Sedang Mempersiapkan Kelahiran Buah Hati? 10 Perlengkapan Bayi Ini Bisa Di Beli Di Shopee dan Marketplace Lain Secara Online Lho! (2020)

Sedang Mempersiapkan Kelahiran Buah Hati? 10 Perlengkapan Bayi Ini Bisa Di Beli Di Shopee dan Marketplace Lain Secara Online Lho! (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Mempersiapkan kelahiran si kecil tentu harus dilakukan dengan baik. JIka Anda sedang mebcari perlengkapan untuk buah hati, Anda bisa cek beberapa rekomendasi produk yang dapat Anda beli di Shopee atau marketplace lainnya. Jangan sampai terlewat ya!

Sudah Siapkan Perlengkapan Bayi Sebelum Buah Hati Lahir?

Sumber gambar gomommy.ph

Siapa yang tak antusias saat menunggu datangnya kelahiran sang buah hati? Orangtua tentunya akan merasa senang sekaligus cemas. Saat menunggu kehadiran si kecil, Anda tentunya harus mempersiapkan berbagai hal termasuk mempersiapkan peralatan untuk sang buah hati saat lahir nanti. Ada banyak benda yang harus dipersiapkan untuk bayi termasuk pakaian, popok, selimut, bedong, alat mandi dan lainnya.

Semua benda tersebut tentu harus dipersiapkan dengan baik agar tidak mengganggu kelancaran saat buah hati lahir nantinya. Saat memilih peralatan untuk bayi, Anda harus benar-benar mengerti peralatan apa saja yang benar-benar dibutuhkan dan jangan hanya membeli karena bentuknya atau tampilannya yang lucu.

Jangan sampai Anda lapar mata saat belanja di toko perlengkapan bayi, buat daftar sebelum membeli perlengkapan yang dibutuhkan. Selain menghemat waktu, belanja dengan menggunakan daftar perlengkapan bayi juga bisa membantu Anda agar tetap belanja sesuai budget

Jenis Perlengkapan Bayi yang Harus Disiapkan

Perlengkapan Baju Tidur Bayi

Sumber gambar www.babylist.com

Ada banyak perlengkapan yang dibutuhkan untuk buah hati saat ia terlahir. Salah satu benda penting yang perlu diperhatikan sebelum bayi lahir adalah perlengkapan baju tidur. Setelah lahir biasanya bayi akan lebih banyak tidur dan tentunya ia butuh pakaian yang nyaman. Beberapa jenis pakaian yang mesti disiapkan diantaranya adalah popok kain, baju bayi, celana bayi, sarung tangan dan kaos kaki serta selimut.

Pastikan Anda hanya memilih pakaian yang terbuat dari bahan berkualitas yang nyaman digunakan agar tidak membuat bayi teriritasi. Untuk baju, sebaiknya siapkan baju dengan lengan panjang maupun lengan pendek. Baju lengan panjang bisa digunakan saat malam hari dan cuaca dingin sementara baju pendek bisa digunakan ketika siang hari dan udara lebih panas. Persiapkan setidaknya 12 buah baju bayi agar mudah menggantinya dan tidak kehabisan. Gunakan warna-warna netral agar buah hati juga lebih nyaman saat beristirahat.

Perlengkapan Menyusui

Sebelum bayi lahir tentunya ibu harus mempertimbangkan apakah akan menyusui buah hati secara langsung ataupun dengan menggunakan alat perah ASI terutama jika ibu bekerja. Agar tetap dapat memberikan ASI kepada anak meskipun bekerja, Anda tentu harus mempersiapkan peralatan menyusui yang yang lengkap.

Beberapa alat perlengkapan menyusui yang diperlukan di antaranya adalah bantal menyusui, pompa asi baik manual maupun elektrik tergantung kebutuhan, kantung penyimpanan ASI dan aksesoris lainnya seperti lanolin ointment untuk memindahkan luka pada puting maupun breast pads. Selain itu ibu juga harus menyediakan beberapa perlengkapan lainnya seperti baju untuk ibu yang busui friendly, botol kaca maupun plastik bebas BPA, botol sterilizer dan juga botol nipple. Pastikan Anda menyiapkan semuanya sebelum buah hati lahir.

