9 Makanan Sehat dan Lezat Ini Bakal Menjadi Tren dan Viral di Tahun 2019

9 Makanan Sehat dan Lezat Ini Bakal Menjadi Tren dan Viral di Tahun 2019

Makanan tentunya selalu hadir dengan variasi baru. Makanan-makanan unik terus bermunculan dan menjadi tren di setiap tahun. Nah, di tahun 2019 ini makanan apa saja yang akan berhasil menjadi fenomena? Berikut ulasannya untuk Anda.

Tren Kuliner Selalu Berkembang dan Diikuti Setiap Waktu

Perkembangan zaman membuat seluruh aspek kehidupan juga berkembang, begitu juga dengan makanan. Pada tahun 2018, makanan yang sedang tren adalah sustainable food atau makanan yang diolah dari bahan yang bersifat ramah lingkungan dan sehat. Ada juga tren makanan dari bahan pangan alternatif pengganti daging, yaitu serangga.

Untuk tahun 2019, 700 chef dari the American Culinary Federation memprediksi bahwa makanan sehat dan praktis akan menjadi sangat populer. Contoh makanannya adalah kuliner lokal dan berbagai menu sehat.

Yuk, Ingat Berbagai Makanan yang Booming di Tahun 2018 Lalu

Sate Taichan

Sate taichan adalah sate ayam yang dibakar dan sebelumnya hanya dibumbui garam, jeruk nipis, dan sedikit cabai. Penyajiannya tidak menggunakan sambal kacang atau sambal kecap, namun hanya dengan sambal dan perasan jeruk nipis. Keunggulan dari sate ini adalah memiliki tekstur daging yang sangat lembut, karena sebelum dibakar daging dikukus terlebih dahulu. Rata-rata satu porsi sate taichan memiliki harga sekitar Rp 20.000.

Nugget Pisang

Nugget pisang adalah makanan yang terbuat dari pisang yang dibalut tepung roti seperti nugget. Teksturnya renyah dan rasanya lezat. Nugget bisa diberi tambahan beraneka topping seperti cokelat meses, keju, susu, dan sebagainya.

Salted Egg Chicken

Sumber gambar yummy.ph

Salted egg chicken adalah ayam goreng tepung yang dipadukan dengan saus telur asin untuk kemudian ditumis. Meskipun makanan ini memiliki harga yang cukup mahal, tetapi menjadi salah satu makanan yang hits pada tahun 2018, karena cita rasanya yang unik dan membuat ketagihan. Ketenaran dari makanan ini membuat banyak restoran, kafe, bahkan kedai kopi yang menyuguhkan menu ini.

Seblak

Seblak adalah makanan khas Sunda yang menggunakan kerupuk sebagai bahan dasarnya. Kerupuk yang biasanya digoreng hanya disiram air panas hingga menjadi basah dan kemudian diolah menjadi seblak. Biasanya seblak dipadukan dengan sayuran, telur, ayam, sosis, dan bakso. Rasa makanan ini sangat gurih dan pedas. Seblak menjadi sangat populer di Badung sejak awal tahun 2000-an, tetapi pada tahun 2018 menjadi sangat tren di berbagai kota di Indonesia.

Ragam Kuliner Hits di Tahun 2019

Crossushi

Sumber gambar jenny.gr

Crossushi adalah food hybrid yang mencoba memadukan croissant dan sushi. Menu ini pertama kali dikenalkan oleh toko kue ternama di Los Angeles yang bernama Mr. Holmes Bakehouse. Kombinasi masakan Perancis dan Jepang ini menghasilkan makanan berbentuk bulan sabit yang berisi sushi salmon.

Kombinasi aneh dan berani ini membuat Crossushi sangat viral dibicarakan banyak orang di seluruh dunia. Makanan ini kemungkinan akan sangat tren pada tahun 2019.

Cheesetea

Cheesetea adalah racikan teh yang mungkin akan sangat populer pada tahun 2019, di berbagai negara Asia, seperti Tiongkok, Singapura, dan Malaysia. Minuman ini mencoba menggabungkan cita rasa teh dan keju. Keju yang digunakan bukanlah keju serut, melainkan campuran keju krim yang dicampurkan dengan susu kental manis dan menghasilkan cheese foam. Sensasi rasa yang ditawarkan dari perpaduan yang unik ini adalah kesegaran teh yang khas dan rasa manis dari cheese foam. Di Indonesia, Cheesetea dijual seharga Rp 27.000.

Elderberry

Sumber gambar www.lemonilo.com

Elderberry adalah jenis buah beri yang berasal dari pohon elder. Buah ini banyak ditemukan dan tumbuh di Australia dan Amerika Selatan. Meskipun tidak lebih terkenal dari strawberry, blueberry, atau raspberry, tetapi elderberry memiliki banyak manfaat, seperti dapat mengatasi flu, pilek, asma, batuk dan penyakit lainnya. Beri ini mengandung aktioksidan alami, potasium, vitamin, dan mineral penting lainnya.

Jika Anda ingin merasakan citarasa dari buah elderberry ini, Anda bisa membeli Biotta Jus Elderberry Organik. Jus ini dibuat dari elderberry asli yang dibuat tanpa menggunakan pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Anda bisa mendapatkan jus ini di Lemonilo dengan harga Rp 237.500.

Poké Bowl

Poké bowl adalah makanan khas Hawaii yang menyehatkan. Sesuai namanya 'poke' yang berarti kubus kecil, makanan ini menggunakan bahan dasar ikan yang dipotong berbentuk kubus kecil. Awalnya makanan ini hanya berisikan ikan salmon yang dipotong dadu dan potongan rumput laut, kemudian dicampurkan kemiri yang telah dihancurkan dan dicampurkan garam.

Kemudian banyak kreasi yang dilakukan terhadap makanan ini dengan mencampurkannya dengan sayur, daging, nasi, kecap, bahkan topping. Keunggulan poké bowl dari sushi adalah rasanya yang lebih modern serta lebih praktis.

Es Krim Sehat

Es krim selalu populer dari tahun ke tahun, karena banyaknya penggemar dari makanan dingin ini. Setiap tahun, selalu lahir inovasi dari es krim secara bentuk dan rasa. Makanan yang berasal dari Italia ini telah banyak memiliki varian rasa dan bentuk di seluruh dunia.

Namun pada tahun 2019 ini, orang-orang diperkirakan lebih memperhatikan kesehatan. Sehingga es krim yang akan tren tahun 2019 adalah es krim yang terbuat dari bahan alami dan rendah gula atau juga es krim yang terbuat dari bahan-bahan yang kaya akan nutrisi dan vitamin.

Makanan Vegan

Karena kesehatan tetap menjadi prioritas hingga 2019 ini, makanan vegan akan tetap menjadi tren pada tahun ini. Salah satu bahan dasar makanan vegan yang mulai populer adalah susu, tahu, tempe, dan gandum.

Makanan vegan semakin populer karena semakin banyaknya masyarakat yang menerapkan gaya hidup vegetarian atau menghindari makan daging. Namun Anda tidak perlu khawatir jika juga ingin menerapkan gaya hidup vegetarian, karena berbagai rumah makan atau pusat perbelanjaan menawarkan makanan vegan.

Salah satunya adalah Waytuki Vegetarian yang beralaman di Jalan Pintu Air Raya no 28, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Menu-menunya memiliki harga yang sangat bersahabat, yaitu hanya Rp 40.000 untuk satu porsi.

Camilan Rumput Laut

Rumput laut kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B12, kalsium, serta rendah kalori. Tahun ini olahan makanan yang terbuat dari rumput laut masih akan sangat populer karena manfaatnya yang besar untuk kesehatan.

Salah satu camilan rumput laut yang dapat Anda cicipi adalah Tao Kae Noi Crispy Original 32 g x 2 pcs. Camilan yang diproduksi dengan teknologi yang modern ini menghasilkan rumput laut yang gurih dan renyah. Anda bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 34.900.

Koktail Sehat

Sumber gambar justbebeauty.com

Semakin populernya berbagai macam racikan koktail, membuat racikan-racikan baru bermunculan untuk memuaskan konsumen. Racikan koktail yang akan populer di tahun 2019 adalah koktail sehat yang memiliki kandungan gula dan alkohol yang lebih rendah atau tidak ada sama sekali.

Bahan yang digunakan juga sangat menyehatkan mengikuti tren vegan yang sedang populer. Racikan sehat ini akan sangat populer mengingat pembeli dari racikan koktail adalah pemuda yang berumur dari 16 sampai 25 tahun. Salah satu menu yang mungkin akan populer adalah teh koktail dengan kombucha atau jamur teh.

Ikan Nabati

Sumber gambar tokopedia.com

Makanan berbahan nabati diperkirakan akan sangat populer pada tahun ini. Salah satunya adalah alternatif untuk pengganti ikan atau fish-free fish. Salah satu contohnya adalah makanan mirip ikan tuna yang terbuat dari kacang polong, lentil, kacang kedelai, dan kacang-kacangan lainnya.

Makanan seperti ini dapat menjadi solusi untuk mengatasi perikanan dunia yang telah diperkirakan punah pada tahun 2048.

From our editorial team

Tren Kuliner Terus Berkembang dan Menghasilkan Menu yang Unik

Rasa sekaligus penyajian menjadi inti dari sebuah makanan yang bisa viral. JIka hanya terasa enak tetapi penyajiannya kurang baik, maka akan kurang memikat. Sebaliknya, penyajian yang keren atau unik, tetapi rasanya kurang enak, tentunya juga tidak akan mengundang selera. Jadi, untuk menjadi sebuah tren, maka makanan tersebut harus unik sekaligus nikmat. Nah, makanan yang diulas BP-Guide di atas tentunya memenuhi persyaratan tersebut.