Fashion Indonesia Berkembang Pesat! 10 Brand Fashion Asli Indonesia Ini Terkenal sampai ke Mancanegara

Fashion Indonesia Berkembang Pesat! 10 Brand Fashion Asli Indonesia Ini Terkenal sampai ke Mancanegara

Industri fashion Indonesia memang sedang naik daun. Beberapa brand lokal yang saat ini mendunia seperti Eiger, Lea, Major Minor, dan masih banyak lagi adalah salah satu dari banyaknya brand lokal yang berhasil menembus pasar internasional. Keren banget, kan? Yuk, kenalan lebih dalam dengan brand fashion asli Indonesia!

Industri Fashion Indonesia Saat Ini Semakin Berkembang Pesat

Sumber gambar www.retailnews.asia

Istilah fashion seringkali dipakai untuk menunjuk gaya atau keindahan yang mengalami perubahan dari masa ke masa. Adanya perubahan tren tersebut tentu saja didorong oleh adanya perancang busana yang terus menciptakan model-model fashion terbaru sehingga dunia fashion terus mengalami perkembangan. Termasuk juga perkembangan brand fashion lokal Indonesia.

Pada perkembangannya, fashion Indonesia dipengaruhi oleh budaya Eropa dan negara Asia lainnya seperti Korea. Mulai dari pemilihan bahan dan juga desain fashionnya yang banyak dianut oleh anak-anak muda. Sedangkan jenjang usia tua lebih menyukai baju tradisional seperti kebaya. Hal ini menjadikan fashion di Indonesia tumbuh beragam jenisnya.

Tak heran jika industri fashion juga terus mengalami perkembangan seperti data yang ditunjukkan oleh BPS di mana sektor ekonomi kreatif menyumbang 7,38% terhadap total perekonomian nasional dan 18,5% merupakan sektor fashion.

Besarnya pertumbuhan industri fashion di Indonesia menjadikan banyak anak muda memilih karir di bidang ini. Tentunya perlu adanya dukungan pendidikan fashion dan gelaran fashion untuk meningkatkan kreativitas anak-anak muda ini.

Era fashion yang berkembang pesat tentunya tak lepas dari peran media sosial yang kini diramaikan oleh berbagai macam fashion dari seluruh penjuru dunia. Selain menunjukkan tren terbaru, media sosial juga memudahkan para desainer atau pengusaha untuk berkarya atau menjual produknya.

Mulai dari Kegiatan Outdoor sampai Indoor, Anda Bisa Andalkan Produk Brand Fashion Lokal Indonesia Lho

Perkembangan fashion Indonesia bisa dikatakan terus mengalami perkembangan yang signifikan. Anda bisa menemukan berbagai brand fashion di deretan toko yang ada di mall dengan produk-produknya yang berkualitas tinggi dan tentunya sudah terkenal bahkan hingga ke mancanegara.

Siapa yang menyangka bahwa brand-brand fashion dengan istilah asing ini merupakan merek lokal asli Indonesia, sebut saja Hammer, 3Second, Osella, Poshboy, The Executive dan masih banyak lagi merek lokal yang pastinya memiliki produk yang keren.

Dengan model fashion yang bagus dan kekinian, brand lokal rupanya mampu bersaing dan bertahan di pasaran meskipun tergempur banyaknya produk luar. Anda juga bisa ikut mendukung perkembangan produk lokal dengan cara membeli dan mengenakan fashion brand lokal Indonesia. Kualitasnya jelas tidak kalah dengan brand dari luar.

Peran media sosial juga turut mendukung industri fashion Indonesia semakin berkembang. Para fashionista jadi lebih mudah menemukan produk-produk lokal dan juga turut mendukung gerakan memakai produk lokal yang kini juga sudah ramai di media sosial.

Brand Fashion Lokal Indonesia Tidak Hanya Mengeluarkan Baju Saja

Sumber gambar miner8.com

Media sosial memang memiliki peranan yang penting dalam perkembangan fashion produk lokal Indonesia. Bahkan kini sedang gencar-gencarnya gerakan memakai produk lokal yang menjadikan Anda dapat dengan mudahnya menemukan berbagai macam produk lokal buatan brand-brand lokal Indonesia.

Tentunya tidak hanya memiliki harga yang murah, produk lokal juga memiliki kualitas yang sebanding juga dengan produk luar negeri. Para desainer muda Indonesia juga semakin kreatif mengembangkan produknya. Tidak hanya melulu baju, ada banyak produk fashion lainnya yang recommended sebab memiliki model yang berkelas.

