Hidup Sehat dengan 30 Rekomendasi dari Ahlinya Tentang Minuman Elektrolit yang Menyegarkan (2022)

Hidup Sehat dengan 30 Rekomendasi dari Ahlinya Tentang Minuman Elektrolit yang Menyegarkan (2022)

Ketika berolahraga, banyak cairan yang terbuang melalui keringat. Oleh sebab itu, kita membutuhkan cairan untuk mengisi kekurangan cairan supaya tidak mengalami dehidrasi. BP-Guide akan memberikan rekomendasi minuman elektrolit yang cocok untuk kamu supaya tidak mengalami dehidrasi saat berolahraga.

Kurang Cairan? Yuk, Minum Minuman Elektrolit!

Dominasi cairan yang ada dalam tubuh manusia sekaligus dalam hal mengatur aktivitas atau pergerakan mereka membuat air menjadi begitu dibutuhkan untuk tubuh. Agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik, suhu tubuh dapat stabil, peredaran darah lancar, dan racun dalam tubuh terbuang, maka kita butuh minum.

Minuman elektrolit adalah salah satu sumber energi instan yang kita butuhkan, terutama saat berolahraga berat. Dengan meminum berbagai macam minuman elektrolit seperti yang terdapat pada artikel BP-Guide ini, kita akan jauh dari dehidrasi, bahkan saat kita berhadapan dengan suhu udara yang panas sekalipun.

Cara Memilih Minuman Elektrolit

Sumber gambar koran jakarta

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi dalam memilih minuman elektrolit. Poin-poin berikut akan membantu Anda menemukan jenis air elektrolit yang tepat untuk diminum berdasarkan kondisi Anda.

Kenali Jenis Minuman Elektrolit

Sumber gambar islampos

Ada tiga jenis minuman elektrolit berdasarkan kesamaan kadar gula dalam minuman tersebut dengan darah manusia, yaitu hipotonik, isotonik, dan hipertonik. Ketiganya memenuhi kebutuhan tubuh Anda dalam kondisi yang berbeda.

Minuman elektrolit paling populer di pasaran adalah isotonik. Konsentrasi gula dan ion dalam minuman isotonik mendekati konsentrasi darah manusia. Minuman isotonik dipilih oleh banyak orang karena dapat dengan cepat mengembalikan elektrolit yang hilang melalui keringat setelah berolahraga.

Berbeda dengan minuman isotonik, minuman hipotonik memiliki konsentrasi gula dan ion yang lebih rendah daripada darah manusia. Konsentrasi karbohidrat umumnya 5% lebih rendah dari kadar gula darah manusia. Minuman hipotonik memberikan lebih sedikit energi daripada minuman elektrolit lainnya. Pilih minuman hipotonik untuk menggantikan elektrolit saat cukup hangat atau setelah olahraga ringan.

Lalu ada minuman hipertonik. Seperti namanya, minuman hipertonik mengandung jumlah gula dan ion yang lebih tinggi daripada darah manusia. Ini membuat tubuh lebih sulit menyerap minuman hipertonik daripada dua minuman elektrolit lainnya. Namun, minuman hipertonik adalah pilihan terbaik untuk memulihkan simpanan glikogen otot setelah latihan intensif.

Anda akan menemukan lebih banyak minuman isotonik di pasaran. Selain itu, minuman elektrolit seringkali tidak mencantumkan informasi jenis minuman pada kemasannya. Anda bisa tahu dari komposisi minumannya.

Hindari Mengonsumsi Minuman Elektrolit Setiap Hari

Sumber gambar grid id

Minuman elektrolit sangat bagus untuk menggantikan ion tubuh yang hilang setelah aktivitas fisik. Namun, hindari terlalu banyak mengonsumsi minuman elektrolit. Jika Anda tidak memiliki aktivitas berat, sebaiknya Anda tidak minum minuman elektrolit setiap hari.

Selain manfaatnya bagi tubuh, rasa manis dari minuman elektrolit membuatnya menjadi favorit banyak orang. Manisnya berasal dari jumlah gula dalam minuman elektrolit. Oleh karena itu, konsumsi minuman elektrolit setiap hari dapat meningkatkan risiko diabetes.

Selain gula, minuman elektrolit juga mengandung garam. Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Kerja ginjal menjadi lebih berat karena harus minum air elektrolit setiap hari.

