10 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak Usia 1 Tahun yang Mendukung Tumbuh Kembangnya (2020)

10 Rekomendasi Mainan Edukatif untuk Anak Usia 1 Tahun yang Mendukung Tumbuh Kembangnya (2020)

Satu tahun adalah usia emas dalam kehidupan si kecil, dimana pertumbuhan dan perkembangannya sangat pesat. Untuk merangsang kemampuan mereka, orang tua perlu memberikan mainan edukatif yang menyenangkan. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi mainan edukatif untuk anak 1 tahun agar tumbuh kembangnya semakin optimal.

Usia 1 Tahun Adalah Masa yang Penting Dalam Pertumbuhan Si Kecil

Memasuki usia pertama, anak akan tumbuh dengan sangat cepat. Pada 2 tahun pertama kehidupan seorang bayi, perkembangan otaknya berlangsung begitu pesat sehingga membutuhkan dukungan dan dorongan dari orang tua. Di usia itu, pertumbuhan anak didominasi oleh sensor motoriknya, yaitu koordinasi antara indera dan tindakan.

Oleh karena itu, si kecil akan banyak melihat, mendengar, dan meraba apa saja yang ada di sekelilingnya. Peran ibu sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Ajak anak untuk aktif bermain sehingga inderanya berfungsi dengan maksimal.

Kegiatan seperti membaca buku, bermain bentuk, puzzle, dan lego dapat menstimulasi otak anak dengan sangat baik. Jangan biarkan masa emas ini lewat begitu saja.

Tahap Perkembangan Anak Usia 1 Tahun

Kognitif

Kemampuan kognitif meliputi berpikir, belajar, dan mengingat perilaku orang di sekitarnya, terutama orang tua. Pada fase ini, anak akan banyak meniru gaya orang-orang terdekat mereka, berpura-pura, dan banyak memahami simbol-simbol yang terasa baru bagi mereka. Permainan role play dan flashcard dengan gambar-gambar menarik dapat merangsang kemampuan kognitif anak secara maksimal.

Emosi dan Bahasa

Di usia 1 tahun, anak sudah mulai bisa mengekspresikan emosi mereka. Dimulai dari pemberontakan dengan cara menangis saat ayah akan berangkat kerja atau saat dipisahkan dengan ibu.

Ia juga sudah bisa menunjukkan ekspresi marah dengan mengeluarkan tantrum saat apa yang diinginkannya tidak terpenuhi. Ini merupakan saat krusial bagi orang tua untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak, yaitu dengan memberikan pengertian bahwa ekspresi marah tidak boleh ditunjukkan dengan merusak atau melempar barang.

Setelah menginjak 12 bulan, anak akan belajar lebih banyak kosakata. Ibu sebaiknya aktif mengajak anak berbicara meski ia belum bisa memahami atau menjawabnya. Diam-diam anak akan belajar dari bahasa yang digunakan ibu dan lama kelamaan akan meniru cara ibu berbicara.

Sensorik dan Motorik

Kemampuan sensorik dan motorik anak akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat di usia 1 tahun. Ketrampilan motorik melibatkan kerjasama antara otot dan saraf si kecil secara bersamaan.

Ini ditunjukkan dengan koordinasi saat ia mulai bisa berjalan dengan mantap dan berkembang menjadi berlari, melompat, dan memanjat. Sering-seringlah mengajak anak untuk berjalan-jalan di luar ruangan agar ketrampilan motorik dan sensoriknya semakin terasah.

5 Jenis Mainan Edukatif Untuk Anak 1 Tahun

Bentuk dan Huruf

Bentuk dan huruf adalah dua pengetahuan dasar yang wajib diajarkan kepada anak sedini mungkin. Mainan dengan bentuk-bentuk seperti segitiga, persegi, dan bulat sangat cocok untuk si kecil. Melalui permainan ini, anak akan belajar untuk mengingat sehingga melatih daya konsentrasi mereka juga.

Huruf abjad juga sangat penting untuk dikenal anak sejak dini. Meski akan sulit untuk mereka mengingat, namun ibu harus terus memperkenalkan kepada mereka dengan cara yang fun sambil bermain, supaya anak tidak mudah bosan.

Alat Musik

Ketika anak menginjak 1 tahun, maka inderanya akan berkembang dengan sangat cepat, tidak terkecuali indera pendengaran. Alunan suara musik akan membuat mereka merasa terhibur dan senang. Jadikan kesukaan anak ini sebagai media pembelajaran juga untuk mereka.

Alat musik dengan warna-warna cerah akan menarik perhatian mereka. Apalagi jika mengeluarkan suara saat dipegang. Tentu akan memantik rasa penasaran anak dan membuat mereka ingin terus memainkannya.