Salah satunya adalah jam tangan lokal Indonesia yang dibuat dari kayu produksi Matoa. Memiliki detail yang rapi dan konsep nature yang keren menjadikan jam tangan ini banyak diminati, bahkan tak sedikit pula yang meniru konsep jam tangan koleksi dari Matoa ini.

Matoa berkomitmen untuk setiap material yang mereka gunakan dalam pembuatan jam, akan diganti dengan penanaman pohon yang lebih banyak. Keren, ya.

10+ Daftar Brand Fashion Lokal Indonesia

Eiger

Sumber gambar eigeradventure.com

Siapa pun pasti pernah mendengar brand lokal Indonesia yang satu ini. Lahir di kota Bandung yang diawali dengan toko kecilnya di Jalan Cihampelas, kini brand Eiger berhasil menjadi salah satu brand ternama di Indonesia. Outlet-nya saja sudah tersebar di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Awalnya Eiger hanya mengeluarkan produk tas yang dibutuhkan oleh para pecinta alam. Bawaan yang berat saat bepergian apalagi ketika naik gunung menjadikan tas yang diproduksi Eiger menjawab tantangan tersebut dengan menciptakan tas yang berkualitas.

Hingga kemudian kini Eiger terus berkembang dan merilis berbagai produk di lini fashion outdoor atau petualang. Dengan gencar melakukan promosi sembari menggaet komunitas pecinta alam, branding Eiger pun semakin terkenal bahkan tak jarang dianggap sebagai brand luar.

Desain tas Eiger yang simpel dan uniseks, menjadikan siapa pun mudah menerimanya. Warna-warna yang digunakan pun simpel dan tetap fashionable saat dipakai. Desainnya yang kuat dengan harga yang lebih terjangkau menjadikan Eiger bertahan selama lebih dari dua puluh tahun dalam memproduksi tas berkualitas.

Kini tak hanya tas, produk jaket buatan Eiger juga banyak diminati. Salah satunya Eiger Scrambling Jacket. Bagi Anda para pencinta alam yang menyukai aktivitas outdoor, penggunaan jaket hardsheel ini dapat melindungi diri Anda dari angin dan hujan ringan apalagi dengan desainnya yang simple dan fashionable.

Fitur yang dimiliki jaket ini yaitu tahan angin, adanya penutup kepala yang dapat disesuaikan, satu saku dada dengan resleting, dua saku samping dan juga nyaman digunakan. Di gerai Eiger Adventure, Anda bisa mendapatkan jaket outdoor ini seharga Rp 575.000 saja.

Major Minor

Sumber gambar cdn.shopify.com

Baru didirikan pada tahun 2011, Major Minor sudah memiliki prestasi yang sangat membanggakan. Pada tahun 2014, brand lokal Indonesia ini mengikuti perhelatan ajang fashion Internasional Tokyo Fashion Week. Tak hanya itu, Major Minor juga turut berkompetesi pada Wollmark Prize dan bersaing dengan negara Asia lainnya seperti China, Jepang, India dan Korea.

Pasangan suami istri Ari Seputra dan Seri Seputra berhasil menunjukkan kualitas brand lokal milik Indonesia tak kalah dengan produk luar negeri. Di tahun 2013, Mereka juga pernah mengikuti JFW Fashion Forward yang kemudian mencetak penjualan Major Minor dalam jumlah yang besar.

Salah satu department store terbesar di Inggris membeli koleksi Major Minor dalam jumlah besar. Mereka mengatakan bahwa kualitas produk Major Minor berbeda dengan produk lain yang mereka jual saat ini. Dengan bahan yang kuat dan sederhana, palet warna dan print yang bagus menjadikan Major Minor memiliki faktor eksklusif.

Salah satunya yaitu produk Pecking Blouse koleksi Major Minor. Dilengkapi dengan fitur white, bahan cotton, dan memiliki desain yang elegan menjadikan blouse ini banyak diminati. Produk ini tersedia dalam ukuran XS-L. Harganya mencapai Rp 1.250.000 di Major Minor Store.

Lea

Sumber gambar money.id

Bagi para pencinta jeans, Anda tentu sudah tak asing dengan brand LEA Jeans. Rupanya brand tersebut milik brand lokal asli Indonesia yang sudah diluncurkan sejak tahun 1976.

