Tampil Maskulin Dengan 10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Keren di Tahun 2022

Tampil Maskulin Dengan 10 Rekomendasi Jam Tangan Militer Keren di Tahun 2022

Jam tangan bukan sekedar penunjuk waktu, tapi jadi aksesoris yang bisa menunjang gaya Anda. Dari sekian banyak model yang ada, jam tangan militer dapat semakin menonjolkan gaya maskulin pemakainya. Anda bisa menyimak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Jam Tangan Militer Punya Banyak Fitur Unggulan yang Keren!

Jam tangan militer dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang seperti waterproof dan shockproof. Fitur tersebut akan membantu ketika berada di lingkungan ekstrim seperti hutan, gunung, gurun, dan lainnya. Oleh karena itu, jam tangan militer sangat cocok digunakan untuk mendukung aktivitas outdoor atau luar ruangan. Dengan kata lain, jam ini merupakan teman jelajah yang tahan banting dan multifungsi

Sesuai dengan namanya, jam tangan militer ini dirancang khusus untuk para tentara atau angkatan militer. Tidak heran, jam tangan ini dilengkapi fitur canggih untuk bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, jam ini tidak hanya dipakai oleh kalangan militer, tetapi juga banyak dipakai oleh berbagai kalangan, khususnya mereka yang aktif berpetualang, pecandu olahraga ekstrem.

Aspek yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jam Tangan Militer

Tipe Mesin

Ada dua tipe jam tangan, yaitu tipe mekanik dan tipe quartz. Tipe mekanik tidak memerlukan baterai, sehingga biaya perawatannya pun lebih minim, dan Anda pun tidak perlu lagi khawatir daya baterainya habis. Tipe jam ini sangat cocok untuk Anda yang senang memakainya setiap hari.

Sementara mesin tipe quartz menggunakan baterai, sehingga mesin akan bergerak terus selagi dayanya ada, sehingga waktu yang ditunjukkan jadi akurat. Daya yang digunakan pun tidak besar, sehingga bisa digunakan dalam waktu yang relatif lama.

Berat dan Daya Tahan Jam Tangan

Jam tangan dengan bobot ringan akan lebih cocok untuk penggunaan sehari-hari. Dengan begitu, tangan Anda tidak akan merasa berat dan lelah meski menggunakan jam tangan dalam waktu yang lama. Sebagai patokan, Anda dapat memilih produk dengan bobot kurang dari 100 gram untuk kategori jam berbobot ringan.

Sedangkan jam tangan dengan daya tahan tinggi memiliki bobot yang lebih berat karena bentuknya yang cenderung lebih besar karena dilengkapi oleh fitur-fitur pendukung. Jam tangan ini ideal untuk penggunaan di luar ruangan, seperti untuk menemani Anda menjelajah alam, bahkan melakukan olahraga air, seperti menyelam.

Fungsi dan Kebutuhan Pengguna

Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan militer juga memiliki banyak fitur lainnya, seperti waterproof, tachymeter, night light system, chronograph, shockproof, dan lain sebagainya.

Bila Anda menyukai olahraga air, misalnya diving, Anda bisa memilih produk dengan fungsi waterproof. Waterproof yang dimaksud disini yaitu memiliki high resistance terhadap tekanan air dibanding fitur waterproof pada jam biasa.

Produk dengan fungsi tachymeter cocok untuk Anda yang menyenangi joging. Dengan fitur ini, Anda dapat mengukur jarak berdasarkan waktu perjalanan. Jika sering bekerja saat malam atau di area dengan pencahayaan kurang, gunakan jam dengan night light system. Fungsi ini akan menolong Anda untuk mengetahui waktu meski dalam keadaan gelap.

Fitur tambahan yang ada pada jam tangan militer membuat harganya jadi lebih tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu memilih produk dengan fitur yang sesuai kebutuhan agar tidak melebihi bujet.

Brand Pembuat Jam Tangan

Jam tangan militer terbagi dalam dua jenis. Jenis pertama adalah jam tangan yang khusus dibuat untuk keperluan militer dan digunakan oleh kalangan militer. Sementara jenis kedua adalah jam tangan yang diproduksi untuk umum, namun memiliki kinerja yang memenuhi standar militer.

Luminox, Breitling, Swiss Military, Fortis, dan Marathon adalah contoh produsen yang memproduksi jam tangan militer untuk kebutuhan militer. Jam tangan ini diproduksi dengan jumlah yang terbatas dan harga yang terbilang tinggi.

Di sisi lain, Casio dan Seiko merupakan contoh produsen yang memproduksi jam tangan bergaya militer dengan harga lebih terjangkau. Jam tangannya pun memiliki performa tinggi dan berdesain menarik.

Anda bebas memilih merek jam tangan militer sesuai dengan keinginan. Namun, jika Anda menginginkan jam tangan dengan kualitas premium, pilihlah produk keluaran merek tertentu yang memang spesialisasinya membuat jam tangan militer.

