Sedapnya 14 Minuman Khas Korea Ini Layak Dicoba! (2018)

Sedapnya 14 Minuman Khas Korea Ini Layak Dicoba! (2018)

Korea Selatan tak hanya punya ginseng yang mengandung banyak manfaat. Ada berbagai macam minuman khas Korea yang juga tak kalah bermanfaat. Kamu ingin mencobanya?

Jangan Mengaku Penggemar K-Pop Kalau Kamu Belum Coba Minuman Khas Korea Ini

Jika kamu termasuk yang sedang tergila-gila dengan K-Pop pasti mengenal beragam makanan dan minuman asal negeri ginseng Korea. Selain makanan tradisional yang beragam, minuman tradisional khas Korea pun tak kalah macamnya. Mungkin selama ini yang kamu kenal hanya Soju. Padahal ada banyak jenis minuman khas Korea lain yang harus kamu coba.

Sebagai informasi, minuman tradisional negeri ginseng ini dibedakan jadi dua kategori. Antara yang beralkohol dan nonalkohol. Sedangkan minuman tradisionalnya sangat beragam. Ada teh Hwachae yang merupakan sari buah campur madu. Ada pula Milsu yang merupakan sari madu. Selain itu, kamu wajib menjajal Sikhye yakni sari beras manis dan Sujeongghwa yaitu sari buah kesemek kering.

Minuman Korea lainnya yang tergolong tradisional ada Jeup yang asli sari buah. Ada juga Galsu untuk melepas dahaga. Selain Sksu yakni sari kerak nasi dan Jangsu yang terbuat dari larutan tepung beragam biji. Kamu siap mencoba semuanya?

14 Minuman Khas Korea yang Layak Dicoba

Harus diakui jika Korea punya sangat banyak jenis minuman tradisional. Sebagai penggemar K-Pop kamu harus mencobanya. Sehingga nuansa K-Pop yang biasa kamu tonton di televisi akan semakin terasa. Apa saja minuman khas Korea yang bisa kamu coba?

Bokbunja ju

Sumber gambar www.infospesial.net

Minuman khas Korea, Bokbunja ju terbuat dari blackberry. Buah ini diracik jadi wine merah yang dipercaya bisa meningkatkan kesuburan para pria.

Sebagai minuman berjenis wine, Bokbunja ju lebih nikmat diminum dingin. Minuman yang merupakan fermentasi buah berry ini rasanya cukup manis. Kadar alkohol dalam minuman ini adalah 15 hingga 19 persen. Harga produk ini cukup terjangkau.

Kamu bisa membeli minuman ini di Tokopedia seharga Rp. 210.000. Bisa juga beli langsung di Nuluk Plus yang ada di Focus Building 7F Ga Jung gu, Korea Selatan.

Banana Milk

Sumber gambar sns.crepsunited.com

Minuman satu ini bisa untuk segala usia. Di Korea, minuman ini umumnya dikonsumsi anak kecil. Susu pisang ini rasanya sangat sederhana dan manis.

Merek paling ternama dari banana milk ini adalah Binggrae. Pemasaran mereka bekerja sama dengan Lee Min ho dan Girls Generation. Sangat diminati dan mudah ditemukan di beberapa toko pinggir jalan di Korea.

Bicara soal Binggrae, pabrik ini berdiri tahun 1974 silam. Perusahaan ini memang dikenal sejak lama sebagai pemimpin industri susu di Korea. Saat Binggrae muncul bertepatan dengan banyaknya anak kekurangan gizi di Korea. Ini sebabnya produk Binggrae cepat populer dan langsung digemari. Harga minuman ini Rp. 144.600 per 6 pack dan bisa dibeli di Qoo10.

Teh Omija

Sumber gambar korea.panduanwisata.id

Minuman ini punya rasa yang sangat komplet. Minuman berupa teh ini ada rasa asam, manis, juga ada rasa panas dan pahit serta sedikit rasa asin. Khasiat minuman yang satu ini adalah untuk menyegarkan badan usai bekerja seharian.

Di samping menyegarkan badan, teh ini punya khasiat melawan flu serta sakit pernafasan. Dalam pengobatan tradisional teh omija dipakai untuk menyembuhkan hati.

Adalah Ganghwadang, toko teh yang sudah berdiri sejak 50 tahun silam. Toko ini menyediakan teh omija yang diolah secara tradisional. Lokasinya ada di Samcheong dong Jongrogu, Korea.

Jika membeli di sana, harga minuman ini hanya Rp. 14.200. Namun jika membeli di Indonesia harganya bisa sampai Rp. 50.000 per kotak. Kamu juga bisa beli teh omija satu set isi 24 saset di qoo10. Di tempat ini teh omija dijual Rp. 496.500 per dus.

