Stimulasi Anak Anda dengan 8 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 3 Tahun yang Terbaik dan Aman (2020)

Stimulasi Anak Anda dengan 8 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 3 Tahun yang Terbaik dan Aman (2020)

Pemilihan mainan untuk anak-anak usia tiga tahun ke bawah memang cukup merepotkan karena orang tua tidak bisa asal membeli saja. Tapi jangan dulu bingung karena BP-Guide punya berbagai rekomendasi mainan edukasi yang pastinya aman untuk anak Anda. Yuk, simak dulu artikel ini!

Mainan Edukasi Membantu Sang Buah Hati Makin Pintar dan Aktif

Bermain merupakan kegiatan anak yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh anak dari bermain adalah mampu mengembangkan rasa percaya diri serta memperoleh kemampuan menguasai tubuh dan benda.

Selain itu, dengan bermain anak Anda akan memperoleh pengalaman langsung berinteraksi sosial sekaligus menjadi cara dan jalan dalam menyelesaikan permasalahan dasar kehidupan sosial. Bermain juga dapat meningkatkan mood, melatih perkembangan kognitif, fisik, dan emosial sehingga mampu berpikir panjang, lebih aktif, dan lebih konsentrasi ketika belajar.

Masa anak usia 1-5 tahun merupakan periode emas bagi pertumbuhan otak yang sangat pesat, terutama di usia 2 tahun. Masa tersebut adalah masa di mana anak mengalami penuh energi, tidak mengenal lelah, dan selalu sibuk dengan berbagai macam hal seperti berlarian, memanjat kursi dan lain-lain.

Untuk itu sebagai orang tua sebaiknya Anda memfasilitasi dengan menyediakan permainan berguna seperti berbagai permainan edukasi. Hal ini akan memaksimalkan tumbuh kembang si kecil agar makin pintar dan aktif.

Tips Membeli Mainan yang Tepat untuk Sang Buah Hati

Pilihlah Mainan Sesuai Usia Anak

Untuk membeli mainan anak yang tepat sebaiknya sesuaikan dengan usai dan kemampuan anak. Dalam setiap pembelian mainan berkualitas biasanya produsen akan mencantumkan informasi mengenai usia pada label mainan tersebut.

Informasi ini sangat membantu dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil. Meskipun begitu tetap saja membeli mainan anak yang tepat bisa menjadi hal sulit. Untuk itu Anda harus selektif dan rajin membaca setiap panduan informasi sebelum memutuskan membeli mainan tersebut.

  • Mainan anak usia 0-3 bulan

  • Dalam usia ini, pandangan mata masih belum jelas dan hanya bisa melihat dalam jarak 30 cm. Periode ini anak tertarik dengan wajah dan benda yang bisa dilihat ataupun dengar secara langsung. Mainan yang tepat adalah mainan anak yang bisa dipegang tangan dan buku lembut dengan pola kontras seperti soft book.

  • Mainan anak usia 3-6 bulan

  • Di usia ini, anak sudah bisa menggenggam mainan ataupun memutarnya untuk melihat semua sisinya, bahkan memasukkannya ke dalam mulut. Untuk itu sebaiknya pastikan Anda memilih mainan yang aman apabila digigit dan jangan gantungkan mainan di tempat tidur dengan tali karena bisa saja menjerat lehernya. Mainan yang tepat untuk anak usia ini adalah rattle ringan dari material kuat, bukan plastk yang mudah rapuh ataupun bagian kecil yang bisa tertelan. Selain itu Anda juga dapat memberikan mainan boneka lembut dan mainan dari karet yang bisa berbunyi ketika dipencet.

  • Mainan anak usia 6-9 bulan

  • Dalam usia ini, anak lebih aktif bermain dan menjadi lebih banyak bergerak mulai dari duduk sendiri, tengkurap, bergerak maju mundur dengan tangan dan lutut, merangkak, dan menarik tubuhnya sendiri untuk berdiri. Mainan yang tepat diberikan adalah soft book untuk membantu kemampuan bahasa bayi yang sedang mengalami perkembangan pesat. Selain itu Anda dapat memberikan mainan bola dengan ukuran cukup besar agar tidak ditelan anak. Pastikan mainan bola yang Anda pilih terbuat dari materiak kain ringan, tekstur menarik, dan menghasilkan suara.

  • Mainan anak usia 9-12 bulan

  • Di usia ini, anak sudah bisa bergerak sendiri seperti merangkak ataupun merambat yaitu berjalan sendiri sembari berpegangan pada furnitur. Selain itu di usia ini biasanya anak menggunakan benda sebagai alat mainan, lebih tertarik pada permainan interaktif, memahami kata, serta mengenali nama benda yang familiar.