Minuman elektrolit juga tidak baik untuk penderita diabetes, gagal ginjal, penyakit jantung dan gangguan lambung. Jika Anda memiliki kondisi medis, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu. Minum minuman elektrolit jika Anda aktif secara fisik di luar ruangan, dehidrasi, atau berolahraga. Selain itu, keutuhan cairan dalam tubuh Anda cukup dengan air mineral.

Perhatikan Kandungan Kalorinya

Sumber gambar productnation

Kandungan gula dan garam dalam minuman elektrolit berkontribusi pada jumlah kalori yang dikandungnya. Bagi Anda yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan, pilihlah minuman elektrolit rendah kalori. Minuman elektrolit rendah kalori pasti lebih rendah gula.

Mungkin menemukan minuman elektrolit rendah kalori cukup sulit ditemukan. Baru-baru ini, bagaimanapun, banyak minuman elektrolit rendah kalori telah muncul.

Minuman Isotonik (Isotonic Drink)

Kandungan mineral dan elektrolit untuk meregenerasi metabolisme merupakan 2 kelebihan utama dari minuman isotonik atau isotonic drink sebagai salah satu jenis minuman elektrolit. Minuman isotonik juga mengandungi 6 hingga 8% glukosa dan fruktosa, di mana keduanya berperan menjadi asupan energi untuk atlet lari jarak jauh atau jenis-jenis olahraga "keras" lainnya.

Implikasinya, hal yang perlu kita ingat saat melihat jenis minuman elektrolit adalah hanya berfungsi saat tubuh mengeluarkan cairan keringat yang berlebih, di mana fungsinya adalah mengganti ion dalam tubuh dan menghindarkan dari risiko penyakit jantung dalam waktu yang bersamaan.

Minuman Hipotonik (Hypotonic Drink)

Sumber gambar 1.bp.blogspot.com

Kandungan minuman hipotonik atau hypotonic drink yang terdiri atas kurang dari 8% karbohidrat, kalori dalam jumlah yang rendah, dan mineral, membuat minuman hipotonik atau hypotonic drink ini menjadi yang terbaik untuk konsumsi sehari-hari maupun saat berolahraga berat.

Khasiat minuman hipotonip sebagai salah satu jenis minuman elektrolit yang melembapkan dan memberi energi pada tubuh terbukti dengan adanya banyak joki maupun pesenam yang sering mengonsumsinya. Selain itu, cairan yang terkandung dalam minuman elektrolit satu ini juga mudah diserap oleh usus, sehingga keseimbangan cairan normal dalam tubuh tetap terjaga.

Minuman Hipertonik (Hypertonic Drink)

Sumber gambar www.pubinfo.id

Dibandingkan kedua jenis minuman elektrolit pada poin sebelumnya, minuman hipertonik atau yang disebut juga dengan hypertonic drink merupakan minuman dengan kandungan karbohidrat yang paling banyak.

Karena itu, minuman hipertonik ini hanya disarankan untuk dikonsumsi oleh mereka yang berlatih olahraga berat atau lari dengan jarak yang sangat jauh, di mana keduanya ini membutuhkan asupan energi yang paling banyak dibandingkan jenis-jenis olahraga lainnya.

Minuman hipertonik yang sangat kaya akan karbohidrat ini juga ideal untuk diminum bersamaan dengan minuman isotonik pada poin sebelumnya. Hal ini supaya penyerapan cairan dalam tubuh dapat terkompensasi dengan baik dan porsi karbohidrat yang banyak pada minuman hipertonik juga tidak menghalangi proses penyerapan cairan tersebut.

Berbagai Merek Minuman Elektrolit di Indonesia

Minuman Elektrolit Dengan Rasa Jeruk

1. You.C 1000 Orange Water, Mengembalikan Stamina Tubuh

Anda dapat menjaga kesehatan anda dan mengembalikan stamina anda dengan mengonsumsi you.c 1000 orange water ini. Kandungan vitamin c dari jeruk sebanyak 1000 mg dan dilengkapi dengan ion yang dibutuhkan tubuh Anda, minuman ini mampu membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

You c1000 orange water adalah minuman untuk Tubuh kehilangan cairan dan elektrolit melalui kegiatan Sehari-hari. Orange water mengadung Elektrolit yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit Tubuh.

