Tidak Ingin Punya Bekas Luka yang Mengganggu? 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Luka Bakar Ini Bisa Mengatasinya (2021)

Tidak Ingin Punya Bekas Luka yang Mengganggu? 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Luka Bakar Ini Bisa Mengatasinya (2021)

Kita tak ingin musibah terjadi. Namun, manusia hanya bisa berencana. Jika ternyata kita mengalami musibah dan mendapatkan luka bakar, maka penanganannya harus tepat. Ini supaya luka bakar tidak meninggalkan bekas. Jika luka bakar telanjur membekas, jangan sedih, kamu bisa menghilangkannya dengan rekomendasi krim dari BP-Guide berikut!

Luka Bakar Bisa Meninggalkan Bekas yang Bikin Kita Jadi Kurang Percaya Diri

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang akan melindungi kita dari berbagai hal, mulai dari paparan matahari, goresan, dan lain sebagainya. Tampilan kulit akan mempengaruhi penampilan kita secara keseluruhan. Kulit yang sehat dan bebas noda luka jadi dambaan semua orang, utamanya kaum wanita.

Semisal suatu ketika kita mengalami luka bakar, tentu akan meninggalkan bekas luka yang bikin tampilan kulit jadi kurang menarik. Luka bakar ringan bisa sembuh dengan sendirinya meski butuh waktu. Namun, untuk luka bakar parah akan bisa merusak jaringan kulit sehingga sembuhnya lama dan bekas lukanya juga makin sulit untuk hilang. Intinya, makin tinggi derajat luka bakar maka makin parah juga kerusakan yang terjadi pada kulit.

Bahan Alami yang Bisa Bantu Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Minyak Lavender

Minyak lavender merupakan bahan alami yang memiliki efek penyembuhan pada luka bakar. Cukup teteskan dua tetes pada luka bakar untuk mengurangi rasa sakit. Selain itu, minyak lavender juga bisa meminimalkan jaringan parut yang terbentuk akibat luka bakar sehingga luka tidak akan meninggalkan bekas luka terlalu parah.

Jika kamu tidak ingin ada efek yang dirasakan pada luka bakar, kamu cukup campurkan minyak lavender bersama minyak zaitun dengan perbandingan yang sama. Misalnya, sesendok makan minyak lavender bisa dicampur dengan sesendok makan minyak zaitun. Campuran keduanya bisa membantu proses penyembuhan luka bakar dengan cepat.

Kentang

Kentang adalah bahan alami yang banyak dimanfaatkan baik untuk kecantikan hingga kesehatan. Kentang hadir dengan enzim katekolase yang bisa menekan produksi melanin berlebih pada kulit. Umbi-umbian ini juga kaya akan vitamin C, vitamin B6, kalium, dan niacin sehingga bisa memudarkan pigmentasi pada kulit.

Jika kamu ingin menghilangkan bekas luka bakar, cukup iris kentang menjadi bulatan tebal. Selanjutnya, kamu bisa melakukan gerakan memutar dan menggosok irisan kentang pada bekas luka bakar. Lakukan selama 20 menit lalu biarkan bekas luka mengering dengan sendirinya. Jika sudah kering, bilas dengan air dingin. Lakukan setiap hari agar bekas luka cepat hilang.

Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa membantu mengobati bekas luka melepuh. Rempah yang satu ini memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik. Kamu bisa memakai bubuk kunyit untuk mempermudah pemakaiannya.

Campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit dengan susu cair sesendok makan. Ini bisa menenangkan kulit yang teriritasi dan mempercepat hilangnya bekas luka bakar. Oleskan campuran bubuk kunyit dan susu pada bagian yang mengalami luka bakar. Biarkan beberapa menit lalu cuci bersih dengan air.

Tomat

Kamu bisa atasi luka bakarmu dengan tomat. Bahan yang satu ini jelas mudah didapatkan. Tomat yang memiliki rasa asam dan manis ini bisa menyejukkan kulit yang terbakar. Dalam buah berwarna merah ini ada kandungan vitamin A, C, E, dan K. Berbagai kandungan tersebut bisa mempercepat penyembuhan luka bakar. Selain itu tomat juga bisa mencerahkan warna kulit yang mengalami luka bakar atau melepuh.

Untuk memakainya, cukup campurkan 1 sdm tomat dengan 1 sdm yoghurt. Tambahkan 1 sdm putih telur, lalu aduk merata sampai jadi pasta halus. Oleskan pada area bekas luka bakar, diamkan 15 menit, dan bilas dengan air dingin.

Ribet Pakai Bahan Alami? Kamu Bisa Gunakan Krim Penghilang Bekas Luka Bakar Berikut!

Bioplacenton

Bioplacenton adalah rekomendasi pertama kami. Produk yang satu ini bisa memulihkan luka dengan cepat. Tekstur krimnya ringan sehingga cepat diserap kulit. Kamu juga akan merasakan sensasi sejuk sehingga sangat nyaman di kulit. Produk yang satu ini hadir dengan placenta extract yang bisa mempercepat regenerasi sel serta penyembuhan luka. Ada juga bahan neomycin sulfate yang bisa menjadi antibiotik untuk membunuh berbagai jenis kuman.