Perlengkapan Kebersihan

Sumber gambar thestir.cafemom.com

Selain perlengkapan menyusui, ibu juga harus mempersiapkan perlengkapan kebersihan untuk bayi yang baru lahir. Perlengkapan kebersihan yang dimaksud adalah perlengkapan mandi dan lainnya. Perlengkapan mandi harus dipersiapkan dengan baik mencakup bak mandi bayi, handuk bayi serta perlengkapan seperti sabun dan shampoo bayi. Saat memilih peralatan mandi, pastikan peralatan maupun sabun yang digunakan aman untuk kulit bayi. Ketahui juga cara membersihkan dan memandikan bayi dengan benar jika Anda baru akan memiliki anak.

Tips Memilih Perlengkapan Bayi yang Tepat

Baju Bayi

Sumber gambar www.madeformums.com

Kulit bayi yang baru lahir tentunya sangat sensitif terhadap lingkungan sekitar. Agar kulit bayi terhindar dari iritasi dan ruang kemerahan, sebaiknya pilih pakaian dari bahan yang nyaman seperti katun dan kenakan pakaian yang tidak terlalu tebal. Selain memilih bahan yang nyaman dan lembut, pilih juga pakaian dengan ukuran yang tidak terlalu kecil atau terlalu pas di badan.

Gunakan baju yang sedikit longgar agar bayi tetap mudah bergerak. Beberapa jenis pakaian yang bisa digunakan antara lain bodysuit atau terusan, piyama tidur, pakaian dalam ,baju hangat, selimut wol, kaus kaki, sepatu bayi dan kaus tangan. Jadi, jangan hanya memilih baju yang nampak lucu saja ya, pilih yang berbahan nyaman serta aman untuk kulit bayi.

Perlengkapan Menyusui

Sumber gambar www.hipwee.com

Jika ibu tidak menyusui secara langsung maka ibu harus mempersiapkan perlengkapan untuk menyimpan ASI dan botol bayi. Saat membeli botol susu, pastikan botol terbuat dari bahan yang aman dan bebas BPA. Lengkapi juga dengan sikat botol, cleanser, cooler bag dan kantong ASI untuk menyimpannya dalam lemari es. Pikirkan baik-baik perlengkapan yang akan dibeli agar tetap awet dan aman digunakan. Tidak hanya perlengkapan menyusui, ibu juga mesti memperhatikan pakaian dan bra busui yang nyaman digunakan agar dapat menyusui anak sewaktu-waktu.

Perlengkapan Mandi Bayi

Sumber gambar productnation.co

Saat mempersiapkan peralatan mandi bayi, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal tentang cara memilih perlengkapan mandi yang aman. Untuk bak mandi, pilih bak mandi yang kokoh dirancang khusus untuk bayi yang baru lahir hingga usia satu tahun. Untuk pembersih seperti sabun dan sampo, pilihlah produk yang sesuai untuk kulit bayi dan hindari produk yang mengandung wewangian, phthalate dan pastikan produk juga hypoallergenic.

Selain pembersih, gunakan handuk khusus untuk bayi dengan bahan lembut dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar nyaman dan bisa membungkus bayi saat dikeringkan. Jangan lupa untuk mempersiapkan produk bayi yang digunakan setelah ia mandi seperti minyak telon, baby oil, Krim pencegah ruam, dan minyak rambut.

Tempat Tidur Bayi

Memilih kasur untuk bayi juga tidak boleh sembarangan karena kasur yang empuk saja tidak menjamin bayi akan nyaman saat tertidur. Agar buah hati tetap nyaman saat tidur ada baiknya jika Anda memilih bahan kain sprei kasur yang terbuat dari material katun yang lembut. Selain itu, pilih bantalan kasur yang mudah dicuci dan dibersihkan serta dapat menopang tubuh bayi saat tidur. Jika Anda ingin meletakkan si kecil di ranjang terpisah ada baiknya jika Anda memilih ukuran tempat tidur yang sesuai dengan usia si kecil.

