Hidup Sehat dengan 10 Minuman Elektrolit yang Menyegarkan Berikut

Hidup Sehat dengan 10 Minuman Elektrolit yang Menyegarkan Berikut

Ketika berolahraga, banyak cairan yang terbuang melalui keringat. Oleh sebab itu, kita membutuhkan cairan untuk mengisi kekurangan cairan supaya tidak mengalami dehidrasi. BP-Guide akan memberikan rekomendasi minuman elektrolit yang cocok untuk kamu supaya tidak mengalami dehidrasi saat berolahraga.

Kurang Cairan? Yuk, Minum Minuman Elektrolit!

Dominasi cairan yang ada dalam tubuh manusia sekaligus dalam hal mengatur aktivitas atau pergerakan mereka membuat air menjadi begitu dibutuhkan untuk tubuh. Agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik, suhu tubuh dapat stabil, peredaran darah lancar, dan racun dalam tubuh terbuang, maka kita butuh minum.

Minuman elektrolit adalah salah satu sumber energi instan yang kita butuhkan, terutama saat berolahraga berat. Dengan meminum berbagai macam minuman elektrolit seperti yang terdapat pada artikel BP-Guide ini, kita akan jauh dari dehidrasi, bahkan saat kita berhadapan dengan suhu udara yang panas sekalipun.

Jenis Minuman Elektrolit

Minuman Isotonik (Isotonic Drink)

Kandungan mineral dan elektrolit untuk meregenerasi metabolisme merupakan 2 kelebihan utama dari minuman isotonik atau isotonic drink sebagai salah satu jenis minuman elektrolit. Minuman isotonik juga mengandungi 6 hingga 8% glukosa dan fruktosa, di mana keduanya berperan menjadi asupan energi untuk atlet lari jarak jauh atau jenis-jenis olahraga "keras" lainnya.

Implikasinya, hal yang perlu kita ingat saat melihat jenis minuman elektrolit adalah hanya berfungsi saat tubuh mengeluarkan cairan keringat yang berlebih, di mana fungsinya adalah mengganti ion dalam tubuh dan menghindarkan dari risiko penyakit jantung dalam waktu yang bersamaan.

Minuman Hipotonik (Hypotonic Drink)

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Kandungan minuman hipotonik atau hypotonic drink yang terdiri atas kurang dari 8% karbohidrat, kalori dalam jumlah yang rendah, dan mineral, membuat minuman hipotonik atau hypotonic drink ini menjadi yang terbaik untuk konsumsi sehari-hari maupun saat berolahraga berat.

Khasiat minuman hipotonip sebagai salah satu jenis minuman elektrolit yang melembapkan dan memberi energi pada tubuh terbukti dengan adanya banyak joki maupun pesenam yang sering mengonsumsinya. Selain itu, cairan yang terkandung dalam minuman elektrolit satu ini juga mudah diserap oleh usus, sehingga keseimbangan cairan normal dalam tubuh tetap terjaga.

Minuman Hipertonik (Hypertonic Drink)

Sumber gambar www.pubinfo.id

Dibandingkan kedua jenis minuman elektrolit pada poin sebelumnya, minuman hipertonik atau yang disebut juga dengan hypertonic drink merupakan minuman dengan kandungan karbohidrat yang paling banyak.

Karena itu, minuman hipertonik ini hanya disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang berlatih olahraga berat atau lari dengan jarak yang sangat jauh, di mana keduanya ini membutuhkan asupan energi yang paling banyak dibandingkan jenis-jenis olahraga lainnya.

Minuman hipertonik yang sangat kaya akan karbohidrat ini juga ideal untuk diminum bersamaan dengan minuman isotonik pada poin sebelumnya. Hal ini supaya penyerapan cairan dalam tubuh dapat terkompensasi dengan baik dan porsi karbohidrat yang banyak pada minuman hipertonik juga tidak menghalangi proses penyerapan cairan tersebut.

