Penasaran Ingin Mencicipi Soju Otentik Korea Selatan? Yuk, Datang ke 10 Rekomendasi Tempat Minum Soju di Jakarta (2021)

Penasaran Ingin Mencicipi Soju Otentik Korea Selatan? Yuk, Datang ke 10 Rekomendasi Tempat Minum Soju di Jakarta (2021)

Menikmati minuman soju dari negeri Ginseng mungkin jadi variasi minuman yang layak kamu coba. Jika bosan dengan yang itu-itu saja, mungkin sudah saatnya kamu datang ke salah satu tempat minum soju terkenal di Jakarta. Yuk, langsung cek dulu deh!

Soju Adalah Minuman Beralkohol dari Korea Selatan

Apakah kamu gemar menonton drama Korea? Jika iya, pasti kamu sudah tidak asing dengan soju yang sering muncul dalam drama. Soju adalah minuman keras tradisional Korea yang terbuat dari beras atau gandum dengan kandungan alkohol 16-58 persen.

Minuman dengan warna bening seperti air putih ini merupakan minuman keras yang paling populer di Korea Selatan. Selain terbuat dari beras atau gandum yang difermentasikan, ada pula soju yang dibuat menggunakan ubi, barley, hingga tapioka. Biasanya soju dinikmati sambil menyantap beberapa camilan atau makanan ringan.

Minuman Alkohol Paling Populer di Korea Nggak Cuma Soju, Lho!

Maeshilju

Sumber gambar https://seoulistic.com/

Selain soju, ada beberapa minuman keras yang populer di Korea Selatan. Pertama, ada maeshilju yang didominasi dengan rasa manis. Maeshilju terbuat dari fermentasi gula merah atau madu yang dicampur dengan prem hijau.

Minuman keras ini hadir dengan kadar alkohol 14%. Berbeda dengan soju yang biasanya diminum sambil ngemil, maeshilju bisa diminum sendiri karena rasa manisnya yang cukup kuat.

Meski nikmat, minuman trdisional Korea ini cukup sulit ditemukan dan hanya dijual di kedai-kedai tertentu saja.

Bokbunja

Sumber gambar https://alowisata.com

Bokbunja adalah minuman keras berikutnya yang berasal dari Korea Selatan. Minuman ini cocok dipilih bagi kamu yang tidak menyukai rasa soju yang terlalu kuat. Bokbunja hadir dengan rasa manis dan segar karena terbuat dari blackberry.

Minuman ini memiliki kadar alkohol sekitar 15-19% dan mudah ditemukan di minimarket, kedai, ataupun kafe. Memiliki cita rasa manis dan asam, minuman ini cocok dijadikan teman menyantap hidangan seafood ringan.

Menariknya, bokbunja juga dipercaya memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kadar testosteron dan jumlah sperma pria.

Sansachun

Sumber gambar https://koreabridge.net

Minuman beralkohol berikutnya adalah sansachun yang juga dikenal sebagai alkohol obat. Selama lebih dari 400 tahun sasachun dipercaya mampu memberikan efek positif pada tubuh.

Bahkan, minuman ini dianggap mampu menenangkan saraf dan menenangkan tubuh, sehingga cocok diminum saat stres ataupun cemas.

Meski memiliki aroma yang kurang sedap dibanding minuman beralkohol lainnya, sansachun hadir dengan rasa yang nikmat. Terbuat dari fermentasi buah merah, minuman ini mengandung alkohol dengan kadar 14%.

Dongdongju

Sumber gambar https://snackfever.com/

Dongdongju adalah minuman beralkohol berikutnya yang berasal dari Korea. Terbuat dari beras, banyak yang sulit membedakan dongdongju dengan makgeolli. Perbedaan keduanya terletak pada penyaringan, di mana dongdongju masih memiliki beberapa butiran beras di dalamnya sementara makgeolli telah disaring.

Butiran beras dalam botol dongdongju memberikan tekstur yang menarik kala diminum. Minuman keras ini memiliki kdar alkohol yang cukup rendah, yaitu 6-8% saja. Dongdongju paling nikmat dijadikan teman makan daging dan selada.

