Sukses Mendunia, Inilah 13 Produk Indonesia yang Menembus Pasar Internasional dan Sering Dikira Produk Luar Negeri

Sukses Mendunia, Inilah 13 Produk Indonesia yang Menembus Pasar Internasional dan Sering Dikira Produk Luar Negeri

Mungkin ada banyak produk impor yang beredar di Indonesia, namun bukan berarti produk-produk lokal tidak bisa menembus pasar Internasional. Jika kamu belum tahu, ada lho produk-produk Indonesia yang berjaya di luar negeri. Nggak percaya? Yuk, cari tahu bersama BP-Guide!

Produk Buatan Lokal Tak Melulu Tidak Lebih Baik dari Buatan Impor

Sumber gambar www.fatinia.com

Tak bisa dipungkiri jika kebanyakan masyarakat Indonesia sangat konsumtif. Kita lebih suka membeli produk daripada membuatnya sendiri. Kebanyakan pula masyarakat kita masih gengsi membeli produk dalam negeri.

Kita seringkali meremehkan produk buatan tanah air. Masih banyak yang beranggapan bahwa kualitas produk sendiri lebih rendah dibanding kualitas luar. Misalnya saja untuk barang seperti tas, sepatu hingga makanan. Kita masih gengsi jika belum membeli yang branded.

Padahal buatan lokal tak selamanya jelek dan berkualitas di bawah buatan luar loh. Malah ada banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dengan membeli produk dalam negeri. Selain bisa lebih memajukan industri dalam negeri, kita juga bisa lebih mengenal kualitas baik yang dipersembahkan produk Indonesia. Keuntungan lainnya adalah barang lebih murah dan tak perlu ongkos kirim yang mahal untuk mendapatkan produknya.

Buktinya, Banyak Produk Indonesia yang Berkualitas Tinggi dan Disukai Masyarakat Mancanegara

Sumber gambar tribunnews.com

Produk asal Indonesia ternyata sudah banyak yang sukses karena kualitas bagusnya, kok. Buktinya adalah beberapa produk Indonesia ada yang sudah tembus pasar luar negeri. Masyarakat luar negeri malah sudah mengakui kualitas produk Indonesia dan terbukti beberapa produk Indonesia laku keras.

Mungkin masih banyak yang percaya bahwa produk tanah air begitu banyak yang diminati di luar negeri. Karenanya, BP-Guide menghadirkan sederet produk asli Indonesia yang sangat diminati di luar negeri. Beberapa diantaranya malah sempat dikira produk luar negeri saking tenarnya. Yuk, intip deretan produk Indonesia yang berhasil mendunia di bawah ini.

13 Produk dari Indonesia yang Sukses Mendunia

Batik

Sumber gambar qlapa.com

Kain tradisional di Indonesia sebenarnya bukan hanya satu, lho. Tiap wilayah pasti memiliki kain tradisional kebanggaan sendiri. Di antara sekian banyak kain tradisional Indonesia, batik menjadi yang paling populer dan berhasil menembus pasar dunia.

Bernilai seni tinggi, kain batik telah disahkan UNESCO sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia sejak 2009 lalu. Corak batik juga beragam dan hadir dalam warna yang beraneka macam, menjadikan kekayaan batik makin dilirik. Batik tentunya membuat kita menjadi makin bangga karenanya kita wajib melestarikannya.

Sekarang ini produsen juga makin kreatif dalam mengembangkan batik. Bukan hanya diolah menjadi baju, namun juga digunakan sebagai tas, sandal, hingga kipas. Ini merupakan upaya untuk makin memasarkan dan memperkenalkan batik kepada dunia.

J.CO Donuts

Sumber gambar foody.id

Kalau yang satu ini awalnya sempat dikira produk luar negeri. Merek donat ini dibuka pertama kali di Supermall Karawaci, Tangerang pada 2005 lalu. Perusahaan dari Johnny Andrean ini kini sukses menembus pasar Malaysia hingga China. Menu sederhana donat dan kopi dari J.CO ini telah berhasil memikat masyarakat. Bahkan berkat adanya J.CO, aneka gerai donat lainnya mulai bermunculan di Indonesia.