Pastikan tempat tidur bayi aman dan kokoh, Anda bisa memilih tempat tidur dari material stainless steel atau kayu yang awet digunakan. Pilih juga tempat tidur dengan ketinggian terali yang yang lebih tinggi minimal 65 cm dari matras sehingga bayi akan tetap aman meskipun bergerak saat tidur. Ingat pula untuk tidak memilih matras yang terlalu empuk dan lembut karena dapat meningkatkan resiko kematian bayi secara mendadak akibat wajah bayi terbenam dalam kasur atau SSID ( Sudden Infant Death Syndrome). Lengkapi juga dengan kelambu agar si kecil bebas dari gigitan serangga.

Kereta Dorong Bayi

Sumber gambar familylivingtoday.com

Orangtua tentunya akan senang membawa bayi untuk pergi berjalan-jalan dan Anda pastinya membutuhkan kereta bayi atau stroller. Kereta bayi bisa jadi investasi terbesar diantara perlengkapan bayi yang lainnya. Sebelum membeli pastikan bahwa kereta yang Anda beli memiliki kualitas yang baik dan awet digunakan. Pilih kereta dorong yang dapat disetel posisi tidur dan memiliki rem yang praktis.

Poin selanjutnya yang bisa anda perhatikan adalah ketahanan sabuk pengaman yang yang mudah digunakan dan ukuran yang sesuai untuk melingkari tubuh anak. Pilih juga kereta dorong yang dilengkapi dengan kanopi yang dapat melindungi buah hati dari sinar matahari dan angin. Ada baiknya jika Anda memilih stroller dengan kanopi yang dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan.

Harga kereta dorong memang lebih mahal dibanding perlengkapan bayi lainnya tetapi jika anda ingin menghemat budget Anda juga bisa membeli kereta bayi second yang tentunya dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Pilihan Perlengkapan Bayi Berkualitas Di Shopee

Kasur Bayi Kelambu eLHa

Memilih kasur bayi sangat penting dilakukan oleh orang tua. Pastikan Anda memilih kasur bayi yang nyaman dan aman digunakan oleh buah hati. Kasur bayi kelambu eLHa adalah salah satu kasur bayi yang bisa anda dapatkan secara online. Kasur bayi lipat ini memiliki berbagai keunggulan seperti bisa request kelambu yang bisa dilepas maupun menyatu dengan badan.

Selain itu, kasur ini terbuat dari bahan kain 100% full katun viscose grade 1 yang adem, lembut tidak berbulu dan tidak luntur. Karena terbuat dari bahan dakron yang berkualitas, kasur ini juga sangat nyaman dan tidak mudah kempes. Cocok untuk buah hati yang baru lahir. Kasur ini didesain ergonomis dan dapat menjaga posisi kepala dan leher bayi tetap tertopang dengan baik. Ukuran kasur sekitar 85 x 0 cm, kasur ini bisa digunakan oleh bayi hingga usia 2 tahun.

Harga Rp. 123.000-235.000

Omiland OBG2311 Panda Series Gendongan Bayi Samping

Saat bepergian, ibu tentunya butuh gendongan untuk membawa si kecil dengan nyaman. Untuk itu jika Anda ingin membawa bayi saat bepergian ada baiknya jika memilih gendongan yang nyaman dan terbuat dari bahan yang kuat. Omiland gendongan bayi bisa jadi pilihan untuk Anda yang mencari gendongan bayi yang cukup besar dan nyaman dikenakan.

Terbuat dari kain PE embos, gendongan ini bisa menahan beban hingga 15 kg dan dilengkapi dengan ring serta topi yang lucu untuk buah hati. Bisa digunakan dalam berbagai posisi seperti posisi tidur, duduk samping, dan mengangkang, produk ini tentunya akan memudahkan Anda saat membawa si kecil kemanapun.