Orange water juga dilengkapin dengan vitamin c 1000mg. Minum Orange water untuk menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang dengan rasa yang berbeda Agar tubuh fit.

Harga Rp. 6.750-149.000

2. Fruters Station Skinny Lemon Cold Pressed Juice, Mampu Menghancurkan Lemak

Tanpa ragu, lemon dikatakan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Lemon memiliki kandungan air yang tinggi dan lebih rendah kalori daripada buah jeruk. Ini bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan mempercepat pemecahan lemak.

Produk minuman elektrolit ini cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan lemak yang membandel. Lemon murni yang diperas dingin dapat digunakan untuk mendukung program diet Anda. Saat ditambahkan madu dan cuka sari apel, rasanya akan sedikit lebih manis dan bisa langsung diminum.

Harga Rp. 21.900-38.900

3. Go Isotonic Energy Gels Orange, Kembalikan Ion Tubuh yang Hilang

Apabila Anda sering melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, maka Anda dapat mengonsumsi minuman ini untuk mengembalikan ion tubuh yang hilang. Dengan kemasan yang kecil, Anda dapat dengan mudah membawanya kemanapun.

SiS GO Isotonic Energy Gel adalah gel isotonik pertama di dunia yang secara efektif memberikan pasokan karbohidrat yang mudah di cerna dan cepat untuk energi selama berolahraga.
SiS GO Isotonic Energy Gel di rancang untuk di konsumsi tanpa air, meminimalkan resiko kembung yang kadang terjadi ketika minum berlebihan.

Keunggulan SiS GO Isotonic Energy Gel, 22 gr karbohidrat yang cepat di serap oleh tubuh. Mudah dibawa kemana - mana. Cocok bagi yang vegetarian. Rendah gula dan bebas FAT

Harga Rp. 35.000-245.000

4. Activ Water Orange, Berisi Kandungan Vitamin yang Lengkap

Terdapat banyak kandungan yang lengkap pada minuman rasa jeruk ini, diantaranya adalah kandungan multivitamin dengan vitamin C, E, B3, B5, B6, B12, serta zinc. Minuman ini mampu menambah cairan tubuh serta bermanfaat untuk kesehatan.

Activ Water adalah minuman Isotonik yang diperkaya Multivitamin (Vitamin C, E, B3, B5, B6, B12) dengan rasa LEMON yang menyegarkan. Sebagai Pilihan Lebih Sehat, Activ Water tidak mengandung Pengawet, serta Tanpa Pewarna Sintetik dan Tanpa Pemanis Buatan.

Diproduksi dengan Aseptic Cold Filling Technology sehingga terjaga kualitas dan higienitasnya hingga ke tangan konsumen. Dengan pilihan rasa yang menyegarkan dan tidak terlalu manis, Activ Water cocok menemani di segala aktivitas agar tetap sehat dan aktif. BPOM RI MD 266611397011

Harga Rp. 6.100-33.500

5. Good Mood Jeruk, Solusi Ketika Lelah Melanda

Minuman ini menjadi salah satu solusi apabila anda kelelahan. Formula yang terdapat pada good mood rasa jeruk ini mampu membangkitkan tenaga dan membuat Anda lebih fokus saat beraktivitas.

Good Mood adalah air rasa kebaikan alami yang diproduksi oleh Suntory Garuda Beverage menggunakan teknologi Suntory Jepang. Ada lima varian rasa menarik yang ditawarkan, yaitu lemon & madu, jeruk, stroberi, blackcurrant, dan yoghurt. Good Mood diluncurkan pada 2017 dan mendapatkan tanggapan positif sejak hari peluncurannya. Tambahan sari buah dan bahan-bahan alami ke air putih memberikan ledakan rasa yang mencerahkan suasana hati Anda. Good Mood tidak menggunakan pengawet, pewarna, atau pemanis buatan. Good Mo
od sangat cocok dengan gaya hidup kaum remaja dan dikemas dalam botol yang keren.

Harga Rp. 12.000-48.000

6. Yuzu Isotonic, Meningkatkan Cairan Tubuh yang Hilang

Yuzu merupakan buah jeruk manis asal Jepang yang penuh manfaat. Dikombinasikan dengan 7 ion utama, minuman ini mampu meningkatkan cairan tubuh Anda yang hilang karena olahraga atau di saat kegiatan Anda sedang padat. Minuman jeruk ini bahkan memiliki vitamin C 3 kali lebih banyak dibandingkan lemon.

