11 Biografi Orang Terkenal dan Sukses dari Indonesia yang Akan Menginspirasimu

11 Biografi Orang Terkenal dan Sukses dari Indonesia yang Akan Menginspirasimu

Sebagai negara dengan sejuta pesona yang berbeda dari Sabang sampai Merauke, Indonesia juga diperkaya dengan sumber daya manusia kompeten yang tidak kalah dengan negara-negara adikuasa. Banyak tokoh terkenal dari Indonesia yang bisa menjadi panutan. Baca saja sejumlah buku biografi ini yang bisa menjadi inspirasi untukmu.

Indonesia Memiliki Segudang Orang Sukses

Sumber gambar bryantarchway.com

Berabad-abad silam, sejarah telah membuktikan bahwa Indonesia bisa tumbuh dan berkembang berkat orang-orang yang pantang menyerah, kuat tekad, dan cerdas. Hal ini bisa dibuktikan dengan label yang dahulu sempat melekat yakni “Macan Asia”.

Prestasi anak bangsa di kancah internasional pun tak bisa diabaikan. Sudah banyak orang Indonesia yang berhasil membuktikan kesuksesan serta keahlian mereka. Seperti desainer cover untuk salah satu album Maroon 5, animasi Jepang, dan bahkan salah satu komik superhero ternama yang kamu suka.

Semangat berkarya ini menjadikan Indonesia memiliki segudang orang sukses yang tentu saja bisa menginspirasi dalam berbagai bidang. Tak cuma hiburan tapi juga olahraga hingga teknologi.

Manfaat Membaca Buku Biografi Orang Terkenal dan Sukses

Mengetahui sejarah dapat membantu kamu mengetahui kesuksesan serta kesulitan orang-orang di masa lampau. Tak cuma itu, ada berbagai manfaat lainnya dari membaca buku biografi. Apa saja?

Memahami bahwa Perjuangan Menuju Sukses Itu Tidak Mudah

Sumber gambar addicted2success.com

Buku biografi termasuk ke dalam jenis non-fiksi yang umumnya ditulis berdasarkan fakta dan informasi nyata. Segala hal dan orang-orang yang ada di dalam buku biografi biasanya berkaitan dengan kejadian-kejadian besar yang dialami tokoh utama.

Membaca buku biografi sama mengasyikkan layaknya buku fiksi karena dengan membaca buku jenis ini, kamu akan dibawa oleh penulis untuk mengulas balik hal-hal yang terjadi. Terlebih jika buku biografi tersebut berisi soal perjuangan dan jatuh bangun si tokoh utama, maka kamu bisa belajar banyak hal.

Salah satu yang menonjol dari buku biografi adalah perjalanan dan proses kesuksesan si tokoh utama. Hal ini berdampak baik bagi pembaca yang sedang mengalami kesulitan agar bisa tetap berjuang dan tak mudah putus asa. Karena hasil yang gemilang biasanya mengalami proses tak mudah.

Belajar dari Konflik yang Dilalui oleh Tokoh Tersebut

Sumber gambar www.wrike.com

Apa hal yang membuat sebuah cerita menjadi menarik? Konflik. Tanpa adanya konflik, sebuah cerita akan membosankan dan pembaca cenderung tidak belajar atau mendapat kesan apa-apa dari sebuah buku.

Para tokoh yang diangkat dalam buku biografi pun mengalami fase-fase konflik di dalam kehidupannya. Masalah-masalah yang timbul seiring penyelesaian yang kadang-kadang sangat dramatis ini bisa membuat pembaca terhanyut dan terinspirasi.

Membaca buku biografi berdampak baik bagi pembaca karena bisa belajar banyak hal seperti menghadapi konflik dengan berani dan berusaha mencari jalan keluar. Hal ini bisa mengenyahkan sikap pengecut dan penakut dalam diri seseorang karena mengetahui ada sosok yang mampu melampaui hal-hal sulit tersebut.

