Mau Nostalgia Jajanan 90-an? Cobain 11+ Resep Camilan Anak Sekolah yang Praktis dan Mudah Dibuat Ini (2020)

Mau Nostalgia Jajanan 90-an? Cobain 11+ Resep Camilan Anak Sekolah yang Praktis dan Mudah Dibuat Ini (2020)

Sumber gambar sajiansedap.grid.id

Kudapan atau camilan memang jadi makanan favorit banyak orang. Tua maupun muda, pernah merasakan dan punya snack favorit masing-masing. Bagi kamu yang dulu sering jajan saat masih di sekolah dasar, tentu punya camilan favorit yang ditunggu saat jam istirahat tiba. Apakah ada dalam resep berikut ini?

Camilan Anak Sekolah dari Dulu Jadi Favorit di Saat Istirahat

Sumber gambar tirto.id

Apakah kamu masih ingat camilan anak sekolah waktu kamu masih di sekolah dasar? Pasti banyak sekali jajanan anak sekolah dasar yang kamu suka dan nikmati bersama selama di sekolah.

Bukan hanya rasanya yang enak, tetapi kamu juga menikmati makan bersama teman-teman saat jam istirahat. Itu sebabnya, bel sekolah merupakan sesuatu yang kamu dan teman-teman nantikan agar bisa beristirahat dan mencari camilan bersama-sama teman.

Bicara tentang camilan anak sekolah saat itu, pastinya ada banyak sekali pilihan makanan atau minuman yang enak ataupun unik. Iya, kan? Bersama teman-teman sekolah, membeli dan menikmati jajanan pada jam istirahat ikut membuat masa kecil jadi terasa indah dan lucu kalau diingat-ingat lagi.

Bayangkan saja! Waktu masih di sekolah dasar dulu, kamu sangat menikmati masa-masa penuh keceriaan dan mungkin kenakalan khas kanak-kanak saat itu. Masa-masa bermain bersama-sama hingga saat kamu mendapat teguran dari guru, atau orangtuamu karena kesalahan yang kamu perbuat.

Masa-masa seorang anak belum mengerti apa itu patah hati, galau, atau apa pun, yang justru sekarang sudah terlalu umum dibicarakan, dan bebas dikonsumsi anak-anak. Yang pasti, untuk kita yang bertumbuh di era sebelum terbukanya informasi, banyak juga hal-hal indah yang terjadi, yang menarik untuk kita nikmati dan menceriakan hari-hari kita.

Salah satunya ya, jajanan anak sekolah dasar. Produk jajanan yang di-display di etalase kantin, atau dijual oleh tukang jajanan di luar sekolah juga sering menjadi alasan seorang siswa SD merasa semangat untuk berangkat ke sekolah. Gimana nggak seru?

Sekarang, sesudah masa-masa indah dan lucu itu kamu lewati, mungkin saja sebagian jenis jajanan itu ada yang sudah tidak diproduksi lagi.

Kamu Sudah Bukan Anak Sekolah Lagi? Tidak Masalah, Masih Bisa Kok Nostalgia dengan Menikmatinya

Sumber gambar https://beritagar.id/

Nah, sekarang kalau boleh tahu, berapa usiamu saat ini? 18, 19 atau 20? Lalu, sambil bernostalgia coba deh kamu ingat-ingat, dulu apa ya jajanan yang paling kamu sukai?

Kalau dipikir-pikir lagi, bukan hanya anak-anak saja yang suka. Tetapi orang dewasa pun menikmati camilan khas yang banyak dijual oleh tukang jajanan di depan sekolah. Hal itu tentu juga karena rasanya yang gurih, renyah dan manis sehingga menarik untuk dijadikan makanan selingan alias camilan.

Di antara banyaknya camilan itu memang banyak yang dulu kita temukan dijual di kantin sekolah dasar pada era 90-an. Kami juga menyertakan resep cara membuatnya agar kamu pun bisa mencontoh untuk membuat sendiri camilan khas masa kecilmu.

