Etika Menjenguk Bayi di Era New Normal dan 10 Rekomendasi Kado Bayi Baru Lahir (2021)

Etika Menjenguk Bayi di Era New Normal dan 10 Rekomendasi Kado Bayi Baru Lahir (2021)

Menjenguk bayi lahir seakan sudah menjadi keharusan. Nah, tunjukkan ketulusan perhatian kamu dengan membawa sesuatu untuk bayi yang baru lahir. Kamu bisa cek rekomendasi kado untuk bayi baru lahir yang kami sarankan. Selain itu, cek juga etika menjenguk bayi di era new normal seperti sekarang agar tidak salah kaprah.

Teman Baru Lahiran? Kamu Wajib Menjenguknya!

Teman atau sahabat baru lahiran tentu menjadi satu kabar yang sangat membahagiakan. Tunjukkan bentuk suka cita kita dengan menjenguknya. Ini adalah sebagai bentuk perhatian kita kepadanya dan juga pada malaikat kecil yang baru dilahirkan.

Di masa new normal seperti sekarang ini mungkin kebiasaan menjenguk bayi jadi kurang disarankan. Ini karena lonjakan kasus Covid-19 yang baru saja terjadi membuat kita kembali waspada. Ada baiknya kita menunda mengunjungi teman dan bayi tersebut sampai situasi sedikit kondusif.

Namun jika harus tetap menjenguk, kamu wajib memperhatikan etika menjenguk bayi yang benar dan tepat. Intip saran dari kami terkait etika menjenguk bayi di masa seperti sekarang ini untuk saling menjaga keselamatan ibu, bayi, dan kita semua yang menjenguknya.

Pahami dan Terapkan Etika Menjenguk Bayi Baru Lahir di Era New Normal!

Kabari Dulu Sebelum Datang

Niat kita memang baik yakni untuk menjenguk ibu dan bayinya. Kendati demikian di masa seperti sekarang tentu semuanya harus lebih hati-hati. Maka dari itu, jangan tiba-tiba datang meski niatnya memberikan kejutan. Bisa jadi temanmu dan bayinya mungkin sedang istirahat atau sedang tidak ingin diganggu. Bisa jadi juga mereka sedang sakit atau sedang tidak mood.

Ada baiknya kamu tetap mengabari dahulu temanmu sebelum menjenguknya. Mereka jadi bisa menentukan kapan waktu yang nyaman untuk mereka. Dengan begini, kamu jadi bisa menjenguknya tanpa rasa bersalah. Ini karena kunjungan sudah dijanjikan sehingga kedua pihak sama-sama nyaman.

Pahami Risiko dan Jaga Jarak

Pahami risiko yang akan dihadapi saat akan menjenguk bayi di era new normal. Adanya wabah pandemi Covid-19 bisa berisiko untuk bayi. Kamu bisa menggantikan cara menjenguk langsung dengan melakukan video call atau kunjungan virtual demi terjaganya kesehatan si bayi.

Tunda juga kunjungan kamu jika kamu sedang sakit. Bayi baru lahir masih sangat sensitif dan memiliki sistem imun yang lemah sehingga akan mudah tertular aneka penyakit. Jangan sampai sakit yang kamu derita jadi menulari si bayi, ya.

Saat menjenguk bayi di era new normal, ada baiknya kamu juga menjaga jarak. Ini untuk menghindari penyebaran COVID-19 pada bayi baru lahir.

Gendong Bayi jika Diperbolehkan dan Jangan Lupa Cuci Tangan

Jika dulu saat menjenguk bayi sebelum masa pandemi, banyak orang yang ingin menggendong bayi akan diperbolehkan dengan mudah, maka beda dengan saat ini. Di masa sulit seperti sekarang, jangan asal memegang atau menggendong bayi. Mintalah izin dahulu kepada ibu bayinya.

Jika semisalnya kamu diperbolehkan, maka jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Gunakan antiseptik jika diperlukan sebelum memegang atau menggendong bayi. Jangan lupa memakai masker saat menggendongnya. Kamu tentu tidak ingin menulari bayi mungil tersebut dengan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin kamu bawa.