Berbagai Merek Minuman Elektrolit di Indonesia

Pocari Sweat

Sumber gambar snlonlinegrocery.com

Berawal pada tahun 1980, yang menandai kemunculan pertama Pocari Sweat sebagai minuman elektrolit atau ion pengganti air oleh seorang peneliti Otsuka bernama Rokuro Harima yang mengawali perjalanannya ke negara Meksiko, Pocari Sweat kini telah menjadi salah satu merek minuman elektrolit terfavorit di 17 negara dan berbagai wilayah di seluruh dunia.

Selain dibuat berdasarkan penelitian sains yang mendalam, merek Pocari Sweat yang diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co. Ltd. juga memiliki ciri khas pada rasa jeruk ringannya yang ringan dengan sedikit sensasi air, gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan perasa.

Pocari Sweat Sachet 350ml Isi 24 botol yang cocok untuk orang-orang terdehidrasi akibat aktivitas fisik di tempat kerja, pusat kebugaran, atau rumah. Pocari sweet dapat diperoleh pada berbagai marketplace online seperti Shopee atau berbagai supermarket dan toko kelontong, dengan harga Rp 123.000.

Mizone

Sumber gambar www.aqua.com

Satu lagi merek minuman elektrolit yang banyak kita kenali adalah Mizone, yang dibuat oleh Danone Aqua pada 27 September 2005. Kandungan zat-zat padat maupun cair yang terdapat pada Mizone, seperti hydromaxx, vitamin C, dan elektrolit, sudah mendapat pengakuan dari BPOM sehingga kita dapat benar-benar merasakan manfaat nutrisi dan kesehatan dari berbagai produk Mizone yang ada.

Beberapa contoh produk dari merek Mizone yang mampu mengganti elektrolit atau ion dalam tubuh serta mengurangi dehidrasi adalah Mizone Minuman Bernutrisi Yuzu Lemon 500Ml dan Mizone Active 500 mL/12 botol.

Bagi kita yang aktif berkegiatan dan memiliki mobilitas sehari-hari yang dinamis, maka kita dapat membeli Mizone Isotonik Varian Rasa isi 12 di Shopee. Bisa juga di berbagai supermarket dan toko-toko kelontong di pinggir jalan.

100 plus

Merek minuman elektrolit yang bernama 100 Plus dan memiliki pasar utama di Malaysia dan Singapura ini merupakan salah satu yang terbaik, tersehat, dan memiliki rasa yang pas.

Sejak tahun 2007, merek 100 Plus yang terkenal dengan komposisi "light carbonation" utamanya yang sensasional untuk menghilangkan dahaga dan karbohidrat, elektrolit, gula, air, dan berbagai nutrisi lainnya, telah membuktikan diri sebagai merek yang cocok digunakan untuk para penggemar kegiatan bersepeda dan unik dibandingkan merek-merek minuman elektrolit lainnya.

Salah satu contoh produk yang mereknya berada di bawah naungan F&N (Fraser & Neave) Sdn. Bhd. yang terkenal misalnya 100 PLUS 325ml, Minuman Isotonik Berkarbonasi dengan kemasan kaleng. Produk seharga Rp 25.000 ini tidak hanya dapat diperoleh pada marketplace online Tokopedia atau Bukalapak, namun juga tersebar di banyak supermarket maupun minimarket.

Fatigon Hydro

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Kandungan air kelapa yang langsung terambil dari alam membuat merek Fatigon Hydro menjadi salah satu merek minuman elektrolit yang sempurna bila dibandingkan dengan banyak minuman elektrolit sintetis.

Teknologi UHT dan aseptic yang mendasari proses produksi merek Fatigon Hydro tidak hanya mengantarkan produknya menjadi golongan obat bebas, tapi juga kaya akan berbagai macam kebaikan untuk tubuh, karena tidak ada pengawet, kafein, soda, atau alkohol pada kedua teknologi ini.

