Latih Kemampuan Buah Hati dengan 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Berikut (2020)

Latih Kemampuan Buah Hati dengan 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Berikut (2020)

Mainan merupakan sarana penting untuk membantu perkembangan anak. Maka dari itu berikan mainan yang tepat untuk buah hati, ya. Simak cara memilih mainan untuk anak dan rekomendasinya dari kami!

Bermain Bisa Melatih Otak Anak dengan Lebih Baik

Anak kecil memang hanya mengerti bermain. Namun, jangan keburu dimarahi bila si kecil hobi main, ya. Sebab, dengan bermain maka ia bisa melatih perkembangan otaknya dengan baik lho.

Bermain sangat penting untuk perkembangan anak dalam berbagai hal karena bisa berdampak pada perkembangan kognitif, perkembangan sosial dan emosional, serta pengembangan bahasa. Dengan bermain, maka pusat kendali otak menjadi lebih besar dan lebih cepat berkembang.

Maka dari itu, kita tidak bisa asal saja memberikan mainan pada anak ya. Sebaiknya perkirakan mainan apa yang sekiranya bisa menunjang perkembangan motorik, kognitif, sosial, dan lainnya. Ada banyak kok jenis mainan sederhana yang bisa melatih buah hati sedari dini.

Pentingnya Memberikan Mainan Edukasi Bagi Anak

Pada era modern seperti sekarang, banyak orangtua memberikan gadget pada anak sebagai mainan. Terkadang anak yang rewel bisa diam saat diberi gadget sementara ditinggal orang tuanya untuk menyelesaikan tugas rumah.

Padahal, hal ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Boleh saja mengenalkan gadget pada anak, namun sebaiknya perhatikan usia yang tepat. Selain itu, gadget sebaiknya juga sangat dibatasi karena bisa membuat anak jadi kurang produktif.

Di zaman seperti sekarang, orang tua lebih dimudahkan dalam pengasuhan anak karena segala informasi banyak tersedia di internet. Anda jadi bisa tahu apa sebaiknya yang dilakukan pada anak pada setiap tahapan usia agar perkembangannya jadi lebih baik. Salah satunya soal memilihkan mainan.

Sebaiknya berikan mainan edukasi jika ingin buah hati tumbuh dengan baik. Ada banyak sekali mainan edukasi yang bisa disesuaikan dengan usia buah hati. Setiap mainan edukasi bertujuan untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasar si kecil. Selain itu, mainan edukasi juga bertujuan untuk mengenalkan konsep sebab akibat sehingga anak jadi tahu apa yang terjadi bila ia melakukan sesuatu.

Mainan edukasi ada juga yang bisa melatih bahasa dan wawasan buah hati. Ini tentunya bisa menambah kosakata dan juga cara bertuturnya. Selain itu ada pula mainan edukasi yang bisa mengenalkan warna dan bentuk. Mainan semacam ini bisa membuat buah hati jadi lebih cepat menghafal warna dan aneka bentuk dengan mudah.

Tips Memilih Mainan Edukasi Anak

Sesuaikan dengan Usia

Ketika memilih mainan edukasi untuk anak, tentu saja yang pertama Anda harus menyesuaikan dengan usianya. Umumnya pada pembungkus mainan sudah disertakan rentang usia yang tepat untuk mainan tersebut.

Untuk anak usia 0 hingga 3 bulan umumnya masih baru bisa menggenggam benda, suka mendengarkan, dan pandangannya belum jelas. Pada usia ini Anda bisa memilihkan mainan dengan warna cerah yang bisa dikenali, mendengarkan musik atau suara, dan juga memperkenalkan benda yang bisa bergerak perlahan.

Beda halnya dengan anak usia 3 hingga 6 bulan. Di usia ini anak gemar memegang mainan dan memutar dengan pergelangan tangannya untuk melihatnya dari semua sisi. Anak juga gemar memasukkan berbagai hal ke dalam mulutnya. Karena itu, saat memberikan mainan, cek dulu labelnya untuk memastikan apakah itu aman bila dikunyah anak.

Pada usia 6 hingga 9 bulan anak jadi lebih aktif. Ia bisa antusias dengan mainan dan bisa memukul-mukulkan benda. Anak juga mulai banyak bergerak, merangkak, dan menarik tubuhnya untuk berdiri. Anda bisa memberikan mainan interaktif seperti telepon mainan dan lainnya.

Pada usia 12 hingga 18 bulan anak akan jadi sangat aktif dan menyukai segala permainan yang bisa membuat seluruh tubuh bergerak. Anda bisa memberikam mainan berupa bola, boneka, dan lain sebagainya.

