10 Mainan Anak Islami Bantu Anak Lebih Paham Agama, Langsung Cek Rekomendasinya Yuk! (2022)

10 Mainan Anak Islami Bantu Anak Lebih Paham Agama, Langsung Cek Rekomendasinya Yuk! (2022)

Mengenalkan ajaran Islam kepada anak menjadi salah satu tugas sebagai orang tua muslim. Melalui berbagai media bermain, Anda perlahan bisa mulai memberikan pemahaman tentang Islam lewat berbagai permainan. Yuk, langsung cek saja rekomendasinya!

Orang Tua Berperan Dalam Membentuk Karakter Anak

Pada masa pertumbuhan, anak-anak sedang aktif untuk melihat, memegang dan merasakan apa yang ada di sekitarnya. Tahap awal ini menciptakan karakter anak saat dia tumbuh dewasa. Karena itu penting bagi orang tua mengarahkan anak ke hal-hal yang baik dan berguna bagi masa depannya.

Tak hanya yang berkaitan dengan kepraktisan dan kemandirian, anak juga perlu didekatkan dengan keimanan diri. Salah satu hal yang bisa orang tua mulai lakukan adalah memberikan mainan anak Islami.

Di artikel ini akan kita lihat rekomendasi mainan anak Islami yang bisa orang tua berikan pada anak. Tapi sebelum itu, mari kita pahami mengapa penting mengenalkan anak pada hal yang berkaitan dengan nilai religius.

Kenapa Pengenalan Tentang Hal Keagamaan Penting?

Banyak orang tua merasa lebih baik pengenalan agama diberikan pada saat anak sudah mengerti tentang konsep agama. Terkadang orang tua juga mengandalkan pihak sekolah atau lembaga pendidikan untuk mengajarkan perihal agama kepada anak.

Tak ada yang salah sebenarnya dengan pilihan ini, namun perlu diingat bahwa pendidikan pertama anak ada di lingkup keluarga. Dalam hal ini pendidikan terdekat anak adalah dari orang tua mereka sendiri. Anak akan meniru dari apa yang dia lihat dari orang tuanya, meski begitu orang tua juga bisa mulai mengarahkan anak sesuai dengan ajaran Islam.

Belajar agama sejak dini sangat bermanfaat bagi anak. Pengajaran yang diberikan selama masa pertumbuhan anak dapat menjadi pedoman hidup anak di masa depannya. Seiring bertambahnya usia anak juga akan mulai menebalkan keimanannya karena dasar fondasi imannya telah kokoh sejak di usia anak-anak.

Orang tua tentu ingin anaknya berhasil tak hanya di dunia saja namun hingga ke akhirat. Keberhasilan anak dalam imannya juga merupakan pahala yang luar biasa bagi kedua orang tuanya. Perkembangan dunia juga terkadang mengikis keyakinan agama seseorang.

Namun, karena anak telah mendapatkan pendidikan agama yang sesuai, diharapkan anak tetap berteguh pada keyakinan dan ketakwaannya dalam memilih pilihan hidupnya. Ini menghindari anak terjebak dalam hal-hal duniawi yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.

Cara Memilih Mainan Anak Islami

Mengenalkan agama pada anak tidak semudah yang orang tua pikirkan. Konsep agama bisa diterima dengan mudah oleh orang dewasa, namun bagi anak-anak terhitung susah untuk dipahami. Karena itu orang tua perlu mengenalkan ajaran agama Islam melalui benda-benda yang ramah anak.

Salah satu benda yang banyak disukai anak adalah mainan. Namun sebelum orang tua mulai memilih jenis mainan anak Islami untuk buah hati ada baiknya untuk tahu cara memilih mainan yang tepat untuk anak.

Merangsang Tumbuh Kembang Anak

Di masa kanak-kanak ada beberapa bagian tubuh anak yang baru berkembang. Tugas orang tua juga yang memastikan kemampuan motorik anak dapat berkembang dengan baik. Kemampuan motorik anak sebenarnya dapat dimaksimalkan dengan mengajak anak melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri seperti menggosok gigi, memakai baju, mencuci tangan, dan lain sebagainya.

