Luar Biasa Mahal: 10 Minuman Keras Termahal di Dunia Berikut Bisa Membuat Anda Benar-benar Terkejut (2018)

Luar Biasa Mahal: 10 Minuman Keras Termahal di Dunia Berikut Bisa Membuat Anda Benar-benar Terkejut (2018)

Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa alkohol atau minuman keras hanya mendatangkan bahaya dan kerugian saja. Padahal jika dikonsumsi secara tepat dan moderat, minuman keras juga bisa bermanfaat seperti yang akan BP-Guide bahas dalam artikel berikut ini!

Minuman Keras Telah Menjadi Tradisi dan Budaya di Beberapa Negara Tertentu

Sumber gambar matome.naver.jp

Apa yang ada di pikiran Anda kalau ada yang mengatakan mengenai minuman beralkohol? Tentu Anda akan berasumsi kalau orang yang minum minuman beralkohol (atau minuman keras atau miras, dalam bahasa alternatifnya) adalah mereka yang berkepribadian serba negatif. Hal ini karena minuman keras memiliki reputasi negatif di negara Indonesia yang penduduknya dominan tidak minum minuman keras.

Lagipula bila dibandingkan dengan sesama negara Muslim lainnya, yakni Nigeria, negara Indonesia memiliki tingkat konsumsi bir yang rendah, yakni hanya 0,59 Liter per kapita dibandingkan dengan Nigeria yang mengonsumsi 12,28 Liter bir per kapita. Bila dibandingkan dengan negara Korea Selatan yang sesama negara Asia, jumlah 0,59 Liter konsumsi bir per kapita tidak sebanding dengan 14,8 Liter per kapita konsumsi bir Korea Selatan yang menduduki peringkat ke-13 dunia dalam hal konsumsi bir terbanyak. Yang lebih mencengangkan, jumlah 0,59 Liter per kapita dari konsumsi bir rakyat Indonesia tidak seberapa dibandingkan 10,7 Liter per kapita-nya Italia yang bahkan tidak terlalu membudayakan minum bir.

Padahal, bir atau minuman keras telah ada sejak manusia jaman batu atau Neolitik, yakni kira-kira 12.000 tahun silam. Demikian juga dengan budaya minum minuman keras yang sudah termanifestasi dalam berbagai negara. Salah satu contohnya adalah Oktoberfest, festival di Munich, Jerman dengan tingkat konsumsi bir terbanyak dan diikuti jutaan orang dari seluruh belahan dunia. Selain itu, masih banyak negara-negara lain tempat alkohol atau minuman keras dihalalkan, seperti Moldova, pengonsumsi alkohol terbanyak sedunia dengan tingkat konsumsi 18,2 Liter per kapita atau beberapa negara Barat seperti negara-negara benua Eropa, Amerika Serikat, atau Australia.

Contohnya, saat Anda berjalan-jalan di kafe atau bar jalanan Eropa, mungkin Anda akan heran mengapa orang-orang di sana meminum bir, karena rasanya seolah seperti enak sekali minum bir. Atau saat Anda berada di wilayah perkotaan, Anda akan menjumpai para sosialita yang minum minuman keras dalam jumlah banyak. Sebenarnya, wajar bagi mereka untuk melakukannya, karena negara-negara "menghalalkan" bir ini mengenal sesuatu yang dinamakan "social drinking", yakni acara minum minuman keras yang kerap dibarengi dengan makanan ringan untuk tujuan yang mengakrabkan antar teman dan kerabat.

Alasan Kenapa Banyak Orang Mengkonsumsi Minuman Keras

Sumber gambar www.walksofitaly.com

Selain untuk minum-minum sosial, minuman keras juga memiliki manfaat mengejutkan yang mungkin tidak pernah muncul di pikiran kebanyakan orang. Berdasarkan riset yang telah dilakukan BP-Guide, BP-Guide telah menyimpulkan setidaknya ada alasan mengkonsumsi minuman keras. Berikut ini adalah uraiannya:

Meringankan Stress dan Beban Hidup

Sumber gambar www.nbcnews.com

Sebagian dari Anda mungkin telah mengetahui begitu keras dan kejamnya hidup ini. Dalam hal ini, sekadar hiburan remeh seringkali tidak cukup untuk mengisi ruang hati yang terdalam. Atas dasar inilah, minuman keras hadir dengan efek yang memberikan hiburan sekaligus relaksasi.

