Hilangkan Penat dengan Bertanam 10 Rekomendasi Tanaman Hias Tren 2020 Ini!

Hilangkan Penat dengan Bertanam 10 Rekomendasi Tanaman Hias Tren 2020 Ini!

Merawat tanaman hias bisa menghibur hati kita. Selain itu, ruangan juga jadi lebih cantik dan enak dipandang. Anda tentu ingin mendapatkan semua manfaat memelihara tanaman hias. Maka dari itu, jangan ragu untuk mulai bertanam tanaman hias mulai dari sekarang. Nah, pilih aneka tanaman hias yang sedang tren saat ini, ya. Kami sudah menyertakan rekomendasi beserta tempat membelinya, loh!

Berkebun Jadi Salah Satu Cara Menghilangkan Penat

Berkebun adalah aktivitas yang menyenangkan. Tidak semua dari kita beruntung memiliki lahan untuk berkebun, namun ini bukan berarti menghalangi Anda untuk berkebun. Anda tetap bisa berkebun dengan memanfaatkan pot sebagai media tanamnya.

Berkebun merupakan aktivitas yang bisa dilakukan saat senggang atau saat di rumah saja seperti saat pandemi sekarang. Berkebun memiliki banyak manfaat untuk kita. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan penat selama berada di rumah. Dengan menyibukkan diri berkebun, maka pikiran kita teralihkan dan kita merasa sedang bersenang-senang dengan melihat aneka tanaman hias dan bunga-bunga yang cantik di sekitar kita.

Berkebun memiliki manfaat tak terduga lainnya yakni bisa menurunkan berat badan. Kita akan bergerak lebih aktif ketika berkebun. Anda bisa berkebun 20 hingga 30 menit sehari secara rutin. Dengan berkebun di pagi hari maka tubuh mendapatkan asupan vitamin D, tubuh juga lebih mudah berkeringat dan terasa bugar.

Bagi para lansia, berkebun merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah pikun. Aktivitas berkebun dipercaya ampuh meningkatkan kinerja otak. Jika dilakukan rutin maka kemampuan kognitif akan meningkat dan risiko pikun berkurang.

Manfaat berkebun lainnya adalah untuk menurunkan tingkat depresi. Saat berkebun ktia menghirup udara segar yang bisa meningkatkan hormon melatonin dan serotonin. Hal ini bisa menurunkan tingkat stres akibat rutinitas kerja sehari-hari dan lain sebagainya.

Dengan berkebun, kreativitas kita juga diuji. Saat berkebun kita akan berusaha memanfaatkan lahan yang kita miliki untuk berbagai tanaman yang kita inginkan. Ada kalanya kita juga menata tanaman dengan aneka posisi sehingga kesannya lebih indah dipandang dan tidak membosankan. Selain itu, berkebun juga bisa melatih kesabaran kita. Saat berkebun kita harus merawat tanaman dengan telaten dan sabar hingga akhirnya tanaman tersebut berbuah atau berbunga.

Begitu banyak manfaat berkebun. Maka tidak heran jika banyak yang mulai mencoba untuk mengkreasikan kebunnya sendiri meski lahannya tidak besar. Anda mau mencoba berkebun juga?

Ketahui Manfaat Budidaya Tanaman Hias di Rumah

Memperbaiki Suasana Hati

Tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang paling banyak diburu oleh mereka yang gemar berkebun. Alasannya beragam, salah satunya adalah karena tanaman hias bisa memperbaiki suasana hati. Tanaman hias mampu memberikan getaran positif dan bisa mengurangi stres. Selain itu, tanaman hias juga bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas sebanyak 15%, loh.

Sebuah studi menunjukkan bahwa saat kita menyentuh daun tumbuhan selama 2 menit bisa menurunkan tingkat stres. Menanam tanaman hias dan melihatnya bisa menumbuhkan motivasi pada diri serta bisa memberikan kepuasan tersedniri saat tanaman tersebut berhasil tumbuh subur.