Spirit Pantang Menyerah dari Tokoh Terkenal Tersebut

Sumber gambar sites.google.com

Buku biografi menceritakan sosok yang berbeda-beda. Tokoh dari dunia olahraga, sosok dari dunia bisnis atau orang berpengaruh dalam dunia politik. Namun, ada benang merah di antara buku-buku tersebut yakni spirit alias semangat pantang menyerah para tokoh yang menjadikan kisahnya menarik untuk dikulik.

Mendalami dan menyerap kisah-kisah orang sukses dalam buku biografi dapat menularkan semangat pantang menyerah dan pengaruh positif. Hal ini baik bagi pembaca agar bisa mendapat pembelajaran dan mendapat semangat baru untuk menghadapi hari-hari yang tak menyenangkan.

Melihat bahwa Manusia Punya Kelebihan dan Kekurangan

Sumber gambar www.registeropc.com

Merasa tidak punya bakat atau keahlian dan sering minder di antara teman-teman yang lain? Mungkin ini saatnya kamu membaca salah satu buku biografi. Banyak sosok yang juga dipandang remeh pada awalnya dan hal tersebut justru mendorong mereka berkarya lebih tinggi hingga diakui oleh dunia.

Membaca buku biografi akan memberi kamu pandangan hidup dari sudut yang berbeda dan acapkali, tak sama dengan pandangan orang kebanyakan. Misalnya, ketika seseorang meremehkan warna kulit kamu. Dalam satu kisah biografi justru kamu bisa menemukan orang kulit hitam pertama yang menyuarakan perlawanan terhadap diskriminasi Apertheid.

Atau, ketika kamu putus asa, kamu bisa belajar dari seorang Hellen Keller, penyandang tiga disabilitas. Ia tuna rungu, tuna wicara, dan tuli yang bekerja keras bersama sang guru hingga akhirnya mampu mengucap kata-kata dan kini kisahnya dibagikan ke seluruh dunia.

Manusia memiliki kekurangan dan kelebihan. Dua hal ini secara alami ada dalam diri manusia tapi bukan berarti bisa melemahkan atau menyombongkan seseorang.

Buku biografi bisa mengajarkan bagaimana kamu menggunakan kelebihan untuk menutup kekurangan. Atau menjadikan kekurangan tersebut sebagai alasan menjadi sosok luar biasa.

Menjadi Inspirasi dan Teladan Hidup

Sumber gambar startupxplore.com

Seringkali, sosok orang lain menjadi role model dalam kehidupan sehari-hari. Jika tidak mendapat dari lingkungan keluarga, kamu terkadang mencari dari lingkungan sekitar. Hati-hati karena role model juga bisa memengaruhi gaya berpikir serta kepribadian kamu.

Untuk membentuk sikap dan budi pekerti yang baik, kamu bisa coba membaca buku biografi contohnya seperti biografi Nabi Muhammad S.A.W. yang mengalami kejadian-kejadian luar biasa selama hidup dan dakwahnya.

Belajar dari sosok yang tepat seperti Nabi Muhammad S.A.W. dapat membentuk kepribadian kamu dan mengajarkan bahwa seseorang hendaknya bermanfaat bagi orang lain, lemah lembut, dan bisa menyebarkan kebaikan bagi semua orang.

Sosok-sosok inspiratif bisa membuat kamu meneladani sikap mereka dan juga mendorong kamu untuk melakukan hal-hal baik yang dahulu pernah dilakukan. Hal ini tentu saja bisa membawa dampak positif tak hanya bagi diri sendiri tapi juga lingkungan sekitar.

11 Rekomendasi Buku Biografi Orang Terkenal dan Sukses di Indonesia

Bagaimana? Tertarik membaca buku biografi dari orang-orang terkenal dan sukses? Kami punya rekomendasi buku yang bisa menginspirasi hari-hari kamu seperti di bawah ini.

Bung Karno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia

Sumber gambar www.bukukita.com

Siapa tak kenal Soekarno? Presiden pertama Republik Indonesia ini adalah sosok yang penuh semangat berkobar dan pantang menyerah dalam memimpin bangsa. Ia juga mendorong rakyat untuk bisa mandiri dan berjuang dalam kemerdekaan.