Harga Rp. 3.600-8.800

7. FRUTAMIX Cold Pressed Juice Black Magic, Detoks Sehat untuk Tubuh

Tren detoks sangat populer di kalangan orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Apakah Anda ingin mencobanya? Jika demikian, tambahkan minuman elektrolit karbon aktif arang bambu Jepang ini ke daftar konsumsi Anda. Arang aktif memiliki kemampuan untuk menyerap racun dari sistem pencernaan dan menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Meski berwarna hitam legam, jus FRUMIX cold-pressed terasa segar berkat tambahan apel dan lemon. Bebas dari pemanis buatan dan gula penyebab diabetes, rasa manis jus ini berasal dari madu alami. Madu baik untuk menurunkan kolesterol jahat.

Harga Rp. 35.000-38.000

Minuman Elektrolit Dengan Rasa Original

8. Pocari Sweat, Cocok untuk Orang-orang Terhidrasi

Berawal pada tahun 1980, yang menandai kemunculan pertama Pocari Sweat sebagai minuman elektrolit atau ion pengganti air oleh seorang peneliti Otsuka bernama Rokuro Harima yang mengawali perjalanannya ke negara Meksiko, Pocari Sweat kini telah menjadi salah satu merek minuman elektrolit terfavorit di 17 negara dan berbagai wilayah di seluruh dunia.

Selain dibuat berdasarkan penelitian sains yang mendalam, merek Pocari Sweat yang diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co. Ltd. juga memiliki ciri khas pada rasa jeruk ringannya yang ringan dengan sedikit sensasi air, gula, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium klorida, kalsium laktat, magnesium karbonat dan perasa.

Pocari Sweat Sachet 500 ml yang cocok untuk orang-orang terdehidrasi akibat aktivitas fisik di tempat kerja, pusat kebugaran, atau rumah. Pocari sweet dapat diperoleh pada berbagai marketplace online seperti Shopee atau berbagai supermarket.

Harga Rp. 6.200-28.000

9. Pocari Sweat Ionessence, Mengembalikan Kelembaban Kulit

Ketika Anda berada di ruangan dengan AC, maka kulit Anda akan dehidrasi terlebih jika Anda jarang minum air putih. Kandungan mineral yang berupa natural moisturizing factor mampu mengembalikan kelembapan kulit cantik Anda. Selain itu gula yang terdapat didalamnya juga lebih rendah.

ION WATER adalah minuman ION rendah kalori. ION WATER hadir dengan rasa yang ringan dan kalori yang lebih rendah. ION WATER cocok untuk Anda yang ingin mengembalikan cairan dan ION tubuh yang hilang namun menjalani gaya hidup rendah kalori. BPOM RI MD 261310007752

Harga Rp. 11.700-44.600

10. Isoplus, Mudah Diserap Oleh Tubuh

Seperti namanya, minuman ini memiliki 7 kandungan ion yang mudah diserap oleh tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat didalamnya juga mempunyai manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Minuman ini juga diklaim diproduksi tanpa pemanis buatan dan juga pengawet.

Minuman Isotonik untuk mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Mengandung 7 ion yang lengkap dan mudah diserap. Love your body dengan top up ion ISOPLUS! karena setiap aktivitas favorit Anda mengeluarkan banyak ion!

Keunggulannya yaitu mengandung 7 ion lengkap agar terhindar dari dehidrasi. Kandungan ion dalam ISOPLUS lebih mudah diserap karena mirip cairan tubuh. Diproduksi menggunakan aseptic technology filling system sehingga kualitas dan rasanya tetap terjaga. Tidak menggunakan pengawet dan tidak menggunakan pemanis buatan

Harga Rp. 11.900-31.000

11. Aquarius, Tubuh Terasa Lebih Segar

Merek minuman ini memiliki kandungan natrium dan kalium, Anda akan terasa lebih segar ketika mengonsumsi minuman ini. Maka itu, Aquarius ini sangat cocok untuk Anda konsumsi setelah melakukan banyak aktivitas fisik yang melelahkan.