Teh Daechu

Sumber gambar salamkorea.com

Minuman teh satu ini berasal dari jojoba kering atau kurma asli Korea. Teh ini berwarna merah gelap dan berasa gurih. Kaya akan zat besi, teh ini bermanfaat untuk mengurangi gangguan anemia dan rasa capek.

Tak cuma itu saja khasiatnya, teh ini bisa juga untuk meningkatkan nafsu makan dan mencegah penuaan dini. Hal yang paling penting, teh ini bisa meningkatkan sistem reproduksi dan menenangkan saraf serta pikiran. Umumnya, teh ini disajikan pada acara besar. Selalu menjadi sajian dalam tradisi pernikahan tradisional di Korea.

Minuman ini bisa kamu dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp. 85.000 per 580 gram.

Sujeonggwa

Sumber gambar korea.panduanwisata.id

Fruit punch tradisional khas Korea adalah Sujeonggwa. Minuman ini terbuat dari kesemek kering, jahe, serta campuran kayu manis. Umumnya diberi kacang pinus untuk pemanis saat disajikan.

Minuman ini pas dinikmati saat liburan tahun baru dan Korean Moon Festival atau kala pesta barbeque. Bisa disajikan panas dan dingin sesuai selera. Kamu bisa membuat sendiri dengan merebus semua bahannya selama 40 menit lalu saring. Sajikan dengan gula agar lebih nikmat.

Bagi yang tak mau repot, bisa ke The Second Best House in Seoul di Samcheong-dong Jongno Gu Korea. Bisa juga pesan melalui Gmarket dengan harga Rp. 66.000 per 5 kilogram.

Sikhye

Sumber gambar www.koreaherald.com

Terbuat dari rendaman beras manis dan gandum, minuman ini jadi terlihat tak biasa. Rasanya lembut dan sedikit manis. Tepat diminum usai melakukan sauna dan berendam air panas. Karena minuman ini berkhasiat menghilangkan pegal di badan. Terlihat lebih sebagai dessert, minuman ini disajikan dingin.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Cukup dengan memfermentasikan nasi dan tepung ragi. Minuman ini bisa juga untuk memperlancar pencernaan.

Ketika ke Korea silakan mampir ke Salt doll di Nakwondong Jungrogu. Bisa juga memesan secara online melalui Gmarket. Harga yang ditawarkan adalah Rp. 45.779 per 1,8 liter.

Yulmu

Sumber gambar www.koreainki.com

Minuman satu ini sekilas seperti sereal dengan rasa yang gurih. Berbentuk awal bubuk dan saat penyajian cukup diseduh dengan air panas. Bahan yang dibutuhkan hanya kenari, almond, gandum, serta aneka kacang lainnya.

Yulmu ini tergolong jenis teh. Kadar proteinnya tinggi sehingga jauh lebih sehat untuk dikonsumsi daripada kopi. Biasanya dikemas dalam bentuk saset dan mudah ditemukan di beberapa toko Korea.

Kamu juga bisa langsung ke Minerva di Seodaemun-gu 2F Korea untuk membelinya. Di Indonesia dijual di beberapa market seperti Korea Mart dan Lotte Mart. Beli secara online pun bisa. Harganya Rp. 579.400 di Qoo10.

Soju

Sumber gambar www.obsev.com

Minuman satu ini pasti sudah tak asing bagi penggemar K-Drama. Biasa diminum saat perayaan tertentu atau pesta bersama rekan sepulang kerja.

Bahan utama membuat minuman ini adalah beras yang difermentasikan. Kandungan alkohol dalam minuman ini bervariasi. Mulai 10 hingga 25 persen tergantung merek. Kini soju juga telah hadir dalam aneka rasa buah. Sebut saja rasa semangka, lemon, atau apel.

Sebagai minuman distilasi, soju tak berwarna. Bening mirip dengan air. Bisa juga digunakan untuk campuran minuman seperti fruit punch. Harga soju di Korea cukup bervariasi mulai Rp. 9.000. Jika membeli di Indonesia harga per botol soju mulai dari Rp 100.000.

Nok Cha

Sumber gambar commons.wikimedia.org

Di Korea ada juga minuman berbahan dasar teh hijau yang kaya manfaat. Nama minumannya adalah Nok Cha. Berfungsi melawan bakteri dan kanker serta mengurangi lemak tubuh. Minuman ini juga mengandung vitamin untuk kesehatan kulit dan menstabilkan tekanan darah hingga menurunkan kadar kolesterol.