  • Mainan anak usia 12-18 bulan

  • Dalam usia ini, anak sudah dapat menggunakan kakinya dengan sangat baik sehingga terkadang membuat Anda letih mengejarnya. Selain itu tangan anak di usia ini menjadi lebih terkoordinasi sehingga cocok memainkan mainan sortir dan membangun menara. Mainan favorit anak di usia ini berupa mainan yang membuat seluruh tubuh bergerak yaitu seperti bola dan ayunan.

  • Mainan anak usia 18-24 bulan

  • Di usia ini, anak lebih senang dengan kemandirian seperti meraih gagang pintu sendiri, membuka dan menutup pintu, bahkan mematikan dan menyalakan tombol lampu. Mainan yang cocok untuk anak usia ini adalah mainan rumah-rumahan, balok besar dan kecil, serta mainan alat musik.

  • Mainan anak usia 24-30 bulan

  • Dalam usia ini, anak menjadi semakin aktif dan mandiri namun masih membutuhkan bantuan. Selain itu kemampuan bahasanya juga mengalami perkembangan. Ia pun mampu menata mainan berdasarkan ukuran, warna, dan bentuk. Perkembangan memori pun mengalami peningkatan dan bisa menghitung sampai 10 atau bahkan lebih. Mainan yang tepat untuk anak di usia ini adalah mainan anak beroda tiga dan mainan bola.

  • Mainan anak usia 30-36 bulan

  • Di usia ini, anak sudah memiliki rasa percaya diri ketika berjalan, berlari ataupun melompat. Pada periode ini, anak suka sekali bermain dengan peralatan olahraga berukuran mini dan sangat suka bermain berkelompok. Selain itu anak sangat imajinatif dalam mengembangkan cerita dan karakter. Mainan yang paling tepat adalah puzzle dan mainan konstruktif yang efektif dalam membantu mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan koordinasi mata dan tangan.

Perhatikan Ukuran Mainan

Dalam memilih mainan anak, ukuran mainan menjadi faktor penting untuk tumbuh kembang dan keselamatan si kecil. Hal ini dapat menghindarkan si kecil dari kemungkinan mainan tertelan ataupun tersedak.

Untuk itu sebelum membeli sebaiknya perhatikan label choking hazard-nya dan selalu hindari mainan dengan komponen kecil seperti kancing, bros, ataupun sekrup yang mudah lepas.

Pilihlah mainan yang ukurannya lebih besar dari mulutnya dengan ideal lebar 3 sentimeter dan minimal panjangnya 6 sentimeter. Selain itu pilihlah mainan yang ringkas, ringan, dan kokoh agar praktis, mudah dibawa ke mana-mana, dan tidak menimpa ataupun melukai tubuh si kecil.

Pastikan Mainan Aman untuk Dimainkan

Hampir semua bayi selalu masukkan mainan ke dalam mulutnya ketika bermain mainannya. Untuk itu sebaiknya Anda memilih mainan anak dengan sangat selektif, tidak harus mahal ataupun berteknologi tinggi. Hal ini dikarenakan tidak semua mainan edukatif itu baik untuk anak kecil.

Pastikan Anda memilih mainan yang terbuat dari bahan tidak beracun dan mudah dicuci. Hindari mainan anak yang terbuat dari bahan kimia seperti merkuri, arsenik, kadmium, timah, pH thalate dan lain-lain. Cat mainan juga harus dipastikan aman dan tidak mengelupas.

Pastikan pula mainan anak yang Anda beli tidak mudah patah, tidak ada bagian yang tajam, tidak memiliki benda-benda kecil seperti manik-manik, baterai, ataupun kancing yang dapat ditelan si kecil. Selain itu pastikan tidak ada magnet yang mudah terlepas serta tali, benang, atau kawat yang panjangnya melebihi 18 sentimeter untuk menghindari si kecil tercekik.

Rekomendasi Toko Mainan Edukasi Anak Berkualitas

Toys City

Sumber gambar https://toyscity.id/

Toys City merupakan salah satu toko mainan tertua di Indonesia dan termasuk dalam pemain besar di dunia perdagangan mainan anak. Toko ini buka pertama kali pada tahun 1990 dan telah memiliki 10 cabang yang tersebar di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia dengan menyediakan berbagai macam mainan berkualitas untuk semua umur, baik bayi, anak-anak, remaja, dewasa ataupun orang tua. Anda juga dapat mengakses websitenya di www.toyscity.co.id.

Early Learning Centre

Sumber gambar https://www.megamall.ae/

Early Learning Center adalah toko mainan anak yang menjual berbagai mainan anak untuk semua umur. Toko ini berasal dari Inggris dan memiliki 22 cabang yang tersebar di mal-mal besar di Indonesia.