Menikmati lagi camilan anak sekolah sambil mengingat-ingat masa penuh kepolosan, bukankah sesuatu yang unik untuk dicoba? Pastinya akan menyenangkan.

Buat Kamu yang Jago Masak, Camilan Anak Sekolah Bisa Jadi Sumber Penghasilan Tambahan, Lho

Hanya dengan melihat banyaknya penjual jajanan di depan sekolah saja sudah terlihat, bahwa semua anak pasti suka jajan. Dengan begitu kamu pun sudah bisa simpulkan sendiri bahwa jajanan bisa menjadi bisnis sampingan yang mendatangkan keuntungan besar. Apalagi, jika rumah kamu kebetulan dekat dengan salah satu sekolah, pastinya kamu punya peluang besar untuk mendatangkan keuntungan.

Yang pasti, melihat pangsa pasar jajanan adalah anak-anak sekolah, maka kamu harus berhati-hati dalam mengolah produk jajananmu. Kamu harus bijak dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik dan aman, dan tentu tidak menggunakan bahan-bahan berbahaya seperti formalin atau boraks, seperti yang dilakukan pedagang-pedagang nakal yang tidak peduli dengan generasi penerus.

Apalagi lantaran kasus makanan yang mengandung bahan berbahaya, para orangtua semakin melarang anak-anak jajan sembarangan. Di sini, juga perlunya sikap bijaksana para penjual jajanan, untuk menghindari bahan berbahaya dan pastinya menjaga kebersihan produk mereka.

Sedikit trik untuk kamu, anak-anak usia sekolah memang sangat menyukai jajanan yang unik. Maka agar jualan laris, pedagang juga perlu pintar mengolah, membuat jajanan dengan rasa yang enak, dan dengan bentuk yang unik. Selain itu, harga makanan juga perlu disesuaikan dengan kantong anak sekolah. Biasanya makanan ringan dijual antara Rp 500 hingga Rp 1.000 per buah.

10+ Camilan Anak Sekolah dan Cara Membuatnya

Berikut ini sedikit informasi dan ide yang bisa kamu kembangkan untuk menjalankan bisnis jajanan anak sekolah dasar. Selain mengenai rasa dan penampilan yang unik, sisi kebersihan dan harga memang menjadi poin penting agar produk jajananmu mendapat langganan, baik itu anak sekolah atau para orangtua yang menjemput ke sekolah.

Biar bagaimana pun, bisnis jajanan masa kecil tetap tidak lepas dari yang namanya persaingan, terlebih dari adanya inovasi jajanan dengan penampilan yang berusaha menarik hati anak-anak.

Berikut ini adalah resep camilan anak sekolah yang tetap disukai dari zaman ke zaman. Dengan rasa yang sudah dikenal banyak orang, kamu tinggal mengembangkan kemampuan mengolah agar jajanan buatanmu juara bagi pangsa pasarmu:

Telur Gulung

Sumber gambar cookpad.com

Masih ingat jajanan telur gulung? Pastinya jenis jajanan yang ini sempat dan masih menjadi favorit di antara banyaknya camilan anak sekolah. Rasanya yang gurih akan semakin lezat jika ditambah saus pedas dan kecap. Cara membuatnya, bisa kamu contoh seperti berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur
  • Garam dan merica secukupnya
  • Tusuk sate secukupnya

Cara membuat:

  • Telur dibubuhi dengan garam dan merica secukupnya. Bisa juga ditambah penyedap rasa jika suka. Kemudian dikocok dengan sendok hingga berbusa.
  • Siapkan tusuk sate. Panaskan minyak dengan api sedang. Jangan terlalu panas, agar proses menggulung dengan lidi lebih mudah.
  • Tuangkan 5 sendok adonan telur ke dalam minyak, lalu langsung gulung dengan sebuah tusuk sate, kemudian putar. Lalu celupkan gulungan telur tadi ke dalam sisa kocokan telur, sesudah itu segera goreng lagi sampai telur matang.
  • Sajikan telur gulung yang sudah matang bersama saus dan kecap.