Harga Rp. 20.000-48.000

Meilibahenling

Meilibahenling adalah produk yang tidak mengandung alkohol. Bahan-bahan yang digunakan adalah gliserin, snake oil, hingga aloe picked oil. Berbentuk losion, produk ini cepat diserap kulit. Kamu bisa menggunakannya untuk meredakan luka bakar karena terkena benda panas. Krim akan segera menyerap panas dan mengatasi luka agar tidak membekas pada kulit. Krim ini sudah mengantongi izin BPOM sehingga aman untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Harga Rp. 12.500-56.000

Dermatix Ultra

Dermatix Ultra Dermatix ini merupakan rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Krim yang satu ini efektif untuk menghilangkan bekas luka bakar. Dengan bahan seperti CPX dan vitamin C, produk ini bisa cepat mencerahkan warna kulit yang menggelap akibat luka. Ada pula kandungan cyclopentasiloxane yang mampu meratakan bekas luka menonjol. Krim ini juga cepat diserap kulit.

Harga Rp. 85.000-174.000

Tekasol Ointment

Tekasol Ointment berfungsi untuk menyembuhkan luka dan mengurangi gejala keloid dalam waktu yang cepat. Produk dari PT Surya Dermati Medica Labotratories ini akan cocok untuk bekas cedera, bekas operasi, bekas luka bakar, dan lain sebagainya. Bahan utamanya berupa centella asiatica yang bisa menutupi bekas luka lama maupun baru. Bahan lainnya adalah asiatic acid, madecassic acid, dan asiaticoside. Cukup oleskan 1 sampai 2 kali sehari pada luka.

Harga Rp. 40.000-78.000

Bioderm Cream

Bioderm Cream adalah produk krim luka bakar dengan bahan utama gentamicin sulfate. Bahan tersebut bisa mengobati infeksi pada luka. Krim ini juga bisa berperan sebagai antibiotik aminoglikosida untuk membunuh bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri pada luka bakar. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengatasi jerawat, bisul, cantengan, dan lain sebagainya. Cukup oles 3 sampai 4 kali sehari pada kulit yang luka hingga sembuh.

Harga Rp. 23.000-43.000

Betadine Anti-Septic Ointment

Betadine Anti-Septic Ointment hadir dengan antiseptik dan povidone-iodine 10%. Produk ini akan mampu membunuh kuman dan mencegah infeksi pada luka. Luka bakar yang kamu derita akan lebih cepat sembuh dengan pemakaian teratur. Tidak hanya untuk luka bakar, krim ini aman juga untuk luka sunat, tergores, terpotong, dan aneka luka kecil lainnya.

Jangan lupa untuk membersihkan luka terlebih dahulu sebelum mengoleskan produk. Oleskan tipis-tipis saja pada luka. Krim ini dikemas dalam tube ukuran 5 gram.

Harga Rp. 13.393-32.300

Nutrimoist

Nutrimoist terbuat dari aneka bahan alami. Krim ini mengandung polygonum multiflora sehingga bisa meredakan nyeri. Ada juga bahan polygonum cuspidatum yang berfungsi untuk menyerap panas pada luka bakar dan juga sebagai antijamur. Kandungan lainnya adalah angleica sinensis yang bisa melancarkan aliran darah serta mengatasi tahap awal infeksi kulit.

Dengan pemakaian produk ini, luka tidak akan makin kering dan lebih cepat tumbuh jaringan kulit baru. Tidak ada pula efek samping yang timbul. Krim ini aman untuk semua jenis kulit.

Harga Rp. 140.000-325.000

Lucas' Papaw Ointment

Lucas' Papaw Ointment ini terbilang sebagai krim yang multifungsi. Dengan bahan utama berupa fermentasi buah pepaya yang dilarutkan dalam petroleum jelly dan wax, krim ini akan melembapkan kulit dengan baik selain bisa merawat luka bakar dengan cepat. Kamu bisa juga menggunakannya untuk mengurangi gejala eksem serta dermatitis pada kulit. Krim ini aman untuk segala jenis usia dan segala jenis kulit termasuk kulit sensitif. Produk ini dikemas dalam bentuk tube kecil dan juga jar.

Harga Rp. 12.000-731.000

Mebo Ointment

Mebo Ointment merupakan salep luka bakar yang dalam bahan pembuatannya tidak menyertakan bahan kimia. Terbuat dari bahan herbal seperti phellodendri chinensis, coptidis rhizome, scutellariae radix, beeswax, dan minyak wijen, produk ini aman untuk kulit dan tidak bikin iritasi. Bahan-bahannya tidak hanya ampuh menyembuhkan luka, namun juga bisa meminimalisir luka bakar ringan dan berat. Krim ini akan meredakan nyeri dan menyerap sisa panas. Kulit akan cepat mengalami regenerasi dan area luka menjadi lembap.

Harga Rp. 127.000-582.000

Burnazin

Burnazin merupakan rekomendasi terakhir kami untuk krim penghilang luka bakar. Produk yang satu ini efektif mengatasi infeksi yang terjadi pada luka bakar. Bahan utamanya adalah silver sulfadiazine yang mampu menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga luka tidak makin terinfeksi. Krim ini juga akan mencegah bakteri menyebar ke kulit yang ada di sekitarnya. Ini cocok untuk luka bakar tingkat kedua dan ketiga. Dengan pemakaian teratur, luka tidak akan meninggalkan bekas yang parah.

Harga Rp. 70.000-120.000
From our editorial team

Hindari Sinar Matahari

Selain mengobati dengan krim penghilang bekas luka bakar, kamu juga wajib membatasi paparan sinar matahari saat terkena luka bakar. Sinar matahari bisa membuat bekas luka berubah warna jadi lebih gelap dan malah lebih sulit dihilangkan. Pastikan kamu hanya beraktivitas pagi-pagi sekali atau malam hari sekalian supaya bisa terhindar sepenuhnya dari paparan sinar matahari. Gunakan pakaian yang bisa menutupi luka bakar supaya tidak makin menggelap. Kamu juga bisa mengaplikasikan sunscreen jika tidak ingin bekas luka makin parah warnanya.

Tag