Berbagai mainan edukasi yang dijual di toko ini mampu memberikan manfaat baik yaitu melatih kreativitas, melatih motorik, dan merangsang kemampuan berpikir anak.

Selain itu mampu mendukung anak mengenal lingkungan sekitar sekaligus mengajak untuk berimajinasi. Desain mainan sangat beragam dengan warna lucu-lucu dan Anda dapat memilihnya sesuai umur anak.

Toys Kingdom

Toys Kingdom merupakan toko retail mainan anak yang menyediakan mainan anak terlengkap dalam beragam model sesuai dengan umur anak, lokal ataupun impor. Toko ini didirikan oleh Grup Kawan Lama pada tahun 2010 dan termasuk dalam salah satu toko mainan terbesar di Indonesia dengan memiliki 53 toko yang tersebar di pusat-pusat perbelanjaan.

Toys Kingdom menyediakan beragam mainan seperti action figure, mainan kendaraan dan kereta, mainan konstruksi dan bangunan, mainan RC, aneka mainan boneka dan binatang, dan sebagainya. Anda dapat menemukan berbagai macam promo dan diskon menarik untuk beberapa kategori mainan khusus ketika libur akhir tahun ataupun hari besar seperti lebaran.

MM Toys

MM Toys merupakan salah satu toko mainan murah, lengkap, dengan harga terjangkau. Toko ini berbasis di Jakarta dan menyediakan beragam mainan mulai dari action figure superhero, mainan tokoh-tokoh kartun, buku, boneka dan mainan elektronik seperti mobil remote control. Anda dapat mendatangai MM Toys secara langsung ataupun membeli melalui onlinde di berbagai e-commerce Indonesia.

Atham Toys

Sumber gambar https://www.popmama.com

Atham Toys merupakan toko mainan anak lokal berkualitas dengan harga murah yang didirikan tahun 2008. Toko ini menjual beragai macam mainan edukasi dari bahan kayu yang diproduksi sendiri untuk semua rentan usia.

Beberapa mainan yang dijual adalah mainan untuk luar ruangan, mainan dari bahan plastik, boneka, dan mainan alat musik. Anda dapat membeli mainan ini secara online di berbagai market place.

Atham Toys dapat Anda temukan di Jalan Budaya No. 15, Kel. Batu Ampar Kec. Kramat Jati, Condet, Jakarta Timur dengan jam operasional 09.00-12.00 WIB.

Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 3 Tahun Terbaik dan Aman

El-Hana First Busy Bag

El-Hana First Busy Bags merupakan mainan edukasi yang terdiri dari 6 permainan untuk anak usia 2-6 tahun. Mainan ini terbuat dari art carton dan memiliki berbagai manfaat seperti melatih kecakapan dasar anak balita, melatih kemampuan klarifikasi, melatih konsentrasi dan daya ingat, melatih motorik halus, melatih kecerdasan spasial sekaligus mengembangkan kreativitas.

El-Hana First Busy Bags terdiri dari sorting ABC yang mencocokkan huruf besar dengan huruf kecil pada sorting mat, matching card yang mencocokan kesamaan gambar buah, dan caterpillar yang menyusun kancing sesuai dengan pola kartu caterpillar.

Dalam setiap pembeliannya, Anda akan memperoleh 3 sorting mat ABC, shape dan color, 6 kartu contoh stik, 12 kartu gambar buah, 4 kartu berhitung, 5 kartu catterpillar, 26 keping abjad, 16 keping geometri, 4 jepit kayu, dan disertai eksklusif bag.

Harga Rp. 60.000-270.000

Mainan Kayu Edukatif Puzzle

Mainan Kayu Edukatif Puzzle merupakan mainan anak dari kayu bertekstur halus yang memiliki beragam manfaat. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh adalah melatih konsentrasi, melatih kemampuan motorik halus, mengenal konsep sebab akibat, dan mengenal warna.

Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan emosi anak sejak dini dan membantu orang tua mengenalkan huruf Hijaiyah pada anak sehingga sangat membantu sekali ketika mengaji. Mainan ini telah lolos SNI sehingga aman untuk bermain anak-anak. Ukuran puzzle-nya adalah 20 cm x 30 cm.

Harga Rp. 16.900-25.000

Mainan Anak Edukasi - ELC Blocks

Mainan Kayu Edukatif Balok merupakan mainan yang cocok untuk usia 1,5 tahun ke atas. Mainan tersebut dapat membantu mengembangkan sisi konstruktif, kreativitas, dan imajinasi.

Mainan ini sangat tepat untuk Anda mengenalkan berbagai bentuk-bentuk dan warna kepada si kecil. Dalam setiap paketnya berisi 100 balok kayu dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm.