Mie Lidi

Sumber gambar https://cookpad.com

Kalau jajanan Mie Lidi atau Lidi-lidian pasti tahu, dong? Jajanan yang banyak dijual di sekolah-sekolah ini berbentuk persis seperti lidi, dengan rasa gurih dan kadang pedas dengan taburan cabai bubuk. Dan hampir mirip dengan mie instan, mie ini bertekstur tipis dan keras.

Ya, nggak heranlah kalau jajanan yang satu ini sangat digemari anak-anak. Bentuknya saja sudah unik, ditambah rasa asin gurihnya yang menggiurkan. Saat ini rasanya bahkan semakin bervariasi dengan tambahan rasa lain seperti keju dan berbeque.

Kali ini resep cara membuat Mie Lidi yang sudah dipraktikkan dan dibagikan oleh Bunda Wulan melalui forum memasak Cookpad bisa kamu contek.

Bahan-bahan:

  • ½ sdt baking powder
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 60 ml air
  • 2 butir telur ayam, ambil putihnya saja
  • 30 gr tepung sagu
  • ¼ sdt penyedap rasa

Untuk taburan (dicampur menjadi satu untuk ditaburkan pada Mie Lidi):

  • Bubuk balado 1 sdm
  • Bubuk cabai 1 sdm
  • Tepung sagu 25 gr

Cara membuat Mie Lidi:

  • Campur bahan-bahan yaitu tepung sagu, tepung terigu, baking powder, penyedap rasa dan garam. Aduk rata, kemudian sisihkan.
  • Kocok lepas putih telur, lalu tambahkan tepung terigu sembari diaduk hingga rata. Tambah air, lalu aduk lagi hingga rata. Kemudian diamkan sekitar 15 menit.
  • Giling adonan dengan menggunakan penggilingan, dengan ketebalan pada nomor 1 sampai 4. Sebaiknya penggilingan dilakukan 2-3 kali setiap penggantian ketebalan.
  • Setelah itu, mie dipotong hingga menjadi 8 cm lalu potong lagi kecil-kecil.
  • Selesai membentuk mie lidi, panaskan minyak dengan api sedang, lalu goreng mie lidi sampai matang. Angkat. Langkah terakhir, taburi dengan bumbu taburan.

Kue Cubit

Selain banyak dijual di sekolah, kue cubit juga banyak dijual di pasar. Untuk resepnya, berikut ini kami sertakan buat kamu. Mengenai harga, kue cubit bisa kamu jual Rp 500 – Rp 1.000 per kue. Sangat terjangkau, ya. Berbeda dengan kue cubit berbentuk sarang laba-laba, yang bisa kamu jual Rp 2.000 – Rp 3.000.

Sekarang ada lagi varian kue cubit yang mengikuti perkembangan zaman, yaitu kue cubit dengan rasa green tea, Toblerone, dan Nutella. Kamu bisa mencoba membuatnya dahulu. Kan tidak ada salahnya, siapa tahu dari niat jualan jajanan anak sekolah dasar meningkat jadi kafe yang menyediakan macam-macam menu termasuk kue cubit all varian rasa? Lagi pula, dengan membuatnya sendiri sudah sebuah langkah menghindari pemborosan.

Bahan-bahan:

  • 1 sdt baking powder
  • 2 bungkus vanili bubuk
  • 4 butir telur ayam
  • 250 gr tepung terigu
  • 250 gr mentega cair
  • 200 gr gula pasir
  • ½ sdt soda kue
  • 200 gr mesis untuk topping

Cara membuat:

  • Kocok telur dengan mikser, tambahkan gula, kocok lagi hingga rata.
  • Tambahkan tepung terigu, mentega, aduk hingga rata.
  • Tambahkan baking powder, soda kue, vanili bubuk, aduk rata.
  • Tips: Untuk memudahkan saat menuangkan adonan ke cetakan, adonan tersebut bisa kamu pindahkan dulu ke wadah seperti botol saus atau gelas.
  • Panaskan wajan cetakan dengan api sedang, kemudian tuang adonan membentuk cetakan. Setelah setengah matang tambahkan mesis di atasnya. Matang, angkat, siap disajikan.

