Bingung Mencari Kado Bermanfaat untuk Teman Atau Keluarga yang Baru Lahiran? Kami Ada Rekomendasinya di Sini!

Bingung Mencari Kado Bermanfaat untuk Teman Atau Keluarga yang Baru Lahiran? Kami Ada Rekomendasinya di Sini!

Kabar kelahiran bayi adalah sesuatu yang sangat menggembirakan, terutama dari sahabat atau keluarga dekat. Kamu pasti ikut bingung mau memberi kado apa untuk merayakan kelahiran si bayi. Tidak perlu pusing, cari rekomendasinya dalam artikel BP-Guide yang satu ini ya!

Jika Memiliki Kerabat atau Keluarga yang Melahirkan, Berikan Kado Sebagai Tanda Kebahagiaan Atas Kelahiran Si Bayi

Sumber gambar unsplash.com

Kelahiran bayi memang menjadi saat yang paling membahagiakan. Tidak hanya bagi ayah dan ibu yang menyandang status baru, tetapi juga bagi orang-orang di sekelilingnya. Kamu pasti juga sangat bahagia bukan jika mendengar kabar teman atau kerabat baru saja melahirkan bayinya?

Tentu kamu juga tidak sabar untuk segera mengunjungi si bayi yang menggemaskan itu. Namun jangan menjenguk bayi dengan tangan kosong ya. Agaknya sudah menjadi tradisi di seluruh dunia untuk memberi kado bagi bayi yang baru saja lahir ke dunia, termasuk Indonesia.

Memberi kado menunjukkan bahwa kamu ikut bahagia dengan kelahiran bayi tersebut dan juga berdoa yang terbaik untuknya. Kado bayi sangat beragam macam dan jenisnya, sehingga kamu tidak perlu bingung mau memberi yang mana. Bisa pakaian bayi, popok, hingga peralatan mandi dan perawatan tubuh bayi.

Yang tidak kalah penting, memberi kado tentu harus disesuaikan dengan jenis kelamin bayi. Namun kalau kamu bukan orang yang gender-oriented, maka kamu bisa memilihkan kado yang bertema unisex.

Perhatikan Hal Ini Ketika Memilih Kado Untuk Hadiah

Berikan Kado yang Bisa Menstimulasi Kemampuan Bayi

Siapa bilang bayi tidak boleh diberi mainan? Tentu kamu bisa membeli mainan sebagai kado kelahiran bayi akan bisa ia gunakan nanti. Mainan bayi harus bisa mendukung tumbuh kembangnya agar semakin optimal. Pilih mainan yang bisa dimainkan usia newborn hingga 3 bulan.

Mainan untuk bayi di usia-usia awal kehidupannya bisa berupa musical box untuk digantung di atas tempat tidurnya. Musik dapat memberi stimulus untuk kecerdasan bayi sehingga ia akan lebih tanggap dan cekatan nantinya.

Alternatif kado lain yang bisa kamu berikan antara lain adalah finger puppets atau boneka jari dengan berbagai karakter serta playmat yang bisa digunakan saat bayi memasuki tahap tummy time.

Tanyakan Keperluan yang Dibutuhkan

Memberi kado sebaiknya memang yang benar-benar dibutuhkan oleh ibu dan bayi, sehingga tidak jadi mubadzir nantinya. Bayi baru lahir punya banyak keperluan, sehingga kamu bisa membantu meringankan beban mereka dengan memberi kado yang belum mereka miliki.

Kalau orang tua adalah saudara atau teman dekat, maka kamu bisa bertanya langsung apa yang mereka butuhkan tanpa merasa sungkan. Ini juga untuk menghindari agar kado yang kamu berikan tidak dobel dengan pemberian orang lain sehingga langsung bisa digunakan. Nah, jika barang yang dibutuhkan ternyata mahal harganya, kamu bisa mengajak teman-teman untuk patungan untuk membelinya.

Kualitas Terbaik

Saat memilih kado apa yang akan diberikan pada teman yang barus saja melahirkan, kamu tidak perlu terbebani karena takut harga barangnya melebihi budget yang kamu sediakan. Namun ingat bahwa barang yang diberikan harus berkualitas baik supaya awet dan tahan lama. Jangan sampai barang pemberianmu terkesan murahan, ya!

Satu hal yang harus kamu ingat, barang berkualitas tidak harus mahal lho. Kamu hanya perlu mencari barang yang sesuai dengan budget-mu namun kualitasnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Mencari barang yang berkualitas baik sangat penting karena kulit bayi cenderung sensitif.