Banyak orang memang terkecoh dengan brand produk jeans yang satu ini sebab selain model iklan yang digunakan selalu model-model luar negeri, logo pada merek LEA juga sangat mirip dengan bendera Amerika Serikat yang terkenal sebagai negara pusat industri jeans terbaik.

Koleksi yang dikeluarkan oleh LEA tidak hanya celana jeans tetapi juga produk denim lainnya seperti jaket, rok, kemeja dan aksesori yang didesain ala Amerika. Saat ini LEA memiliki outlet lebih dari 34 yang sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Segmentasi pasarnya untuk usia 25-35 tahun dan tak menutup kemungkinan untuk usia di atas 35 tahun. Salah satu LEA jeans yang banyak diminati yaitu LEA Jeans warna hitam 606 Original. Ukurannya tersedia 27-40 regular fit. Celana jeans ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 435.000 di Bukalapak.

Bodypack

Sumber gambar eigerindostore.com

Ada banyak merk tas lokal Indonesia yang sudah melalang buana hingga ke negara lain, sebut saja Eiger, Neosack dan Exportm-Nordwan. Tas keluaran PT. Eksonindo Multi Product Industry tak kalah kerennya dengan merk tadi juga berhasil menembus pasar dunia yaitu Body Pack.

Anda yang menyukai travelling ataupun dalam kesehariannya menggunakan gadget an laptop yang harus dibawa kemana-mana, tentu sudah tak asing dengan merk Body Pack. Kualitasnya memang sudah tak perlu diragukan lagi maka tak heran jika Body Pack telah merambah pasar tas premium higga Libanon, Filipina, Singapura juga Jepang.

Salah satu produknya yang banyak diminati yaitu Bodypack Big Mice 1.0. Bahannya dari polyester dengan kompartmen utamnya sebagai tempat menyimpan laptop berukuran 14 inch atau juga tablet berukuran 10 inch.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh bodypack ini pada bagian kompartmen utamnya memiliki organizer sehingga Anda dapat menyimpan rapi barang-barang kecil seperti charger, smartphone, USB Flash Drives atau dokumen yang berukuran kecil. Kapasitasnya 18 L dan bisa Anda dapatkan dengan kisaran harga Rp 578.500 di Blibli.

3 Second

Sumber gambar blibli.com

Anak muda pasti tahu merk kaos 3Second yang menggandeng Ariel Noah sebagai bintang iklannya. Merk baju ini memang sedang populer di kalangan remaja yang menyukai pakaian dengan desain simple dan stylish.

Sejak pertama berdiri di tahun 2002, 3Second mulai terus berkembang dan tak hanya memproduksi kaos saja tetapi juga jaket, sweater, kemeja, celana panjang/pendek, ikat pinggang, tas, topi dan juga sandal. Konsep trendy dan stylish berhasil menarik perhatian anak-anak muda di Indonesia sehingga 3Second terus mengalami kesuksesan.

Salah satu produknya yang banyak diminati oleh kaum muda cowok yaitu 3Second Men Tshirt. Bahannya dari katun sehingga adem dipakai dan mudah menyerap keringat. Kaos raglan dengan detail allover splash print ini memiliki kerah bulat dan tersedia dalam beberapa pilihan warna.

Produk 3Second memang memiliki kualitas yang bagus maka tak heran dalam perawatannya pun Anda perlu berhati-hati misalnya saja jangan menggunakan pemutih, setrika kaos pada suhu rendah dan jangan diputar dalam mesin cuci ketika pengeringan. Untuk harganya, Anda bisa mendapatkan 3Second Men Tshirt dengan kisaran harga Rp 144.900 di Zalora.

Amble Footwear

Sepatu kulit yang saat ini sedang banyak digandrungi berasal dari brand fashion lokal Indonesia yaitu Amble Footwear. Lokal brand sepatu yang satu ini menggabungkan konsep antara urban boot dan casual shoes sehingga menghasilkan sepatu boot yang kuat dan awet namun ringan dipakai seperti casual shoes.

Produk ini terbuat dari bahan kulit 100% dengan desain yang maksimal dan 70% handmade. Pastinya sangat cocok untuk kaum muda yang menyukai tampilan yang keren dan sporty.