Hindari Datang Beramai-ramai dan Perhatikan Durasi

Jangan menjenguk bayi baru lahir dengan datang beramai-ramai. Batasi jumlah pengunjung agar tidak terlalu berisik untuk si bayi. Selain itu, akan lebih sopan jika datangnya hanya bersama satu atau dua orang lain saja. Di masa seperti sekarang, ada baiknya kita menjaga diri dan juga orang tersayang di sekitar kita agar tidak tertular.

Perhatikan juga durasi menjenguk bayi. Jangan terlalu lama menjenguk bayi yang baru lahir. Waktu kunjungan 10 atau 15 menit saja sudah cukup untuk menjenguk ibu dan bayinya agar mereka bisa lebih banyak beristirahat dengan cukup.

Ini Loh, Deretan Kado untuk Bayi Baru Lahir yang Bisa Dipilih

Pampers Premium S48

Pampers Premium S48 merupakan produk yang mungkin akan sangat dibutuhkan ibu dan bayi yang baru lahir. Ibu bayi mungkin belum sempat menyetok banyak popok. Dengan hadiah yang satu ini pastinya ibu bayi akan berterima kasih karena kadonya sangat dibutuhkan.

Popok ini hadir dengan gel yang memiliki daya serap tinggi. Kulit buah hati jadi lebih nyaman dan bebas iritasi. Ini juga karena sirkulasi udara terjaga dan kulit bisa tetap kering. Popok ini bisa digunakan selama 12 jam. Desainnya nyaman dengan pinggang lebih lentur jadi tidak menyakiti pinggang bayi. Dalam satu pak popok berukuran S ini berisi 48 buah.

Harga Rp. 75.000-149.000

Mooimom Baby Muslin Swaddle Blanket

Mooimom Baby Muslin Swaddle Blanket merupakan kado yang bisa kamu berikan untuk bayi baru lahir. Selimut yang satu ini cocok dikenakan di segala cuaca agar bayi senantiasa nyaman memakainya.

Terbuat dari bahan kapas organik, bedong ini memiliki sirkulasi udara yang lancar jadi tidak bikin bayi gerah dan tidak bikin kulitnya iritasi. Bahan kapas organiknya juga mampu menyerap air dengan cepat untuk menghindari rasa tidak nyaman karena berkeringat. Ada banyak motif menarik yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 189.000-227.000

Perlak Bayi Kain Waterproof Mothercare

Perlak Bayi Kain Waterproof Mothercare ini mudah dicuci saat kotor dan cepat kering. Alas tidur ini ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Terbuat dari bahan katun sehingga sirkulasi udaranya lancar dan tidak bikin bayi mudah berkeringat. Bagian bawahnya terbuat dari bahan waterproof sehingga aman saat bayi mengompol. Perlak ini hadir dalam ukuran 90 x 60 cm. Ada banyak pilihan motif dan warna menarik yang bisa dipilih.

Harga Rp. 62.000-90.000

Mini Monkey 4 in 1 Baby Sling

Mini Monkey 4 in 1 Baby Sling merupakan produk serbaguna. Ibu bayi bisa memakainya sebagai gendongan yang nyaman dan mudah digunakan. Selain itu, alat ini juga bisa menjadi hammock untuk menidurkan bayi agar lebih mudah. Gendongan ini memiliki buckle yang kuat dan tidak mudah lepas. Ada pula fitur keamanan di bagian belakangnya sehingga ibu dan bayi bisa lebih aman.

Produk ini terbuat dari bahan 100% cotton yang aman di kulit bayi dan tidak berpotensi menimbulkan iritasi di kulitnya. Kapasitas beban gendongan ini adalah 15 kg.