Apalagi jika barang yang kamu berikan langsung bersentuhan dengan kulit bayi seperti sprei, bantal, selimut, atau pakaian. Pastikan bahan pembuatnya tidak menimbulkan reaksi alergi saat bersentuhan dengan kulit bayi.

Sesuaikan Dengan Selera Orangtua

Kalau kamu belum pernah memiliki anak, bisa jadi kamu akan sangat bingung saat memilih kado apa yang cocok untuk bayi baru lahir. Karena bayi tidak bisa memilih, maka sebaiknya kamu sesuaikan saja dengan selera orang tuanya.

Ada orang tua yang membedakan warna barang dan pakaian bayi berdasarkan jenis kelaminnya. Misalnya warna serba pink untuk bayi perempuan dan serba biru untuk bayi laki-laki. Demikian juga dengan motif, yaitu motif bunga-bunga dan hati untuk perempuan serta motif mobil-mobilan dan hewan untuk laki-laki.

Namun ada juga lho orang tua yang tidak mempedulikan soal warna dan motif. Sebaiknya kamu sesuaikan kado yang akan kamu berikan dengan selera orang tua agar mereka juga merasa senang saat menerima kado darimu.

Berbagai Perlengkapan yang Bisa Dijadikan Kado

Baby Monitor

Setiap orang tua pasti merasa was was dan khawatir saat meninggalkan bayi mereka untuk melakukan aktivitas yang lain, meski si bayi sedang tidur sekalipun. Untungnya kini ada baby monitor yang membantu orang tua untuk mengawasi bayi. Monitor ini dapat mendeteksi bayi yang menangis.

Sangat berguna sekali untuk bayi baru lahir yang terkadang rewel. Dengan adanya alat ini, para ibu tidak perlu khawatir saat meninggalkan anak tidur sendirian dan melakukan aktivitas rumah tangga lainnya.

Para working mom juga akan membutuhkan baby monitor yang canggih ini. Baby monitor juga bisa mengawasi aktivitas anak bersama pengasuh di rumah, sehingga ibu selalu bisa memantau aktivitas si kecil meski dari tempat kerja.

Pagar Pengaman Bayi

Ketika anak sudah mulai bisa merangkak dan berjalan, ia cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar dan akan mengeksplorasi seluruh sudut rumah. Untuk menjaga keamanan anak, banyak orang tua masa kini memasang baby fence sebagai sekat ruangan.

Tujuannya tentu agar anak tidak berjalan atau merangkak tanpa sepengetahuan orang tua. Baby fence juga sering digunakan sebagai pengaman untuk tangga agar anak tidak naik dan turun tangga sembarangan. Selain itu baby fence juga sering dipasang bersama dnegan playmat untuk memberikan area bermain tersendiri yang aman bagi si kecil.

Car Seat

Mengajak bayi jalan-jalan ke luar rumah dan mengeksplorasi alam sekitar adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun keselamatan bayi selama perjalanan menjadi hal yang paling utama. Itulah pentingnya car seat bagi bayi, yaitu sebagai dudukan khusus yang memastikan bayi tetap aman dan nyaman di jalan.

Car seat hadir dalam ukuran berbeda-beda, harus disesuaikan dengan usia anak. Car seat bayi didesain untuk digunakan mulai usia 0 bulan sampai 4 tahun. Pertimbangkan juga berat bada anak agar car seat yang dipilih pas untuknya dan membuatnya semakin nyaman berada di dalam mobil.

Baby Gym

Siapa bilang cuma orang dewasa saja yang butuh nge-gym? Bayi juga lho. Tetapi tentu saja tujuannya berbeda. Baby gym dirancang untuk dapat melatih kemampuan sensorik dan motorik bayi untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Baby gym biasanya berupa satu set mainan gantung dengan warna-warna cerah yang pasti akan menarik perhatiannya. Mainan ini sangat cocok untuk anak mulai usia 3 sampai 6 bulan. Tidak hanya menarik, kado ini jelas sangat berguna untuk perkembangan otak bayi.

Baby Walker

Bayi biasanya baru bisa berjalan ketika usianya memasuki tahun pertama. Namun sebelum itu, ia akan belajar merangkak saat menginjak usia 8 bulan. Nah memasuki fase ini, orang tua akan membutuhkan alat bantu yang bisa memperlancar pijakan bayi.

Namannya baby walker. Baby walker akan membantu bayi mengambil langkah-langkah pertama dalam hidupnya, sehingga menjadi kebutuhan bagi setiap orang tua. Saat membeli baby walker, pastikan produk tersebut mampu menjamin keamanan bayi saat menggunakannya.