Carter Tan merupakan salah satu koleksi sepatu dari Amble Footwear. Tersedia dalam warna yang lebih kasual, Carter sempurna untuk melengkapi gaya Anda. Sepatu ini terbuat dari bahan kulit berkualitas baik. Kaki Anda juga akan merasa nyaman dengan sockliner tumit dalam dan konstruksinya yang kokoh dengan sistem tekanan tinggi.

Dibuat dengan kerajinan tangan atau handmade yang dijamin bagus. Pada outsolenya terdapat pola tanda tangan AMBLE sehingga menunjukkan originalitas produk. Anda bisa memiliki sepatu Carter Tan dengan membelinya di Amblefootwear seharga Rp 599.000.

Cotton Ink

Sumber gambar cottonink.co.id

Cotton Ink bisa dikatakan sebagai salah satu brand fashion lokal Indonesia yang sukses di tanah air. Brand Cotton Ink yang merupakan karya desainer muda Carlin Darjanto dan Ria Sarwono ini memanfaatkan batik dan kain tenun khas Indonesia yang dimodifikasi dengan paduan bahan kain lainnya sehingga terlihat unik dan menarik untuk anak muda bahkan karya-karya mereka pernah meraih Most Favorite Brand di Brightspot Market dan juga Best Local Brand dari Free Magazine.

Rancangan inovatif yang diproduksi Cotton Ink tidak hanya pakaian, tetapi juga aksesori seperti syal yang bisa dikreasikan dalam berbagai gaya. Bahannya dari kaos yang berbentuk lingkaran. Anda bisa mendapatkan berbagai produk Cotton Ink melalui online atau bisa juga ke toko offline-nya di daerah Kemang.

Salah satu produknya yaitu Cotton Ink Navy Batik Grania memiliki potongan yang trendi yang pasti disukai oleh para remaja. Dengan polesan kontras detail flap batik, leher bulat dan terdapat kancing di bagian belakang. Bahannya 100% cotton sehingga adem dikenakan juga ringan. Anda bisa mendapatkan Cotton Ink Navy Batik Grania dengan harga Rp 295.000 di Cottonink.

Matoa

Sumber gambar bukalapak.com

Jam tangan kayu produksi Matoa berawal dari ide eco watch untuk menciptakan produk jam dengan bahan asli Indonesia. Jam tangan kayu ini terbuat dari bahan kayu matoa di Papua dan kini telah merambah hingga ke 9 negara seperti Jepang dan Amerika Serikat.

Pohon matoa yang juga menjadi nama brand jam tangan ini tumbuh di Papua dan dikenal sebagai pohon yang tumbuh semakin besar, tinggi dan kokoh meskipun melewati berbagai musim.

Jam tangan matoa tidak dibuat dengan proses yang mudah sebab membutuhkan teknik khusus dan juga pewarnaan yang khas. Tak heran jika harganya mencapai kisaran Rp 950.000 sampai Rp 3 juta.

Salah satu produk keluarannya yg terbaik yaitu Alor Limited Edition. Jam tangan ini dilengkapi dengan 3 mesin penggerak Miyota Jepang dan tahan terhadap air sertaa memiliki teknologi splash resistant. Lebarnya sekitar 40mm dengan kaca kristal yang kokoh.

Alor Limited Edition dibuat dari kayu eboni Makasar dan dibanderol dengan harga Rp 1.400.000. Anda bisa membelinya di Matoa-Indonesia

Bagteria

Sumber gambar bagteria.co

Menekuni hobi merajut dan menyulam membuat pasangan Nancy Go dan suaminya Bert Ng mampu mendulang sukses. Hobinya tersebut mampu menghasilkan koleksi fashion tas Bagteria yang seperti namanya kini mampu mewabah seperti bakteri. Tas Bagteria memang telah menembus pasar dunia bahkan artis sekelas Oaris Hilton dan Elma Thompson juga mengagumi tas Bagteria.

Tas Bagteria memang memiliki desain yang mewah dan eksklusif. Bahan-bahan yang dipilih juga mahal dan glamour. Untuk pembuatannya, teknik sulamnya dijahit menggunakan tangan dan ditambahkan pernak-pernik yang terbuat dari kristal, silver, gold, sterling, platted, kulit burung unta, kulit ikan, hingga gading gajah purba.