Harga Rp. 599.000-1.065.800

Anello Diaper Bag / Tas Popok Bayi

Anello Diaper Bag / Tas Popok Bayi tentu sangat dibutuhkan ibu dan bayi yang baru lahir. Ini cocok jika ibu ingin bepergian dengan buah hati. Terbuat dari bahan poliester, bahannya lebih kuat, tebal, ringan, dan lebih tahan lama digunakan. Bagian dalam tas dilapisi kain satin sehingga bisa lebih nyaman digunakan.

Resletingnya juga berkualitas bagus sehingga tidak mudah rusak dan macet. Ukuran tasnya besar yakni 30 x 18 x 42 cm sehingga bisa muat lebih banyak barang.

Ada slot belakang yang memudahkan kita untuk mengambil barang tanpa harus membongkar isi tas keseluruhan. Ada 3 slot dan 1 saku besar di kantong depan. Dilengkapi pula dengan dua kantong di bagian sisi kiri dan kanan untuk menaruh botol minum ukuran 1 liter. Tas ini juga memiliki port charger.

Harga Rp. 80.000-149.000

Little Palmerhaus Little Terry Towel Handuk Bayi

Little Palmerhaus Little Terry Towel Handuk Bayi merupakan produk yang bisa jadi kado bayi baru lahir. Handuk yang satu ini sangat lembut dan memiliki daya serap yang tinggi. Produk yang satu ini aman untuk kulit bayi sensitif juga. Handuknya tahan bau, jamur, dan bakteri meski sudah dicuci berulang kali.

Harga Rp. 44.500-50.000

Philips Avent Natural Baby Bottle

Philips Avent Natural Baby Bottle ini akan dibutuhkan bayi baru lahir yang memerlukan susu formula atau mungkin butuh menyusui saat ibu bekerja. Botol susu ini memiliki fleksibilitas yang bagus karena dibuat menyerupai payudara ibu. Mulut botolnya lebar dengan bodi pendek. Botol ini bebas BPA sehingga aman digunakan.

Harga Rp. 106.000-193.000

Cussons Baby Gift Box Set Perlengkapan Mandi Bayi

Cussons Baby Gift Box Set Perlengkapan Mandi Bayi menjadi kado menarik yang bisa diberikan kepada bayi baru lahir. Produk yang satu ini dijual satu set lengkap. Dikemas dalam boks cantik sehingga pastinya akan cocok sebagai hadiah.

Dalam satu paket berisi Baby Milk Bath 200 ml, Baby Lotion 100 ml, Baby Cologne 100 ml, dan Baby Powder 350 gram. Paket ini juga diisi dengan Baby Oil 100 ml dan Baby Cream 50 gram.

Harga Rp. 85.000-137.000

Miabelle Polos Set Baju Tidur Bayi [Newborn]

Miabelle Polos Set Baju Tidur Bayi merupakan produk lain yang bisa kamu berikan sebagai hadiah. Desainnya simpel namun nyaman digunakan. Dalam satu paket terdiri dari baju, celana pop, sarung tangan, dan sarung kaki. Bahannya lembut dan tidak akan bikin iritasi. Produk ini sudah memiliki SNI jadi aman digunakan. Ini cocok untuk bayi usia 0 sampai 6 bulan.

Harga Rp. 32.000-46.000

Intime Baby Tub Pink Bak Mandi Bayi

Intime Baby Tub Pink Bak Mandi Bayi adalah rekomendasi terakhir kami. Bak mandi ini tentu nyaman untuk memandikan buah hati. Produk ini dirancang agar mudah dibawa-bawa. Untuk menggunakannya harus diisi dengan angin sampai menggembung. Jika sudah selesai, maka bak bisa dikempiskan kembali.

Harga Rp. 104.000-133.000
From our editorial team

Pastikan Jenis Kelamin Bayi

Ketika akan menjenguk bayi, kita pasti akan membawa sesuatu untuk menjenguknya. Saat memilih kado, ada kalanya kita jadi bingung mau membawa apa. Maka dari itu, agar tidak salah beli, ada baiknya kamu menanyakan jenis kelamin bayinya. Dengan begini, kamu tidak akan salah membeli kado, utamanya untuk pilihan warna, desain dan motifnya.