Kisah-kisah menarik dari Soekarno atau yang juga akrab disapa dengan sebutan Bung Karno ini tidak ditulis sendiri melainkan dibantu oleh seorang wartawati asal Amerika Serikat, Cindy Adams.

Gaya bercerita dengan kekhasan Bung Karno ini akan membawa kamu menyelami perjalanan presiden pertama mulai dari lahir, masa penjajahan hingga akhir hayatnya. Tak hanya itu, kamu juga akan melihat berbagai sisi Bung Karno dari segi politik hingga perseteruan rumah tangganya.

Buku ini bisa diperoleh melalui marketplace Lazada seharga Rp 61.000 atau lewat Buku Kita dengan harga Rp 120.000.

Biografi Bacharuddin Jusuf Habibie: Dari Ilmuwan ke Negarawan sampai "Minandito"

Sumber gambar www.bukupedia.com

Mantan presiden yang kini sedang menjalani pengobatan di Jerman ini juga menjadi sosok inspiratif para anak muda untuk berkarya. Meski hanya sebentar menjabat, rasa-rasanya sayang jika melewatkan kisah Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab disebut dengan B.J. Habibie yang memukau.

Negarawan yang energik dan berpembawaan hangat ini juga akrab dengan beberapa presiden Indonesia lainnya seperti Megawati Soekarno Putri dan Susilo Bambang Yudhoyono untuk memberi saran dalam pembangunan negara.

Sosoknya juga sempat direkam dalam film romantis yang mengangkat kisahnya bersama almarhumah Ainun dan membuat penonton terhanyut. Namun, jika kamu ingin belajar sepak terjang kehidupannya yang luar biasa, kamu bisa membaca "Bacharuddin Jusuf Habibie: Dari Ilmuwan ke Negarawan sampai "Minandito" yang dibanderol seharga Rp 65.000 di BukuPedia.

Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya

Sumber gambar www.bukalapak.com

Masa pemerintahan mantan presiden Indonesia, Soeharto, mungkin adalah salah satu yang paling membekas dalam ingatan. Banyak kontroversi akan keputusan politik yang dilakukan mantan orang nomor satu di Indonesia ini. Termasuk soal Surat Perintah Sebelas Maret atau Supersemar dan konflik lain seperti Petrus.

Bagi kamu yang ingin mendalami pemikiran-pemikiran Soeharto, maka buku "Soeharto: Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya" akan jadi referensi yang cocok. Buku ini tersedia di Tokopedia seharga Rp 150.000 atau Rp 250.000 di Bukalapak.

Biografi Gus Dur (The Authorized Biography Of Abdurrahman Wahid)

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sosok nyeleneh ini akrab dengan tagline “Gitu Aja Kok Repot” yang mungkin masih sering digunakan hingga saat ini. Ya, sikap yang seringkali muncul tak berkesan serius seolah menjadi ciri khas dari mantan presiden satu ini.

Meski terlihat nyeleneh, ternyata pengaruh Abdurrahman Wahid atau yang kerap disapa dengan sebutan Gus Dur ini sangat kuat. Pada masa pemerintahan Orde Baru yang membuat banyak orang bungkam akan pendapat sendiri, Gus Dur justru tampil ceplas ceplos nan berani sekaligus tak tersentuh!

Sosok yang menjunjung tinggi toleransi dan meski memiliki kelemahan yang sering digunakan lawan dalam dunia politik untuk menyerangnya. Tokoh satu ini menjadi salah satu orang yang berpengaruh di Indonesia.

Kini, kamu bisa mengulas balik perjalanannya dengan membaca "Biografi Gus Dur (The Authorized Biography Of Abdurrahman Wahid)" yang bisa diperoleh melalui Tokopedia dengan harga Rp 150.000 atau melalui Bukalapak dengan harga Rp 109.900.

