiplin dan teratur. Selain itu, jam tangan juga digunakan agar kesannya makin stylish. Jadi, jangan heran jika pria banyak mengoleksi jam tangan. Nah, simak tips memilih jam tangan untuk dikoleksi dan simak rekomendasinya dari kami!

Banyak Pria Gemar Mengoleksi Jam Tangan

Jam tangan merupakan produk yang multifungsi. Tidak hanya mampu menunjukkan waktu agar kita lebih disiplin, jam tangan juga bisa digunakan untuk penunjang fashion. Dari waktu ke waktu model jam tangan terus berubah jadi lebih baik. Fitur-fitur jam tangan juga makin canggih dan lengkap sehingga menambah fungsinya sebagai penunjuk waktu dan lainnya.

Bukan hanya para wanita yang suka memakai jam tangan, para pria pun gemar memakai jam tangan. Bahkan konsumen terbesar industri jam tangan adalah pria. Tak sedikit pria memutuskan untuk mengoleksi jam tangan. Sebenarnya, apa yang melatar belakangi pria untuk mengoleksi jam tangan?

Pria tertarik mengoleksi jam tangan, salah satunya karena jam bisa menunjukkan status dari pemakainya. Selera dan tingkat kesuksesan pria bisa dilihat dari desain jam tangan yang dipakainya. Selain itu, jam tangan juga menjadi salah satu dari sedikit jenis aksesori yang bisa dipakai pria. Maka dari itu pemilihannya tidak bisa sembarangan agar tidak memberi kesan yang jelek pada pemakainya.

Pria juga banyak yang mengoleksi jam tangan dengan alasan untuk investasi. Jam tangan bermerek jika dikoleksi tentu nilainya makin tinggi, utamanya yang sudah lama tidak diproduksi lagi atau jam tangan dengan merek yang jarang didapati. Makin banyak koleksinya, makin banyak juga investasinya.

Tips untuk Mengoleksi Jam Tangan

Cek Tren Jam Tangan

Jika kamu ingin memulai untuk mengoleksi jam tangan, kamu bisa mencoba untuk mencari informasi seputar jam tangan. Browsing di internet, baca majalah jam tangan, hingga bertanya langsung kepada ahli jam tangan wajib dilakukan. Ini supaya kamu lebih tahu desain, model, tren, jenis, dan lainnya seputar jam tangan.

Jika kamu sudah paham jam tangan, maka kamu bisa mulai mengikuti tren jam tangan. Dengan mengikuti tren, kamu jadi lebih mudah untuk tahu mana jam yang bisa kamu koleksi sebagai investasi. Jika kamu sudah tahu mana yang diinvestasi, maka kamu bisa memiliki sesuatu yang bernilai historis dalam koleksimu.

Pilih Desainnya

Sebelum mengoleksi jam tangan, kamu juga wajib memilih desain yang tepat. Jangan asal pilih desain karena bagus saja. Kamu bisa sesuaikan desain jam tangan dengan selera dan kepribadian kamu. Misalnya kamu orangnya gemar beraktivitas outdoor, maka kamu bisa pilih untuk mengoleksi jam dengan desain sporty.

Pastikan juga desain jam yang kamu pilih sesuai dengan keinginan. Kamu bisa pilih warna hingga brand favorit kamu untuk dikoleksi. Pilih juga dari kesan yang ingin didapatkan apakah elegan, classy, dan lain sebagainya.

Dipakai Sendiri atau Sekadar Investasi

Saat memilih jam tangan, kamu bisa mempertimbangkan akan memakainya sendiri atau menjadikannya investasi saja tanpa memakainya. Jika mengoleksinya sebagai investasi, kamu bebas memilih model jam tangan dan tidak harus sesuai dengan selera kamu. Yang terpenting jamnya bernilai tinggi dan bisa jadi investasi yang berharga di masa mendatang. Modelnya klasik jadul pun tak masalah karena kamu toh tidak akan memakainya sendiri.

Beda cerita jika kamu mengoleksi dan juga ingin menginvestasikannya. Kamu bisa memilih mana yang paling kamu suka agar selain bisa memajangnya sebagai investasi, kamu juga bisa memakainya.

Gabung Komunitas

Tidak ada salahnya jika kamu bergabung dengan komunitas khusus pencinta jam tangan alias kolektor jam tangan. Bergabung dengan komunitas bisa memberikan kamu banyak keuntungan. Kamu jadi memiliki teman untuk berbagi info tentang jam tangan. Kamu juga bisa tahu lebih dalam mengenai seluk beluk arloji.