Sekadar informasi, jumlah pria peminum alkohol lebih banyak dibandingkan dengan jumlah wanitanya. Mengingat budaya kerja dunia lebih condong kepada pria, maka pria lebih rentan stres dibandingkan dengan wanita. Karena itu, alkohol atau minuman keras menjadi sarana untuk merelaksasikan badan setelah seharian penuh bekerja.

Di saat yang sama, mereka yang meminum minuman keras dengan tujuan meringankan beban hidup yang melanda cenderung minum dalam jumlah yang kecil. Selain disebabkan oleh harga minuman keras mahal, minuman keras juga lebih baik bila dikonsumsi dalam kadar yang kecil. Hal ini dikarenakan enzim Alkohol Dehidrogenase 4 (ADH4) yang terdapat dalam esofagus, lambung, dan usus manusia yang hanya dapat menoleransi alkohol dalam batasan yang wajar.

Merayakan Sesuatu Dan Menumbuhkan Rasa Toleransi Budaya Yang Tinggi

Sumber gambar thedolphinlmc.com

Yang dimaksud dengan "sesuatu" di sini bukan hanya sekadar minum-minum untuk acara sosial, di mana budaya minum minuman keras semacam ini lazim ditemui pada kaum sosialita yang tinggal di daerah perkotaan. Alih-alih, budaya minuman keras juga dapat kita temui pada tradisi, adat istiadat, dan upacara keagamaan.

Dalam contoh budaya minuman keras untuk perayaan ini, alkohol atau minuman keras yang diproses dengan berbagai macam buah-buahan bahkan dapat menjadi minuman yang sakral untuk aneka upacara ritual. Dari sini dapat terlihat adanya kontribusi faktor sosial dan faktor ritual yang ikut bermain dalam budaya minum alkohol atau minuman keras dari berbagai negara, yang pada akhirnya akan turut menciptakan derajat permasalahan yang berbeda-beda.

Dengan kata lain, permasalahan terkait alkohol lebih mengarah pada cara individual suatu kelompok etnis dalam kebudayaan negara dalam menyikapi minum minuman keras itu sendiri. Dalam hal ini, budaya minum minuman keras dari negara Italia sebagai contoh, di mana orang tidak dipaksa minum minuman keras, sehingga acara perayaan akan semakin akrab dengan adanya minuman keras. Melalui pelajaran singkat dari budaya minum minuman keras di negara Italia ini, Anda semua akan diajak untuk lebih toleran dengan berbagai macam budaya negara yang toleran maupun tertutup dengan alkohol seperti pada kebanyakan negara-negara Islam.

Dengan demikian, Anda akan menyadari kalau minuman keras adalah persoalan budaya. Jadi siapa yang dapat menoleransi minuman keras, dialah yang lebih dapat memiliki perspektif terbuka terhadap hadirnya minuman keras dalam sebuah negara. Pada poin-poin selanjutnya, BP-Guide akan memberikan gambaran detail manfaat minum minuman keras dan daftar minuman keras termahal di dunia.

Manfaat Mengejutkan Minuman Keras bagi Kesehatan

Sumber gambar vinepair.com

Telah disebutkan pada poin sebelumnya, minuman keras pada dosis rendah dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Secara umum, BP-Guide dapat mengatakan manfaat minuman keras bagi kesehatan mencakup baik untuk kesehatan jantung dan ginjal, kaya akan vitamin B, dan menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Bersamaan dengan berbagai jenis minuman keras yang mendatangkan manfaat kesehatan dan kandungan zat menyehatkan yang terdapat pada masing-masing minuman, berikut ini BP-Guide paparkan manfaat mengejutkan minuman keras:



Baik untuk Kesehatan Ginjal dan Jantung

Sumber gambar www.thehealthsite.com

Pendapat yang populer beredar di kalangan masyarakat adalah efek alkohol atau minuman keras yang dapat melemahkan jantung. Sebenarnya hal ini dapat dimengerti, mengingat konsumsi alkohol dalam jumlah lebih dari 7 takaran per minggu dapat melemahkan otot jantung dan menyumbat pembuluh darah. Bahkan, banyak dokter hingga saat ini menyarankan untuk berolahraga saja supaya jantungnya sehat, daripada meminum alkohol yang dianggap terlalu "berisiko".

