10 Rekomendasi Fashion Lebaran Wanita yang Nyaman dan Kekinian (2021)

10 Rekomendasi Fashion Lebaran Wanita yang Nyaman dan Kekinian (2021)

Lebaran beberapa minggu lagi. Ada baiknya persiapan baju yang akan dipakai dimulai dari sekarang. Ini untuk antisipasi semisal kamu sudah tidak sempat lagi membeli baju Lebaran di waktu dekat. Intip tips memilih baju Lebaran yang nyaman dari kami. Jangan lupa juga cek rekomendasi fashion wanita Lebaran dari BP-Guide.

Persiapkan Fashion Lebaran dari Sekarang

Lebaran memang masih beberapa minggu lagi. Namun, ini merupakan saat yang tepat bagi kamu untuk mulai mempersiapkan aneka kebutuhan Lebaran. Persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari tentu lebih matang. Sehingga, saat mendekati waktu Lebaran, kita sudah bisa bersantai karena semua persiapan telah selesai dilakukan.

Salah satu persiapan jelang Lebaran adalah mempersiapkan fashion Lebaran. Memang tidak perlu menyiapkan baju baru jika dana sedang mepet atau sedang tidak ada bujet. Namun, jika kamu memiliki bujet berlebih atau tabungan, tak ada salahnya mempersiapkan membeli pakaian Lebaran yang baru. Ini supaya nuansa dan kesan Lebaran lebih terasa.

Dalam mempersiapkan baju Lebaran, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, tentu kamu harus menyiapkan dulu anggarannya. Jangan sampai anggaran untuk belanja kue Lebaran atau untuk mengecat rumah jadi terpakai hanya karena kamu lupa menyisihkan uang untuk baju Lebaran.

Selanjutnya, kamu bisa mulai browsing baju Lebaran secara online. Kamu bisa membeli baju di minggu kedua atau ketiga Ramadan. Umumnya banyak toko online yang menawarkan diskon menggiurkan untuk baju Lebaran. Dengan begini, kamu bisa belanja lebih hemat. Manfaatkan juga voucher belanja atau subsidi gratis ongkos kirim jika kamu punya. Ini akan lebih menghemat bujet kamu untuk belanja baju Lebaran.

Untuk kamu yang tidak membeli baju Lebaran, kamu bisa rombak pakaian lama kamu. Tambahkan detail seperti pernik, kancing, atau pita pada baju lama untuk memberi kesan baru. Dengan begini, baju lama kamu tampak baru dan kamu siap menyambut Lebaran dengan lebih percaya diri.

Tips Memilih Fashion Lebaran

Pastikan Bahan Nyaman

Hal paling utama yang harus dipikirkan saat memilih baju Lebaran adalah mempertimbangkan cuaca di area kamu tinggal. Jika area kamu tergolong panas suhunya maka akan lebih baik kamu memilih baju yang bahannya cepat menyerap keringat. Pilih baju yang tipis namun tidak menerawang. Pastikan bahannya tidak mudah kusut dan nyaman dikenakan meski cuaca sedang terik.

Sementara, untuk kamu yang tinggal di area yang cenderung sejuk atau dingin, maka ada baiknya kamu memilih pakaian yang agak tebal sedikit. Ini supaya kamu nyaman bersilaturahmi tanpa cepat merasa kedinginan. Pilih baju yang bikin kamu nyaman selama silaturahmi tanpa bikin kamu perlu memakai jaket.

Praktis dan Potongan Pas

Saat memilih fashion Lebaran, pastikan juga potongannya praktis dan pas. Baik memilih baju atau hijab, hindari memilih yang ukurannya terlalu panjang atau terlalu menjuntai. Pakaian dan hijab yang praktis akan bikin kamu jadi lebih bebas dalam bergerak. Perhatikan juga detail di bagian lengan atau pergelangan tangan. Jangan sampai ada pita atau aksen yang menjuntai terlalu panjang sehingga menyulitkan kamu untuk mengambil kue, makanan, atau minuman. Kamu tentu tak mau bajumu tercelup kuah atau minuman saat mengambilnya.