Harga Rp. 94.999-99.999

Bedong Bayi Carter

Selain gendongan, perlengkapan bayi lainnya yang dibutuhkan adalah bedong. Bedong bayi Carter 4 in 1 Jumbo ini bisa jadi solusi. Carter dikenal sebagai salah satu brand perlengkapan bayi asal Amerika yang tak diragukan lagi kualitasnya. Produk bedong dari Carter ini terbuat dari material katun 100% yang halus dan lembut. Dengan ukuran sekitar 102 x 76cm, bedong ini bisa menyelimuti bayi dengan sempurna dan menghangatkan. Selain digunakan sebagai bedong, produk ini juga bisa digunakan sebagai selimut dan alas stroler. Sebelum digunakan pastikan bedong dicuci terlebih dahulu ya!

Harga Rp. 69.000-79.900

Cussons Baby Mini Bag Set Perlengkapan Bayi

Tak ingin repot memilih perlengkapan mandi untuk bayi? Anda bisa pilih satu set cusson baby mini bag. Set perlengkapan mandi ini cocok untuk si kecil dan dikemas dengan tas lucu dengan berbagai nuansa warna yang menarik seperti pink, biru dan ungu.

Selain lengkap set perlengkapan mandi ini juga mudah dibawa saat berpergian. Dalam satu setnya, Anda bisa mendapatkan 1 Cusson Baby soap 75 g, yang mengandung ekstrak blueberry, Vitamin A, C serta yogurt dan vitamin E yang dapat melembabkan dan memelihara kulit bayi. Anda juga akan mendapatkan Cusson Baby powder, Baby oil, dan baby shampoo yang tentunya aman untuk kulit bayi dan tidak menyebabkan alergi.

Harga Rp. 22.000-28.000

HAYAYO Baju Kutung Bayi

Kalau Anda sedang mencari baju yang nyaman dikenakan oleh sang buah hati, Anda bisa pilih produk yang satu ini. Hayayo 1 Pcs baju kutung ini adalah baju bayi yang terbuat dari bahan kain yang halus dan lembut serta aman digunakan karena bebas bahan kimia berbahaya.

Saat digunakan, bahan pakaian ini dapat menyerap keringat dengan baik serta tidak terasa panas di kulit. Tidak hanya itu, baju dari Hayayo ini anti alergi, anti bakteri, tidak berbulu dan tidak menimbulkan gatal. Anda tidak perlu khawatir karena bahan baju ini juga tidak mengkerut maupun melar setelah dicuci bahkan jika dicuci dengan menggunakan mesin.

Harga Rp. 9.000-12.604

Cocolatte Capella Cony Stroller

Memilih stroller untuk bayi memang gampang-gampang susah. Anda harus memilih kereta bayi yang sesuai dengan budget tetapi tetap berkualitas. Stroller Chocolate Cony capella, adalah salah satu kereta bayi yang bisa digunakan untuk bayi usia 0 hingga 36 bulan.

Stroller ini dilengkapi dengan 3 posisi recline yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dilengkapi dengan reversible handle, stroller ini dapat berubah menjadi beberapa mode seperti mode parent facing hanya dengan memindahkan handle. Stroller ini juga memiliki bantal kepala yang lebar serta bumper pengaman yang dapat dilepas dan dipasang. Bagian footrest dapat diextend untuk memaksimalkan kenyamanan si kecil dan kanopi lebarnya dapat melindungi si kecil dari sinar matahari.

Untuk pergerakannya, kereta dorong ini memiliki from single steering wheel yang dapat berputar dan one touch break yang dapat mengunci kereta dengan mudah. Dilengkapi bola dengan keranjang di bagian bawah untuk membawa peralatan si kecil saat pergi keluar.

Harga Rp. 2.500.000-2.839.000

Tupperware Tas perlengkapan bayi

Tas diaper juga menjadi salah satu barang penting yang harus dimiliki orang tua terutama jika sering bepergian bersama anak. Agar dapat menampung semua perlengkapan bayi dan awet digunakan, Anda bisa membeli tas dari brand yang cukup ternama seperti tupperware.