Padahal kenyataannya tidak selamanya demikian. Sebagaimana diuraikan di awal, konsumsi alkohol harus dalam taraf yang wajar untuk masing-masing jenis kelamin orang, termasuk red wine yang dianggap sebagai obat jantung ampuh kaya antioksidan "pembunuh" platelet yang dapat menggumpalkan darah seseorang. Selama sebuah minuman keras dikonsumsi pada taraf yang sehat, BP-Guide percaya manfaatnya akan sebanding dengan rasa minumannya.

Sebagaimana disinggung sebelumnya, alkohol berperan besar dalam meningkatkan kadar HDL, yang selanjutnya akan membuat LDL "pergi" perlahan-lahan. Sekadar informasi, hadirnya LDL merupakan sesuatu yang tidak diharapkan, mengingat LDL adalah jenis lemak jenuh yang dapat membantu peredaran arteri pada jantung. Masih berhubungan dengan hal tersebut, alkohol dapat bertindak sebagai antikoagulan, di mana minum alkohol dalam jumlah wajar akan mencegah darah dari menggumpal, yang pada akhirnya berdampak pada penumpukan lemak LDL dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

Berbagai macam penelitian, seperti penelitian oleh Harvard Public School of Health, membuktikan bukan hanya lebih bebas dari penyakit jantung, orang-orang yang meminum alkohol juga lebih bebas dari risiko penyakit yang berhubungan, seperti stroke dan penyakit pembuluh darah perifer. Mendukung penelitian yang dilakukan oleh Harvard Public School of Health, Profesor Ghali dari University of Calgary dalam British Medical Journal membuktikan 14-25% peminum alkohol lebih sedikit mengalami penyakit jantung dibandingkan yang bukan peminum.

Dengan demikian, minum minuman keras pada taraf konsumsi yang masuk akal dapat membantu untuk memerangi penyakit jantung. Tambahannya, sirkulasi peredaran darah yang berkaitan dengan lemak dan kolesterol tubuh juga akan lebih terkontrol dengan minum minuman keras. Di saat yang sama, penting untuk tetap menyeimbangkannya dengan makan sayur dan buah-buahan mentah, di mana sayur-sayuran dan buah-buahan mentah dipadukan dengan minuman keras (alkohol) dapat menggandakan manfaat zat dalam alkohol bagi kesehatan tubuh.

Bir Kaya akan Vitamin B

Sumber gambar insiderindian.com

Vitamin B merupakan jenis vitamin yang paling dapat teridentifikasi dari minuman bir. Dalam hal bir dan kaitannya dengan manfaat mengejutkan minuman keras untuk kesehatan, vitamin B dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal berbagai penyakit terkait imunitas tubuh seperti diabetes dan penyakit-penyakit yang mengganggu kesehatan tulang. Dalam beberapa situasi, beberapa jenis bir semacam bir berbusa atau cloudy beer bahkan direkomendasikan untuk wanita hamil karena kandungan vitamin B-nya yang tinggi.

Minum bir juga dapat membuat seseorang menjadi lebih sehat dan kuat. Kendati sama-sama dapat meminimalisir risiko terkena penyakit jantung koroner, bir lebih berkhasiat dengan menurunkan sebanyak 42% kemungkinan terkena penyakit jantung, lebih dari wine yang hanya sekitar 31%. Berkat kandungan zat besinya yang kaya, bir juga dapat membuat seseorang tahan berkegiatan hingga waktu yang lama dan tidak mudah pikun.

Kandungan vitamin dan zat berguna-nya yang kaya membuat bir juga berkhasiat untuk meningkatkan penampilan. Beberapa aktris seperti Mila Kunis dan Gwyneth Paltrow menggunakan bir untuk merawat diri mereka dan menikmatinya. Dengan kandungan gulanya yang rendah dan pemrosesannya yang melibatkan gandum berkhasiat untuk penurunan berat badan, peminum bir pada jumlah yang wajar akan lebih dapat menurunkan berat badan mereka.

Vodka Baik untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Sebagaimana disebutkan pada poin sebelumnya, khasiat vodka terutama adalah sebagai pembersih. Dalam hal ini, vodka bermanfaat sebagai obat kumur yang manjur untuk menambah harumnya mulut dengan dibantu oleh bahan-bahan alamiah lainnya seperti cengkeh atau daun mint. Kendati demikian, manfaat vodka sebagai pembersih tidak hanya berhenti sampai di situ saja.