Potongan baju haruslah pas agar tidak terkesan terlalu sempit. Baju yang kesempitan bikin kamu seolah sedang terjebak dalam bajumu. Baju yang terlalu besar akan bikin kesan kedodoran dan kurang nyaman dilihat. Maka dari itu, pastikan potongannya pas tidak terlalu kecil dan besar agar kamu nyaman memakainya dalam waktu lama.

Hindari Corak atau Pernik Berlebihan

Hindari corak atau pernik berlebihan pada baju Lebaran yang kamu kenakan. Memang sih, kadang kita berniat memeriahkan suasana Lebaran. Pakaian yang dikenakan akhirnya bekesan terlalu gemerlap dengan mata-mata pernik, atau aksen berkilau lainnya. Padalah jika belebihan malah tidak menyenangkan untuk dipandang. Pakaian yang sederhana dengan aksen tak berlebihan justru bisa membuat tampilan kamu lebih anggun, elegan, dan lebih istimewa.

Sesuaikan Tubuh

Saat memilih baju Lebaran, ada baiknya disesuaikan dengan bentuk tubuh. Ini supaya kekurangan pada tubuh bisa tertutupi dengan baik. Kamu juga bisa lebih percaya diri jika tampilan kamu lebih pas dipandang.

Jika kamu bertipe tubuh apel, yakni bagian dada sampai atas bokong lebih bulat daripada bagian kaki, maka kamu lebih pas memakai baju Lebaran yang kasual. Kenakan saja baju Lebaran berupa tunik yang bisa menutupi bagian dada dan pinggul yang lebih besar. Untuk bawahannya kamu bisa kenakan celana yang mengerucut ke bawah. Hati-hati juga dengan pemilihan warna baju Lebaran. Kamu bisa pilih warna pink nude, abu-abu, cokelat susu, atau warna soft lainnya.

Kalau tubuh kamu berbentuk pear, yakni bagian pinggul dan paha lebih besar, maka kamu hanya perlu memakai baju yang bisa menyeimbangkan bahu. Kenakan pakaian bercorak pada bagian perut. Hal ini akan bisa mengalihkan pandangan dari bentuk badan. Jangan memakai celana jeans, kamu sebaiknya memakai celana dengan potongan bootleg atau cutbray. Pilihan warna earthy tone akan cocok untuk pakaian Lebaran kamu.

Bertubuh mungil dan pendek mungkin kerap bikin kamu jadi kurang percaya diri. Namun, kamu bisa tetap keren saat Lebaran, loh. Kuncinya adalah menghindari busana yang terlalu panjang karena bisa bikin kesan kamu lebih pendek. Kamu bisa kenakan paduan atasan dan bawahan. Untuk bawahannya bisa kenakan rok plisket atau celana kulot. Sementara untuk atasannya bisa kenakan tunik atau blus pendek.

Jika kamu memiliki bentuk badan lurus, maka kamu bisa memilih baju Lebaran dengan potongan pada pinggang. Kenakan gamis dengan detail tali pinggang atau aksen pada pinggang untuk memberi kesan tubuh lebih berbentuk. Kamu juga bisa memilih warna yang terang agar kesannya tubuh kamu lebih berisi.

Kalau kemu memiliki tubuh bentuk jam pasir maka bagian bagian pinggul dan dada sudah pas dengan ukuran sama, hanya saja area pinggang lebih kecil. Kamu bisamemakai baju dengan aksen dapery atau aksen di pinggang. Untuk warnanya kamu bebas memilih warna favoritmu.

Ini Dia Pilihan Fashion Lebaran Keren untuk Kamu

ADA - Patricia Dress Maxi

ADA - Patricia Dress Maxi bikin Lebaran kamu jadi lebih istimewa. Kesannya memang sederhana dan simpel. Namun kamu bisa terkesan makin elegan. Kamu bebas memakai hijab apa saja untuk paduannya. Dress yang satu ini hadir dengan kerah bulat. Ada resleting depan sehingga cocok juga untuk ibu menyusui.