Aquarius Grape Fruit Pet 500 ml Minuman berkarbonasi dengan rasa yang menyegarkan cocok diminum untuk menemani aktifitas Anda sehari hari

Harga Rp. 8.000-62.500

12. 100 Plus, Menjaga Tingkat pH Dalam Tubuh

Minuman impor dari Negara Malaysia ini menjadi salah satu produk pengganti cairan tubuh terbaik. Kandungan Natrium,Mineral dan Elektrolit berfungsi untuk menjaga tingkat pH dalam tubuh. 100 PLUS, Minuman Isotonik Berkarbonasi. Minuman isotonik impor berkarbonasi, pengganti cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas

F&N 100 Plus mengandung air berkarbonasi, sukrosa, glukosa, asam sitrat, natrium sitrat, natrium klorida, kalium fosfat, perasa, natrium benzoat, dan kalsium fosfat. F&N 100 Plus mengandung bahan-bahan lain seperti natrium, mineral dan elektrolit yang mirip dengan apa yang ada di tubuh manusia sehingga membantu menjaga tingkat pH dalam tubuh.

Harga Rp. 5.800-157.000

Minuman Elektrolit Rendah Kalori

13. Pocari Sweat Ion Water, Memiliki Kandungan Gula yang Rendah

Anda dapat mengonsumsi produk ini ketika sedang menjalankan program diet setelah selesai berolahraga. Produk ini memiliki kandungan gula yang lebih rendah 48% dari produk biasanya. Selain itu kalorinya hanya sekitar 14 kalori di setiap 100ml.

ION WATER adalah minuman ION rendah kalori. ION WATER hadir dengan rasa yang ringan dan kalori yang lebih rendah. ION WATER cocok untuk Anda yang ingin mengembalikan cairan dan ION tubuh yang hilang namun menjalani gaya hidup rendah kalori.

Harga Rp. 44.600-89.200

14. D’Lemonie, Minuman Elektrolit untuk Diet

D'Lemonie Sari Lemon adalah minuman lemonade yang efektif sebagai pelangsing alami. Minuman limun ini terbuat dari 100% lemon asli. Minuman elektrolit lemon dalam produk ini dipetik langsung dari perkebunan terbesar di Indonesia. Selain itu, produk ini juga aman untuk dikonsumsi. Karena saat diproduksi tanpa menggunakan campuran bahan lain.

Dalam 1 botol D'Lemonie Sari Lemon 500 ml setara dengan 2 kg perasan lemon. Sebotol limun 500ml dapat diminum selama 3 minggu hingga 1 bulan. Selain itu, minuman limun ini bisa memicu buang air besar dan buang air kecil. Tak hanya itu, produk ini juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

Salah satunya membantu membuang lemak jahat dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, minuman dengan jus lemon ini dapat menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam sebulan. Juga dapat memicu menstruasi dan menetralkan asam lambung. Dan last but not least, minuman juga bagus untuk kulit lho! Sebab, dengan mengkonsumsi produk ini dapat membantu mencerahkan kulit yang kering dan kusam.

Minuman ini dapat disajikan dengan mudah tanpa harus dikupas dan diperas. Cara membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan air perasan lemon dan 200 ml air hangat. Anda juga bisa menambahkan madu untuk membuat hidangan lebih lezat.

Harga Rp. 88.000-208.000

15. Dr. Emon Sari Lemon, Mampu Menurunkan Berat Badan

DR.Emon Sari Lemon, minuman elektrolit terbuat dari lemon asli, tanpa bahan pengawet. Limun ini juga tidak memiliki campuran air dan gula tambahan. Jadi sari lemon ini murni dari jus lemon. Minuman lemon ini membawa kesegaran bagi tubuh, sehingga menyegarkan aktivitas.

Minuman lemonade ini tersedia dalam kemasan yang praktis dan mudah dinikmati. Tersedia dalam kemasan modern dalam ukuran 300ml dan 500ml. Jadi, untuk menikmati minuman ini, Anda hanya perlu menuangkannya ke dalam gelas tanpa harus mengupas dan memeras jeruk lagi. Mudah bukan?

Air jeruk nipis ini tentunya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kandungan dalam produk ini dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Bagi mereka yang menderita sembelit, dianjurkan untuk minum minuman ini dengan jus lemon. Tidak hanya itu, lemon ini juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan!

Selain itu, kandungan vitamin C dalam jus lemon memiliki kemampuan untuk melarutkan asam urat dan mengembalikan keseimbangan air dalam tubuh.

