10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik untuk Awasi Buah Hati agar Aman (2021)

10 Rekomendasi Smartwatch Anak Terbaik untuk Awasi Buah Hati agar Aman (2021)

Smartwatch bisa diberikan sebagai bentuk pengenalan gadget pada anak. Ini cocok jadi hadiah ulang tahun untuk mereka yang akan bersekolah. Dengan begini, anak bisa lebih bersemangat beraktivitas. Selain itu, Anda juga bisa memantau mereka saat jauh dari jangkauan. Nah, cek tips memilihnya dan juga rekomendasi smartwatch terbaik untuk anak dari BP-Guide!

Smartwatch Bisa jadi Gadget Pertama untuk Anak

Di era serba modern dan serba digital seperti sekarang, kita wajib mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Ini supaya kita tidak gaptek dan bisa mengikuti cepatnya laju perkembangan zaman. Bukan hanya kita nih, anak-anak juga wajib diajarkan mengenai perkembangan teknologi sedini mungkin agar bisa mengikuti zaman dan mengerti aneka benda canggih yang terus bermunculan.

Salah satu caranya adalah mengenalkan anak pada gagdet. Dari sekian banyak gadget, smartwatch bisa jadi pilihan terbaik Anda untuk dikenalkan pada anak pertama kalinya. Bukan hanya keren dari segi desain dan pemakaian saja, smartwatch punya sederet manfaat untuk buah hati, loh.

Bagi buah hati yang mulai bersekolah, smartwatch bisa Anda hadiahkan untuknya. Anak bisa memakainya ke sekolah sehingga Anda lebih tenang karena lewat alat ini bisa membantu Anda memantau posisi anak lewat GPS yang disematkan pada smartwatch. Anda jadi bisa tahu posisi anak meski Anda sedang berada jauh darinya. Hal ini bisa mengurangi rasa khawatir Anda yang sedang bekerja atau sedang tidak bisa menemani anak bersekolah.

Memakai smartwatch juga bikin anak jadi bisa berkomunikasi dengan orangtuanya. Smartwatch dilengkapi dengan bluetooth, Wifi, hingga SIM card sehingga bisa berfungsi layaknya sebuah smartphone. Anda bisa menghubungi si kecil dimanapun ia berada. Tambahan lagi, ada juga smartwatch yang dibekali fitur video call sehingga Anda bisa melihat pasti keadaan anak dan bisa mengurangi rasa khawatir.

Dengan adanya smartwatch, anak jadi bisa belajar tentang waktu. Anda bisa mengajarkan anak untuk lebih disiplin soal waktu dan bisa membuat anak mulai berlatih mengatur jadwalnya sendiri. Anak tentu tertarik membuat jadwal dengan memanfaatkan fitur alarm atau pengingat pada smartwatch-nya.

Smartwatch bisa digunakandalam berbagai macam aktivitas anak. Bentuknya keren tentu bikin anak jadi bersemangat dalam melakukan aktivitasnya. Selain itu, gaya anak juga bisa makin stylish dan fashionable dengan memakai smartwatch.

Sebelum Membeli Smartwatch Anak, Pertimbangkan Dulu Hal-hal Berikut!

Pastikan Fiturnya Lengkap

Dalam memilih smartwatch terbaik untuk anak, salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah pemilihan fiturnya. Usahakan memilih fitur yang lengkap untuk smartwatch anak. Utamakan fiturnya bisa membantu kegiatan dan aktivitas anak dalam keseharian sehingga tidak rugi membelinya.

Fitur pertama yang harus ada pastinya adalah GPS. Fitur ini penting karena dengan inilah Anda bisa memantau lokasi anak secara real time. Saat anak bersekolah atau sedang bermain, Anda bisa mengecek dan mengawasi anak sedang ada dimana. Dengan begini, Anda jadi tidak terlalu was-was.