Hal yang Kamu Harus Hindari Setelah Minum Soju

Minum Obat

Setelah meminum soju, ada beberapa hal yang harus kamu hindari. Hal yang pertama adalah menghindari minum obat. Banyak yang mengira bahwa dengan meminum obat dapat menetralkan efek mabuk akibat mengonsumsi soju. Padahal, minum obat justru membuatmu merasakan sensasi mabuk lebih lama.

Tak hanya itu, meminum obat tertentu setelah mengonsumsi soju justru dapat membahayakan tubuh. Kombinasi kandungan obat dan alkohol dapat menimbulkan keracunan dan meningkatkan risiko munculnya penyakit depresi respirasi. Risiko lain yang ditimbulkan adalah overdosis dan menurunkan kemampuan memori.

Minum Kopi atau Teh

Minum kopi dan teh juga perlu dihindari setelah kamu mengonsumsi soju. Menurut ahli, teh herbal membuat tubuh mengolah alkohol dengan lebih lambat, sehingga akan memberikan efek mabuk yang lebih lama.

Meminum teh setelah mengonsumsi minuman beralkohol akan meningkatkan denyut jantung dan memiliki dampak negatif pada kesehatan ginjal.

Sementara itu, kopi yang memiliki sifat menyerap alkohol juga berdampak buruk bagi kesehatan liver. Kafein bersifat diuretik yang dapat menguras tenaga dan air untuk hidrasi yang sangat diperlukan ketika sedang mabuk.

Olahraga

Olahraga memang menjadi kegiatan yang penuh manfaat. Namun, jangan pernah coba-coba berolahraga setelah minum alkohol. Aktivitas yang berat seperti berolahraga akan membuatmu mengalami dehidrasi, padahal saat mabuk tubuh memerlukan hidrasi yang cukup.

Berolahraga pasca minum minuman beralkohol juga memicu terjadinya gangguan diuretik pada produksi dan ekskresi urin. Ketika berolahraga, tubuh akan dituntut untuk mengeluarkan panas berlebih. Ini lah yang kemudian dapat memicu rasa pusing hingga pingsan.

Berendam Air Hangat

Ketika sedang mabuk, banyak yang mengira bahwa berendam air hangat akan membuat tubuh lebih ringan dan mengurangi sensasi mabuk. Padahal, berendam air hangat adalah hal yang berbahaya dan perlu dihidari pasca minum soju maupun minuman beralkohol lainnya.

Mandi ataupun berendam dengan air hangat dapat memberikan efek negatif pada kesehatan. Misalnya saja aritmia, darah rendah, gangguan jantung, pusing, hingga rasa lelah berlebih.

Suhu yang tinggi akan membuat penceraan glukosa meningkat, sehingga roduksi gula darah terlalu banyak dan dapat memicu pusing serta pingsan.

Berjemur

Berjemur adalah aktivitas berikutnya yang patut dihindari setelah mengonsumsi soju dan minuman beralkohol lainnya. Tubuh yang terpapar sinar matahari tentu akan mudah berkeringat. Hal ini yang kemudian meningkatkan risiko dehidrasi, padahal saat mabuk tubuh mebutuhkan hidrasi yang cukup.

Tak hanya itu, berjemur setelah minum minuman beralkohol dapat menyebabkan heat stroke. Ketika berjemur, suhu tubuh akan melebihi keadaan normal. Sehingga, munculnya penyakit lain pun akan semakin besar.

Rekomendasi Tempat Minuman Soju di Jakarta, Paling Banyak Dikunjungi!

Arasseo

Sumber gambar https://www.mindtalk.com

Tertarik mencoba cita rasa soju yang khas? Kamu yang tinggal di Jakarta bisa mengunjungi restoran Arasseo untuk menikmati soju homemade. Restoran yang terletak di Jalan Senopati No.16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini buka setiap hari mulai jam 11.00 WIB. Menawarkan menu khas Korea Selatan yang beragam, setiap menunya dibanderol dengan kisaran harga Rp 41.000 - Rp 238.000.