Cara mengkonsumsi minuman lemonade ini juga cukup sederhana. Cukup tambahkan 2-4 sendok makan jus lemon lalu campur dengan air atau teh. Selain itu, limun ini juga bisa dinikmati dengan menambahkan gula atau madu ke dalamnya. Bisa juga dinikmati hangat atau dingin.

Harga Rp. 70.000-139.000

Minuman Elektrolit Dengan Rasa Unik

16. Coolant Lychee, Pelepas Dahaga di Siang Hari

Coolant dengan rasa lychee ini mengandung magnesium, sodium, dan kalium serta terbuat dengan tambahan jus buah sehingga cocok untuk menjadi minuman segar pelepas dahaga di siang hari yang terik.

Coolant adalah minuman ion dan penyejuk. Kandungan Ion, yang berupa mineral alami Natrium, Kalium, dan Magnesium berasal dari air pegunungan untuk menghilangkan haus dengan cepat yang dibuat dari perpaduan ion, sari penyejuk alami, dan jus lychee asli secara alami berfungsi untuk menghilangkan panas gerah dan tubuh sejuk kembali. Coolant, Puaskan Haus.

Harga Rp. 7.700-43.000

17. Fremo Aloe Drink, Membantu Penyerapan Nutrisi

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Anda bisa menikmati manfaat lidah buaya hanya dengan minuman ini. Benar sekali, Fremo Aloe Drink adalah salah satu minuman aloe vera terbaik.

Dengan mengkonsumsi Fremo Aloe Drink secara teratur setiap hari, Anda dapat membantu pencernaan dan penyerapan nutrisi dengan baik. Produk ini dikemas dalam botol 340 ml yang kaya akan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Dengan banderol harga yang cukup terjangkau, minuman ini hadir untuk membantu Anda menerapkan gaya hidup sehat. Tidak hanya mengandung lidah buaya, minuman kemasan ini juga dibuat dengan bahan tambahan seperti madu, jagung fruktosa tinggi, bahkan sirup. Fremo Aloe Drink memiliki rasa yang enak dan menyegarkan.

Harga Rp. 8.000-25.000

18. Hydro Coco, Menetralkan Racun yang Ada di Dalam Tubuh

Menggunakan teknologi Ultra High Temperature atau UHT, air kelapa asli ini dijamin memiliki kualitas nutrisi dan mineral yang terjaga. Produk ini juga dapat menetralkan racun yang ada di dalam tubuh, terdapat juga lauric acid untuk menjaga kekebalan tubuh.

Hydro Coco dibuat dari air kelapa asli sehingga original, natural & healthy. Hydro Coco tidak menggunakan pengawet, pewarna buatan dan pemanis buatan karena diproduksi secara modern menggunakan teknologi UHT dan Aseptic. Air kelapa dalam Hydro Coco dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena beraktivitas, berolahraga, puasa, dalam masa penyembuhan dan juga diare.

Kegunaan minuman ini yaitu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan. Kaya akan mineral dan bebas lemak.

Harga Rp. 7.200-72.400

19. Mizone Starfruit, Tubuh Semakin Fit dan Sehat

Rasanya yang unik dan juga kandungan hydromaxx, vitamin C, dan elektrolit pada mizone yang sudah diakui oleh BPOM membuat anda dapat merasakan manfaat nutrisi dan kesehatan dari minuman ini.

Mizone Move On Starfruit merupakan minuman isotonik yang memiliki rasa dan aroma menyegarkan dengan 3 vitamin. Memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh setelah beraktivitas.

Harga Rp. 3.600-93.600

20. Nu Oceana Sea Salt Lemonade, Menjaga Kesehatan Jantung, Tulang dan Gigi

Memiliki rasa yang unik yaitu kombinasi antara buah lemon dan sea salt, minuman dengan 75% mineral dan nutrisi ini mampu mengoptimalisasi metabolisme dari tubuh Anda. Ditambah dengan magnesium, minuman ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, hingga gigi Anda.

Nu Oceana Sea Salt Lemonade 460ml adalah minuman isotonik cocok untuk Anda yang suka beraktifitas hingga berkeringat, sehingga memerlukan penggantian elektrolit dengan cepat.