Fitur lain yang harusnya ada di smartwatch anak adalah fitur panggilan darurat. Masukkan nomor Anda, nomor pasangan Anda, dan juga beberapa nomor penting lainnya. Dengan begini, jika anak sedang dalam bahaya atau sedang butuh bantuan maka ia tinggal memencet tombol darurat tersebut agar tersambung pada orangtua.

Penting juga ada fitur video call, phone, dan messages. Dengan begini, orangtua bisa menghubungi anak kapan saja dan dimana saja baik melalui fitur video call, panggilan suara, atau mengirim pesan.

Anak-anak selalu banyak tingkah. Maka dari itu, pastikan memilih produk yang waterproof dan anti gores. Dengan begini, apapun aktivitas anak, smartwatch tetap aman dan tidak mudah rusak.

Pertimbangkan Desain dan interface

Mengajarkan anak mengenai teknologi butuh kesabaran. Sebagai awalan, sebaiknya Anda memilih smartwatch yang desainnya simpel dan sederhana. Pastikan juga smartwatch yang Anda pilih memiliki interface yang mudah dipahami. Dengan begini, anak-anak akan lebih mudah mengutak atik dan mengoperasikannya.

Cek Daya Baterainya

Daya baterai dari sebuah smartwatch juga wajib jadi pertimbangan sebelum membelinya. Pastikan kapasitas baterai smartwatch dapat bertahan lebih dari satu hari penuh atau 24 jam tanpa mengisi ulang daya. Jika daya baterainya tinggi, maka Anda bisa tenang mengawasi anak sejak ia pergi keluar rumah hingga ia pulang. Saat anak pulang, Anda bisa mengisi ulang daya baterainya sehingga keesokan harinya anak bisa memakainya lagi seharian penuh.

Ini Loh Pilihan Smartwatch Keren untuk Anak

Imoo Watch Phone Z6

Imoo Watch Phone Z6 adalah rekomendasi pertama dari kami. Smartwatch dibekali dengan aneka fitur menarik. Ada fitur video call dengan kualitas HD sehingga Anda bisa mengetahui keadaan anak dengan lebih jelas, lebih menyenangkan, dan lebih mudah. Ada juga fitur kamera ganda di bagian depan dan belakang sehingga Anda bisa melihat keadaan lingkungan sekitar anak.

Smartwatch model flip ini terkesan modern dan kekinian. Produk sudah melewati uji coba sebanyak 100.000 kali sehingga sudah cukup kokoh dan tangguh. Casing lengkap dengan lapisan TPU sehingga tidak mudah tergores dan pecah. Desainnya keren dan bikin anak jadi tertarik memakainya.

Produk sudah mendukung jaringan internet 4G LTE berkecepatan tinggi. smartwatch bisa digunakan di lebih dari 200 negara dengan 8 tipe pemosisisan yang akurat kapan dan di mana saja. Fitur lain yang ada pada produk ini adalah tahan air hingga kedalaman 20 meter.

Harga Rp. 2.650.000-3.339.000

Fitbit Ace 2

Fitbit Ace 2 termasuk smartwatch yang simpel dan ukurannya juga mini. Meski bisa dibilang sebagai smartband, namun tak ada salahnya juga memberikan ini pada anak untuk mengetahui posisinya selama berada di luar rumah. Produk ini cocok untuk anak usia 6 tahun ke atas.

Ada banyak pilihan warna menarik yang bisa disesuaikan dengan warna favorit anak. Smartwatch memiliki sederet fitur unggulan yang ramah anak. Interfacenya ramah anak sehingga anak tidak kerepotan mengoperasikannya. Produk ini juga dilengkapi dengan alarm dan pengingat sehingga anak lebih terjadwal aktivitasnya.

Baterainya juga tahan lama yakni tahan sampai 5 hari. Ada fitur waterproof sehingga anak bisa memakainya mandi dan berenang dengan nyaman. Anak juga bisa tidur lebih terjadwal karena ada pengingat tidur pada smartwatchnya.

Harga Rp. 1.120.000-1.828.000

Wonlex KT12

Wonlex KT12 dilengkapi dengan aneka fitur menarik. Ada fitur alarm untuk pengingat anak, phonebook yang bisa diisi deretan nomor penting, dan juga touch keypad yang memudahkan anak mengoperasikannya. Fitur lain yang ada dalam smartwatch ini adalah koneksi 4G dan video call. Dengan adanya fitur tersebut, Anda bisa mengecek keberadaan anak dengan lebih pasti.

Jangan khawatir saat anak memakainya beraktivitas, produk sudah dibekali dengan sertifikasi IP67 sehingga aman terkena air. Anda bisa tenang juga saat anak memakai smartwatch ini karena ada rekam jejak yang bisa menunjukkan rute perjalanan anak dari berangkat hingga pulang. Produk juga memiliki pengaturan “dont’t disturb” sehingga anak bisa tetap konsentrasi selama pelajaran.

Harga Rp. 875.000-1.499.000

Evercoss B5

Evercoss B5 merupakan jam tangan pintar yang bisa digunakan anak-anak. Produk dibekali aneka fitur menarik. Ada fitur anti air yang aman digunakan ebrenang atau hujan-hujan. Ada juga fitur games yang bikin anak tidak bosan saat santai atau saat menunggu.

Ada juga fitur telepon, tombol darurat, dan video call sehingga Anda bisa mengecek keberadaan anak dengan lebih tenang. Layaknya smartwatch pada umumnya, ada juga fitur GPS sehingga Anda bisa melacak lokasi anak dengan tepat. Anak bisa tenang bepergian karena ada tombol darurat yang bisa ditekan saat anak dalam bahaya. Ada juga fitur flashlight yang bisa membantu anak saat keadaan di sekitar sedang minim cahaya.

Harga Rp. 218.000-699.000

imoo Watch Phone Z5

imoo Watch Phone Z5 merupakan smartwatch yang cocok digunakan untuk anak-anak. Anda bisa melakukan panggilan video call dan memantau keadaan anak serta sekitarnya. Ada juga fitur kamera dengan resolusi 5 MP sehingga foto yang diambil anak berkualitas bagus. Lensa kamera juga hadir dengan sudut yang lebar sehingga bisa mengambil pemandangan yang lebih luas.

Layar smartwatch adalah layar Amoled dengan retina display sehingga layarnya cukup nyaman untuk mata. Smartwatch bisa digunakan dalam mode kelas sehingga anak bisa lebih fokus saat belajar karena beberapa aplikasi tidak akan bisa digunakan saat mode ini berlangsung.

Ada banyak fitur lain yang bisa digunakan dan bermanfaat seperti alarm, sleep monitoring, penghitung langkah kaki, dan lain sebagainya. Dari segi desain, produk ini juga menarik karena ada dua pilihan warna, yakni hijau dan pink.

Harga Rp. 1.845.000-3.200.000

Wonlex GW500S

Wonlex GW500 merupakan smartwatch dengan fitur pemosisian waktu yang nyata sehingga akan lebih mudah untuk memantau anak. Jam juga memiliki senter untuk membantu anak saat kurang cahaya di sekitarnya sehingga anak tidak mudah takut kegelapan. Smartwatch juga memiliki fitur penghitung langkah, monitor tidur, dan lain sebagainya sebagai pendeteksi kesehatan anak.

Desainnya keren berbentuk gelang sehingga tampak stylish saat digunakan. Layarnya berupa touchscreen sehingga mudah dioperasikan. Smartwatch dibekali dengan kamera selfie sehingga bisa membuat anak selfie kapan saja dimana saja.

Harga Rp. 299.000-567.000

Mito Gear W2

Mito Gear W2 merupakan produk lain yang bisa Anda pilih untuk buah hati. Jam tangan pintar ini harganya terjangkau namun bisa memberikan manfaat maksimal pada anak. Desainnya menarik dan bikin tampilan anak makin stylish dan percaya diri. Ada pilihan warna hitam dan merah yang bisa disesuaikan dengan favorit anak.

Layar smartwatch ini adalah 1,44 inci berjenis TFT sehingga cukup nyaman di mata. Produk dibekali dengan aneka fitur keren seperti SOS, kamera, senter, pelacakan, dan lain sebagainya. Baterai smartwatch berkapasitas 400 mAh sehingga tahan lama digunakan.

Harga Rp. 179.000-249.000

Evercoss J1

Evercoss J1 adalah smartwatch anak lainnya yang bisa Anda andalkan. Dengan baterai berkapasitas 400 mAh, smartwatch bisa tahan seharian. Waktu pengisian daya juga tidak lama, yakni 2 jam untuk dipakai seharian. Desainnya simpel dengan layar 1,44 inci yang memiliki resolusi 128 x 128 piksel. Radiasi layar lebih rendah dari smartphone sehingga aman untuk mata dan tubuh anak. Ada dua pilihan warna yakni biru dan pink sehingga anak bisa menyesuaikan dengan gendernya.

Ada banyak fitur menarik pada smartwatch yang satu ini. Anda bisa melakukan pelacakan posisi dengan produk ini. Selain itu, ada juga fitur panggilan dua arah yang jelas dan stabil sehingga komunikasi bisa lebih nyaman. Smartwatch ini aman dipakai berenang dan bermain air.

Harga Rp. 150.000-250.000

Mobvoi Ticwatch Kids

Mobvoi Ticwatch Kids adalah smartwatch dengan harga terjangkau. Produk yang satu ini memiliki fitur koneksi 4G sehingga bisa melakukan panggilan telepon dan juga pengiriman pesan. Ada juga fitur SOS sehingga bisa memudahkan anak saat sedang dalam keadaan bahaya.

Smartwatch dilengkapi kamera 2 MP yang bisa digunakan untuk video call dan juga selfie. Ada juga fitur waterproof sehingga aman digunakan untuk main air. Baterai produk berkapasitas 660 mAh sehingga bisa tahan seharian penuh. Fitur lain yang ada dalam smartwatch ini adalah bluetooth, weather forecast, alarm, health monitoring, dan juga growth diary for children.

Harga Rp. 1.199.000

Al Qolam Hafiz Smartwatch

Al Qolam Hafiz Smartwatch merupakan rekomendasi terakhir kami. Smartwatch ini keren karena ada fitur standar seperti GPS, panggilan telepon, dan mengirim pesan. Ada juga fitur notifikasi saat anak keluar dari batas wilayah tertentu sehingga orangtua bisa lebih mengawasi anak.

Layarnya touchscreen sehingga mudah dioperasikan. Ada juga fitur games yang bikin anak betah memainkannya dan bisa memakainya saat menunggu dijemput dan lain sebagainya. Produk juga memiliki 100 icon kegiatan anak sehari-hari dan kegiatan islam.

Harga Rp. 500.000-1.300.000
From our editorial team

Pertimbangkan Harga

Saat membeli smartwatch, ada baiknya Anda mempersiapkan bujet khusus. Meski ukurannya kecil, ada kalanya smartwatch memiliki harga yang sangat tinggi. Untuk smartwatch anak, sebaiknya Anda pilih yang fitur dan spesifikasinya sesuai dan cocok untuk anak-anak sehingga harganya tidak terlalu mahal. Jangan malu juga untuk meriset harga dan membandingkan harga dari satu toko ke toko lainnya. Ini supaya Anda mendapatkan harga yang pas dan sesuai dengan bujet yang sudah Anda persiapkan. Jangan khawatir, ada banyak kok produk smartwatch anak yang terjangkau namun spesifikasinya mumpuni. Anda hanya perlu teliti saja saat membeli.

Tag