Deretan 10 Rekomendasi Jam Tangan Wanita Penunjang Penampilan (2021)

Deretan 10 Rekomendasi Jam Tangan Wanita Penunjang Penampilan (2021)

Jam tangan bukan sekedar penunjuk waktu, tapi bisa membuat penampilan wanita jadi makin kece. Ragam modelnya pun juga bisa disesuaikan dengan pakaian dan tema acara. Simak rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Bagi Kaum Hawa, Jam Tangan Adalah Fashion

Selain sebagai penunjuk waktu yang praktis, jam tangan juga berfungsi sebagai aksesori yang mendukung penampilan Anda.

Namun, tahukah Anda? Pemilihan jam tangan ternyata mesti disesuaikan dengan kebutuhan pemakan supaya cocok dengan acara yang didatangi atau dengan kegiatan yang dilakukan. Jam tangan juga dapat disesuaikan dengan karakter kita, lho.

Anda merasa bingung memilih jam tangan yang bagus dan cocok dengan karakter Anda? Memang, beragamnya model dan merk jam tangan wanita yang tersedia di pasaran tak jarang membuat bingung saat memilihnya.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mencari tahu apa saja hal yang perlu dipertimbangkan pada saat membeli jam tangan, dan bagaimana cara merawat jam tangan agar bisa awet.

Tips Merawat Jam Tangan Agar Awet

Bersihkan Dengan Lap dan Tusuk Gigi

Anda bisa memulainya dari watch case, dengan mengelapnya menggunakan kain bebas serat atau kain yang lembut, lalu gunakan tusuk gigi untuk mengangkat kotoran di sela-sela jam yang mungkin tidak terjangkau oleh kain.

Jika Anda memiliki jam tangan waterproof, dan bukan berbahan kayu, Anda bisa membersihkannya dengan air hangat. Tambahkan sabun dengan tekstur ringan. Kemudian, keringkan dengan kain bersih.

Anda juga mesti langsung membersihkan jam tangan ketika terkena keringat ya.

Alasi Dengan Kain Lembut

Jam tangan yang dilengkapi dengan mineral glass biasanya tidak akan mudah tergores. Namun, tidak ada salahnya untuk lebih berhati-hati karena tidak ada kristal yang benar-benar sempurna. Jika jam tangan Anda jarang digunakan, Anda bisa menyimpannya pada tempat yang dialasi dan ditutup oleh kain lembut, atau menyimpannya di kotak khusus agar meminimalisir tergoresnya jam.

Jangan pernah menyimpan jam di tempat yang sama dengan perhiasan lain, karena bisa menimbulkan gesekan dari potongan perhiasan. Jika kristalnya pecah atau tergores, sebaiknya ganti segera.

Lakukan Perawatan Sesuai Bahan Strap

Jika jam tangan Anda terbuat dari kulit, Anda bisa mengoleskan lotion khusus bahan kulit. Selain itu, jauhkan strap kulit dari air ataupun hair dryer ya. Untuk strap berbahan metal, Anda bisa menggunakan sikat gigi lembut untuk membersihkannya. Lalu, keringkan dengan menggunakan kain yang lembut.

Pada jam tangan dengan strap karet, kanvas, ataupun kain, Anda dapat membersihkannya dengan sabun bersama sikat kecil nan lembut untuk menghilangkan kotoran dan noda yang melekat.

Jauhkan dari Magnet

Hindari meletakkan jam di dekat televisi, kulkas, kipas angin, microwave, dan barang elektronik lainnya. Jika Anda merasa jam tangan kamu sering tidak sesuai, coba diingat-ingat, barangkali ini salah satu penyebabnya. Medan magnet dapat memengaruhi perputaran jam tangan sehingga memicu akurasi waktu yang tidak tepat.

Ganti Baterai Secara Berkala

Saat waktu sudah mulai tidak akurat atau bahkan mati, segera ganti baterai untuk menghindari kebocoran baterai yang bisa merusak mekanisme jam. Rata-rata umur baterai jam tangan quartz atau kuarsa berkisar 3-4 tahun, tergantung pemakaian dan tipe jam. Semakin banyak fungsi atau fiturnya, maka semakin sering baterai harus diganti secara rutin.