Desain Jam Tangan

Salah satu daya tarik jam tangan adalah desainnya. Anda bisa menyesuaikan desain jam tangan dengan acara yang Anda datangi. Jam tangan militer dengan desain loreng akan cocok digunakan untuk acara kasual, atau saat Anda berpetualang di alam.

Sementara pada acara yang formal atau pertemuan bisnis, gunakanlah jam tangan desain yang elegan. Lalu, ada juga produk berdesain simpel dengan strap karet, kulit, atau logam sehingga cocok dijadikan sebagai hadiah yang stylish.

Tips Merawat Jam Tangan Agar Awet dan Tahan Lama

Lap Sebelum Disimpan

Hindari menyimpan jam tangan dalam keadaan kotor maupun basah. Kotoran yang tidak segera dibersihkan akan membuat noda jadi menempel. Hal tersebut dapat membuat permukaan jam menjadi cepat rusak. Maka dari itu, biasakan untuk membersihkan jam tangan menggunakan kain lap berbahan microfiber yang lembut.

Bersihkan Secara Rutin

Supaya tetap awet, jam tangan perlu dibersihkan secara berkala, terlebih bagi jam tangan yang sering digunakan. Pastikan jam tangan bersih dari bekas keringat, kotoran, dan noda yang melekat. Anda bisa membersihkan jam tangan dengan larutan air hangat dan sabun cuci piring, lalu gunakan sikat gigi bekas untuk menyikat kotoran.

Simpan Pada Tempat yang Kering

Setelah selesai dibersihkan, simpan jam tangan di tempat yang kering. Tempat penyimpanan yang lembab dapat menyebabkan jam menjadi cepat kusam dan lama kelamaan akan merusak mesin jam tangan. Ada bisa menyimpannya di dalam boks yang dilengkapi silica gel untuk menjaganya agar tetap kering.

Hindari juga menyimpan jam tangan di sekitar benda elektronik, karena dapat mengganggu ketepatan waktu pada jam tangan.

Rekomendasi Jam Tangan Militer Dari Berbagai Brand

Seiko 5 SNK805K2

Jam tangan dari Seiko ini dipakai oleh pria atau wanita. Jam ini terasa kokoh dan gagah dengan desain yang simple dan elegan. Fiturnya tidak banyak, namun sudah dilengkapi dengan penunjuk tanggal dan bulan.

Jam tangan ini dilindungi dengan case stainless steel dan kaca kristal hardlex yang membuatnya mampu menahan air hingga kedalaman 30 meter. Tali nilon pada jam tangan ini memiliki lebar yang ringkas, yaitu 18 mm.

Harga Rp. 1.000.000-1.500.000

Timex Expedition Grid Shock

Jam tangan produk Timex ini tahan terhadap air hingga kedalaman 100 meter, sehingga Anda tidak perlu melepasnya saat menyelam. Selain itu, teknologi INDIGLO Night-Light memudahkan Anda melihat informasi yang ditampilkan jam tangan saat kondisi penerangan kurang terang.

Jika Anda sering keasyikan bertualang dan terkadang lupa untuk meminum air, produk ini adalah partner yang pas, karena selain dilengkapi alarm biasa, juga ada hydration alarm yang akan mengingatkan Anda untuk minum air. Say no to dehidrasi!

Harga Rp. 2.500.000-3.500.000

Citizen Eco-Drive Military

Citizen Eco-Drive Military ini tidak menggunakan baterai untuk operasionalnya. Fitur Eco-Drive bawaan jam ini membuatnya mampu mengisi daya dari sumber cahaya apapun, sehingga Anda tidak perlu repot mengganti baterai. Untuk menunjang fitur ini, terdapat fungsi peringatan daya dan pencegahan pengisian daya yang berlebihan.

Selain hemat daya, jam tangan ini juga tahan tekanan air hingga kedalaman 100 meter, sehingga membuatnya menjadi salah satu jam tangan waterproof terbaik. Kaca kristal dan tali dari bahan nilon mampu melindungi permukaannya dari goresan. Jarum dan penanda pada jam tangan ini juga dilapisi oleh lumibrite di dalamnya sehingga bisa menyala dalam gelap.

Harga Rp. 2.400.000-2.600.000

Luminox Navy Seal XS.3503

Jam tangan militer keluaran perusahaan asal Swiss ini memiliki permukaan kaca kristal mineral anti gores. Talinya terbuat dari karet poliuretan yang berkualitas. Pada jam tangan ini terdapat fitur Light Technology yang berbahan dasar tritium tubes, sehingga membuat jam ini sanggup menyala konstan hingga 25 tahun tanpa memerlukan daya tambahan.

Para penyelam menyukai jam ini karena sanggup menahan tekanan air hingga kedalaman 200 meter, berkat case setebal 14 mm yang terbuat dari senyawa fiberglass. Selain kuat, material yang digunakan pada jam tangan ini juga sangat ringan. Total berat dari seluruh bagian jam ini hanyalah 2.5 ons, atau kira-kira sedikit di bawah 71 gram.