Salah satu contoh tas mewah yang dimilikinya yaitu Polygonum didesain dengan bunga sifon yang menutupi seluruh permukaan tas dengan penambahan rincian kristal Swarovski, manik-manik kaca jepang dan manik-manik yang lainnya. Polyganum juga dilengkapi dengan kantong debu sehingga bebas dari debu kotoran. Harga tas dibanderol sekitar Rp 6.141.332 di Bagteria.

Minimal

Sumber gambar www.minimal.co.id

Produk fashion lokal di Indonesia sepertinya memang sedang berjaya. Kali ini ada koleksi baru dari Minimal yang memiliki koleksi fashion dengan nuansa cerah dan feminin. Seperti tahun 2017 lalu, Minimal meluncurkan koleksi Summer yang playful dan feminin melalui Trunk Show dengan menggandeng aktris Titi Kamal.

Koleksi dari Minimal selalu menarik perhatian sebab bermain pada perpaduan materialnya, seperti penggunaa jacquard, cotton, rayon dan lace. Ada juga koleksi Minimal Everyday yang menampilkan desain simple dan tetap stylish dengan dominasi H line dan A line.

Minimal terus mengembangkan usahanya dengan menciptakan berbagai produk mulai dari Minimal Gold yang memiliki kesan mewah dan eksklusif, Minimal Basic, Men's Collection, Minimal Career dan Tres Jolie by Minimal. Koleksi yang dikeluarkan mulai dari dress, kemeja, outwear, blouses, cardigan, blazer, jumpsuit, celana, kaos dan lainnya.

Ceramics Printed Dress merupakan salah satu koleksi Minimal yang memiliki desain elegan. Dress lengan pendek A line dengan detail keramik burgundy klasik ini terbuat dari bahan polyester. Warnanya biru tua sangat elegan untuk Anda kenakan dan tersedia dalam ukuran S- XL. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 629.000 di Minimal.

The Executive

Sumber gambar blibli.com

Terkenal dengan kualitas produknya yang baik, di tahun 2015 The Excecutive mendapatkan penghargaan ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award) untuk kategori kemeja pria terbaik. Bahkan kini sudah memiliki cabang hingga di Malaysia dan Singapura. The Excecutive merupakan produksi dari PT. Delami Garment yang juga menaungi merk ADIDAS, Wrangler dan lainnya.

The Excecutive menjadi kiblat fashion untuk celana pria secara domestik. Produk-produk yang dihadirkan banyak dicari oleh para eksekutif pria Indonesia untuk selalu tampil rapi. Bahkan survei indonesia Original Brand menyebutkan bahwa The Excecutive berhasil menjadi busana kerja yang diminati oleh kaum pria.

Salah satu yang best selling yaitu The Excecutive Long Sleeve Shirt warna Dark Blue. Dengan fitur lengan panjang, terdapat kerah dan kancing dibagian depan menjadikan Anda terlihat keren saat mengenakannya. Produk ini menggunakan bahan Polyester dan Cotton sehingga adem dikenakan serta mudah menyerap keringat. Di Zalora, dengan harga Rp 219.000, Anda sudah bisa mendapatkannya.

Peter Says Denim

Peter Says Denim telah berhasil mengembangkan usahanya hingga mancanegara, misalnya saja Kanada dan Amerika Serikat. Hal ini sesuai dengan keinginan dari pendirinya Peter Firmansyah yang ingin menghasilkan produk asli Indonesia dengan citarasa Internasional.

Saat ini Peter Says Denim telah menciptakan produk celana jeans, kaos, tas dan topi merk Peter Says Denim dengan gaya khas anak muda. Sebagai seorang musisi, Peter menciptakan produk dengan desain kolaborasi anatara fashon dan musik.

Salah satu produknya PSD STONED mendapat banyak peminatnya. Dibuat dari 100% kain katun putioh dan print warna full non merkuri, kaos ini membuat Anda terlihat kasual dan tetap stylish. Desainnya yang trendi ditunjang dengan perpaduan warna hijau dan putih. Dengan harga Rp 125.000 Anda sudah bisa mendapatkannya di petersaysdenimofficial.com.

From our editorial team

Yuk, Beli Produk Indonesia!

Wih, ternyata brand-brand asli Indonesia ini sudah sampai di negeri orang, ya. Nah, ternyata kualitas lokal sudah diakui oleh dunia, masa kita nggak tertarik untuk memilikinya, sih? Yuk, mulai sekarang kita beli produk-produk lokal yang nggak kalah berkualitasnya dari produk jebolan luar negeri.