Harga Rp. 8.100-39.000

21. Mizone Cherry Blossom, Minuman Menyegarkan untuk Tubuh

Salah satu varian rasa unik yang mizone miliki adalah rasa cherry blossom atau bunga sakura ini memiliki aroma serta rasa yang menyegarkan dengan kandungan vitamin yang baik untuk tubuh Anda.

Mizone merupakan minuman isotonik yang memiliki rasa dan aroma menyegarkan dengan 3 vitamin (B3,B6, dan B12). Mizone memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh setelah beraktivitas hingga berkeringat, sehingga memerlukan elektrolit pengganti dengan cepat. Mizone selalu siap menemani harimu dan membuat kamu semangat terus.

Harga Rp. 5.390-43.000

22. Mama Roz Berry Veggies, Segar Ketika Diminum

Warna merah anggur dari minuman elektrolit dingin ini benar-benar menakjubkan. Tak hanya mempercantik mata, lobak dalam minuman ini juga bisa membuat Anda terlihat lebih cantik dan awet muda.

Kaya akan antioksidan dan vitamin A, bit dapat melawan radikal bebas dan melindungi kulit Anda dari penuaan dini. Selain bermanfaat untuk kecantikan, cold-pressed juice juga memiliki efek menurunkan tekanan darah dan kaya akan serat. Ingin cantik dan sehat? Produk ini adalah jawabannya.

Harga Rp. 29.500-49.500

23. Coolant Bengkoang, Minuman yang Sangat Menyegarkan

Merek minuman isotonik yang satu ini memiliki rasa yang unik, yaitu bengkoang. Coolant adalah minuman menyegarkan yang terbuat dari bunga krisan.

Bunga krisan mengandung vitamin A,B dan C dan buah bengkoang. Selain membantu menghilangkan dahaga, Coolant mengandung natrium yang membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dan melancarkan sirkulasi tubuh.

Komposisi dalam 350 ml: yaitu energi total (80 kkal), karbohidrat (21 gram), natrium (160 mg), dan kalium (80 mg).

Harga Rp. 4.000-5.600

Minuman Elektrolit Untuk Anak

24. Pedialyte Electrolytes Dextrose, Memulihkan Tubuh yang Dehidrasi

Apabila anak Anda mengalami diare, Anda dapat memberikan anak Anda minuman satu ini untuk membuat tubuh anak yang dehidrasi dan lemas kembali pulih. Produk ini dilengkapi dengan formula yang lebih efektif diserap oleh tubuh anak.

Cairan rehidrasi oral untuk pencegahan & pengobatan dehidrasi ringan sampai dengan sedang akibat diare & muntah. PEDIALYTE adalah obat berupa larutan elektrolit dan dextrose yang di gunakan untuk mengatasi dan mencegah dehidrasi akibat kekurangan cairan saat diare dan muntah-muntah.

Harga Rp. 34.000-48.000

Minuman Elektrolit Setelah Olahraga

25. Mizone, Pengganti Elektrolit dan Ion Tubuh

Satu lagi merek minuman elektrolit yang banyak kita kenali adalah Mizone, yang dibuat oleh Danone Aqua pada 27 September 2005. Kandungan zat-zat padat maupun cair yang terdapat pada Mizone, seperti hydromaxx, vitamin C, dan elektrolit, sudah mendapat pengakuan dari BPOM sehingga Anda dapat benar-benar merasakan manfaat nutrisi dan kesehatan dari berbagai produk Mizone yang ada.

Beberapa contoh produk dari merek Mizone yang mampu mengganti elektrolit atau ion dalam tubuh serta mengurangi dehidrasi adalah Mizone Minuman Bernutrisi Yuzu Lemon 500 ml atau Mizone Active 500 ml/12 botol.

Harga Rp. 5.000-145.350

26. Gatorade, Membantu Kinerja Otot

Gatorade merupakan salah satu merek yang cukup terkenal dan terbaik karena dapat mengembalikan cairan tubuh lebih baik. Kandungan kabohidratnya juga membantu kinerja otot sehingga cocok untuk Anda yang sering melakukan olahraga berat.

Gatorade minuman pelepas dahaga rendah kalori ini dirancang untuk memberikan hidrasi kepada atlet selama kompetisi dan olahraga ringan. Rehidrasi dan isi kembali dengan keseimbangan unik karbohidrat, natrium, dan kalium.