Rekomendasi Berbagai Perlengkapan Bayi yang Bisa Kamu Berikan Sebagai Kado

Little Giant LG.5023-TE Screen Video Baby Monitor

Little Giant LG.5023-TE Screen Video Baby Monitor mampu mendeteksi gerak dan aktivitas bayi dalam jarak yang cukup jauh. Jangkauan video alat ini mencapat 100 meter sementara jangkauan audionya mencapai 300 meter di ruangan terbuka. Dilengkapi dengan layar seluas 2 inch berkualitas TFT.

Fitur lain pada alat ini adalah Night Vision yang bisa menyala secara otomatis. Tidak perlu khawatir dengan monitornya karena sinar radiasi yang dipancarkan sangatlah kecil, yaitu terendah nomor 2 di dunia. Baby monitor ini hadir dalam warna hijau dengan ukuran 26 x 8 x 34 cm.

Harga Rp. 1.450.000-2.175.000

Philiphs Avent Dect Baby Monitor

Para orang tua, terutama mereka yang baru saja dikaruniai anak pertama pasti tidak ingin meninggalkan sang buah hati sendirian meski hanya sedetik. Namun hal ini tentu mustahil buat mereka yang masih aktif bekerja alias working mom.

Tidak perlu khawatir, kini ada Philiphs Avent Dect Baby Monitor yang akan membantumu mengawasi si kecil. Produk ini dilengkapi teknologi DECT yang menjamin bebas gangguan, suara jernih, serta jangkauan yang cukup luas, mencapai 900 kaki. Lima lampu LED adalah indikator tingkat suara dan kenyamanan lampu di malam hari.

Alat ini menggunakan baterai sebagai sumber tenaga, yaitu baterai AA yang bisa diganti jika habis. Dengan adanya monitor dari Philips, para working mom bisa mengawasi anak-anak mereka dari jauh.

Harga Rp. 1.348.000-1.879.900

Skidamarink BabySafe XY018 Safety Gate Duck Handle

Orang tua pasti punya banyak kekhawatiran akan si kecil yang belum mengerti bahaya dan rasa takut. Itulah mengapa baby fence alias pagar bayi sangat penting untuk mencegah mereka keluar dari zona aman yang telah ditentukan.

Skidamarink BabySafe XY018 Safety Gate Duck Handle memiliki lebar 75 sampai 85 cm yang bisa disesuaikan. Pagar ini juga bisa diatur arah pembukaannya, mau satu arah atau 2 arah. Pas untuk dipasang di pintu kamar dan ujung tangga.

Tinggi pagar sendiri adalah 77 cm dengan jarak antar jeruji 5 cm. Dengan adanya pagar ini, si kecil tidak akan berkeliaran ke area-area yang dianggap berbahaya. Pagar juga dilengkapi dengan sistem keamanan double lock handle.

Harga Rp. 550.000-770.000

Parklon Fence New Series Magic Castle Monochrome

Satu lagi pagar pengaman bayi yang cocok untuk dipasang di atas playmat. Nama produknya adalah Parklon Fence New Series Magic Castle Monochrome. Warnanya adalah abu-abu dan putih, sehingga tidak hanya aman untuk bayi tetapi juga matching dengan dekorasi rumah.

Pagar ini memiliki 12 pcs yang bisa disambung-sambungkan menjadi satu dan membentuk pengaman untuk si kecil. Cocok untuk bayi usia 6 sampai 24 bulan yang punya rasa ingin tahu besar. Dengan adanya pagar pengaman ini, ibu tidak perlu khawatir saat harus meninggalkan si kecil untuk melakukan aktivitas rumah tangga yang lainnya.

Harga Rp. 1.750.000-2.800.000

Baby Does CH 402 Car Seat

Fungsi car seat untuk bayi adalah memastikan mereka tetap aman dan nyaman dari goncangan yang terjadi selama perjalanan. Baby Does CH 402 Car Seat dirancang sesuai dengan kebutuhan bayi dan disesuaikan dengan perkembangannya.

Kursi mobil ini cukup fleksibel, bisa diatur menghadap ke depan maupun ke belakang serta dilengkapi dengan sabuk pengaman bawaan serta ekstra headrest yang menjamin kepala bayi tetap aman. Kanopi car seat bisa dilipat saat tidak dibutuhkan, serta fitur handle atau pegangannya juga dapat diatur.

Berat car seat ini adalah 5 kg dan mampu menopang berat bayi hingga 13 kg atau maksimal berusia 1 tahun.