Ada banyak produk andalan dari J.CO Donuts yang bisa kamu coba. Namun yang paling populer adalah Tiramissu Donut. Isiannya krim rasa vanila dengan lapisan white chocolate dan diberi taburan bubuk kopi dan cookies. Produk lain yang wajib dicoba dari brand ini adalah Donat Greentease dan Choco Loco.

Nutrisari

Sumber gambar shopee.co.id

Hadir sejak 1970 lalu, Nutrisari sudah dikenal sebagai produsen minuman sari jeruk dengan teknologi terbaik. Bahan produk dipetik langsung dari perkebunan jeruk terbaik. Sudah melalui proses pencucian dan pemilihan dengan standar kualitas yang tinggi dan higienis, tak heran jika produknya berkualitas.

Memakai teknologi enkapsulasi dan granulasi, produk Nutrisari dikemas secara profesional. Tanpa bahan pengawet, produknya aman untuk dikonsumsi seluruh keluarga. Dengan kandungan tinggi vitamin C, Nutrisari memberikan aneka kandungan multivitamin dan mineral pada semua produknya.

Indomie

Sumber gambar klikindomaret.com

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk sudah memproduksi aneka makanan dan minuman bergizi untuk masyarakat Indonesia. Dari sekian banyak produknya, yang paling dikenal adalah Indomie. Mi instan Indomie bahkan merambah pasar luar negeri dan banyak diminati di pasaran Amerika hingga Eropa, lho.

Mampu menembus pasar internasional karena Indomie memiliki harga ekonomis dan juga hadir dengan cita rasa yang khas Indonesia. Ada kandungan vitamin A, B1, B6, dan B12 dalam produk Indomie. Memang tak selalu dianjurkan terlalu sering mengonsumsinya dalam jangka panjang, namun sesekali mengonsumsinya juga tidak salah.


Kopi Kapal Api

Sumber gambar www.fastanastore.com

Pencinta kopi pasti mengenal kopi instan bernama Kopi Kapal Api. Lahir pada tahun 1927, hingga kini merek kopi ini terus berkembang dan melebarkan sayap bisnisnya hingga luar negeri. Kopi Kapal Api ini bisa menguasai market sebesar 50 persen di tanah air. Produknya pun beragam dari Kapal Api Special, Good Day, Kopi ABC, hingga Ceremix.

Nama Kapal Api didapat karena awalnya pendiri berjualan di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak, Jawa Timur. Kapal Api dijadikan sebagai logo perusahaan karena pada saat itu kapal api merupakan sebuah simbol yang megah dan sukses.

Tolak Angin

Sumber gambar blibli.com

Masuk angin adalah penyakit yang umum diderita masyarakat Indonesia. Terlalu lelah, kurang tidur, dan telat makan bisa menjadi faktor terjadinya masuk angin. Jika dibiarkan tentu akan membuat tubuh jadi butuh waktu lama untuk kembali fit.

Untunglah ada produk Tolak Angin dari Sido Muncul yang dikenal ampuh mengatasi masuk angin beserta gejalanya. Produk Tolak Angin mudah didapatkan di warung terdekat hingga apotek terdekat.

Dikemas dalam sachet sekali minum, obat ini memiliki isian cair berwarna cokelat bening. Bahannya dari rempah alami seperti biji adas, kayu ules, jahe dan daun cengkeh yang bisa menghangatkan badan. Ada juga bahan mint dan madu untuk mengembalikan kondisi tubuh yang lemas dan memberi semangat baru.

Produk Tolak Angin sudah memiliki izin edar dari Badan POM. Berhasil menembus pasar Amerika Serikat, Arab Saudi, hingga Inggris, Tolak Angin terus melebarkan sayap bisnisnya.

Extra Joss

Sumber gambar www.klikindogrosir.com

Minuman berenergi di Indonesia juga berkembang pesat pemasarannya. Salah satu yang bisa tembus pasar luar negeri adalah Extra Joss. Minuman yang mulai dikenal tahun 1994 lalu ini hingga kini masih banyak diminati.

Extra Joss menjadi paling diminati karena pada kala peluncurannya, belum banyak minuman energi yang harganya bisa dijangkau oleh golongan ekonomi menengah ke bawah.

Extra Joss hadir dengan bentuk serbuk dan dikemas di dalam sachet yang membuat harganya lebih terjangkau. Minuman produksi Bintang Toedjoe ini bisa menekan biaya penjualan karena produk tidak memerlukan kemasan botol.