Orang tua juga bisa merangsangnya melalui permainan seperti balok, lilin, puzzle, hingga kertas. Dengan mainan-mainan tadi anak bisa terhibur namun dari segi motoriknya ia terus berkembang dan mulai mengenal. Namun, pemilihan mainan motorik juga harus diperhatikan sesuai tidaknya dengan usia anak.

Anak yang masuk dalam usia toddler (1-5 tahun) sudah aman dengan mainan-mainan tadi, namun newborn di bawah 1 tahun bisa mencoba memasukkan mainan tersebut ke dalam mulutnya. Ini membahayakan anak, maka orang tua perlu memperhatikan usia anak dan jenis mainan yang diberikan.

Pilih Bahan Mainan yang Tidak Berbahaya

Meskipun anak sudah cukup umur, orang tua tetap perlu memastikan mainan yang diberikan telah aman untuk anak. Rasa penasaran anak akan sangat tinggi pada saat menerima barang baru terutama mainan. Mereka mungkin akan mulai menyentuh setiap bagian mainan dan bukan tak mungkin menjilat atau menggigitnya.

Orang tua bisa memilih bahan mainan berbahan halus dan tidak kasar. Pastikan juga ujung mainan juga tidak terlalu runcing karena anak mungkin tertusuk atau tergores. Mainan dengan baterai juga perlu diperiksa di bagian penutup baterainya, agar jangan sampai anak bisa membukanya. Cat mainan juga sebaiknya bebas dari logam timah supaya tidak berbahaya bagi anak.

Mainan dengan Fungsi Edukatif

Berbagai jenis mainan bisa dipilih orang tua. Pilihlah yang memiliki unsur edukatif. Mainan seperti blok atau puzzle salah satunya. Di kedua mainan ini anak-anak dapat belajar tentang problem solving. Meskipun terlihat sepele namun ini berguna bagi tumbuh kembang otak anak.

Mainan bertema profesi juga baik untuk anak, seperti masak-masakan, peralatan dokter dan lain sebagainya. Ini mengajarkan anak tentang berbagai profesi di sekitarnya.

Memiliki Unsur Keagamaan

Mainan Anak Islami dapat mengajarkan banyak hal tentang keagamaan pada anak. Lewat mainan ini anak-anak dapat mengerti apa yang menjadi kewajibannya sebagai umat beragama.

Jika orang tua takut anak masih terlalu kecil untuk mengerti, orang tua juga bisa ikut mendampingi pada saat anak bermain.

Pilihlah mainan islami yang mengajarkan adab-adab sederhana seperti melakukan wudhu, melaksanakan salat, hingga berdoa sebelum beraktivitas.

Yuk, Kenalkan Islam pada Anak Lewat Berbagai Rekomendasi Mainan Berikut Ini

Memilih mainan anak memang terkadang membingungkan bagi orang tua. Terkadang mainan yang dipilih ternyata tak sesuai dengan kesukaan anak atau bahkan kurang mendidik bagi anak.

Namun memilih mainan anak Islami tak hanya mengajarkan keagamaan, namun juga dapat menghibur anak-anak di kala senggang. Simak bacaan selengkapnya untuk tahu mainan apa saja yang bisa jadi pilihan orang tua untuk mengenalkan ajaran agama Islam.

Playpad Islami

Playpad islami ini dapat membiasakan anak untuk mengenal bacan doa sehari-hari. Bacaan doa seperti sehabis bangun tidur atau sebelum masuk kamar mandi dapat dipelajari melalui playpad ini. Anak bisa menekan tombol yang tersedia untuk memilih doa atau pelajaran yang diinginkan.

Tersedia juga lagu-lagu Islami untuk anak dengarkan. Anak-anak yang senang jika ada lagu dibunyikan, sedangkan tombol yang ada juga dapat merangsang motorik anak. Anak juga bisa latihan menulis karena ada whiteboard yang bisa digunakan untuk belajar.

Tak hanya belajar keagamaan saja, namun anak juga dapat belajar mengenal kendaraan, buah, sayur, hewan hingga warna. Selain itu terdapat 4 bahasa yang bisa digunakan yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Arab dan bahasa Mandarin.

Harga Rp. 69.000-130.000

Apple Learning Alquran

Bentuknya yang lucu, yaitu berbentuk apple dapat menarik perhatian anak. Dibalik gemasnya tampilan mainan ini, ternyata apel ini dapat mengajarkan anak tentang bacaan doa sehari-hari. Tak hanya bacaan salat dan doa saja, apel ini juga menyajikan surat pendek untuk anak pelajari.

Warnanya yang meriah dan dilengkapi juga dengan tombol-tombol di sekitarnya membuat mainan edukatif ini semakin disukai anak-anak. Apel ini juga dapat berfungsi sebagai lampu proyektor yang dapat memunculkan bentuk seperti bulan dan bintang begitu lampu kamar anak dimatikan.

Kalau anak ingin membawa ini ke mana-mana tentu saja bisa karena ada gantungan yang bisa dikalungkan pada anak. Mainan ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk anak.

Harga Rp. 24.000-85.000

Smart Hafiz

Smart Hafiz adalah salah satu mainan edukasi anak untuk mengajarkan anak tentang agama Islam. Menggunakan alat edukasi ini anak dapat belajar mengaji karena fitur-fitur seperti one day one juz hingga belajar dengan contoh oleh 2 qori cilik.

Anak-anak juga dihibur dengan berbagai lagu anak yang juga dapat dinyanyikan bersama. Melalui Smart Hafiz juga anak dapat menonton animasi anak dengan tujuan pendidikan seperti cerita islami atau cerita rakyat.

Terdapat materi da'i cilik dan materi tentang akhlak terpuji yang semakin mempertajam keimanan anak. Orang tua tak perlu khawatir memberikan ini pada anak, karena pada dasarnya pada saat menggunakan Smart Hafiz anak mulai belajar mengenal agamanya dengan cara yang lebih menyenangkan.

Harga Rp. 1.700.000-2.500.000

Ular Tangga Jumbo Islami

Permainan ular tangga tentu sudah tidak asing lagi dari telinga banyak orang. Permainan yang mengharuskan pemainnya melemparkan dadu dan maju sesuai nomor dadu ini memang salah satu board game yang banyak disukai.

Namun biasanya papan permainannya tidak berukuran besar. Ular tangga yang ini berukuran jumbo sehingga anak dapat menjadi poin dan berjalan sesuai nomor dadu. Yang membedakan ular tangan islami dengan ular tangga biasa ada di dalam isi tulisan yang ada di setiap kotaknya.

Di ular tangga islami dalam setiap kotaknya anak harus melakukan berbagai tantangan seperti menyebutkan waktu salat, melakukan tepuk wudhu, menyebutkan rukun Islam hingga ke pengetahuan umum seperti jenis kendaraan, benda langit, dan lain sebagainya. Permainan ini sangat seru dilakukan bersama anak di kala libur sekolah.

Harga Rp. 850.000-202.000

5 Pilar Boardgame

Permainan papan yang diberi nama 5 Pilar ini adalah salah satu mainan islami anak yang juga dapat dimainkan oleh satu keluarga. Melalui permainan 5 pilar ini dapat mengasah pengetahuan anak dan mempertajam ingatan orang tua mengenai pengetahuan ajaran Islam.

Bermain seperti layaknya berada di dalam acara kuis, anak juga harus menyusun strategi agar dapat menjawab dengan benar dan memenangi permainan. Terdapat pula referensi dari Al-Quran serta Hadis yang dapat dipelajari.

Orang tua bisa mulai memainkan permainan ini untuk mulai pelan-pelan mengarahkan anak mencari tahu tentang ajaran agamanya. Bukan masalah jika anak tak bisa menjawab, karena pada saat itulah orang tua bisa turut andil untuk mengingatkan atau menjelaskan jawaban yang benar. Dengan cara ini anak dapat lebih mudah mengingat

Harga Rp. 183.000-580.000

Balok Iqro

Mempelajari huruf Hijaiyah bukan hal yang mudah untuk anak. Tak hanya susah untuk dimengerti oleh anak, orang tua juga mungkin saja kesulitan dalam memberikan pelajaran agar anak dapat mudah mengerti. Balok Hijaiyah ini bisa jadi solusi kesulitan para orang tua.

Lewat balok ini anak mulai belajar berkenalan dengan huruf hijaiyah dengan harapan kelak akan mudah juga untuknya belajar membaca Al-Quran. Di setiap baloknya terdapat huruf hijaiyah dengan warna-warni yang menarik.

Karena bentuknya yang terhitung kecil, mainan anak islami ini lebih baik diberikan pada anak yang sudah mulai beranjak dewasa agar tidak berbahaya. Bahannya terbuat dari kayu pinus sehingga akan lebih awet.

Harga Rp. 75.000-130.000

Busy Book Little Muslim

Busy Book adalah buku yang berisi berbagai aktivitas yang dapat melatih daya pikir anak. Di dalamnya berisi pop up card dan picture yang mengharuskan anak menempelkannya di bagian yang diminta dalam buku.

Yang berbeda dari busy book yang lain, Busy Book Little Muslim berisi ajaran agama Islam untuk anak-anak. Cover dan isinya yang penuh warna dan animasi yang lucu membuat anak lebih bersemangat dalam mengerjakannya.

Halaman yang bisa dilepas dan dipasang ini berbahan art cartoon namun orang tua tak perlu khawatir karena lapisan glossy di setiap lembarnya membuat buku ini tidak mudah rusak.

Harga Rp. 165.000-250.000

Puzzle Islami

Terdapat berbagai macam puzzle bertema islami yang bisa orang tua temui di ecommerce. Namun salah satu yang terkenal adalah yang bernama Puzzle Akhlak dengan berbagai seri seperti Kalimat Thayyibah dan Rukun Islam.

Mainan anak Islami ini diadaptasi dari pengajaran Montessori sehingga memang cocok untuk tumbuh kembang anak. Lewat aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga menggunakan puzzle ini, anak dapat mengenal lebih banyak tentang ajaran agamanya.

Hampir semua bagian puzzle ini memiliki warna yang disukai anak-anak. Puzzle ini pilihan yang tepat untuk diberikan pada anak.

Harga Rp. 59.000-159.000

Flashcard Huruf Hijaiah

Hampir mirip dengan permainan anak islami yang disebut balok hijaiyah. Mainan edukasi kali ini juga bertujuan mengenalkan dan mengajarkan anak tentang huruf hijaiyah.

Di setiap flashcard terdapat animasi berwarna untuk menarik perhatian si kecil. Bahan dari flashcard ini pun cukup tebal sehingga meski anak memegangnya tidak akan mudah robek dan rusak.

Tak hanya berisi materi tentang huruf hijaiyah, orang tua juga dapat membeli seri flashcard lainnya yang juga berisi ajaran agama islam. Contoh flashcard lain seperti pengetahuan Islam, iqra, doa sehari-hari, amalan, dan pengetahuan umum anak.

Harga Rp. 15.000-112.000

Balok Susun Islami

Jika mainan-mainan anak islami di atas berfokus pada pengajaran agama. Mainan yang akan direkomendasikan kali ini adalah pengenalan akan tempat ibadah yaitu masjid.

Bersama anak, orang tua dapat mengajarkan tentang masjid atau mushola sambil membangunnya lewat balok susun atau lego Masjid Istiqlal. Berisi 227 pcs balok anak dapat belajar pemecahan masalah sederhana dengan cara merakit mainan ini.

Orang tua tentu bisa mendampingi anak jika dirasa masih terlalu susah untuk anak melakukannya sendiri. Permainan ini melatih daya pikir dan kekreatifan anak. Orang tua juga bisa semakin dekat dengan anak melalui pengajaran yang diberikan pada saat anak merakit mainan.

Harga Rp. 60.000-255.000
From our editorial team

Tidak Hanya Bermain Bersama, Orang tua Sekaligus Mengajarkan Islam Pada Anak

Itu tadi mainan anak islami yang bisa orang tua pertimbangkan untuk diberikan pada anak. Tak hanya bermain saja namun anak juga dapat mulai menebalkan fondasi keagamaannya dengan cara yang menyenangkan. Mainan-mainan yang telah direkomendasikan bisa jadi kado yang cocok untuk anak. Tunggu apalagi mari pilih mainan mana yang ingin diberikan pada anak di atas, ya!

Tag