Komunitas juga bisa menjadi forum jual beli antara kolektor satu dengan lainnya. Kamu bisa menjualnya dengan harga teman atau bisa juga menjual arloji langka andalanmu sebagai investasi. Komunitas jam di Indonesia juga ada banyak. Kegiatan dalam komunitas juga bisa dibilang sangat beragam, mulai dari diskusi di media sosial, hunting arloji, hingga sekadar ngumpul untuk membahas suatu fitur arloji.

Rawat dan Simpan dengan Baik

Jangan lupa untuk merawat dan menyimpan jam tangan kamu dengan baik. Meski misalnya, jam tangan tersebut hanya untuk kamu pajang sebagai koleksi investasi, kamu tetap harus rutin mengeceknya. Cek mulai dari kebersihan hingga kualitas baterainya. Uruslah dari segi teknis hingga segi estetika agar kualitas ketahanan tali serta polesan pada material tetap awet.

Jangan lupa menyimpan jam tangan pada kotak aslinya. Letakkan di ruang penyimpanan yang kering dan sejuk. Bersihkan secara teratur kotak jam dan tempat penyimpanan agar tidak mudah berjamur dan lain sebagainya.

Ini Dia Rekomendasi Jam Tangan Pria yang Bisa Kamu Gunakan

Jam Tangan NAVIFORCE NF9068

Jam Tangan NAVIFORCE NF9068 adalah jam tangan keren untuk kamu koleksi. Produk yang satu ini desainnya elegan dan bikin tampilan makin percaya diri. Dengan mesin Quartz Jepang, akurasi waktunya bisa terjamin. Jam analog ini memiliki diameter 4,8 cm dan fitur water resistant hingga 3 ATM.

Dilengkapi dengan tali kulit asli, jam tangan ini terkesan vintage tapi mengesankan. Produk ini hadir dengan detail tanggal, chronograph, dan hari. Pembelian sudah dilengkapi garansi mesin 1 tahun. Ada kotak jam tangan, baterai cadangan, dan juga kartu garansi saat pembelian.

Harga Rp. 310.000-460.000

Jam Tangan Pria Casio G-Shock Original GA-700-4A

Jam Tangan Pria Casio G-Shock Original GA-700-4A cocok untuk kamu koleksi. Produk yang satu ini hadir dengan diameter 5,3 cm. Ukuran casing jam tangan ini adalah 57 x 5,3 x 1,8 cm. Jam dengan berat 69 gram ini nyaman digunakan dalam berbagai aktivitas.

Kesan jamnya sporty dan cocok untuk dipakai beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Jam tangan keren tersebut dilengkapi resin untuk strapnya. Jam ini tahan goncangan dan juga tahan air hingga kedalaman 200 meter. Bagian kacanya berbahan mineral. Ada lampu LED dengan durasi iluminasi yang bisa disesuaikan.

Ada 31 zona waktu yang tersedia pada jam ini. Fitur lainnya adalah stopwatch, alarm, penghitung waktu mundur, chronograph, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 991.380-2.068.000

Jam Tangan SEIKO Chronograph SKS629P1

Jam Tangan SEIKO Chronograph SKS629P1 tentu tidak bisa kamu lewatkan. Produk yang satu ini memiliki case dari stainless steel dengan case 44,9 mm. Bagian kacanya dari kristal dengan ketahanan air 10 bar. Fiturnya meliputi chronograph, tanggal, jam, menit, dan detik.

Jam tangan keren ini memiliki ketebalan case 12 mm. Produk ini memiliki strap dari bahan stainless steel sehingga terkesan kokoh dan elegan. Dengan mesin Quartz, akurasi jamnya terjamin. Dalam pembelian ada kartu garansi, buku manual, strap cadangan, dan kotak jam.

Harga Rp. 1.543.000-2.952.000

Fossil GRANT CHRONOGRAPH FS5068

Fossil GRANT CHRONOGRAPH FS5068 merupakan rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini bergaransi 2 tahun. Jam tangan keren ini memakai mesin Quartz. Dengan ukuran case 44mm, produk ini keren dipakainya. Bahan strapnya dari kulit asli sehingga kesannya lebih vintage. Jam ini antiair hingga kedalaman 5 ATM.

Dalam pembelian sudah ada buku manual dan juga kotak jam. Produk keren ini dijamin cocok kamu kenakan dalam berbagai acara.

Harga Rp. 780.000-1.858.000

Police - PL.15924JPCL/48P - Jam Tangan Pria

Police - PL.15924JPCL/48P - Jam Tangan Pria tentu bisa jadi pilihan untuk dikoleksi. Jam keren ini memakai automatic movement. Bahan case-nya dari plastik dengan dial berwarna putih. Untuk strap-nya dari plastik dengan warna transparan. Produk ini tahan air hingga 3 ATM. Dengan closure tipe buckle, jam ini dijamin kuat dan tidak mudah lepas. Kaca jamnya dari bahan mineral. Produk ini memiliki garansi 2 tahun.