Harga Rp. 4.500.000-6.000.000

Alba Active AJ6115X1

Alba, siapa yang belum pernah mendengar merek jam tangan ini? Brand besar yang memproduksi jam tangan ini sudah hadir sejak 1979 ini. Merek ini juga ikut meramaikan pasar jam tangan dengan water resistant sebesar 10 ATM, atau kedalaman 100 meter.

Selain itu, Anda juga tetap dapat dengan mudah melihat waktu saat kondisi gelap berkat fitur luminous yang disematkan pada jam tangan dari Alba ini. Jam tangan ini juga mempunyai fitur penunjuk tanggal dan bulan. Desainnya elegan, dan bisa Anda pakai pada acara formal.

Harga Rp. 700.000-850.000

Mares Smart Apnea Dive Computer

Bagi para free divers, Mares Smart Apnea Dive Computer ini adalah produk jam tangan yang tepat digunakan saat free diving, karena memiliki fungsi-fungsi yang membantu kegiatan free diving. Produk ini merupakan komputer khusus berbentuk menyerupai jam tangan.

Selama menyelam, komputer ini akan menunjukkan tingkat kedalaman, arus, serta waktu dalam angka besar yang mudah dibaca. Saat muncul ke permukaan, pengaturan waktu interval permukaan otomatis menjadi tampilan utama.

Komputer ini juga dapat merekam kedalaman maksimum yang telah dicapai dan waktu penyelaman pada penyelaman sebelumnya. Selain itu, ia juga dapat menunjukkan suhu air saat itu. Produk ini dapat berfungsi dengan baik hingga kedalaman 150 meter.

Harga Rp. 5.000.000-7.000.000

Casio PRO TREK PRG-240

Jam tangan Casio PRO TREK ini dilengkapi dengan teknologi tough solar, yang mampu mengisi daya baterai dengan sinar matahari, sehingga Anda tidak perlu repot mengganti baterainya.

Selain itu, tombol pengaturan arah, barometer, dan altimeter pada jam tangan ini memiliki ukuran yang cukup besar dan tidak licin, sehingga mudah dioperasikan. Anda bisa mempertimbangkan kelebihan pada jam tangan ini.

Harga Rp. 3.500.000-4.500.000

Garmin Instinct Tactical Edition

Jam tangan Garmin ini dilengkapi dengan fitur yang mampu menangkap sinyal glonas dan galileo, sehingga memiliki fungsi navigasi yang akan membantu saat Anda berada di area terpencil sekalipun.

Selain itu, Anda juga akan menemukan fungsi taktikal, seperti Jumpmaster dan TrackBack ala tentara yang sangat fungsional. Kekuatan baterainya pun dapat bertahan hingga 14 jam saat GPS-nya aktif.

Harga Rp. 4.500.000-5.000.000

Suunto Core Alpha Stealth

Produk ini dilengkapi dengan fitur weather trend indicator yang memberi Anda perkiraan cuaca, sehingga Anda bisa menentukan momen terbaik untuk bertualang. Fitur storm alarm pada jam tangan ini juga akan mengingatkan Anda terkait badai yang mungkin dihadapi.

Selain itu, jam tangan ini juga dilengkapi dengan altimeter, barometer, dan kompas yang semakin memudahkan Anda untuk menentukan arah yang sebaiknya ditempuh. Hebatnya lagi, produk ini sudah lulus uji standar militer MIL-STD-810. Jadi, tentunya jam tangan ini lebih awet digunakan.

Harga Rp. 4.000.000-5.500.000

Eiger Mercury Watch

Eiger juga mengeluarkan produk jam tangan yang siap menemati kegiatan outdoor Anda. Eiger membekali jam digital ini dengan segudang fitur fungsional yang akan memudahkan Anda, termasuk 5 alarm dan waktu universal.

Fungsi lain pada jam tangan ini adalah fitur pencahayaan, kalender 100 tahun, altimeter untuk mengukur ketinggian, barometer untuk mengukur tekanan udara, dan termometer untuk mengukur suhu. Selain itu, ramalan cuaca berdasarkan diversifikasi tekanan udara, stopwatch, hingga kompas yang diaktifkan lewat tombol yang ada di sekelilingnya.

Jam tangan ini memiliki diameter 52 mm dan dilengkapi tali karet. Jam ini pun tahan air hingga kedalaman 100 meter sehingga bisa Anda bawa saat menyelam. Eiger melengkapinya dengan tambahan tali dan baterai cadangan.

Harga Rp. 1.000.000-1.200.000
From our editorial team

Jam Tangan Militer Sangat Fleksibel Untuk Semua Gaya Lho!

Saat memilih jam tangan militer, mungkin Anda bingung saat ingin mencocokkannya dengan gaya pakaian Anda. Jangan khawatir! Jam tangan bergaya militer mudah sekali dipadupadankan dengan berbagai gaya, mulai dari formal hingga kasual. Anda tinggal pilih saja mana model favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas!