Intip 10 Perlengkapan untuk Inspirasi Kamar Bayi yang Menggemaskan(2020)

Intip 10 Perlengkapan untuk Inspirasi Kamar Bayi yang Menggemaskan(2020)

Ketika menyambut kelahiran anak pertama rasanya tentu membahagiakan. Tak heran bila terkadang orang tua baru menyiapkan kamar khusus untuk menyambut si kecil. Bagi Anda yang sedang menyiapkan kamar baru untuk si kecil, berikut inspirasi dekorasi kamar dari BP-Guide.

Persiapan Menyambut Buah Hati

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Dua garis biru sudah muncul pada alat pendeteksi kehamilan. Saat mengunjungi dokter kandungan, janin pun sudah berkembang dengan baik. Ibu sehat, janin sehat, sudah saatnya mempersiapkan kelahiran si buah hati.

Selain pakaian, alat mandi, sampai persiapan menyusui untuk si ibu, ada satu hal yang juga perlu disiapkan, yaitu kamar bayi. Memang di Indonesia menyiapkan kamar bayi dianggap belum terlalu penting. Akan tetapi bila Anda memang memiliki ruang sendiri dan budget untuk membuat kamar bayi, mengapa tidak?

Inspirasi Palet Warna untuk Dekorasi Kamar Bayi

Warna Netral

Sumber gambar evaluer.co

Saat Anda mulai mendandani kamar bayi, coba pikirkan ingin berapa lama kamar ini ingin tetap bertahan dengan desain atau warna yang sama? Bila cukup lama, memilih warna netral bisa dijadikan pilihan.

Warna beige, abu-abu ataupun coklat muda bisa dijadikan pilihan. Apalagi warna netral bisa memperluas ruangan yang tidak terlalu besar.

Warna Monokrom

Memilih nuansa monokrom pada kamar bayi sebenarnya memudahkan orang tua untuk memilih perlengkapan. Anda pun bisa dengan mudah mencari perlengkapan kamar bayi yang sesuai. Selain itu warna monokrom bisa membuat kesan maskulin sekaligus rapi, cocok untuk Anda yang akan menyambut kelahiran bayi laki-laki.

Pastel

Sumber gambar uswalldecor.com

Bayi identik dengan warna pastel karena memberi kesan manis dan imut. Selain itu warna pastel juga memberikan “kehidupan” dalam kamar agar tak terkesan membosankan.

Anda bisa memilih warna pink, kuning pastel atau ungu pastel bila menantikan kelahiran bayi perempuan. Untuk bayi laki-laki memilih warna biru pastel atau hijau pastel juga bisa dipilih.

Ini 10 Perlengkapan yang Harus Ada di Kamar Bayi

Joie Meet Kubbie

Perlengkapan pertama yang harus ada saat mempersiapkan kamar bayi adalah box bayi atau tempat tidur bayi. Anda bisa memilih tempat tidur kayu atau yang bisa dilepas pasang bahkan dibawa saat bepergian. Akan tetapi yang terutama adalah jangan lupa mengukur dulu box bayi dengan luas ruangan agar tidak makan tempat.

Box bayi yang bisa kamu pilih ada Joie Meet Kubbie. Ukurannya sebesar 99 x 59.5 x 80.5 cm. Menariknya, box bayi ini bisa dilipat dan sudah mendapatkan sertifikasi testing. Joie Meet Kubbie ini memiliki dua roda yang terintegrasi jadi memudahkanmu untuk menggesernya atau memindahkan box bayi.

Tak hanya itu, produk ini memiliki ranjang gantung atau bassinet yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Dilengkapi juga dengan jaring di keempat sisi serta resleting sisi samping untuk memudahkan masuk dan keluar.

Harga Rp. 900.000-1.800.000

Bantal Guling Bayi Babyu

Bila sudah membeli box bayi, jangan lupa lengkapi dengan perlengkapan tidur lain seperti bantal guling bayi. Tentu bantal guling bayi memiliki ukuran yang berbeda dari ukuran orang biasa. Nah, untuk memudahkan, Anda bisa membeli satu set.

Bantal Guling Bayi Babyu hadir dalam kemasan set, ada yang satu set isi 3 dan ada juga yang satu set isi 4. Kalau Anda masih memiliki bayi baru lahir, bisa memilih Bantal Guling Bayi Babyu Satu Set isi 4.

Terdiri dari 1 bantal biasa berukuran 25 x 35 cm, 1 bantal peyang berukuran 22 x 26 cm, serta 2 guling berukuran 50 cm. Kualitas bahan Babyu lembut dan adem untuk bayi karena terbuat dari dacron berkualitas.

Nah, kalau kamu membeli bantal guling set Babyu ini juga termasuk dengan sarungnya yang terbuat dari katun jepang. Sehingga sarungnya bisa dilepas pasang untuk dicuci agar tetap bersih. Motifnya lucu-lucu dan bisa dipilih sesuai dengan selera.

Harga Rp. 130.000-250.000

Lemari Olymplast Baby Locker A2

Saat mempersiapkan kamar bayi, jangan lupa untuk membeli lemari pakaian bayi untuk menaruh pakaiannya. Produk yang bisa Anda pilih adalah Olymplast Baby Locker A2.

Lemari ini cocok sekali untuk menaruh pakaiannya. Ukurannya sebesar 75 x 50 x 115 cm dengan bahan plastik berkualitas yang tahan air, anti banjir, serta anti rayap. Yang membuatnya lebih cantik adalah ia memiliki tekstur urat kayu jadi terlihat elegan.

Lemari ini memiliki bagian laci di atas dan juga untuk pakaian yang dilipat. Ada dua pilihan warna yang bisa Anda pilih, sesuai dengan tema ruangan yaitu brown dan cream.

Harga Rp. 800.000-1.800.000

Karibu 2 in 1 Bath Changing Station

Menjaga kebersihan bayi adalah yang utama saat memiliki si kecil. Setidaknya ia perlu membersihkan diri dua kali dalam sehari. Banyak orang tua baru yang memilih menggunakan bak mandi bayi lalu menghandukinya dan membawanya ke kamar untuk berpakaian.

Hal tersebut tak masalah dilakukan tapi memang memerlukan tenaga dan juga usaha yang lebih banyak. Nah agar lebih ringkas, Anda bisa memilih changing station. Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Karibu 2in1 Bath Changing Station.

Karibu 2in1 Bath Changing Station terbuat dari material PP, PVC, dan sponge yang berkualitas tinggi. Produk ini sanggup menahan beban sampai 50 kg dengan ukuran 74 x 52 x 86 cm. Tak hanya memandikan dan mengenakan pakaian, changing station ini juga memiliki rak penyimpanan untuk menaruh barang-barang essential.

Seperti sabun, sampo, minyak telon, bedak, sisir, minyak rambut, sampai cologne. Ada juga rak bagian bawah yang menyimpan popok bayi sehingga memudahkan menyimpan dan mengambilnya.

Harga Rp. 1.600.000-2.300.000

IP Camera Surf 2MP

Saat Anda menyiapkan kamar bayi, bukan berarti meninggalkan si kecil tanpa pengawasan. Agar Anda mudah memonitor keadaan si kecil di kamarnya, Anda bisa memasang kamera CCTV yang terpasang ke gadget. Kamera ini cocok untuk Anda yang sudah memasang wifi di rumah.

Pilihannya jatuh kepada IP Camera Surf 2 MP. IP Camera keluaran Surf ini sangat mudah dipasang untuk pemula dan teknik pengaturannya pun mudah karena tidak membutuhkan komputer khusus. Menariknya, Anda bisa mengoperasikan menggunakan remote control di manapun berada selama gadget Anda berupa Android/iOS.

IP Camera Surf 2 MP ini bisa merekam apapun yang terlihat di kamera dan menyimpannya di SD Card sampai 32GB. Kepala CCTVnya juga bisa memutar ke seluruh bagian dan memperlihatkan gambar dengan kualitas LD, SD, sampai HD.

Tak hanya itu, ada fitur digital zoom untuk melihat dengan detail rekamannya bahkan kamu bisa berbicara selayaknya komunikasi dua arah menggunakan smartphone yang terhubung dengan IP Camera Surf 2M.

Harga Rp. 200.000-420.000

Ingared Lampu Meja

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menidurkan bayi adalah dengan memberikan suasana temaram sehingga si kecil akan merasa mengantuk dan tidur lebih mudah. Nah, Anda bisa menaruh lampu tidur yang memberikan suasana syahdu. Ingared Lampu Meja bisa Anda pilih.

INGARED Lampu Meja ini merupakan keluaran IKEA. Desainnya yang elegan bisa membuat kamar bayi lebih cantik. Nah, penutup lampunya terbuat dari bahan gorden kain yang bisa memberikan pencahayaan yang dekoratif dan membaur. Sebaiknya gunakan bohlam LED E14 400 lumen agar pencahayaan yang didapat sesuai ekspektasi.

Produk Ingared Lampu Meja ini terbuat dari baja dan galvanis kemudian dilapisi akrilik pada bagian dasar atau tube. Sedangkan kap lampu terbuat dari 100% poliester dan plastik polistirena. Ukuran lampu meja ini berdiameter 13 cm dengan tinggi 30 cm. Panjang kabelnya sepanjang 1,5 meter.