Untuk mengganti elektrolit dan mengembalikan kesegaran tubuh yang hilang, kita dapat mencoba produk Fatigon Hydro Coco Plus yang termasuk dalam merek Fatigon Hydro dari PT Kalbe Farma Tbk. Harga dari produk Fatigon Hydro Coco Plus ini Rp 6.390 pada marketplace online Shopee dan berbagai supermarket serta minimarket yang menjualnya.

Vitazone

Sumber gambar www.lifull-produk.id

Kandungan Vitazone yang langsung menyasar pada 5 ion tubuh, yakni kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan klorida serta 6 jenis multivitamin B dan C yang mudah diserap tubuh membuat merek Vitazone menjadi salah satu merek minuman elektrolit yang sanggup menjawab persoalan cairan tubuh yang berkurang akibat aktivitas sehari-hari, berada pada suhu atau cuaca yang ekstrem, atau saat mengalami sakit.

Vitazone memiliki komposisi ion dan multivitaminnya yang seimbang dan rasa tiap produknya yang menyenangkan. Merek keluaran PT Mayora Indah Tbk ini juga diproses menggunakan teknologi sterilisasi bernama Advanced Sterilizing Technology (AST) yang mampu membunuh bakteri patogen yang dapat merusak nutrisi produk sekaligus membuat produk-produknya tahan selama 12 bulan dalam keadaan segel dan kemasan botol yang utuh.

Kini, kita dapat memperoleh produk semacam Vita Zone Rasa Jeruk 500ml – Minuman Isotonik yang telah lolos uji laboratorium BPOM dan memiliki sertifikat MUI ini di berbagai supermarket dan minimarket terdekat, dengan harga sekitar Rp 3.500.

Gatorade

Adanya kandungan ion yang tinggi, vitamin fat-soluble, dan aneka mineral dan zat berguna seperti karbohidrat, kalium, dan sodium pada merek Gatorade membuat merek ini populer di kalangan olahragawan hingga masyarakat pecinta olahraga, setidaknya pada sekitar tahun 1990. Meski saat ini merek Gatorade telah jarang beredar, fungsinya sebagai tambahan asupan energi dan rasanya yang kaya sungguh tak terlupakan.

Bagi kita yang susah move on pada merek yang dapat membuat tubuh kembali segar dan bugar ini, kita dapat melirik produk Gatorade Orange Instant Mix Sports Drink USA yang berasa campuran jeruk dan lime serta Perform - Half the Calories All the G yang termasuk dalam merek yang telah menjadi langka ini.

Produk Gatorade Orange Instant Mix Sports Drink USA dan Perform - Half the Calories All the G dapat diperoleh pada berbagai marketplace online, seperti Tokopedia, dengan harga Rp 165.000.

You C-1000 Lemon & Orange Water

Sumber gambar sc01.alicdn.com

Merek minuman elektrolit yang terkenal dengan Miss Universe sebagai ikon utamanya adalah YOU C-1000, yang diproduksi oleh PT Djojonegoro C-1000 sejak tahun 2004.

Merek yang mulai hadir untuk publik pada tahun 2005 hingga sekarang ini memiliki ciri khas pada kemasan warna putih polosnya yang mendominasi latar belakang sekaligus menunjukkan kehidupan warna-warni Indonesia, serta kekayaannya akan berbagai komposisi, seperti 1000 mg vitamin C dan vitamin E yang terbuat dari kedelai, gula, fruktosa, sari buah, dan masih banyak lagi.

Kendati ada banyak produk You C-1000, BP-Guide menyarankan untuk mencoba You C-1000 Vitamin Lemon, You C-1000 Orange Water, You C-1000 Health Drink Vitamin Lemon, atau You C-1000 Isotonic Drink Orange Water.