Martabak Mini

Sebenarnya ini adalah martabak manis yang dibuat dalam ukuran kecil. Terkadang orang juga menyebutnya ‘martabak unyil’, ‘martabak imut’ atau ‘martabak kecil’. Dan ternyata, asal mulanya dibuat versi kecil memang untuk mengurangi harganya. Jadi dari harga Rp 25.000 sampai Rp 35.000 per loyang, untuk versi kecil bisa diperoleh hanya dengan Rp 1.000.

Soal rasa, martabak versi mini yang cukup mengenyangkan untuk anak-anak ini juga ada variannya, seperti rasa keju, cokelat, kacang, susu, dan sebagainya. Mau mencoba? Kamu perlu menyiapkan alatnya, seperti wajan teflon (anti lengket) dengan diameter seukuran martabak mini.

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu
  • ¼ sdt garam
  • ½ sdt ragi
  • ¼ sdt baking powder
  • 50 gr gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 400 gr susu cair
  • Mentega secukupnya

Untuk isian:

  • Keju parut, kacang tanah, mesis secukupnya sesuai selera.

Cara membuat:

  • Campur tepung terigu, ragi, baking powder, garam, gula, telur ayam dan susu. Aduk hingga rata.
  • Setelah itu, panaskan wajan atau teflon kecil. Masukkan mentega secukupnya dan biarkan mencair. Lalu kecilkan api.
  • Ambil adonan secukupnya, lalu tuang ke wajan dan ratakan. Masak hingga terlihar uap keluar dari permukaan. Taburkan isian seperti cokelat mesis, keju atau kacang tanah. Tunggu sekitar ½ menit.
  • Angkat martabak dari wajan, martabak siap disajikan!

Kue Leker

Sumber gambar rejekinomplok.net

Jajanan anak sekolah dasar yang sekarang sudah dikreasikan dengan banyak varian rasa bisa kamu coba juga. Cara membuatnya mudah. Berikut ini resep yang bisa kamu contoh.

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdm garam
  • 2 butir telur ayam
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Air secukupnya

Untuk isian, siapkan secukupnya:

  • Pisang raja atau pisang lain, iris tipis
  • Susu kental manis cokelat
  • Mesis
  • Gula pasir

Cara membuat:

  • Ayak dahulu tepung terigu pada wadah besar.
  • Kocok telur, lalu tambahkan ke dalam tepung tadi. Tambahkan garam, vanili dan air secukupnya, aduk rata. Diamkan hingga 20 menit.
  • Panaskan wajan pipih dengan api kecil, lumuri permukaannya dengan mentega. Setelah itu, ambil sesendok sayur adonan, tuang ke atas wajan dan pipihkan. Masak hingga agak mengering.
  • Masukkan semua bahan isian, lalu lipat adonan hingga membentuk segitiga. Balikkan agar merata. Angkat, kue leker siap disajikan!

Cilok

Harga cilok per butirnya antara Rp 100 – Rp 500, tergantung ukuran dan isiannya juga, ya. Mengenai bumbu juga bermacam-macam. Kamu bisa menggunakan bumbu kacang, atau saus sambal dan kecap manis.

Jajanan yang dibuat menyerupai bakso bulat dari aci terkenal dengan rasanya yang kenyal dan lezat dengan lumuran saus. Selain dengan membelinya di penjual cilok, kamu juga bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep berikut.


Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung sagu
  • 150 gr tepung terigu
  • 5 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih, digeprek
  • 1 sdm minyak goreng
  • Garam, merica, air kaldu, masing-masing secukupnya
  • Daging cincang/ keju / sosis secukupnya

Cara membuat:

  • Didihkan air kaldu dalam panci besar, lalu masukkan bawang putih. Didihkan.
  • Tambahkan 1 sdt minyak goreng agar nanti cilok tidak saling menempel.
  • Buat adonan: campur tepung sagu, terigu, daun bawang, garam dan merica dalam sebuah wadah ukuran sedang. Masukkan air kaldu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi kalis.
  • Setelah kalis (tidak menempel di tangan), buat bulatan dengan bantuan sendok makan. Pipihkan, lalu isi dengan daging cincang, atau, keju, atau sosis. Atau bisa juga tanpa isian.
  • Bulatkan, kemudian masukkan ke dalam panci air kaldu yang mendidih. Biarkan hingga matang. Biasanya cilok akan mengambang ketika matang. Setelah itu angkat.

Bakso Bakar Manis/Pedas

Tentu saat kamu makan bakso bakar manis atau pedas bersama teman waktu SD atau SMP dulu terasa begitu nikmat. Dengan bumbu saus dan kecap rasanya bakso bakar sudah jadi menu spesial sebagai cemilan anak sekolah.

Harga jual satu tusuk bakso bakar untuk konsumen siswa sekolah minimal Rp 1.000. Harga ini tentu dengan penyesuaian ukuran bakso yang kamu buat.

Untuk menikmati bakso bakar dengan manu lengkap, kamu bisa menambahkan acar, lontong, dan saus sambal kacang.

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung sagu
  • 500 gr daging sapi cincang
  • 1 butir telur ayam
  • Air untuk memasak

Untuk bumbu halus:

  • 1 sdm merica
  • ½ sdt biji pala
  • ¼ sdt bubuk kaldu padat rasa sapi
  • Bawang putih secukupnya
  • Garam dapur secukupnya

Bahan olesan bakso saat membakar:

  • Margarin dan kecap manis
  • Irisan cabai jika suka pedas

Cara membuat bakso:

  • Pertama siapkan wadah, masukkan bahan-bahan bakso kecuali air, berikut bumbu halus. Aduk hingga tercampur menjadi adonan.
  • Olah adonan dengan membolak-balik dan membanting hingga terasa lembut. Setelah itu, seluruh adonan dibentuk menjadi bulatan-bulatan bakso. Selama membentuk bulatan-bulatan, rebus juga air dalam panci.
  • Masukkan bakso yang baru saja dibentuk ke dalam air yang sudah mendidih tadi. Setelah matang, bakso akan mengambang. Angkat dan tiriskan.

Selesai merebus bakso, waktunya membakar. Caranya:

  • Tusuk semua bakso dengan tusuk sate. Kira-kira 3 – 4 bulatan dalam satu tusukan.
  • Oleskan dengan bahan olesan; margarin dan kecap atau kecap pedas.
  • Bakar di atas bara api hingga matang.

Klepon

Awalnya, klepon adalah kudapan tradisional yang dijajakan bersamaan cenil dan getuk. Kudapan ini belakangan agak jarang ditemukan, mungkin karena bersaing dengan camilan anak sekolah yang lainnya. Padahal rasanya yang manis sangat disukai anak-anak.

Untuk dijadikan jajanan, kamu bisa memasukkan 5 kue klepon per kantong kecil, atau menjualnya per buah dengan harga Rp 500. Untuk makin mempercantik penampilan, bisa dengan menambahkan pewarna makanan yang aman.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 ons tepung ketan
  • 1 sdm tepung beras
  • Pewarna dan garam secukupnya
  • Kelapa parut yang dikukus dan ditambah sedikit garam untuk taburan

Isian:

  • Gula merah secukupnya

Cara membuat:

  • Campur tepung ketan, tepung beras, garam dan air hangat, hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk.
  • Didihkan air dalam panci. Ambil adonan sedikit demi sedikit, bentuk bundar dan masukkan isian gula merah. Bulatkan, lalu masukkan ke dalam air mendidih. Lakukan yang sama hingga semua adonan habis, dan klepon dalam panci mengembang, lalu tiriskan.
  • Tambahkan dengan taburan kelapa yang sudah dikukus. Klepon siap disajikan!