Mainan Aktivitas

Permainan yang melibatkan kegiatan fisik juga penting lho. Fungsinya untuk melatih koordinasi antara otak dan otot anak agar seimbang. Permainan fisik seperti bola, mendorong mobil, hingga bowling plastik akan melatih mereka untuk berjalan lebih seimbang lagi. Kegiatan ini dapat merangsang perkembangan fisik anak supaya lebih optimal.

Figur Binatang

Mainan edukatif lain yang cocok untuk anak usia 1 tahun adalah figur binatang. Inilah pentingnya memperkenalkan anak pada lingkungan sekitar, sehingga mereka dapat mengenal berbagai macam tumbuhan dan binatang.

Mainan ini akan membantu mengembangkan daya imajinasi mereka, sehingga anak dapat membayangkan bentuk binatang dalam pikirannya. Ketika ia melihat wujud asli binatang dengan kedua matanya, ia akan langsung bisa mengenali apa binatang itu.

Mainan yang Melatih Gerakan Kaki

Kemudian ada mainan yang melatih gerakan kaki anak. Di usia 1 tahun, anak memang sudah bisa berjalan namun belum stabil dan seimbang. Bermain dengan mendorong mobil akan memperkuat otot kaki mereka sehingga terbiasa untuk bergerak. Ini akan membantu anak untuk masuk ke fase selanjutnya yaitu berlari dan memanjat setelah ia dapat berjalan dengan tegak dan mantap.

Rekomendasi Mainan Edukatif yang Bisa Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia 1 Tahun

Funbike Vespa Mainan Anak

Anak berusia 1 tahun pasti sangat suka diajak berkendara, terutama saat naik motor. Ajarkan mereka untuk mengendarai motornya sendiri dengan mainan lucu Funbike Vespa Mainan Anak ini.

Vespa mini ini dapat didorong menggunakan kaki, sehingga dapat melatih kekuatan otot kaki si kecil. Ada 2 pilihan warna untuk vespa ini yaitu biru dan merah. Ukuran vespa adalah 45 x 21 x 28 cm yang pas untuk anak mulai usia 1 sampai 4 tahun.

Vespa terbuat dari bahan plastik berkualitas standar SNI, aman untuk anak-anak. Permainan ini hanya boleh digunakan di bawah pengawasan orang tua.

Harga Rp. 100.000-500.000

[Shiyan] Mainan Bayi Box Puzzle Dengan Music

Musik dapat merangsang indera pendengaran anak sekaligus melatih kreativitas dan daya imajinasi si kecil. Berikan mainan edukatif Shiyan Mainan Bayi Box Puzzle Dengan Music ini untuknya. Mainan berbahan plastik ini berbentuk kubus, lengkap dengan huruf dan bentuk juga.

Fungsi music box ini adalah melatih gerak motorik halus, mengenalkan nada pada anak, memperkenalkan angka dan huruf, mengenalkan bentuk dan warna, serta melatih sensitivitas mereka pada musik.

Harga Rp. 90.000-200.000

Papan Tulis Anak LCD Writing Color Board

Biarkan anak berekspresi sekaligus belajar menulis dengan Papan Tulis Anak LCD Writing Color Board. Tablet mainan sebesar 8.5 inch ini adalah produk bermutu tinggi yang aman karena tidak menggunakan spidol berbahan kimia atau kapur yang rawan dimakan si kecil.

Layarnya yang sensitif akan menangkap setiap goresan yang dituliskan oleh anak. Mudah dioperasikan dan sangat efisien dengan satu tombol untuk menghapus. Baterainya sendiri dapat bertahan sampai 2 tahun, sehingga awet sampai anak tumbuh nantinya.

Mainan dan ringan dan portabel ini mudah dibawa dan disimpan. Satu set kemasan sudah termasuk 1 buah LCD tablet dan 1 pena untuk menulis.

Harga Rp. 70.000-150.000

Mainan 5 in 1 Puzzle Angka

Ingin anak tumbuh cerdas dan terlatih otaknya sejak dini? Berikan mainan puzzle yang akan mengasah konsentrasi dan daya ingat si kecil. Mainan 5 in 1 Puzzle Angka ini bisa jadi rekomendasi yang pas. Puzzle yang terdiri dari huruf, bentuk dan angka ini dirancang untuk anak dengan bahan kayu yang aman dan berkualitas.

Cat yang digunakan berbasis air sehingga tidak beracun dan aman saat digigit. Mainan ini bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kognitif, kemampuan berpikir, dan melatih otot tangan anak agar lebih cekatan. Ukuran papan adalah 45 x 30 cm, cukup besar untuk dimainkan anak namun tidak merepotkan saat disimpan.