Cek Aneka Bagian Mainan Anak

Jangan asal memberikan mainan pada buah hati. Apalagi jika Anda tidak mengawasinya secara penuh. Dikhawatirkan ia memasukkannya ke mulut atau bahkan kulitnya terluka karena bahan mainannya tajam.

Cek dulu seluruh bagian mainan sebelum memberikannya pada buah hati. Hindari memilih mainan yang ukurannya terlalu kecil jika usia anak masih terlalu kecil. Pastikan memberikan mainan yang ukurannya sesuai usianya sehingga tidak takut tertelan atau tertindih oleh mainan tersebut.

Jika mainannya berupa konstruksi kecil, maka pastikan konstruksinya kuat menempel dan tidak mudah lepas. Konstruksi yang kurang kuat bisa meningkatkan risiko bagian kecil terlepas ketika anak memainkannya. Selain itu, cek juga pinggiran mainannya. Hindari memberikan mainan yang bertepi tajam agar tidak melukai kulit buah hati.

Pastikan Kualitasnya Bagus

Apa pun mainan yang Anda berikan pada buah hati, pastikan bahwa mainannya berkualitas bagus. Dari segi warna misalnya, pastikan warnanya tidak mudah pudar atau mengelupas. Warna yang mudah mengelupas dikhawatirkan bisa tertelan anak atau membuat iritasi kulit buah hati.

Mainan berkualitas bagus juga tidak ada bagian berupa tali, benang, atau kawat panjang yang lebih dari 18 cm sehingga aman dimainkan anak. Buah hati tidak akan mudah tercekik dan mainannya terasa kokoh sehingga tidak mudah rusak.

Pastikan juga mainannya tidak beracun sehingga aman saat buah hati tanpa sengaja memasukkannya ke dalam mulut. Hindari mainan dengan bahan kimia seperti merkuri, kadmium, arsenik, phthalate, timah, dan lainnya agar tidak membahayakan buah hati.

Ini Dia Rekomendasi Mainan Edukasi Anak

Play Sand Kinetic Sand Container

Untuk mainan yang direkomendasikan pertama ada Play Sand Kinetic Sand Container 1000 gram. Semua anak kecil tentu senang bermain pasir. Daripada main pasir di luar yang penuh bakteri dan kuman, Anda bisa memberikan pasir mainan ini.

Pasir ini mudah melekat pada kulit dan mudah dibentuk dengan berbagai cara. Teksturnya lembut dan elastis sehingga tidak mudah mengeras dan mudah dibentuk ulang. Pasirnya juga mudah dibersihkan dan tidak lengket pada cetakan.

Dengan pasir mainan ini, anak bisa makin kreatif dan bisa berpikir untuk menciptakan beragam bentuk yang ia inginkan. Ini juga mengajarkan si kecil untuk fokus dalam membentuk sesuatu. Mainan yang mengasah kreativitas anak ini akan sangat seru untuk dimainkan.

Harga Rp. 174.000-283.000

Balok Kayu Geo 4 Bentuk

Berikutnya ada Balok Kayu Geo 4 Bentuk yang bisa dipilih sebagai mainan. Setiap balok kayu memiliki lubang sehingga bisa lebih mudah dimasukkan ke papannya. Terbuat dari bahan MDF tebal, mainan yang satu ini aman untuk anak.

Mainan yang satu ini cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas. Anak bisa belajar mengenal aneka bentuk bangun datar dan warna lewat mainan ini.

Harga Rp. 52.000-168.000

Fisher Price Brilliant Basics Stack and Roll Cups

Fisher Price Brilliant Basics Stack and Roll Cups merupakan mainan edukatif yang sederhana untuk anak. Mainan ini hadir berbentuk mangkuk dengan aneka warna pelangi yang cerah. Setiap mangkuk sudah dilengkapi dengan angka agar semakin mudah disusun.

Mangkuk mainan ini hadir dalam ukuran berbeda sehingga anak bisa belajar mengenal ukuran benda. Anak juga bisa belajar menyusun benda dan mempelajari warna yang beragam. Produk ini cocok untuk anak usia 6 bulan ke atas.

Harga Rp. 184.000-993.000

Pumpee Happy Musical Walker

Pumpee Happy Musical Walker ini merupakan produk selanjutnya yang bisa Anda pilih sebagai mainan edukatif untuk buah hati. Mainan ini bisa menjadi alat bantu jalan si kecil karena sudah lengkap dengan roda depan yang dilengkapi fitur antislip jadi buah hati tidak akan mudah terjatuh atau terpeleset ketika mendorong. Produk ini mudah dilepas sehingga bisa dimainkan secara terpisah.