Gorengan

Siapa yang nggak tahu camilan yang satu ini? Selain banyak yang suka, membuatnya juga mudah, asal tahu caranya. Variasinya juga cukup banyak. Sebagai cemilan anak sekolah, selain harganya cukup murah, gorengan cukup mengenyangkan sebagai menu istirahat anak-anak. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menitip untuk menjualnya di kantin sekolah dengan sistem bagi hasil.

Berikut ini resep Tahu Isi Goreng yang bisa kamu buat.

Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu putih kecil, potong dan keluarkan bagian tengah untuk isian (isian tahu yang dikeluarkan jangan dibuang)
  • 2 buah wortel, parut
  • 2 batang daun bawang, rajang halus
  • 100 gr kol, rajang halus
  • 3 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 500 gram tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Tepung roti secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 1 sdt merica
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Pertama buat adonan isi: panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum. Lalu masukkan sayuran, yaitu wortel, kol dan daun bawang, berikut bagian tengah tahu. Masak.
  • Setelah sayuran layu, masukkan sedikit air dan larutan tepung maizena. Aduk sebentar lalu angkat.
  • Setelah adonan isian jadi, masukkan 1 sendok makan adonan ke dalam tiap tahu, kemudian kukus 15 menit. Setelah itu angkat, lalu tahu digulirkan ke tepung terigu, celupkan ke dalam kocokan telur, lalu gulirkan ke tepung roti. Goreng hingga keemasan. Tahu Isi Goreng siap disajikan, dengan cabai rawit kalau suka.

Selain Tahu Isi Goreng, kamu juga bisa membuat Bakwan. Yuk, cek resepnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

  • ½ kg tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 200 gr kol
  • 200 gr tauge
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

  • 2 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam dan penyedap secukupnya

Cara membuat:

  • Campur terigu, telur, bumbu yang dihaluskan. Aduk rata dengan menambahkan sedikit air. Tambahkan sayuran ke dalam adonan, aduk hingga semua sayuran rata terkena adonan.
  • Panaskan minyak untuk menggoreng, lalu masukkan sebagian demi sebagian adonan ke dalam minyak, seukuran bakwan yang kamu inginkan. Angkat dan tiriskan bakwan jika sudah kecokelatan. Bakwan siap disajikan.

Tempe Goreng juga tidak kalah enak dan mudah membuatnya, berikut ini resep tempe goreng cemilan anak sekolah.

Bahan-bahan:

  • 1 papan tempe, potong-potong kotak dan tipis
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar
  • ¼ sdt kunyit bubuk
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  • Setelah bumbu dihaluskan, rendam bumbu halus dan tempe dalam sedikit air. Aduk rata hingga seluruh tempe terendam. Diamkan selama 30 menit.
  • Setelah itu, panaskan minyak untuk menggoreng tempe. Goreng tempe hingga matang dan berwarna kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan.

Sosis Mie

Sumber gambar https://manfaatcara.com

Sosis yang digoreng dengan balutan mie banyak dijumpai di sekolah-sekolah. Tidak heran jika jajanan ini sangat disukai, karena sosis memang makanan yang disukai anak-anak, termasuk di rumah.

Sebagai camilan anak sekolah, sosis mie dengan ukuran kecil bisa kamu tawarkan dengan harga Rp 1.000 per buah. Atau untuk satu porsi sosis mie bisa kamu jual dengan tambahan mayonnaise, saus tomat dan saus sambal, dengan harga per sosis sekitar Rp 2.000.

Berikut ini resepnya yang gampang banget!

Bahan-bahan:

  • 2 bungkus mie instan, pisahkan bumbunya
  • 5 buah sosis, potong jadi dua bagian
  • 4 sdm margarin
  • 1 butir Telur

Cara membuatnya:

  • Rebus mie hingga matang, tiriskan lalu campur dengan bumbunya.
  • Panaskan margarin, lalu goreng sosis sampai matang. Angkat sosis, lalu gulung mie menyelimuti sosis.
  • Kocok telur, setelah itu lumuri sosis yang digulung dengan mie tadi dengan telur, lalu segera goreng. Sosis mie siap dihidangkan.