Harga untuk keempat produk minuman elektrolit You C-1000 ini dibanderol pada Rp 6.000, dan kita dapat memperolehnya pada marketplace Shopee atau berbagai supermarket dan toko-toko kelontong di pinggir jalan yang banyak menjualnya.

Isoplus

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Tidak kalah dengan You C1000 pada poin sebelumnya, merek Isoplus yang dibuat khusus untuk kita yang berjiwa energik dan dinamis, memiliki tingkat aktivitas tinggi, dan siap mengadopsi gaya hidup sehat, hadir dengan kandungan 7 ion lengkap dan vitamin C yang cepat diserap oleh tubuh.

Pemrosesannya yang menggunakan aseptic technology dan cold-filling system dari Jepang juga turut menjaga kualitas dan rasanya, sehingga berbagai produk merek Isoplus cocok untuk dibawa ke mana-mana sambil beraktivitas.

Salah satu contoh produk merek Isoplus yang dapat kita jadikan acuan adalah Isoplus Minuman Isotonik yang selain mengandungi antioksidan vitamin C juga memiliki rasa grapefruit yang nikmat berpadu dengan air, gula, natrium klorida, dan kalsium laktat.

Harga dari produk yang baik dihabiskan dalam waktu 24 jam setelah dibuka ini sendiri mencapai Rp 2.500 pada marketplace online Shopee atau berbagai supermarket dan minimarket.

Powerade

Sumber gambar jlbrooks.co.uk

Pada tahun 1990, The Coca-Cola Company memperkenalkan Powerade sebagai salah satu merek minuman elektrolit non-alkohol yang mengandungi jumlah garam dan mineral yang seimbang serta multivitamin B dan C yang mudah diserap tubuh.

Hingga saat ini, merek yang pernah mensponsori FIFA World Cup 2006 dan diluncurkan di Indonesia pada Januari 2006 ini telah memiliki beberapa varian rasa yang menyegarkan dan sanggup mengembalikan cairan tubuh yang hilang, misalnya yang terdapat pada berbagai produk Powerade 500 ml.

Selain sanggup mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang berat, minuman elektrolit luar biasa ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan stress serta menaikkan tingkat konsentrasi, sehingga menjadikannya salah satu minuman elektrolit yang membahagiakan.

Berbagai produk Powerade 500 ml tersedia di supermarket, minimarket, retail modern, maupun tempat-tempat lain yang bukan merupakan warung di permukiman warga, dengan harga sekitar Rp 4.000 hingga Rp 5.000.

Aquarius

Sumber gambar www.klikindomaret.com

Merek Aquarius sebagai salah satu merek minuman elektrolit dari The Coca-Cola Company pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1980, dan kini telah banyak dijumpai di Indonesia sebagai salah satu merek yang dapat menjawab kebutuhan kita yang sering berkeringat atau mengeluarkan cairan dalam tubuh.

Proses pembuatannya yang higienis, kandungan natrium dan kalium yang terdapat pada cairannya yang menyegarkan saat melewati tenggorokan, dan kemasan botol plastiknya yang mudah dibawa ke mana saja, membuat produk-produk merek Aquarius menjadi asupan energi yang baik saat melakukan aktivitas apapun yang kita sukai.

Salah satu contoh produk dari merek Aquarius adalah Aquarius Minuman Isotonik, di mana produk Aquarius Minuman Isotonik ini dapat diperoleh pada marketplace online Shopee, supermarket, minimarket, maupun berbagai retail modern lainnya dengan harga Rp 4.950.

From our editorial team

Jangan Sampai Dehidrasi

Olahraga itu penting. Namun, ada beberapa orang yang terlalu memaksakan dirinya dalam berolahraga sehingga mengalami dehidrasi dan akhirnya berakibat fatal. Sempatkan untuk minum ketika latihan atau berolahraga. Jaga kesehatan juga saat berolahraga. Jangan sampai mengalami cedera dan sakit karena berolahraga.