Polygon

Sumber gambar blibli.com

Polygon Bikes mulai hadir di tahun 1989. Dengan visi menjadi merek sepeda yang berkualitas global dan siap bersaing di pasar internasional, Polygon kini sukses menjual produknya hingga mancanegara. Merek yang satu ini memprioritaskan pada tiga aspek yakni inovasi, otentik, dan berkualitas. Produknya sudah terdistribusi di 500 outlet yang tersebar di berbagai belahan dunia di lebih dari 33 negara.

Kopiko

Sumber gambar blibli.com

Produk Indonesia selanjutnya adalah permen Kopiko. Permen Kopiko adalah produk legendaris, sehingga pantas saja jika sudah mendunia. Permen ini menjadi cara praktis dan ekonomis bagi para pencinta kopi untuk menikmati kopi di mana saja. Terbuat dari biji kopi terbaik yang membuatnya terasa begitu nikmat. Dengan rasa dan efek yang sama seperti minum kopi, permen ini banyak diminati.

Sudah berhasil menembus pasar di lebih dari 50 negara dunia, ketenaran Kopiko ini sudah tak perlu diragukan. Dari Beneluks, Italia, hingga Portugal, Kopiko begitu diminati.


LEA

Sumber gambar lineshopping.com

Lea banyak disangka sebagai produk internasional di awal kemunculannya. Dengan kualitas yang baik dan model yang selalu di-update, membuat produk Lea banyak diminati. Sudah diproduksi sejak tahun 1972, aneka produk celana jeans dari Lea berhasil menembus pasar luar negeri lho. Produk asal Indonesia ini awalnya dipasarkan di Singapura dan kemudian merambah negara Asia lainnya.

Terry Palmer

Sumber gambar elevenia.co.id

Produk handuk dari Indonesia juga ada yang diminati oleh masyarakat luar negeri lho. Terry Palmer adalah salah satunya. Merek yang berproduksi di Tangerang ini berhasil memproduksi handuk yang diklaim sebagai handuk paling higienis. Produk handuk ini sudah dijual di pasar Jepang, Australia, hingga Amerika dan Eropa.

Kacang Dua Kelinci

Sumber gambar shopee.co.id

Dua Kelinci merupakan sebuah merek yang mempersembahkan camilan berupa kacang. Snack sehat berupa kacang kupas dari Dua Kelinci ini telah diproses untuk mengurangi kandungan minyaknya. Produk ini rendah kalori dan sangat sehat untuk dikonsumsi. Hadir dengan aneka variasi, dan salah satunya ada rasa daun jeruk purut yang sangat khas Indonesia.

Diproses dengan teknologi tinggi, produk komoditas kacang asli Indonesia ini sudah melegenda. Bisa menembus pasar luar negeri dan diminati berbagai kalangan, membuat produk Indonesia yang satu ini selalu laris manis.

Kacang Kulit Dua Kelinci 200 Gram ini bisa dipilih jadi kudapan kamu. Kacang kulit ini rasanya nikmat dan bisa dicemil sebagai teman nonton televisi. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 16.000.

BAGTERIA

Sumber gambar bukalapak.com

Bagteria merupakan salah satu brand asal Indonesia yang dikenal di luar negeri. Diciptakan Nancy Go yang merupakan seorang desainer tas dari Indonesia, produk Bagteria kini banyak digunakan para selebritis kelas atas dan sosialita baik dalam dan luar negeri.

Karya dari Bagteria ini selalu eksklusif dan memiliki keunikan tersendiri. Memakai teknk rajut, produk Bagteria yang ada di bawah naungan PT. Metamorfosa Abadi ini terus terjual laris. Nama Bagteria dipilih dengan harapan tas produknya dapat menyebar dan mewabah di seluruh dunia. Pemasaran produk sudah berhasil menembus pasar Hongkong dan lainnya.


From our editorial team

Bangga dengan Produk Lokal

Mengetahui produk-produk karya anak bangsa berjaya di mancanegara tentunya membanggakan, bukan? Tidak ada lagi istilah malu mengenakan produk lokal atau lebih memilih produk luar negeri daripada produk lokal yang ternyata punya kualitas setara dengan produk luar negeri. Jadi, pilih produk asli Indonesia, yuk!