Di restoran ini kamu bisa merasaan sensasi ngobrol bersama sahabat ditemani camilan dan soju ala orang Korea. Beberapa hidangan yang bisa kamu nikmati di Arasseo, antara lain arasseo sandwich, cheese chicken, corn n cheese, dream roll, cheese ball. Sementara itu, ada beberapa varian soju yang bisa dipilih, yaitu pineapple express, love club, cherry on top, lychee, blowberry, fuzzy kiwi, dan lychee.

HeadQuarters Soju & Shisha Bar

Sumber gambar https://www.zomato.com

Tempat berikutnya yang juga menyajikan soju adalah HeadQuarters Soju & Shisha Bar. Bar ini terletak di Ruko The Metro, Blok 6 JD-JE, Lantai 2, Jl. Mandara Permai VII, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Ada berbagai varian soju yang ditawarkan, misalnya saja Chamisul dan Cham Joeun.

Tentu rasanya ada yang kurang jika minum soju tanpa ditemani camilan. Tak perlu khawatir HeadQuarters Soju & Shisha Bar juga menyajikan berbagai snack dan makanan berat. Di sini kamu juga bisa mencoba Shisha dengan berbagai rasa yang unik.

Patbingsoo

Tempat berikutnya yang juga menghadirkan soju dalam daftar menunya adalah Patbingsoo. Outlet ini hadir di tiga lokasi, yaitu di Tangerang, Bekasi, dan Jakarta. Kamu yang tinggal di Jakarta bisa langsung mengunjungi outletnya yang terletak di Jl. Boulevard Raya, Blok SX1 No. 4, Kelapa Gading.

Berbeda dengan soju lain yang disajikan dalam botol begitu saja, Patbingsoo menawarkan berbagai olahan soju. Misalnya saja Subak Cocktail yang merupakan kombinasi soju dan semangka dengan rasa menyegarkan.

Adapula soju mix yang tersedia dengan varian rasa Yakult, kiwi, kelapa, semangka, dan kopi. Sesuai nama tempatnya, kamu juga bisa menikmati bingsu atau es serut Korea di Patbingsoo

Moray Kitchen & Soju Bar

Sumber gambar https://www.zomato.com

Bagi para penggemar flavoured soju, Moray Kitchen & Soju Bar adalah salah satu spot yang tepat untuk menikmatinya. Bar ini terletak di Jl. Pantai Indah Selatan 1, Ruko Elang Laut, Blok C No. 26, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Bentuk interior yang unik bergaya futuristik membuat susana minum lebih nyaman dan menyenangkan. Kamu bisa menikmati sensasi meneguk soju sambil mendengarkan live music.

Berbicara tentang flavoured soju, Moray Kitchen & Soju Bar menyedikan sejumlah varian rasa soju, seperti kiwi, apel, dan passion fruit.

Untuk makanan pendampingnya, kamu bisa memesan Australian Gyu Don atau Chicken Wings yang menjadi menu andalannya. Tersedia pula camilan-camilan lain yang bisa dipesan sesuai selera.

88 Korean Kitchen

Sumber gambar https://manual.co.id

Kamu yang gemar nonton konten kuliner di Youtube pasti sudah tidak asing dengan konten kreator bernama Jun Chef. Selain berbagi video masak dan mukbang kuliner, ternyata Youtuber yang satu ini juga membuka restoran Korea bernama Resto 88 Korean Kitchen. Restoran ini berlokasi di Jl. Senayan No. 16 Lt. 1, Blok S, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Beberapa menu yang paling direkomendasikan dari restoran ini, yaitu Buldak Spicy with Rice Ball dan Spicy Pork Belly and Tofu. Tentu masih ada berbagai menu lain yang juga patut dicoba. Resto 88 Korean Kitchen juga menyediakan soju yang cocok sebagai teman bersantap. Salah satu varian soju yang menjadi favorit adalah Lychee Soju yang pas sebagai teman makan makanan pedas khas Korea.

Young Dabang Soulfood and Soju

Bila berbicara tentang jajanan khas Korea, toppoki tentu menjadi salah satu jajanan yang paling populer. Olahan tepung beras ini juga nikmat disantap ditemani dengan sebotol soju. Tertarik mencobanya? Kamu bisa mengunjungi restoran makanan Korea bernama Young Dabang Soulfood and Soju yang beralamat di Jl. Senopati No.57, Jakarta Selatan.