Dalam beberapa situasi, vodka dapat menjadi pembersih pakaian yang ampuh dan sanggup untuk membunuh hewan-hewan "kecil" yang berpotensi pengganggu penampilan, misalnya berbagai macam jamur atau serangga. Vodka juga baik untuk difungsikan sebagai toner dan produk perawatan anti-jerawat, mengingat naturnya yang bebas kolesterol berbahaya dan lemak. Bila diaplikasikan untuk rambut, vodka juga berkhasiat sebagai shampoo atau kondisioner untuk menghilangkan ketombe.

Yang lebih ekstrim, vodka dapat juga menjadi pembersih dan pengharum ruangan yang baik berkat etanol yang terkandung di dalamnya. Saat hendak merawat perabot hunian, kandungan alkohol yang terdapat dalam vodka akan membantu untuk membersihkan kaca, sehingga kaca akan terlihat lebih bersih dan mengkilap. Dengan menggosok-gosokkan cairan vodka pada sisa lem pada saat membersihkan perabot sekitar hunian, vodka juga akan membuat residu atau sisa lem lenyap tak berbekas, sehingga menghasilkan perabot hunian yang asri seperti baru kembali.

Minuman Keras Termahal di Dunia yang Mahalnya Luar Biasa

Sumber gambar luxurysafes.me

Anda yang sering bepergian ke supermarket dalam maupun luar negeri akan mengetahui betapa mahalnya minuman keras yang biasa digunakan untuk berbagai macam acara yang "ramai", seperti bachelor party atau pernikahan. Sebenarnya, ada alasan di balik mahalnya minuman keras yang beredar di berbagai negara saat ini.

Berdasarkan pengamatan BP-Guide, minuman keras menjadi mahal karena proses pembuatannya yang rumit. Secara umum, pembuatan alkohol melewati proses fermentasi langsung dari minuman. Tambahannya, bahan mentah alkohol haruslah berkualitas tinggi. Beberapa jenis alkohol seperti wine juga membutuhkan penyimpanan dalam jangka waktu beberapa tahun. Kesemua hal ini memakan biaya yang tidak sedikit, karenanya harga minuman keras menjadi mahal di pasaran.

Masih berkaitan dengan harga minuman keras yang mahal, beberapa negara memiliki batas toleransi alkohol yang berbeda-beda. Demi menyejahterakan kehidupan masyarakatnya, beberapa negara melarang konsumsi alkohol yang berlebih. Misalnya di Australia, di mana polisi akan melakukan tes pernafasan secara acak untuk pengemudi mobil lewat di daerah-daerah dengan penjualan alkohol yang banyak pada akhir pekan. Di Indonesia sendiri, ada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 132/PMK.010/2015 tentang Penetapan Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk Barang Impor yang mengatur harga minuman keras sebagai salah satu komponen peraturannya. Bila digabungkan dengan demand masyarakat yang rendah dan penggolongan minuman keras yang dibuat pemerintah Indonesia, maka tidak heran bila harga minuman keras menjadi makin mahal hingga sekarang.

Bila alasan-alasan ini didukung dengan ijin khusus yang beredar untuk minuman keras di berbagai negara (seperti UAE dengan "SIM card" untuk minum minuman keras), maka tidak heran bila harga minuman keras melambung tinggi. Kendati demikian, BP-Guide merasa ini semua belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan daftar minuman keras termahal di dunia seperti yang akan dijelaskan pada poin-poin berikutnya setelah ini. Apa saja daftar minuman keras termahal di dunia tersebut? Mari teruskan membaca.

Samuel Adams Utopia

Sumber gambar beerpulse.com

Dalam rangka peringatan hari ulang tahunnya yang ke-10, produsen bir Samuel Adams meluncurkan produk bir Utopia yang memiliki kandungan alkohol nyaris 30%, di mana kandungan alkohol ini termasuk tinggi dibandingkan dengan minuman keras lainnya. Dengan campuran karamel, malt rokok, dan hop, salah satu kreasi minuman keras termahal a la Samuel Adams ini berhasil menang bila dibandingkan dengan Port dan Cognac, 2 bir berharga mahal lainnya.