Harga Rp. 150.000-500.000

Flashcard Kartu Pintar Belajar Balita

Flashcard adalah kartu berisi informasi edukatif sebagai sarana belajar si kecil. Mulai dari hewan, sayur, abjad, hingga huruf hijaiyah.

Mainan ini menggunakan kertas Art Paper dengan gramasi 310 yang tebal, awet dan tidak mudah rusah. Ukuran kartu adalah 5,7 x 8,6 cm sehingga sangat praktis saat digunakan untuk bermain sambil belajar.

Terdiri dari 19 seri berbeda yaitu huruf ABC, buah dan sayur, hewan air dan darah, angka, asmaul husna, warna, transportasi, waktu, organ tubuh, makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 12.000-50.000

Vtech Touch And Teach Turtle

Vtech Touch And Teach Turtle adalah buku model baru dengan bentuk kura-kura yang sangat menggemaskan. Sebagai media edukasi, anak pasti senang dengan bentuknya sehingga ia tidak akan mudah bosan.

Buku ini terdiri dari 16 halaman berwarna yang berisi materi belajar tentang huruf dan bentuk. Ketika buku dibalik, maka lampu warna warni akan otomatis menyala, menambah rasa penasaran si kecil. Dilengkapi dengan 8 tombol berbeda untuk musik, huruf, dan mode cerita yang bisa dimainkan secara bergantian.

Harga Rp. 500.000-2.000.000

Gober - Montessori Puzzle

Puzzle adalah mainan wajib yang harus dimiliki anak usia 1 tahun. Selain mengajarkan bentuk dan huruf, puzzle juga melatih mereka untuk mengingat dan berkonsentrasi. Seperti produk rekomendasi bernama Montessori Puzzle dari Gober ini.

Puzzle 3 in 1 ini dibekali fitur belajar berhitung dengan cincin, bentuk dan angka yang harus dicocokkan, serta warna-warna cerah sebagai media belajar anak mengenal warna. Ukuran papan bermain adalah 15 x 40 cm, praktis dan mudah disimpan.

Harga Rp. 130.000-250.000

Pasir Kinetik Ajaib 500 Gram PLAY SAND

1 tahun adalah usia yang tepat untuk memperkenalkan berbagai tekstur pada anak melalui indera perabanya. Mainan pasir akan membantu mereka untuk melatih indera yang satu ini. Pasir Kinetik Ajaib 500 Gram PLAY SAND bisa menjadi produk yang dipertimbangkan.

Pasir kinetik dengan kualitas impor ini punya banyak pilihan warna colorful yang pasti disukai oleh anak. Ada biru, pink, magenta, kuning, hijau, oranye, coklat, putih, merah, peach, dan ungu. Sekaligus bisa menjadi media pengenalan warna untuk si kecil lho.

Harga Rp. 15.000-30.000

ONE-M6 Mainan Tenda Anak Terowongan 4 in 1

Bicara soal permainan yang melibatkan aktivitas fisik, maka ONE-M6 Mainan Tenda Anak Terowongan 4 in 1 adalah pilihan yang tepat. Tenda terowongan ini cocok digunakan anak untuk bermain role play seperti camping, bermain bola, hingga bermain rumah-rumahan.

Mainan ini sangat praktis karena bisa digulung, terbuat dari bahan parasit payung yang kuat dan aman untuk anak-anak. Ukuran tenda adalah 84 x 84 x 100 cm, belum termasuk terowongan dan kolam. Variasi warna yang bisa dipilih antara lain adalah ocean, merah, kuning, biru, ungu. oren, dino merah, shark biru, dan zoo orange.

Harga Rp. 150.000-500.000

Gu Yu Electronic Piano

Terakhir ada rekomendasi alat musik mainan bernama Gu Yu Electronic Piano. Mainan yang terbuat dari bahan plastik berkualitas ini sangat aman untuk anak-anak.

Warnanya yang colorful akan menarik perhatian si kecil dan membuat mereka penasaran ingin memainkannya. Mainan ini bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan sensorik anak dan melatih pendengarannya. Cocok untuk anak mulai usia 1 tahun.

Harga Rp. 600.000-900.000
From our editorial team

Mainan Anak Bisa Dijual Kembali Atau Disumbangkan Lho, Jangan Khawatir Mubadzir

Banyak orang tua yang merasa sayang membelikan mainan untuk anak karena khawatir akan jadi mubadzir ketika anak sudah besar. Padahal mainan anak pasti akan bermanfaat untuk anak lain lho. Seperti mainan edukatif rekomendasi BP-Guide di atas, bsa dijual kembali atau disumbangkan pada saudara. Jadi, jangan khawatir ya!

Tag