Brand asal Amerika yang satu ini sudah dikenal sejak dulu dan memiliki berbagai produk anak yang ramah lingkungan serta aman digunakan. Tas Tupperware ini memiliki ukuran yang besar yakni 26 x 28 cm. Didesain menarik dan lucu, tas ini terbuat dari bahan yang awet dan tahan lama serta dapat menampung berbagai perlengkapan bayi seperti pakaian, susu dan Pampers.

Harga Rp. 52.000-55.000

Maison Elmesa Newborn Bodysuits Baju Infant Ultrafine

Untuk bayi yang baru lahir, Anda bisa pilih pakaian yang mudah digunakan seperti bodysuit atau jumper. Selain mudah digunakan, jenis pakaian ini juga membuat bayi lebih nyaman saat tidur maupun bermain. Maison Elmesa Newborn bodysuit lengan panjang ini bisa jadi pilihan untuk buah hati.

Terbuat dari material ultrafine cotton yang super lembut dan berkualitas tinggi, tentunya baju ini ini akan membuat bayi tetap nyaman sepanjang waktu. Ada beberapa ukuran yang tersedia untuk bayi dengan berat 8 hingga 10,5 kg. Pastikan Anda memilih ukuran yang sedikit longgar dan tidak terlalu pas di badan agar bayi dapat bergerak dengan nyaman.

Harga Rp. 119.000-327.000

Gabag Kolibri X1 Breast Pump

Jika Anda termasuk ibu yang harus bekerja di luar dan meninggalkan bayi di rumah tentunya Anda juga harus menyediakan stok ASI untuk si kecil. Agar ASI tersimpan dengan baik, Anda bisa menggunakan alat pompa ASI yang berkualitas. Alat ini bisa memudahkan pumping ASI dengan nyaman dan memiliki 16 mode penghisapan. Gabah Kolibri X1

Breastpump ini juga dilengkapi dengan kolibri konektor yang dapat memudahkan pemindahan ASI dari pump hingga ke dalam tempat penyimpanan. Tak perlu khawatir berisik karena pompa ini dilengkapi dengan silikon yang lembut dan tidak berisik saat digunakan. Dalam satu paketnya , Anda akan mendapatkan 1 buah silikon diafragma, 1 buah badan pompa, 1 buah silikon corong, 1 buah katup, 1 buah kolibri konektor, 1 buah pompa motor, 1 buah kabel USB dan 30 lembar kantong ASI.

Harga Rp. 495.000-509.150

Nuna Sena Night Tempat Tidur Bayi

Tidur terpisah dengan bayi bisa menghindari resiko bayi terhimpit saat tidur. Jika Anda ingin bayi tetap tidur nyaman didalam ranjangnya sendiri, Anda bisa pilih ranjang khusus bayi seperti baby box Nuna Sena Aire ini. Baby box ini ini terbuat dari material aluminium yang kokoh dan awet serta didesain dengan aman serta dilengkapi dengan berbagai pilihan warna.

Ranjang dengan 2 tingkat ketinggian ini bisa digunakan oleh bayi yang baru lahir hingga usia 3 tahun. Baby box ini juga dilengkapi dengan teknologi sirkulasi udara yang membuat anak tetap sejuk saat tidur maupun bermain. Tidak hanya rangka ranjang saja, baby box ini juga sudah dilengkapi dengan matras berkualitas yang pelapisnya dapat dilepas dan dicuci. Dengan ukuran 65x5 cm,baby box ini bisa dibawa dengan mudah dan dapat dijadikan tas travelling saat bepergian dengan si kecil. Menarik, bukan?

Harga Rp. 1.640.000-3.069.450
From our editorial team

Perlengkapan Bayi Wajib Punya Agar Bayi Tetap Nyaman dan Aman

Sebelum bayi lahir, Anda tentu harus mempersiapkan semua perlengkapan bayi dengan baik agar tidak kesulitan saat ia lahir. Jangan membeli sesuatu secara mendadak, Ketahui dengan baik apa saja yang harus Anda miliki dan kriteria yang tepat untuk membeli perlangkapan bayi. Pastikan Anda membeli sesuai kebutuhan dan sesuai budget yang Anda miliki. Jangan juga tergoda membeli hanya karena modelnya yang lucu dan tidak begitu dibutuhkan.