Satu bir berukuran 700 ml ini dihargai Rp 1.830.000 per botol. Berkat tanda tangan asli Jim Koch, pendiri Samuel Adams, yang terdapat pada botol bir Utopia, kemasan botolnya yang menarik perhatian dengan hiasan tembaga yang khas, dan rasanya yang luar biasa, beberapa pasar rela memasang harga Rp 3 juta per botol bir yang hanya diproduksi tiap 2 tahun 1 kali dan dalam volume produksi yang hanya sekitar 10.000 botol ini. Sekadar informasi, disarankan mengonsumsi bir ekstrim satu ini pada suhu ruangan, sehingga rasa "gado-gado" manisnya yang khas dapat dinikmati lebih banyak.

Vielle Bon Secours Bir

Sumber gambar molomo.com.ua

Sebuah bar bernama Bierdrome di London merupakan bar yang istimewa, mengingat inilah satu-satunya tempat di dunia untuk mendapatkan Vielle Bon Secours beer, yang merupakan salah satu edisi minuman keras termahal di dunia. Bayangkan saja, harga per botol bir berkadar alkohol 8% dan telah disimpan selama 10 tahun terakhir ini mencapai Rp 11.983.000 per botolnya. Kendati ada harga yang lebih murah untuk seri bir yang sama, harga tersebut masih mahal, yakni sekitar Rp 9,5 juta per botol.

Hampir mirip dengan bir Utopia keluaran Samuel Adams, Vielle Bon Secours beer memiliki campuran rasa yang kompleks. Perpaduan rasa karamel dan toffee semakin menggoyang lidah dengan tambahan adas manis dan sitrat. Statusnya sebagai "bir biara" yang terfermentasi secara tinggi dan 7 ragam produknya yang unik dan berbeda-beda satu dengan yang lain semakin mengukuhkan Vielle Bon Secours beer sebagai minuman keras yang masuk daftar minuman keras termahal di dunia.

Cina Oolong Tea (Tieguanyin)

Sumber gambar en.wikipedia.org

Meskipun susah bagi beberapa orang untuk berpikir bahwa teh termasuk dalam minuman keras, namun harga "raja teh oolong" asal Tiongkok satu ini bisa dibilang sekeras minuman keras. Secara konsisten, tiekuanyin yang merupakan minuman langka asal kota Anxi, provinsi Fujian, Tiongkok ini dihargai kira-kira Rp 40.053.000 per 1.000 gram. Ini semua dikarenakan teh yang bernama ilmiah Camelia Sinensis ini melalui proses pembuatan yang sangat rumit dan khasiat yang dihasilkan.

Proses pembuatan tiekuanyin melewati berbagai tahapan penggulungan dan pelemparan yang rumit, sehingga menghasilkan daun teh yang benar-benar meresap tanpa harus mengurangi cita rasanya. Terlepas dari maraknya demonstrasi pembuatan teh tiekuanyin, tidak sembarang orang dapat membuatnya, sehingga keberadaannya yang langka ditambah dengan sulitnya proses pembuatan membuat teh tiekuanyin menjadi salah satu jenis teh termahal di dunia.

Dengan harga sekitar Rp 40.053.000 per 1.000 gram, teh tiekuanyin menjadi antioksidan hebat yang dapat mengembalikan metabolisme tubuh dengan sempurna. Teh yang dinamai sesuai nama Dewi Kwanon (atau Kwan Im dalam bahasa Mandarin) ini juga dapat menurunkan berat badan, sehingga sepadan dengan harganya yang mahal. Selain itu, teh tiekuanyin yang persebarannya mencapai daerah Tiongkok, India, dan Sri Lanka ini juga cocok mencegah penuaan dan berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Tutankhamun Ale

Sumber gambar www.worldofbeer.co.za

Tutankhamun Ale bukan hanya bir yang paling tua di dunia, namun juga termasuk daftar minuman keras termahal di dunia. Satu botolnya sempat dihargai Rp 102.615.786, namun sekarang harga per botolnya tinggal Rp 1.014.676 mengingat harga yang pertama tersebut merupakan harga produksi untuk satu botol Tutankhamun Ale yang pertama diproduksi Dr. Delwen Samuel dari Universitas Cambridge yang melakukan eksperimen pembuatan Tutankhamun Ale lewat pembacaan dan penafsiran hieroglyph Mesir kuno. Berdasarkan pengamatan BP-Guide, harga bir asal Mesir satu ini menjadi mahal karena nuansanya yang otentik Mesir.