Gatorade sangat cocok untuk berbagai acara, keperluan perusahaan, resepsi besar lainnya, dan di mana pun Anda membutuhkan hidrasi. Bahan dari minuman ini yaitu sukrosa, dekstrosa, asam sitrat, garam, natrium sitrat, dan monopotassium phodphate

Harga Rp. 30.000-89.000

27. Powerade, Mudah Diserap Setelah Aktivitas Berat

Pada tahun 1990, The Coca-Cola Company memperkenalkan Powerade sebagai salah satu merek minuman elektrolit non-alkohol yang mengandungi jumlah garam dan mineral yang seimbang serta multivitamin B dan C yang mudah diserap tubuh.

Hingga saat ini, merek yang pernah mensponsori FIFA World Cup 2006 dan diluncurkan di Indonesia pada Januari 2006 ini telah memiliki beberapa varian rasa yang menyegarkan dan sanggup mengembalikan cairan tubuh yang hilang, misalnya yang terdapat pada berbagai produk Powerade 500 ml.

Selain sanggup mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas yang berat, minuman elektrolit luar biasa ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan stress serta menaikkan tingkat konsentrasi, sehingga menjadikannya salah satu minuman elektrolit yang membahagiakan.

Berbagai produk Powerade 500 ml tersedia di supermarket, minimarket, retail modern, maupun tempat-tempat lain

Harga Rp. 4.000-5.000

Minuman Elektrolit Kemasan Praktis

28. Oralit, Ampuh untuk Mengatasi Diare

Oralit merupakan minuman elektrolit yang wajib Anda cari ketika sedang mengalami diare. Karena berbentuk bubuk, maka Anda dapat melarutkan bubuk tersebut ke dalam air hangat terlebih dahulu agar perut Anda terasa lebih nyaman.

Elektrolit pengganti cairan tubuh untuk mengatasi dehidrasi pada kondisi diare dan muntah. Komposisi terdiri dari Glucose anhydrous 4 g NaCl 0.7 g, Na. bicarbonate 0.5 g, dan CaCl2 0.3 g. Indikasi untuk pengganti elektrolit pada pasien muntah & diare, kolera.

Harga Rp. 500-2.000

29. Isocup, Tubuh Sehat Tidak Dehidrasi

Beda dari minuman isotonik terbaik lainnya, Isocup dikemas dalam gelas yang praktis sehingga bisa Anda minum kapan saja. Isocup adalah minuman isotonik yang dapat mengembalikan cairan tubuh agar badan tetap sehat dan tidak dehidrasi.

Minuman ini dapat dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Komposisi dalam 175 ml yaitu energi total (45 kkal),
karbohidrat (11 gram), sodium (65 mg), dan kalium (25 mg).

Harga Rp. 1.050-48.000

30. Pocari Sweat Bubuk, Untuk Mengganti Air dan Ion Tubuh

Sama seperti khasiat pada kemasan pocari sweat di dalam botol, pocari berbentuk bubuk ini juga merupakan minuman untuk mengganti air dan ion yang hilang dalam tubuh dengan rasa yang segar dan dapat memuaskan dahaga. Anda dapat melarutkan bubuk pocari ini pada air biasa sebelum dikonsumsi.

Merupakan minuman isotonik (berion). Minuman untuk penggantian elektrolit dengan cepat. Pocari Sweat sachet dikemas praktis, khusus bagi mereka yang suka bepergian, mendaki, lari, dan aktivitas fisik lain. Memerlukan penggantian elektrolit dengan cepat seperti kondisi diare, dehidrasi.

Keunggulan menggunakan sachet seperti ini yaitu dapat disimpan dengan praktis. Persediaan sewaktu-waktu dibutuhkan sebagai pengganti oralit yang enak rasanya. Masa penyimpanan lebih lama dan aman. Sangat sesuai sebagai minuman keluarga yang selalu tersedia.

Harga Rp. 8.500-22.000
From our editorial team

Jangan Sampai Dehidrasi

Olahraga itu penting. Namun, ada beberapa orang yang terlalu memaksakan dirinya dalam berolahraga sehingga mengalami dehidrasi dan akhirnya berakibat fatal. Sempatkan untuk minum ketika latihan atau berolahraga. Jaga kesehatan juga saat berolahraga. Jangan sampai mengalami cedera dan sakit karena berolahraga.