Es Mambo Pelangi

Sumber gambar https://craftlog.com/

Bicara soal es mambo, jajanan yang satu ini bisa dibilang jajanan yang legendaris. Jajanan yang menyegarkan tenggorokan ini, selain menjadi penawar rasa haus juga menarik karena rasanya yang manis dan warna-warninya yang pasti menarik bagi anak-anak.

Hanya dengan Rp 1.000 anak-anak sudah bisa memperoleh jajanan ini. Kalau kamu tertarik dengan jajanan Es Mambo Pelangi, yaitu Es Mambo dengan tampilan yang warna-warni, berikut ini resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan:

  • 2 sdm susu kental manis
  • 1 bungkus Nutrijell Plain
  • 2 liter air
  • 2 sdm tepung maizena
  • ½ sdt essence vanila
  • 200 gr gula pasir
  • Pewarna makanan

Cara membuat:

  • Masak semua bahan kecuali pewarna, dalam sebuah panci. Didihkan lalu matikan api.
  • Jelly yang sudah dimasak tadi bagi menjadi 5 bagian terpisah. Lalu masing-masing diberi dibubuhi pewarna makanan secukupnya. Lalu masukkan ke dalam kulkas, kurang-lebih selama 1 jam agar dingin.
  • Keluarkan setelah cukup dingin. Lalu dari kelima warna tadi, masukkan sedikit demi sedikit jelly dengan urutan yang kamu kehendaki, sehingga tercipta es mambo yang warna-warni. Ikat, masukkan ke dalam frezzer. Setelah beku, Es Mambo Pelangi siap untuk dinikmati.

Es Gabus

Sumber gambar https://food.detik.com

Anak 90-an pasti familiar banget dengan jajanan warna-warni yang makin enak kalau dinikmati siang-siang sepulang sekolah. Yap, nama jajanannya adalah es gabus. Biasanya, abang-abang penjual es gabus mengenakan gerobak sambil membunyikan pentungan kecil yang dibawanya.

Kamu masih bisa menikmati kelezatan es ini dan mengembalikan ingatan masa lalumu dengan panduan resep di bawah ini nih. Yuk, buruan bikin es gabusnya di rumah!

Bahan-bahan:

  • 1 liter santan
  • 200 gr tepung Hun Kue
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdt garam dan vanila bubuk
  • Pewarna makanan

Cara membuat:

  • Campur semua bahan kecuali pewarna. Aduk-aduk sampai gula larut.
  • Bagi tiga adonan. Masing-masing adonan beri warna berbeda (misalnya pink, kuning, dan hijau).
  • Masak adonan pink sampai kental dan meletup-letup. Kemudian tuang ke cetakan yang sudah dialasi plastik, ratakan permukaannya.
  • Masak adonan kuning. Kemudian tuang ke cetakan di atas adonan pink, ratakan permukaannya.
  • Lakukan hal yang sama pada adonan hijau.
  • Setelah agar-agar padat, keluarkan dari cetakan. Potong sesuai selera dan bungkus dengan plastik.
  • Bekukan tiga sampai enam jam di freezer dan es gabus siap dinikmati.
From our editorial team

Bahan Murah Tapi Aman

Untuk menjual makanan ringan yang ditujukan bagi anak sekolah dasar, memang membutuhkan kejelian terlebih soal penggunaan bahan. Untuk mendapat bahan yang baik, tak harus mahal. Kamu cukup cermat membeli bahan murah yang umumnya tersedia di pasar tradisional. Bahan-bahan kue di pasar tradisional biasanya dijual dalam kemasan kiloan seperti mentega atau cokelat. Harganya tidak setinggi produk supermarket tapi kualitasnya tidak terlalu buruk. Pastikan, produk bahan pangan yang kamu beli juga aman, ya.