Tiap tetes cairan Tutankhamun Ale mengandungi cairan emas yang digunakan untuk minum bangsawan Mesir pada jaman purba. Secara penuh, resep Tutankhamun Ale tertuang pada prasasti 4.300 tahun silam yang terdapat di Babilonia, namun baru dijual untuk publik pada tahun 1200 di wilayah yang sekarang menjadi wilayah negara Jerman. Nilai sejarahnya yang kental ini digabungkan dengan kadar alkoholnya yang persis pada titik 0% serta keadaannya yang disimpan selama ribuan tahun, sehingga karakter bir yang berubah secara dramatis membuat harganya pun melambung tinggi.

Diamonds-are-forever koktail

Sumber gambar www.huffingtonpost.com

Dengan campuran vodka Grey Goose dan sentuhan kapurnya, mungkin minuman keras bernama "The Diamonds are Forever Cocktail" satu ini terlihat biasa-biasa saja. Namun siapa sangka, dalam minuman keras yang eksklusif hanya dijual di hotel Ritz Carlton, Jepang ini terkandung berlian 1-karat bermerek Bulgari.

Sudah begitu, akan terdengar musik Shirley Bassey di tahun 1971 tiap kali minuman keras ini dipesan, sehingga kesannya pun menjadi spesial bila dibandingkan minuman keras lainnya. Karena itu, harga Rp 301.732.600 pun cocok disematkan pada minuman The Diamonds are Forever Cocktail yang termasuk dalam daftar minuman keras termahal satu ini.

Kona Nigari Air

Sumber gambar www.qatarshares.com

Secara mengejutkan, minuman keras termahal di dunia berikutnya yang ada pada artikel ini adalah air. Ya, Anda tidak salah baca. Produk air Kona Nigari yang diproduksi di Jepang namun dengan bahan baku yang didatangkan langsung dari Hawaii, tepatnya 2.000 kaki di bagian dasar lepas pantainya ini, dihargai sekitar Rp 5,2 juta hingga Rp 5,5 juta per botolnya. Seperti daftar minuman keras termahal lainnya, Kona Nigari memiliki banyak segi istimewa menonjol yang tidak dimiliki air pada umumnya.

Pertama, air mineral Kona Nigari merupakan air mineral yang bebas pencemaran udara atau air, karena air ini diambil dari bagian laut dalam. Kemudian, lebih dari sekadar menghilangkan rasa haus, air mineral Kona Nigari juga berfungsi untuk menurunkan berat badan, menyeimbangkan warna kulit, dan meredakan stres berlebih. Kedua kelebihan air mineral Kona Nigari ini membuat siapapun tidak heran dengan harganya yang sedemikian melambung tinggi.

Nephew White Overproof

Sumber gambar www.masterofmalt.com

Seperti The Diamonds are Forever yang sepintas terlihat biasa saja, mungkin Anda tidak akan menemukan banyak hal spesial dari minuman keras termahal bernama Nephew White Overproof satu ini. Namun, Nephew White Overproof yang merupakan jenis minuman keras rum Jamaika kuno ini dihargai Rp 707.630.000 per botol. Berdasarkan apa yang telah BP-Guide amati, BP-Guide dapat mengatakan ini dikarenakan sejarah Keponakan Overproof Putih yang kaya.

Keponakan Overproof Putih lahir sejak abad ke-18, tepatnya pada tahun 1825, di mana John Wray selaku pendiri J. Wray and Nephew membuka "The Shakespeare Tavern" di Kingston, Jamaika. Seiring dengan perkembangannya, Kingston menjadi daerah yang paling maju di Jamaika, dengan spesialisasi rum Jamaika yang sangat terkenal hingga ke kancah internasional berkat rumus pembuatannya yang khas. Adapun rumus dari minuman keras berkadar 63% alkohol ini menggabungkan cita rasa rum, mai tai, dan daiquiri dalam satu botol. Sekadar informasi tambahan, Nephew White Overproof mendominasi 90% pasar penjualan minuman keras Jamaika, sehingga tidak heran harganya mahal.

Macallan Fine & Rare Vintage 1926

Sumber gambar moneyinc.com

Seperti namanya, Macallan Fine & Rare Vintage 1926 ini adalah resep minuman keras berusia tua dan langka milik tim di Macallan, yang sangat menghargai minuman malt kelas berat. Penghargaan ini tercermin pada proses pembuatan minuman Macallan Fine & Rare Vintage ini, di mana ciri khasnya adalah tidak menggunakan campuran air atau filtrasi dingin seperti pada minuman keras lainnya. Jelai Golden Promise-nya yang khas dan beraroma rendah juga membuat minuman yang praktik penyulingannya ada sejak tahun 1700 ini menjadi lain dibandingkan yang lain, diikuti dengan kontrol kualitas dan pengayaan rasa lewat potongan dan tonjolan yang sempit pada tong yang digunakan untuk memproduksi Macallan Fine & Rare Vintage 1926.