Bob Sadino: Goblok Pangkal Kaya

Sumber gambar www.bukalapak.com

Akrab dengan sosok setengah botak yang gemar memakai celana pendek dan atasan santai? Ya, tebakan kamu tepat. Bob Sadino adalah salah satu tokoh inspiratif yang kerap disebut bersama kalimat-kalimat lucu.

Pesohor di bidang bisnis ini memang tampil tak seperti pengusaha necis kebanyakan. Omongannya yang ceplas ceplos bahkan bisa juga bernada nyinyir ini dijadikan semangat bagi mereka yang sedang berkecimpung di dunia bisnis.

Sikapnya yang tak biasa dalam menghadapi berbagai konflik dan persaingan ketat di dunia wirausaha. Sangat cocok dibaca oleh kamu yang saat ini sedang tertarik terjun di dunia bisnis. Kamu tidak hanya akan menjumpai sosoknya yang nyeleneh tapi juga sisi lain dari diri Bob Sadino yang bisa saja belum diketahui banyak orang.

Segera miliki "Bob Sadino: Goblok Pangkal Kaya" dengan harga Rp 75.000 di Tokopedia atau melalui marketplace Bukalapak dengan harga Rp 46.800.

Chairul Tanjung: Si Anak Singkong

Sumber gambar id.carousell.com

Belajar sepak terjang dan proses jatuh bangun dari orang-orang sukses dapat memotivasi kamu untuk pantang menyerah dan berjuang sekuat tenaga. Sosok-sosok nyata yang sudah melewati fase ini pun tak bisa lagi dijadikan omong kosong karena mereka telah membuktikan perjuangannya.

Salah satunya adalah Chairul Tanjung yang menjadi salah satu orang terkaya di jajaran tingkat dunia. Banyak bisnis yang telah dirambah termasuk perbankan, hiburan hingga transportasi.

Tak serta merta kaya raya, buku "Chairul Tanjung: Si Anak Singkong" akan mengungkap perjalanannya dari kecil hingga menjadi pengusaha sukses dunia. Kamu bisa memperoleh buku ini di Lazada dengan harga Rp 79.000.

Ayah: Kisah Buya Hamka

Sumber gambar www.bukalapak.com

Sosok ini tidak hanya dikenal sebagai salah seorang ulama besar tapi juga menjadi tokoh yang penting dalam dunia sastra, budaya, bahkan politik. Kesantunan serta kebijaksanaan Buya Hamka ini tertuang dalam buku "Ayah: Kisah Buya Hamka" karya Irfan Hamka.

Jika kamu juga terinspirasi oleh sosok Buya Hamka tapi tak pernah dapat kesempatan untuk mengenal secara pribadi, maka buku biografi ini sangat cocok buat kamu. Tak cuma kisah yang inspiratif tapi buku ini juga sarat akan pesan moral soal kebijaksanaan juga mengajarkan nilai kejujuran.

Dapatkan buku ini di Buku Republika atau Bukalapak seharga Rp 49.000. Kamu juga bisa memesannya seharga Rp 80.000 di Lazada.

Soedirman: Seorang Panglima, Seorang Martir

Sumber gambar www.bukukita.com

Kegagahan dan keberanian Jenderal Soedirman terukir jelas dalam papan nama jalan yang kerap kamu jumpai di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Jakarta.

Sosok satu ini memang tidak bisa dilewatkan dalam sejarah karena sifat dan sikap kepahlawanannya dalam membela Tanah Air. Terekam jelas dan bisa diikuti di buku "Soedirman: Seorang Panglima, Seorang Martir" yang memuat sejarah dan sepak terjang beliau.

Kegigihan dan sifat pantang menyerah yang bahkan tak bisa diruntuhkan walau dalam keadaan sakit ini bisa membantu kamu membentuk sikap dan kepribadian pantang menyerah.

Dapatkan kisah inspiratif ini dengan harga Rp 80.000 di Lazada. Jika kamu lebih menyukai versi digital, bisa membelinya di situs store.tempo.co dengan harga Rp 60.000.