Mainan edukatif ini bisa menstimulasi bayi belajar merangkak, berdiri, dan berjalan. Desainnya menarik sehingga bikin buah hati ingin memainkannya. Mainan ukuran 54 x 38 x 10 cm ini cocok untuk anak usia 9 bulan ke atas dan sudah memiliki sertifikat SNI sehingga aman digunakan. Mainan ini juga bebas BPA jadi tidak beracun untuk buah hati.

Harga Rp. 390.000-698.000

Hasbro Play-Doh Rainbow Starter Pack

Latih kemampuan imajinasi dan daya cipta si kecil dengan memberikan Hasbro Play-Doh Rainbow Starter Pack. Mainan yang satu ini membuat anak lebih bebas berkreasi dengan membentuk apa saja. Ia akan makin fokus dan kreativitasnya pun semakin terasah.

Mainan ini sangat menyenangkan dan bisa dimainkan bersama orang tua. Anda bisa mencetaknya atau bisa juga menciptakan bentuk sendiri yang unik. Dengan warna beragam, mainan ini tentu sangat menarik untuk dimiliki.

Harga Rp. 159.000-330.000

Drawing Board Funny Toys Studio Easel

Drawing Board Funny Toys Studio Easel ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk meja lipat multifungsi. Di dalamnya ada 66 buah keping mainan.

Anak Anda bisa memanfaatkan papannya untuk menggambar dan belajar mengenal huruf dan angka. Mainan juga hadir dengan 6 spidol warna beserta penghapusnya. Anda bisa menemukan 20 keping angka dan 26 keping huruf yang bisa dengan mudah ditempel di papan.

Mainan ini juga bisa jadi sarana untuk mengasah kemampuan berekspresi buah hati. Mainan ini cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 181.000-324.000

IQ ANGEL Tambourine Toys

IQ ANGEL Tambourine Toys adalah mainan edukatif yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Mainan ini bisa membantu menstimulasi kemampuan sensorik juga motorik anak.

Desainnya cerah dan ceria sehingga menarik perhatian. Mainan ini aman dimainkan bayi karena menggunakan bahan ABS food grade yang tahan banting dan sudah bersertifikat SNI. Selain itu juga bersifat BPA free, jadi lebih aman untuk buah hati. Ada fitur 4 lagu anak dan 3 dongeng dalam mainan ini.

Harga Rp. 57.000-124.000

Knowledge Classification Box

Knowledge Classification Box juga bisa jadi pilihan mainan edukatif untuk anak. Produk ini memiliki 8 kategori puzzle. Ada puzzle angka, bentuk, buah, dan kendaraan.

Selain itu ada juga puzzle pakaian, sayur, hewan, dan aneka kebutuhan sehari-hari. Produk ini bisa membantu anak mengenali klasfikasi berbagai benda dan melatih konsentrasinya.

Harga Rp. 120.000-335.000

Bundling Wipe and Clean Belajar Menulis Angka dan Huruf

Bundling Wipe and Clean Belajar Menulis Angka dan Huruf adalah mainan yang menarik untuk anak. Produk yang satu ini bisa membuat buah hati belajar menulis ABC dan mengenal angka sejak dini.

Buku saku ini mudah dibawa kemana saja. Ada huruf besar dan huruf kecil yang tersedia. Dalam bukunya juga lengkap dengan cara menulis dalam bentuk garis bantu.

Dalam pembelian mainan ini sudah termasuk spidol boardmarker. Ada 26 halaman dan 1 cover pada produk ini. Setiap halaman penuh warna sehingga bisa sekalian mengenalkan warna pada buah hati. Produk ini bisa digunakan lagi dan lagi karena tulisan bisa dihapus memakai tisu basah.

Harga Rp. 79.000-158.000

Mainan Edukatif Little Helper Cleaning Car

Mainan Edukatif Little Helper Cleaning Car ini tentu tidak bisa dilewatkan. Buah hati Anda akan bisa belajar membersihkan rumah dengan alat ini.

Dalam satu set berisi sabun, sapu, kain pel, lap, botol, dan lain sebagainya. Anak usia 3 tahun ke atas bisa memainkan mainan ini.

Harga Rp. 74.000-124.000
From our editorial team

Mainan Bikin Anak Belajar Memecahkan Masalah

Ada banyak jenis mainan edukasi yang bisa dipilih. Salah satunya adalah mainan puzzle. Mainan ini bisa melatih buah hati untuk pantang menyerah menyelesaikan masalah. Anak akan terus berpikir dan mencari cara menyatukan puzzle dengan benar. Selain itu, dengan bermain maka anak akan terbiasa untuk bertanggung jawab menyelesaikan mainannya hingga akhir. Ini bikin anak jadi lebih tangguh dan akan selalu berusaha mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan.

Tag