Selain toppoki, ada pula makanan lain yang tak patut dicoba, seperti pajeon, gangjeng chicken, sizzling corn cheese, japchae, dan masih banyak lagi. Sementara untuk sojunya, ada pilihan Soju Peach, Pomegranate, dan Blueberry menjadi andalan restoran ini. Dengan pilihan menu yang beragam, kamu bisa menyantap hidangan di restoran ini dengan merogoh kocek mulai dari Rp 35.000.

Mapogalmaegi Magal BBQ

Para penggemar soju pasti juga setuju bahwa Chamisul adalah merek soju terbaik yag menjadi favorit banyak orang. Menariknya, meski di berada Indonesia, kamu tetap bisa menikmatinya di Mapogalmaegi Magal BBQ. Restoran Korea ini berlokasi di Jl. Senopati No. 60, Senopati, Jakarta.

Selain menyediakan soju dengan merek Chamisul, ada pula merek soju lain yang ditawarkan. Kamu bisa menemukan kenikmatan soju sambil menyantap Korean BBQ di restoran ini. Lokasi dan desain interiornya juga nyaman dengan suasana Korea yang kental sebab juga memutar lagu-lagu Korea sepanjang waktu.

Oppa House of Soju

Sumber gambar https://www.qraved.com

Kamu yang tinggal di Kelapa Gading tak perlu jauh-jauh untuk mencari restoran yang menyediakan soju. Cukup datang saja ke Oppa House of Soju yang menyediakan beragam flavoured soju. Restoran ini tepatnya terletak di Jl. Boulevard Raya Blok PA 1 No. 17, Kelapa Gading, Jakarta. Meski tidak terlalu besar, namun suasana restoran ini sangat nyaman.

Mild Lychee Soju adalah varian soju yang menjadi andalan restoran ini. Sementara itu, ada dua merek soju yang disediakan oleh Oppa House of Soju, yaitu Chumchurum Soju dengan cita rasa yang lebih pahit dan Chamisul yang lebih lembut.

Untuk menemani minum soju, tentu ada berbagai camilan dan makanan khas Korea yang disediakan, seperti toppoki, bibibab, bulgogi, japchae, dan masih banyak lagi.

Illua Soju Box

Sumber gambar https://woop.id

Minum sebotol soju sambil ngobrol dengan teman dan diiringi live music tentu menjadi momen yang menyenangkan. Semua ini bisa kamu wujudkan dengan mengunjungi Illua Soju Box. Restoran ini terletak di Jl. KH. Wahid Hasyim No.87, RT.1/RW.4, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Restoran Korea ini menyediakan berbagai menu-menu BBQ, mulai dari ayam, sapi, babi, hingga seafood. Setiap menu yang dipesan, kamu juga akan diberi side dish yang nikmat.

Tentu kenikmatan makanan Korea akan lebih sempurna dengan ditemani soju. Salah satu soju andalan Illua Soju Box adalah soju rasa lemon dengan kadar alkohol 13,5%.

Mixology Soju Bar & Brasserie

Rekomendasi tempat minum soju yang terakhir adalah Mixology Soju Bar & Brasserie. Restoran ini berlokasi di Ruko Crown Golf, Blok D No. 33-35, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Hadir dengan konsep night club, restoran ini super asyik sebagai tempat nongkrong, apalagi dengan iringan live music.

Varian soju yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari Soju Kult, Bubble Gum, Pomegranate, dan Cinnamon. Kamu bisa menikmatinya sambil menyantap berbagai makanan Korea. Bagi kamu yang ingin mencoba makanan lain, ada pula pasta, nasi uduk, hingga american food yang bisa dipilih sesuai selera.

From our editorial team

Yuk, Cicipi Varian Soju khas Korea!

Rasa otentik soju dari Korea Selatan memang bikin penasaran. Apalagi saat ini ada banyak varian rasa soju yang nikmat. Namun akan lebih lengkap jika kamu mulai menikmati versi aslinya terlebih dahulu. Namun, soju ini termasuk minuman beralkohol, ya. Jadi bagi kamu yang beragama muslim sebaiknya tidak mencoba minuman satu ini.

Tag