Habis Gelap Terbitlah Terang

Sumber gambar www.bukalapak.com

Pada masa feodal di waktu silam, banyak negara dan daerah yang mendiskriminasi hak dan menyingkirkan peran-peran wanita dalam beberapa bidang. Tak cuma negara maju seperti Amerika Serikat dan Jepang, Indonesia pun mengalami hal ini.

Perempuan yang dahulu dianggap tidak perlu mementingkan pendidikan dan hanya boleh lihai di dapur serta mengurus anak, mendorong Raden Ajeng Kartini untuk memberontak dalam cara paling cerdas, menulis.

Gerakan anti diskriminasi terhadap perempuan ini dituangkannya dalam "Habis Gelap Terbitlah Terang". Buku ini memuat kumpulan surat yang ditulis oleh R.A. Kartini kemudian dikumpulkan oleh J.H. Abendanon pertama kali dengan judul "Door Duisternis Tot Licht".

Perjuangan R.A. Kartini bisa dibilang membuka jalan bagi wanita-wanita masa kini untuk meraih hak yang sama dengan kaum pria dalam bidang pendidikan dan politik.

Jika kamu tertarik untuk mengenal sosok inspiratif ini lebih jauh, kamu bisa membeli bukunya dengan harga Rp 25.000 di Tokopedia atau melalui Buku Bekas seharga Rp 60.000.

Untold Story Susi Pudjiastuti: Dari Laut ke Udara, Kembali ke Laut

Sumber gambar www.bukukita.com

Nyentrik, asyik, tegas, dan sebaiknya tidak ditantang. Itulah sosok Menteri Kelautan dan Perikanan pada Kabinet Kerja 2014-2019 yang menuai perhatian juga pujian akan kegigihannya menjaga laut Indonesia.

Tak seperti wanita kebanyakan yang tampil anggun, Susi Pudjiastuti justru muncul dengan karakter maskulin dan cenderung pemberontak. Sikap dan tindakannya yang tak suka basa-basi ini juga tercermin dari ketegasannya dalam menindak para pelanggar yang berusaha menjarah laut Indonesia.

Keberanian dan sikap ambisiusnya yang dibarengi dengan sisi humanis juga peduli akan lingkungan ini bisa kamu serap dalam buku "Untold Story Susi Pudjiastuti: Dari Laut ke Udara, Kembali ke Laut" yang dibanderol seharga Rp 86.000 di situs kompas.id atau seharga Rp 73.100 di Buku Kita.

Cut Nyak Din: Kisah Ratu Perang Aceh

Sumber gambar www.bukalapak.com

Peran perempuan tak melulu erat dengan pernikahan, mengurus anak atau urusan dapur semata. Banyak hal yang bisa dilakukan wanita tanpa melupakan kodrat atau pun tanggung jawabnya di dalam rumah tangga. Sosok Cut Nyak Dien membuktikan hal tersebut.

Tokoh inspiratif yang lahir dan besar di Aceh ini turut serta dalam perjuangan Indonesia meraih kemerdekaan. Keberanian dan kepandaian Cut Nyak Dien dalam melawan para penjajah bisa menginspirasi kaum wanita untuk menjadi sosok mandiri dan berani dalam hal yang benar.

Kamu bisa mengulas kisah dan sepak terjang pejuang wanita ini dalam buku "Cut Nyak Din (Kisah Ratu Perang Aceh)" yang dibanderol seharga Rp 85.000 di Tokopedia atau bisa dipesan pula lewat situs bukukomunitasbambu.com seharga Rp 68.000.

From our editorial team

Menjadi Hebat Dimulai dari Diri Sendiri

Setelah membaca serangkaian biografi orang-orang besar Indonesia di masanya, maka ada satu poin penting yang bisa kita tuai, bahwa menjadi hebat dimulai dari diri sendiri. Kita harus bisa menyingkirkan segala hambatan yang ada pada diri kita bila ingin menjadi sukses, seperti kurang percaya diri atau rendah diri. Setelah kita berhasil berkompromi dengan diri kita, maka selanjutnya kita akan menjumpai banyak kemudahan dalam mencapai kesuksesan.