Harga Rp. 450.000-525.000

Joie Meet Tilt Car Seat

Kalau kamu mencari kursi mobil bayi yang awet dan tahan lama, maka produk yang satu ini adalah yang paling cocok untukmu. Joie Meet Tilt Car Seat dirancang untuk dapat digunakan bayi mulai usia 0 sampai 4 tahun. Desainnya yang menawan membuatmu ingin memilikinya. Titik sabuk pengaman pada car seat ini dapat disesuaikan dan mudah dipasang.

Dudukannya yang empuk sangat nyaman untuk bayi. Dilengkapi pula dengan bantalan kepala yang mudah dilepas. Fitur pelengkap lainnya adalah dua lock off yang dapat dipasang dengan sabuk mobil. Bentuk car seat ini mirip kepompong untuk full body support dan recline maksimal yang ekstra nyaman.

Selain itu, pilihan warna produknya juga sangat menarik lho. Ada ladybug, pavement, black, dan foggy gray.

Harga Rp. 1.499.900-1.542.000

Baby Gym Musical Set

Baby Gym Musical Set adalah mainan yang pas untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Tidak hanya berisi mainan saja, tetapi alat ini juga akan melatih kemampuan motorik dan sensorik si kecil. Dilengkapi dengan matras dan piano kick yang akan melatih indera pendengarannya sembari bersantai.

Isi dari set baby gym ini adalah 4 mainan berbeda untuk digantung, 5 gantungan berbentuk lingkaran, piano kecil yang tinggal diisi baterai, tempat gantungan mainan bayi, serta kasur kecil untuk tempat tidurnya. Baby gym ini bisa digunakan oleh bayi mulai usia 1 hingga 12 bulan, bahkan ketika ia sudah bisa duduk sendiri lho.

Harga Rp. 78.000-150.000

Granger Musical Playgym

Berbeda dengan rekomendasi produk sebelumnya, Granger Musical Playgym tidak dilengkapi dengan kasur. Tapi justru itulah yang membuat mainan ini mudah dipindahkan sesuai dengan kemauan si kecil. Berbentuk gym set dengan gantungan boneka beruang yang bisa mengeluarkan suara sendiri.

Manfaat dari mainan ini untuk tumbuh kembang si kecil adalah menstimulasi penglihatannya dengan warna-warna cerah yang menyita perhatian, melatih pendengaran dari gemerincing suara dan musik yang dimainkan.

Selain itu, mainan ini juga sangat berguna untuk melatih motorik kasar si kecil ketika ia berusaha meraih dan menarik-narik mainan yang digantung.

Harga Rp. 88.875-226.900

Bebe Smart Learn & Giggle Carnival Baby Walker

Manfaat baby walker bukan sekedar alat yang membantu si kecil agar lebih lancar berjalan. Bebe Smart Learn & Giggle Carnival Baby Walker ini misalnya. Alat ini sekaligus melatih motorik halus si kecil saat ia memencet mainan agar mengeluarkan bunyi. Berhiaskan kue ulang tahun dan lolipop yang bisa dilepas dan dimainkan secara terpisah.

Fitur lain dari alat ini adalah keamanan pada roda untuk mengatur kecepatan, sehingga bayi tidak akan terjatuh ketika baby walker berjalan cepat. Baby walker ini juga dilengkapi dengan mainan 5 bola yang bisa dilempar tangkap dengan si kecil.

Harga Rp. 285.000-325.000

Pumpee Happy Musical Baby Walker

Rekomendasi produk terakhir adalah baby walker dari Pumpee Happy Musical Baby Walker. Baby walker yang satu ini dapat digunakan oleh bayi mulai usia 9 bulan. Warnanya yang cerah dan bervariasi pasti akan segera menyita perhatian bayi. Bahannya yang kuat dan awet membuat alat ini bisa bertahan lama.

Bagian roda dilengkapi dengan silikon anti slip, serta plastik yang digunakan sudah bersertifikasi SNI dan EN71, juga bebas BPA sehingga sangat aman untuk anak-anak. Baby walker ini dapat melatih sistem motorik bayi, membantunya belajar berdiri dan berjalan secara mandiri.

Harga Rp. 390.000-425.000
From our editorial team

Sesuaikan Kado Dengan Budget yang Kamu Miliki

Setelah membaca rekomendasi kado untuk bayi baru lahir dalam artikel BP-Guide di atas, kini kamu pasti sudah tidak bingung mau memberi kado apa bukan? Satu hal yang wajib kamu pertimbangkan juga adalah masalah budget. Pastikan kado yang kamu beli sesuai dengan budget yang sudah kamu persiapkan.