Untuk jam tangan automatic atau mekanik, lakukan pemeriksaan secara rutin sekitar 2-3 tahun agar kerja jam tangan tetap optimal.

Cara Memilih Jam Tangan Terbaik

Sesuaikan Dengan Warna Kulit

Dalam satu merk jam tangan wanita, biasanya akan terdapat beberapa warna yang bisa Anda pilih. Dalam memilih warna jam tangan, Anda dapat mempertimbangkan sesuai warna kulit. Anda dapat memakainya terlebih dahulu, dan mencocokkannya apakah terasa pas dengan warna kulit Anda. Apabila Anda menyukainya, Anda dapat memilih warna itu.

Jika Anda suka dengan warna yang mencolok ketika Anda memiliki warna kulit yang gelap. Maka, belum tentu Anda tidak cocok memilih dan memakai warna ini. Sah-sah saja jika Anda mempunyai rasa percaya diri, karena dengan kepercayaan diri yang tinggi, semua akan terlihat serasi dengan penampilan Anda.

Cek Semua Keunggulannya

Dahulu merk jam tangan wanita terbaik yang ditawarkan hanya memiliki fungsi untuk menunjukkan waktu. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekarang jam tangan mempunyai keunggulan lebih jadi bukan hanya sekadar penunjuk waktu biasa.

Keunggulan jam tangan ini biasanya dapat diketahui dari material yang digunakan hingga fitur yang ditambahkan. Ada material yang membuat jam tangan menjadi tahan air hingga kedalaman tertentu, tidak mudah tergores, tahan terhadap benturan, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur yang ditambahkan pada jam tangan antara lain kalender, kompas, detak jantung, GPS, dan masih banyak lagi. Fitur yang lebih canggih biasanya akan Anda temukan saat Anda membeli smartwatch.

Pilih Model Sesuai Selera

Anda ingin memilih merk jam tangan wanita terbaik dengan jenis apa? Nah, ada berbagai macam jenis jam tangan yang dapat Anda pilih, seperti jam tangan dengan jenis pergerakan quartz atau mekanikal.

Selama ini, ada beberapa orang yang mengira bahwa quartz adalah merk jam tangan, padahal itu adalah jenis pergerakan jarum jam. Jam tangan quartz membutuhkan daya dari baterai untuk bergerak, sehingga Anda perlu mengganti baterainya secara berkala.

Sementara jam tangan mekanik tidak membutuhkan baterai karena pergerakan roda gir di dalam mesinnya itulah yang membuat jam tangan tersebut bergerak. Selain itu, ada juga jenis jam tangan chronograph yang memiliki perpaduan antara penunjuk waktu dan stopwatch.

Anda juga dapat mempertimbangkan jam tangan analog dengan jarum jam klasiknya atau jam tangan digital dengan tampilan angka. Jenis jam tangan lainnya yang cukup populer saat ini adalah smartwatch yang dilengkapi oleh berbagai fitur canggih.

Rekomendasi Jam Tangan Wanita Untuk Anda

Swatch Pinkbaya

Santai, minimalis, dan feminim, itulah deskripsi sederhana dari Swatch Pinkbaya ini. Terlebih bagi Anda pecinta warna pink, jam ini pas banget untuk melengkapi gaya casual Anda sehari-hari. Jam tangan ini didesain dengan bentuk bingkai yang bundar dengan diameter 34 mm.

Terbuat dari bahan plastik dan strap karet yang ringan, sehingga tidak membuat tangan pegal meski dipakai seharian. Bahan plastik dan karet yang digunakan adalah bahan dengan kualitas pilihan sehingga daya tahannya tak perlu Anda ragukan.

Swatch Pinkbaya ini memiliki keunggulan yaitu tahan air 3 ATM (hingga kedalaman 30 meter). Jadi, Anda pun tidak perlu repot untuk melepasnya ketika sedang berkutat dengan air atau sedang dalam suasana basah.