Harga Rp. 2.524.000-3.280.000

Jam Tangan Pria Expedition E 6396

Jam Tangan Pria Expedition E 6396 ini juga bisa menjadi pilihan. Produk yang satu ini memiliki diameter 5 cm serta dilengkapi dengan triple time dan juga chronograph. Produk ini memiliki tanggal aktif dan juga mesin baterai yang tahan hingga 2 tahun. Fitur lainnya adalah water resistant hingga 5 ATM. Warna bodinya keren dan terkesan elegan. Tali jamnya berbahan kulit sehingga jamnya terkesan vintage.

Harga Rp. 1.230.000-2.000.000

Watchlah Arthur Series

Watchlah Arthur Series tentu saja bisa jadi pilihan keren. Produk yang satu ini memakai mesin Miyota 2035 sebagai. Case-nya dari bahan zinc alloy dengan diameter 40 mm dan ketebalan 7 mm. Sedangkan backcase-nya memakai stainless steel sehingga kesannya kokoh dan elegan.

Jam tangan ini memiliki kaca kristal sehingga terkesan jernih. Produk ini memiliki fitur tahan air hingga kedalaman 3 ATM. Lebar strap jam tangan 2 cm. Ada banyak sekali pilihan warna menarik yang bisa dipilih. Ada warna all black, white black, white coffee, dan all grey yang bisa dipilih. Jam ini jelas cocok untuk jadi koleksi kamu.

Harga Rp. 307.000-400.000

Matoa Singo Ebony

Matoa Singo Ebony bisa jadi pilihan keren selanjutnya. Produk yang satu ini adalah produk lokal yang elegan. Hadir dalam dua pilihan warna yaitu ebony dan maple. Jam ini unik karena bahannya dari kayu. Ada kesan etnik yang terpancar dari jam satu ini.

Case hingga strap-nya memakai sentuhan kayu. Jam tangan ini hadir dengan grafir di bagian belakangnya. Kamu bisa memesan tulisan khusus di bagian belakang jam sehingga kesannya lebih personal.

Jam tangan ini hadir dengan case 39,5 mm dan tebal 13mm. Ukuran strapnya memiliki lebar 19,5 mm dengan tebal 5 mm. Produk ini memakai Swiss Ronda Powertech 505 24H sebagai movement-nya. Ada fitur tanggal dan water resistant juga pada jam keren ini.

Harga Rp. 1.222.500-2.200.500

Jam Tangan Pria Alba ACTIVE Quartz Nylon AT3G35

Jam Tangan Pria Alba ACTIVE Quartz Nylon AT3G35X1 ini adalah produk yang sayang untuk dilewatkan. Ada fitur jam, menit, detik, dan tanggal. Jam ini memiliki fitur water resistant 100 m. Bahan case jam ini memakai stainless steel yang kokoh. Strap-nya terbuat dari bahan nilon sedangkan kaca jam ini terbuat dari kristal.

Harga Rp. 769.000-891.000

Eiger Mercury YP10515 ABC WATCH

Eiger Mercury YP10515 ABC WATCH ini juga bisa jadi pilihan koleksi kamu. Jam tangan ini cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang. Produk ini hadir dengan altimeter, barometer, kompas, serta perkiraan cuaca. Jam ini bisa dipakai berenang, menyelam, dan aneka aktivitas outdoor lainnya.

Jam dilengkapi dengan lampu sehingga fitur jam bisa terlihat jelas meski dalam ruang yang minim cahaya. Desain jamnya keren dan stylish sehingga bikin tampilan makin fashionable. Jam pria ini memiliki case 52mm. Bahan case-nya dari ABS dengan strap bahan PU.

Harga Rp. 855.000-1.662.000
From our editorial team

Sesuaikan Ukuran Jam Tangan dengan Pergelangan Tangan

Ketika memilih jam tangan untuk dipakai atau dikoleksi, usahakan memilih jam tangan juga dari ukurannya. Sesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan kamu. Jika pergelangan tangan kamu besar, hindari memilih jam dengan case jam yang diameternya terlalu kecil. Ini hanya akan membuat jam tangan terlihat tenggelam di tanganmu. Sebaliknya, hindari juga ukuran jam tangan yang terlalu besar jika pergelangan tanganmu kecil. Ini hanya akan membuat seolah tanganmu keberatan dengan jam tangannya.