Harga Rp. 67.000-240.000

Wooden Balancing Set Farm

Wooden Balancing Set Farm merupakan mainan anak untuk usia 3 tahun+ yang memiliki beragam manfaat. Beberapa kelebihan yang dimiliki mainan ini adalah mengenalkan bentuk hewan yang lucu dan menarik, mengajarkan berbagi dengan teman bermainnya, meningkatkan konsentrasi dan motorik halus, dan mengembangkan ketrampilan kreativitas ataupun kerjasama.

Selain itu dapat membantu meningkatkan daya ingat dan melatih ketekunan dan kesabaran anak dalam menyusun balok agar seimbang. Terbuat dari potongan kayu berkualitas baik dengan cat non toxic yang ramah lingkungan. Ukurannya adalah 15 cm x 14 cm. Wooden Balancing Set Farm sangat cocok untuk hadiah anak Anda.

Harga Rp. 58.000-95.000

Geometry Stacking Block Advance

Geometry Stacking Block Advance merupakan mainan anak usia 3 tahun ke atas berupa mainan kayu geometri. Terbuat dari material kayu non toxic dan cat yang ramah lingkungan.

Beberapa manfaat yang dapat diambil adalah membantu mengembangkan keterampilan motorik halus seperti logika dan ketangkasan, membangun pengenalan warna, dan mengembangkan pemikiran kognitif dan ketrampilan dalam memecahkan masalah.

Mainan ini dapat membantu anak untuk belajar sambil bermain dengan mempelajari beragam bentuk geometri. Geometry Stacking Block Advance tersedia dalam ukuran 15 cm x 15 cm x 15 cm.

Harga Rp. 130.000-169.000

Sweet Shop Luxury Candy Cart

Sweet Shop Luxury Candy Cart merupakan mainan anak untuk usia 3 tahun ke atas berbentuk kereta dorong dari bahan plastik dengan tinggi sekitar 38 cm.

Mainan ini terdapat roda di bawahnya yang memudahkan untuk didorong dan dilengkapi dengan lampu yang bisa menyala. Mainan ini memerlukan baterai AA sebanyak 3 buah.

Ada beragam krim ataupun permen yang dapat dimainkan. Permainan ini dapat mengajarkan si kecil untuk berjualan.

Harga Rp. 103.999-120.000

Fisher Price Medical Kit Dokter

Fisher Price Medical Kit Dokter merupakan mainan dokter doktera untuk usia 3 tahun+ yang dapat membantu mengajarkan kebiasaan sehat sedari kecil. Selain itu dapat membantu meningkatkan imajinasi dan keterampilan anak.

Mainan ini terdiri dari stetoskop, termometer, jarum suntik, otoskop, manset tekanan darah, perban & tas kain "dokter". Semua peralatan tersebut disimpan dalam tas sehingga lebih ringkas.

Termometernya dapat digunakan dengan cara ditekan tombol dari "sakit" ke "sehat", sedangkan untuk memeriksa tekanan darah pasien bisa menggunakan pengukur berputar.

Harga Rp. 245.000-475.000

Mainan GypFun Patung Lukis Paket Seri Tropical Garden

Mainan GypFun Patung Lukis Paket Seri Tropical Garden merupakan mainan anak untuk usia 4-12 tahun yang memiliki beragam manfaat seperti meningkatkan kreativitas, konsentrasi, kemampuan komunikasi non verbal, melatih ketekunan, dan mengembangkan daya imajinasi.

Terbuat dari gypsum kualitas terbaik yang aman digunakan selagi tidak masuk mulut anak. Selain itu catnya mudah dibersihkan dengan air sehingga hasil karya anak bisa dipajang ataupun ditempel di dinding tanpa merusak permukaannya.

Dalam setiap pembelian mainan ini, Anda akan memperoleh 12 patung lukis beragam motif seperti kupu-kupu, lebah, keripik, buah-buahan, bunga dan beraneka dedauan. Selain itu Anda akan memperoleh 4 cat warna, kuas, palet dan panduan mewarnai.

Harga Rp. 50.000-90.000
From our editorial team

Jangan Asal Pilih Mainan untuk Anak

Ada begitu banyak mainan edukasi yang bisa dipilih oleh orang tua untuk anak terutama anak-anak di bawah tiga tahun. Namun, bahan-bahan pembuatan mainan pun harus dicek dengan baik oleh para orang tua karena kebiasaan anak-anak di bawah tiga tahun masih sering memasukkan benda yang dipegangnya ke mulut mereka. Jadi, penting ya untuk selalu mengecek keamanan bahan pembuatan mainan sebelum memutuskan untuk membeli.

Tag