Harga Rp. 700.000-1.400.000

Alexandre Christie ACF2744

Jam tangan wanita ini memiliki desain modern dengan balutan warna feminim yang cantik, cocok untuk memaksimalkan penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri Anda saat menggunakannya.

Ukuran case jam tangan ini adalah 32 mm dengan bentuk bingkai persegi, serta ketebalannya hanya 10 mm. Bagian strap jam tangan ini terbuat dari karet berkualitas yang tahan terhadap goresan.

Jam tangan mungil ini juga dibekali dengan fitur water resistant yang tahan terhadap tekanan air hingga 3 ATM atau setara dengan 30 meter, sehingga membuat Anda tak lagi was-was dengan air pada saat menggunakannya.

Harga Rp. 1.200.000-1.700.000

Daniel Wellington Classic Petite Ashfield 28mm Rose Gold

Nama Daniel Wellington merupakan salah satu brand terkenal dalam memproduksi jam tangan. Salah satu produknya, Daniel Wellington Classic Petite Ashfield 28mm Rose Gold hadir dengan desain yang minimalis dan menimbulkan kesan yang elegan.

Anda dapat menggunakan jam tangan ini baik untuk acara santai maupun acara formal. Jika Anda mencari jam tangan minimalis dengan ukuran diameter watch case yang kecil, jam tangan ini sangat pas untuk Anda, karena hanya memiliki diameter 28 mm. Selain berbentuk tipis, strap jam tangan ini dapat disesuaikan dengan ukuran tangan Anda.

Anda pun bisa mengganti strapnya sesuai dengan keinginan Anda, sangat dinamis! Bahan dasar jam tangan ini adalah stainless steel, dan jam tangan ini juga dilengkapi dengan fitur Water Resistant 3 ATM.

Harga Rp. 2.500.000-3.000.000

EIGER Sneffels Watch

Dari logonya saja sudah terlihat bahwa Eiger ini begitu berkaitan dengan yang namanya alam dan petualangan. Salah satu produknya adalah jam tangan yang sangat cocok untuk Anda bawa pada kegiatan outdoor. Brand ini sudah terpercaya memproduksi bahan dengan kualitas yang baik.

Salah satu koleksinya, EIGER Sneffels Watch ini dapat Anda gunakan sebagai penunjuk waktu sekaligus penunjang penampilan. Meski biasanya jam tangan outdoor dipenuhi dengan tombol-tombol sehingga terkesan bulky, jam tangan yang satu ini didesain elegan sehingga cocok digunakan oleh wanita. Anda akan terlihat sporty saat mengenakan jam tangan ini.

Jam tangan ini bertipe digital, dengan fitur yang tahan air hingga resistant 10 ATM sehingga Anda tidak perlu melepas jam tangan Anda ketika akan menjelajah sungai, snorkeling, maupun menyelam. Selain itu, ada juga fitur alarm sebagai pengingat waktu ketika sedang beraktivitas di dalam air.

Harga Rp. 350.000-500.000

Casio Baby-G BA-110-7A1

Casio sudah terkenal dalam memproduksi jam tangan yang sporty. Salah satu produknya, Casio Baby-G BA-110-7A1 hadir dengan tampilannya yang feminim tapi tetap sporty. Casio Baby-G BA-110-7A1 ini memiliki diameter yang tidak terlalu besar, sehingga sangat pas untuk wanita.

Jam tangan ini juga dilengkapi LED light yang membantu kita melihat dalam gelap. Selain itu, zona waktunya bisa diatur sesuai tempat tinggal Anda.

Untuk ketahanannya terhadap air, jam tangan ini sudah menggunakan teknologi tahan air. Jadi, Anda tidak perlu khawatir meski memakainya saat hujan atau pada saat bermain air.

Harga Rp. 1.200.000-1.500.000

Fitbit Inspire 2

Hadir dengan desain yang sederhana dan ringkas, namun fiturnya tidak sesederhana ini. Jam tangan Fitbit ini merupakan smartwatch yang cukup populer untuk membantu Anda agar semakin bersemangat untuk berolahraga. Fitur yang disediakan pada jam ini sangat membantu Anda para wanita ketika exercise. Ada lima belas jenis olahraga yang bisa Anda pilih.