Mempercantik Halaman dan Membantu Penghijauan

Tanaman hias juga banyak disukai karena bisa mempercantik halaman. Kita yang memiliki halaman baik di depan rumah, belakang, atau bahkan di rooftop, tentu bisa menghiasnya dengan aneka tanaman hias yang cantik. Lingkungan rumah kita jadi lebih asri, adem, dan terlihat lebih elok dipandang.

Baik tanaman hias berupa daun saja atau yang ada bunganya, tetap saja bisa memperindah lingkungan. Ini akan menghilangkan kesan gersang dan menjemukan dalam lingkungan rumah. Apalagi jika kita kreatif menyusun atau menata bunganya. Ini tentu bikin lingkungan rumah jadi lebih hijau.

Menanam tanaman hias bisa jadi langkah kecil kita untuk turut melakukan penghijauan. Ini adalah langkah menjaga kelestarian lingkungan rumah. Selain itu tentu rumah yang hijau bisa membuat kita lebih nyaman tinggal di dalamnya.

Memurnikan Udara

Tanaman hias juga bisa memurnikan udara yang kita hirup. Tanaman hias bisa menyerap gas yang mencemari udara di dalam ruangan, utamanya saat siang hari. Dengan begini, udara yang ktia hirup bisa lebih steril dan lebih baik untuk kesehatan kita.

Memelihara tanaman hias juga bisa meningkatkan kelembapan udara. Tanaman hias bisa memberikan suplai oksigen yang bagus dan bersih. Hal ini bisa mengurangi risiko kita terserang penyakit pernafasan seperti, batuk dan sakit tenggorokan.

Polutan bisa saja masuk ke dalam rumah dan membuat kualitas udara jadi menurun. Beberapa polutan bahkan berasal dari peralatan rumah tangga seperti, plastik bahan pembersih, bahan bangunan, dan cat. Penelitian dari NASA membuktikan bahwa tanaman hias mampu membersihkan udara di dalam ruangan dengan menangkap berbagai partikel polutan di udara. Dengan begini udara yang kita hirup bisa lebih bersih dan lebih alami. Beberapa jenis tanaman yang bisa kamu pilih adalah sirih gading, spider plant, dan lidah mertua.

Untuk Dekorasi Ruangan

Bukan hanya halaman luar saja yang wajib dipercantik dengan tanaman hias. Anda juga bisa menghias bagian dalam rumah dengan beberapa tanaman hias. Letakkan saja beberapa tanaman hias di teras, dapur, ruang keluarga, hingga di ruang tamu. Adanya tanaman hias di berbagai ruangan tersebut bisa memperindah ruangan Anda.

Untuk pilihan tanamannya, Anda bisa lirik lili paris, monstera, philodendron, dan lain sebagainya. Untuk memajangnya, Anda bisa memanfaatkan pot gantung, perabotan vintage, hingga vas.

Ini Loh Deretan Tanaman Hias yang Tren di Tahun 2020

AGLONEMA STARDUST LOKAL

Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang populer tahun 2020 ini. Tanaman yang satu ini juga dikenal dengan nama lain sri rejeki. Ada banyak variasi warna daunnya, mulai dari warna hijau, merah, kuning, hingga putih. Tanaman hias yang satu ini berupa dedaunan. Tanamannya mudah dirawat dan cepat berkembang biak dalam kondisi apa pun. Anda yang baru saja memulau bertanam, bisa lirik tanaman yang satu ini sebagai pilihan.

Saat ini aglonema warna hijau tidak begitu diminati. Namun, aglonema dengan warna merah yang motifnya variatif dan mencolok sedang banyak diburu. Tanaman indoor ini mudah dibudidayakan melalui tiga cara yaitu cangkok, stek, dan biji. Anda bisa membeli tanaman ini di berbagai toko online.

Harga Rp. 120.000-313.000

Monstera Rhaphidophora pertusa

Tanaman hias berikutnya yang banyak diburu adalah monstera. Tanaman ini lebih populer dengan nama janda bolong. Ini karena tanaman daun ini memiliki bentuk daun unik yang dipenuhi lubang-lubang. Monstera bisa tumbuh hingga ketinggian 130 meter. Tanaman hias dari Amerika Tengah ini saat ini harganya melambung tinggi hingga puluhan juta rupiah.