Harga Rp. 150.000-250.000

IKEA Pello

Menidurkan bayi memang membutuhkan tempat nyaman, karena kita tidak tahu akan selama apa si kecil tertidur. Untuk menopang itu, Anda bisa memilih kursi nyaman seperti IKEA Pello. Kursi IKEA Pello memiliki dimensi produk dengan lebar 67 cm, tinggi 96 cm.

Untuk dudukannya selebar 55 cm dengan kedalaman 50 cm. Bahan IKEA Pello terbuat dari kayu yang bisa didaur ulang. Sedangkan bantalannya menggunakan kapas.

Rangka sandaran kursi ini terbuat dari veneer kayu birch serta lacquer akrilik bening dengan rangka tubular terbuat dari baja. Untuk dudukannya sendiri terbuat dari kain polietina 100%.

Desainnya yang minimalis dan scandinavia ini tidak akan membuat kamar bayi terlihat penuh bila menaruh sofa di dalamnya. Warnanya yang earth tone dan kalem bisa disesuaikan dengan segala warna kamar yang Anda buat.

Harga Rp. 740.000-940.000

Cobyhaus Playmat

Walau bayi baru lahir masih belum bisa berguling dilantai, tapi tak ada salahnya Anda menyiapkan playmat untuk tempatnya bermain, bereksplorasi dan melatih kemampuan motorik dan sensorik bayi sesuai milestone.

Cobyhaus Playmat bisa dijadikan pilihan untuk pengganti karpet di kamar bayi. Desainnya beragam dengan pola yang menarik dan unik. Bahkan beberapa terlihat seperti desain karpet yang biasa ada di toko furniture. Akan tetapi, lebih aman untuk digunakan si kecil melatih gerakannya.

Playmat ini terbuat dari PVC yang sudah di tes dan lolos standar internasional seperti SGS Tested dan BPA Free. Playmatnya cukup empuk untuk bermain tapi tetap bisa merangsang si kecil untuk bergerak aktif.

Ukurannya pun ada yang M, L, dan XL. Ukuran M sebesar 190 x 130 x 1,2 cm, sedangkan ukuran L berukuran 200 x 130 x 1,5 cm, dan ukuran XL sebesar 235 x 140 x 1,6 cm. Anda tinggal sesuaikan dengan luas ruangan dan kebutuhan.

Harga Rp. 900.000-2.600.000

IKEA Klunka Kantong Cucian

Ada satu hal yang tidak boleh tertinggal saat menyiapkan kamar bayi, yaitu keberadaan kantong cucian. Kantong cucian ini ditaruh di kamar bayi untuk memudahkan Anda mengumpulkan pakaian yang perlu dicuci setiap hari dan terlihat lebih rapi.

Sebaiknya, kantong cucian ini bisa melindungi dari lembab, mudah dibersihkan dan juga mudah ditaruh. Semua syarat tersebut bisa Anda dapatkan dari IKEA Klunka Kantong Cucian. IKEA Klunka Kantong Cucian ini memiliki tinggi 60 cm dengan diameter 36 cm.

Di bagian atas terdapat pegangan yang memudahkan untuk mengangkat kantong cucian seperti tas belanja dengan satu tangan. Warnanya yang hitam putih ini mudah berbaur dengan tema kamar anak.

Selain itu, ia terbuat dari bahan poliester 100% sehingga mudah dibersihkan. Kalau tak dipakai, Anda bisa melipatnya dan menaruh di lemari.

Harga Rp. 150.000-250.000

Neo Dust Bin Square

Saat masih bayi, si kecil pasti menggunakan popok sekali pakai untuk membantunya buang air kecil atau buang air besar. Biasanya popok diganti 6 jam sekali atau saat si kecil pup. Untuk memudahkan Anda membuang, sebaiknya taruh tempat sampah khusus untuk popok di kamar bayi.

Tentu harus tertutup agar baunya tak menyeruak ke ruangan. Agar memudahkan Anda memasukannya, pilih tempat sampah pedal yang bisa kamu injak dengan kaki tanpa membuka tutup dengan tangan.

Neo Dust Bin Square adalah pilihan tepat. Apalagi pilihan warnanya yang pastel sesuai dengan tema warna kamar bayi, yaitu pink, tosca, dan abu-abu. Kapasitasnya 5 liter sudah sesuai dengan kebutuhan.

Harga Rp. 250.000-550.000
From our editorial team

Tentukan Budget yang Sesuai untuk Kamar Bayi

Itulah inspirasi dekorasi untuk kamar bayi yang bisa Anda coba. Pastikan Anda sudah memiliki budget yang tepat untuk mempersiapkan kamar bayi. Selain itu, yang paling utama adalah kenyamanan bayi saat berada di kamar dan tentunya juga aman. Selamat mencoba.