Selain fitur untuk mengukur detak jantung, pada jam tangan ini juga ada terdapat beberapa fitur lainnya seperti reminders to move untuk mengingatkan Anda bergerak serta menghitung langkah pergerakan Anda.

Pada jam tangan ini juga ada fitur sleep mode yang bisa menunjukkan kualitas tidur Anda. Mode ini akan secara otomatis mematikan layar dan notifikasi agar kualitas tidur Anda tidak terganggu.

Harga Rp. 1.900.000-3.000.000

Alba SIGNA AG8J27X1

Jam tangan eksklusif dari Alba ini bisa Anda bawa untuk acara formal. Strapnya terbuat dari metal, sehingga sangat mendukung penampilan Anda saat ada acara kantor yang formal, atau bahkan semi formal. Keseragaman warna silver di hampir semua bagiannya membuat jam tangan ini terlihat elegan.

Jam tangan ini cukup unik dengan posisi crown yang tidak biasa. Umumnya, posisi crown berada di angka tiga, tetapi tidak dengan jam tangan yang satu ini, yakni di angka dua. Untuk ketahanannya terhadap air, jam ini dilengkapi dengan fitur water resistant bahkan hingga 5 ATM atau kedalaman 50 meter.

Harga Rp. 800.000-1.500.000

Fossil Gen 4 Sport Smartwatch

Merk jam tangan terbaik wanita lainnya adalah Fossil. Salah satu produknya adalah Fossil Gen 4 Sport Smartwatch yang telah dibekali berbagai fitur canggih. Jam tangan ini memiliki diameter 41 mm, dengan desainnya yang stylish. Smartwatch dengan bingkai bundar ini memiliki fitur heart rate yang membantu Anda mengukur detak jantung.

Selain itu, jam tangan keren ini juga dilengkapi dengan fitur automatic time zone untuk menyesuaikan waktu secara otomatis saat Anda bepergian ke daerah dengan zona waktu yang berbeda. Jam tangan modern dari Fossil ini didukung oleh OS Wear dari Google yang kompatibel dengan iPhone maupun Android.

Harga Rp. 2.500.000-5.000.000

Casio Baby-G MSG-S600G-7ADR

Rekomendasi jam tangan wanita terbaik selanjutnya adalah Casio Baby-G MSG-S600G-7ADR. Jam tangan ini memiliki desain yang elegan sekaligus sporty untuk dipakai oleh seorang wanita.

Jam tangan ini memiliki indikator LED yang masing-masing berfungsi sebagai mengetahui hari, membuat alarm, dan timer untuk berbagai aktivitas.

Jam tangan Casio ini cocok untuk Anda bawa travelling ke berbagai tempat. Dibekali dengan 31 zona waktu dari berbagai negara, yang dapat menyesuaikan waktu secara otomatis.

Selain itu, jam tangan wanita dengan warna feminim ini juga hadir dengan fitur water resistant hingga 10 ATM atau 100 meter, lho!

Harga Rp. 2.000.000-3.600.000

Alba Quartz Leather AXU035

Jam tangan Alba terkenal akan produknya yang berdesain elegan. Jika Anda mencari jam tangan wanita dengan strap kulit, Alba Quartz Leather AXU035 dapat Anda pilih.

Sesuai dengan namanya, strap pada jam tangan Alba Quartz Leather AXU035 ini dibuat dari bahan kulit. Bingkainya terbuat dari bahan stainless steel yang kokoh dan tidak mudah berkarat. Sangat mendukung penampilan Anda untuk tampil elegan.

Jam tangan yang satu ini mengusung fitur water resistant yang mampu menahan tekanan air hingga 5 ATM atau setara dengan 50 meter.

Harga Rp. 400.000-600.000
From our editorial team

Saat Memilih Jam Tangan, Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas

Harga jam tangan memang sedikit mahal. Namun jika Anda adalah orang yang peduli penampilan, harga yang dibayar akan sebanding dengan kualitas yang didapat. Oleh karena itu, jangan tergoda harga murah tanpa mempedulikan kualitas ya. Pilih produk jam tangan favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!