Ada banyak jenis monstera. Beberapa yang paling diminati adalah monstera deliciosa variegata, monstera obliqua lemon, monstera adansonii hingga monstera marmorata.

Salah satu yang bisa Anda miliki adalah Monstera Rhaphidophora pertusa. Tanaman hias yang satu ini bisa dibeli secara online. Monstera ini adalah stok hasil tanian sendiri dari bonggol sehingga dipastikan memiliki akar yang rimbun dan bukan dalam kondisi stres. Produk ini dikirim dengan jumlah daun kisaran 4 atau 5 helai.

Harga Rp. 58.500-159.000

Epiphyllum Chrysocardium

Jangan lewatkan juga tanaman hias tren 2020 selanjutnya yakni Epiphyllum Chrysocardium. Ini adalah tanaman yang lebih dikenal dengan nama wijaya kusuma. Tanaman ini memiliki ciri khas bunga ukuran besar dengan warna putih. Aroma bunganya begitu harum dan bunganya begitu cantik saat mekar. Wijaya kusuma banyak disukai karena memiliki benang sari emas yang panjang dan indah. Sayangnya bunga hanya mekar di masa-masa tertentu saja.

Tanaman hias ini tergolong tanaman keluarga kaktus dengan bentuk mirip tulang ikan yakni melengkung dan pipih. Batangnya bercabang dengan daun warna hijau yang memanjang. Tanaman ini cocok sebagai tanaman outdoor dan tanaman gantung.

Untuk merawat tanaman ini, pastikan tanamannya cukup air dan jangan sampai menggenang airnya agar tidak cepat busuk. Letakkan tanaman pada tempat yang panas karena tanaman ini bisa sering berbunga jika terkena cahaya matahari.

Anda bisa membeli tanaman ini secara online. Tanaman yang satu ini bisa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi. Ukuran tanaman saat dikirim berkisar antara 40 hingga 60 cm.

Harga Rp. 18.100-87.000

Calathea Black Lipstick

Calathea Black Lipstick menjadi tren tanaman hias selanjutnya. Tanaman ini sekilas dilihat sudah ketahuan keunikannya. Daunnya berwarna hijau gelap keunguan sampai hampir hitam. Uniknya ada corak garis berwarna merah muda yang cantik pada daunnya. Tanaman ini asalnya dari Amerika Selatan namun ada juga yang mengatakan ada varietas dari Papua.

Tanaman ini daunnya lebar dengan corak yang unik. Tanaman indoor ini bisa tumbuh subur di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari. Tanaman hias ini bisa digunakan untuk membantu menyuplai oksigen di dalam rumah. Anda bisa membeli tanaman yang satu ini secara online, ya.

Harga Rp. 80.000-199.000

Sansevieria

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan lidah mertua tentunya tidak asing bagi kita. Dari tahun ke tahun, tanaman yang satu ini masih populer sebagai tanaman hias andalan masyarakat. Tanaman yang satu ini bentuknya cantik selain itu juga memiliki segudang manfaat.

Sansevieria bisa jadi hiasan di dalam atau luar rumah. Tanaman yang satu ini bisa membersihkan udara dari polusi, menyerap gelombang radiasi dari barang-barang elektronik di sekitarnya, dan juga bisa jadi aroma terapi. Bentuk daunnya tegak dengan ujung meruncing mirip mata pedang. Saat sore hari tanaman ini bisa mengeluarkan bau khas yang menenangkan sebagai aromaterapi. Tanaman yang satu ini bisa dibeli secara online di berbagai toko online dengan harga terjangkau.

Harga Rp. 7.500-244.000

Philodendron Micans

Philodendron Micans juga jadi salah satu tanaman hias yang banyak diminati. Tanaman ini banyak disukai karena keindahan bentuk warna warni dari daunnya. Tanaman ini cocok untuk menghias ruangan atau taman di halaman. Warna daunnya beragam ada yang hijau, marun, dan lain sebagainya.

Salah satu yang paling banyak diburu adalah philodendron berdaun merah muda. Jenis ini lebih dikenal sebagai pink princess. Harganya juga sangat fantastis karena bisa sampai sekitar Rp 3.500.000. Nah, jika Anda tertarik mengoleksinya, Anda bisa membeli secara online. Tidak perlu beli yang terlalu mahal dahulu. Anda bisa mencoba membeli dari yang jenis biasa dulu seperti jenis micans yang banyak tersedia di toko online. Tanamannya tidak kalah cantik dan pastinya bisa menghias ruangan Anda dengan indah.

Harga Rp. 12.750-90.000

Hoya

Hoya merupakan tanaman hias berikutnya yang bisa jadi pilihan. Ini adalah tanaman yang banyak ditemukan di wilayah Asia. Tanaman ini merambat dan bisa mencapai ketinggian hingga 3 meter. Hoya begitu unik karena memiliki bunga berbentuk bintang dan bunganya terlihat seperti dari poselen. Daun hoya juga unik karena memiliki bulu-bulu halus sehingga kesannya seperti dilapisi lilin.

Hoya merupakan tanaman dari kelompok tumbuhan tropis. Dulunya hoya populer di kalangan masyarakat Eropa dan Amerika Serikat. Tanaman ini banyak disebut sebagai tanaman lilin karena tidak tampak seperti bunga sungguhan melainkan tampak seperti replika. Ada banyak variasi dari hoya dan semuanya cantik. Tanaman yang mudah dirawat ini bisa didapatkan secara online.

Harga Rp. 20.000-40.000

Cryptanthus Red

Cryptanthus Red merupakan rekomendasi kami selanjutnya. Tanaman hias yang satu ini juga sangat populer tahun 2020 ini. Bentuknya unik mirip bintang laut. Terlebih lagi warnanya begitu mencolok sehingga tampak cantik dipandang. Tanaman hias yang satu ini bisa jadi hiasan indoor namun bisa juga ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.

Daun tanaman ini memiliki warna merah terang dan ada garis hijau gelap memanjang yang terletak di tengah. Tanaman yang satu ini membutuhkan sinar matahari yang cukup agar warna merahnya bisa makin indah. Anda bisa membelinya secara online.

Harga Rp. 15.000-45.000

Caladium

Caladium merupakan salah satu tanaman hias paling populer tahun 2020 ini. Tanaman ini memiliki banyak sekali variasi dari segi warna daunnya. Tanaman yang juga dikenal dengan nama keladi ini daunnya begitu cantik dan cocok jadi hiasan di dalam rumah.

Tanaman caladium tergolong sebagai tanaman talas-talasan. Caladium adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman ini banyak dinaturalisasi di negara tropis seperti Indonesia. Caladium bisa tumbuh hingga setinggi 90 cm dengan lebar daun 35 cm. Salah satu varian caladium paling populer adalah Caladium Ace of Heart dengan bentuk hati dan warna merah muda. Anda bisa membelinya di toko online, ya.

Harga Rp. 25.000-140.000

Begonia

Begonia juga jadi pilihan tanaman hias yang tren di tahun 2020. Tanaman yang satu ini cocok jadi tanaman indoor maupun outdoor. Jenisnya ada banyak dan semuanya unik dan menarik. Salah satu yang menarik adalah jenis Begonia Escargott. Sesuai namanya, tanaman hias ini memiliki bentuk mirip keong.

Tanaman ini cocok ditanam di berbagai dataran. Dengan media tanam sekam atau tanah, maka tanaman ini bisa tumbuh subur dengan baik. Perawatannya juga cukup mudah. Tanaman cantik ini bisa dibeli secara online.

Harga Rp. 59.000-112.000
From our editorial team

Rawat Tanaman Hias dengan Baik

Memiliki tanaman hias tentu wajib dirawat dengan baik. Kita tidak bisa asal membiarkannya dan hanya menyiramnya sesuka hati saja. Tanaman hias perlu dipupuk agar subur dan berkembang dengan baik. Jangan lupa perhatikan kebutuhan akan sinar mataharinya, apakah tanaman tersebut tergolong yang suka terlalu panas atau tidak suka sinar matahari langsung. Selain itu, pastikan juga untuk rutin membersihkan tanaman dari aneka hama yang mengganggu agar tanaman bisa tumbuh dengan nyaman dan indah.

Tag