Proses pembuatan Macallan Fine & Rare Vintage 1926 yang unik tersebut menghasilkan minuman malt Macallan yang dapat tahan simpan sekitar 30-50 tahun, di mana rentang ini jauh melebihi minuman malt biasa dengan rata-rata waktu penyimpanan 15-20 tahun di tong. Jangan lupa, kalau masuk daftar artikel ini, artinya minuman malt yang pabriknya terletak di Speyside, Skotlandia ini berharga mahal. Paling murah dihargai sekitar Rp 44.058.300 dan paling mahal dihargai sekitar Rp 1.001.325.000, namun kisaran harga normalnya biasanya Rp 720.305.460. Wah, mahal sekali!

Diva Vodka

Sumber gambar financesonline.com

Blackwood's Distilleries yang berpusat di Shetland Island memahami beberapa orang yang meminum minuman keras untuk menaikkan gengsi mereka. Atas dasar itu, Diva Vodka pun dibuat. Tidak main-main dalam memuaskan keinginan pelanggannya untuk minum minuman keras demi gengsi, Blackwood's Distilleries menyaring pasir Skotlandia berkualitas super premium dengan vodka dan arang birch Nordik terbaik serta mendistilasinya hingga 3 kali untuk memastikan kualitas vodka berhiaskan kristal Swarovski dan berlian ini benar-benar mengakomodasi kebutuhan minum minuman keras demi kebanggaan atau gengsi yang tinggi.

Secara keseluruhan, BP-Guide mengerti Diva Vodka dibuat lewat proses yang sangat cermat. Proses pembuatan Diva Vodka yang cermat ini kemudian menghasilkan vodka cantik dengan penampilan tongkat 48 kristal-nya yang khas pada setiap sajian vodkanya. Tidak tanggung-tanggung, harganya pun mahal, mencapai sekitar Rp 4 miliar per botol atau setara dengan beberapa botol anggur merah berkelas.

Blue Agave Tequila

Sumber gambar www.pinterest.com

Di antara sekian banyak kekayaan tanaman dan minuman khas Meksiko, agave dan tequila merupakan dua kebanggaan utama orang Meksiko, terutama mereka yang tinggal di daerah Jalisco. Maklum saja, Jalisco merupakan daerah di Meksiko yang pertama kali dilegalkan untuk memproduksi tequila. Lagipula, agave biru (blue agave atau azul agave) merupakan tanaman khas daerah Jalisco, Meksiko, yang bila tangkainya dipotong akan menghasilkan banyak luapan energi pada jantungnya.

Dari sinilah, proses pembuatan blue agave tequila bermula. Melalui pabrik produksi, jantung blue agave akan terlebih dahulu dipanaskan lewat oven. Setelahnya, jantung yang telah dipanaskan ini didinginkan dan dikuliti. Jantung tanaman blue agave ini kemudian akan menghasilkan ekstrak gula setelah dipotong-potong, yang kemudian akan diproses lebih lanjut agar gula dan minyaknya benar-benar terpisah. Hasilnya adalah blue agave tequila yang berkadar alkohol sekitar 38%-55%, di mana persentase ini cukup untuk membuat seseorang tidak kuat berdiri hanya dengan menenggak sekurang-kurangnya 3 gelas.

Blue agave tequila juga istimewa dalam penyajiannya. Dalam hal ini, salah satu minuman keras yang termasuk dalam daftar minuman keras termahal di dunia ini juga memiliki botol berlapiskan berlian dengan platinum. Tidak heran, harganya pun sangat mahal, yakni sekitar Rp 17.356.300.000 hingga Rp 20.026.500.000.

From our editorial team

Minuman Keras Termahal yang Akan Membuatmu Terkesima

Minuman keras adalah salah satu jenis minuman yang biasa dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh terutama untuk mereka yang tinggal di negara barat dengan cuaca yang dingin. Minuman keras ternyata memiliki manfaat tersendiri dan beberapa jenis minuman dijual dengan harga yang fantastis. Tentunya cuma para mereka yang punya duit dan berkelas saja yang bisa mencicipi jenis minuman tersebut.