Nok Cha bahkan bisa meningkatkan warna hijau pada sayuran saat dimasak. Bisa juga dipakai untuk menetralisir bau daging atau ikan. Teh ini juga bisa mencegah dari keracunan makanan.

Umumnya, Nok Cha dimanfaatkan untuk membuat kue kering dan bisa juga untuk membuat es krim. Lebih unik lagi, teh hijau ini bisa dipakai jadi masker juga.

Silakan kunjungi Kuil Ssanggyesa yang menjadi tempat pusat budaya teh hijau saat kamu berkunjung ke Korea. Di sini kamu bisa rileks menyeruput teh dan menikmati pemandangan. Untuk beli secara online bisa ke Tokopedia, dijual dengan harga Rp. 135.000.

Yuja Cha

Sumber gambar www.10mag.com

Teh ini unik karena ada tambahan butiran sitrun. Makin enak rasanya karena saat penyajian dicampur madu. Lebih nikmat diminum hangat. Punya khasiat untuk menyembuhkan batuk dan cepat menyadarkan seseorang yang sedang mabuk.

Buah limau merupakan bahan utama dalam minuman ini. Rasanya mirip jeruk bali. Mengkonsumsi Yuja cha ini rasanya bagai minum lemon tea. Pas untuk meredakan flu di musim dingin.

Segera saja ke Traditional Tea House Insadong Korea untuk membelinya. Bisa juga pesan secara online. Karena sudah dijual di Tokopedia dengan harga Rp. 110.000 per 580 gram.

Maeshil Cha

Sumber gambar www.koreantimes.org

Satu lagi minuman teh tradisional dari Korea yang tidak boleh kamu lewatkan. Minuman ini terbuat dari ekstrak buah plum. Sangat berkhasiat untuk mengatasi sakit perut dan keracunan makanan. Bisa juga untuk penghilang rasa letih. Baik untuk detoksifikasi tubuh, minuman ini juga mengatasi gejala diare.

Fermentasi buah plum ini lebih nikmat diminum dingin, meski tak menutup kemungkinan untuk dikonsumsi hangat. Tak cuma untuk minuman, maesil cha juga dipakai sebagai selai dan jus.

Silakan ke Sakura di kawasan Hong dae, Korea, untuk membelinya. Bisa juga pesan di Bukalapak. Harga teh ini Rp. 223.000 per kg.

Mogwa Cha

Sumber gambar bengivenni.smugmug.com

Minuman tradisional Korea selanjutnya terbuat dari buah Quice. Buah ini mirip pear namun baunya wangi. Rasa buahnya asam cenderung pahit. Buah ini diawetkan lalu dibuat jadi manisan sebelum menjadi teh bernama Mogwa Cha.

Minuman satu ini sangat berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan. Kunjungi saja Dawon di Kyungin Museum of Fine Art. Di kedai teh tersebut kamu bisa menikmati mongwa cha dalam suasana khas Korea. Bisa juga kunjungi Qoo10 untuk beli 4 boks isi 80 bags seharga Rp. 397.500.

Saenggang Cha

Kalau pernah mencicipi minuman ini pasti banyak yang mengira ini wedang jahe. Saenggang cha adalah teh jahe dari Korea. Pas untuk melancarkan sirkulasi darah dan penghangat tubuh.

Terbuat dari akar jahe, minuman ini bermanfaat untuk mengatasi diare juga untuk memperlancar pencernaan dan peredaran darah.

Mampir saja ke Bukalapak. Di sana ada yang menjual Saenggang Cha seharga Rp. 230.000 per 2 kg.

Daechu Cha

Dengan rasa manis yang unik, teh satu ini bisa melegakan harimu yang cukup menyebalkan. Daechu cha terbuat dari kurma merah Korea. Umumnya dipakai dalam beragam masakan. Teh ini berasa gurih dan berkhasiat mengobati anemia. Bisa juga menyegarkan badan yang lesu karena kurang darah.

Kaya akan vitamin B dan zat besi, minuman ini juga mengandung vitamin C dan kalium yang sangat diperlukan tubuh. Bisa didapat di Traditional Tea Garden di Jongro-gu Korea. Atau klik Tokopedia. Teh ini dibanderol Rp 85.000 per 500 gram.

From our editorial team

Maksimalkan manfaat minuman dengan rutin meminumnya setiap hari

Minuman tradisional khas Korea ini memang mengandung banyak manfaat. Karena itu, jangan minum hanya karena ikut-ikutan. Tapi pahami manfaat yang terkandung sehingga kamu bisa merasakan khasiat yang sesungguhnya dari minuman tradisional khas Korea ini. Pastinya, menonton K-Drama bakal lebih seru jika ada sajian teh khas Korea ini.