Baju ini dilengkapi layer asimetris di bagian depan sehingga kesannya unik. Ada bukaan lengan dengan kancing. Bahan pembuatan bajunya tidak stretch dan tidak transparan. Bahannya dari wolfis yang adem dan tidak mudah kusut. Ada ukuran S hingga XL yang bisa kamu miliki.

Harga Rp. 149.000-468.000

Habahijab Pakaian Muslim Wanita Sharjah Tunik - Lebaran

Habahijab Pakaian Muslim Wanita Sharjah Tunik – Lebaran tentu cocok untuk kamu yang ingin tampil keren tanpa ribet. Tunik panjang ini bisa kamu padukan dengan bawahan berupa celana legging atau jogger. Untuk hijabnya tinggal pilih saja dengan warna yang sesuai.

Terbuat dari bahan satin plisket, bajunya terkesan mewah. Potongan tuniknya A line sehingga bisa memberi kesan kurus. Ada tali dipinggang yang bsia diikat di samping atau di belakang. Produk hadir dengan bukaan depan. Ada ukuran M hingga XL yang tersedia.

Harga Rp. 171.000-355.000

Naisha Gamis Mahira Set+Pashmina

Naisha Gamis Mahira Set+Pashmina merupakan baju Lebaran yang praktis. Satu set sudah lengkap dengan pashmina sehingga kamu tak perlu bingung mencari hijab yang pas untuk dikenakan. Bahannya dari ceruti babydoll armani yang merupakan terbaik di kelasnya. Bahannya halus, jatuh dan tidak mudah kusut. Ini bikin kamu tampak rapi seharian saat memakainya. Baju lengkap dengan furing berbahan katun yang lembut dan nyaman.

Ada ruffle depan yang bisa menutupi bagian pinggang pemakai. Ada juga detail tali serut kecil yang bisa mempermanis penampilan. Baju ini wudhu friendly dan busui friendly. Ada 6 pilihan warna,yakni beige, darg grey, amy, navy, soft pink, dan broken white. Baju tersedia dalam 3 ukuran yakni S, AS, dan XL.

Harga Rp. 321.000-362.000

Mybamus Anandya Mix Plisket Dress Black M15243 R60S2

Mybamus Anandya Mix Plisket Dress Black M15243 R60S2 hadir dengan aksen yang cantik di bagian bawah. Ini membuat gamis tampak elegan. Warnanya gelap sehingga memberi kesan langsing pada pemakaianya. Gamis ini cocok untuk acara formal atau non formal. Terbuat dari bahan lacost yang merupakan bahan terbaik, dipastikan kamu nyaman dan aman memakainya dalam waktu lama.

Dress ini memiliki aksen ban di bagian tangan. Produk cocok untuk berat badan 40 sampai 65 kg dengan perkiraan tinggi badan 140 sampai 170 cm. Lingkar dadanya 102 cm dengan panjang 130 cm.

Harga Rp. 109.000-194.000

Dress Muslim Gamis Wanita Zahra Signature Long Dress Natasha

Dress Muslim Gamis Wanita Zahra Signature Long Dress Natasha juga bisa jadi baju andalan kamu saat Lebaran. Baju yang satu ini hadir dengan detail layer di bagian dada. Ini memberi kesan eksklusif yang keren. Ada juga kerah scholar yang membuat kamu jadi nyaman memakainya. Baju lengan panjang ini dilengkapi resleting di bagian belakang. Bahan bajunya ringan dan adem bikin kamu betah memakai seharian. Bahannya tidak menerawang dan ringan dikenakan.

Harga Rp. 150.000-360.000

KORZ Gamis Double Layer Button Front Gamis Muslim

KORZ Gamis Double Layer Button Front Gamis Muslim cocok kamu kenakan untuk memberi kesan elegan. Baju ini keren dipakai di rumah saja atau untuk bersilaturahmi. Gamis hadir dengan motif polkadot dan bunga. Aksen layering bikin tubuh tampak lebih ramping dan tinggi.

Potongan gamisnya regular fit. Produk ini dilengkapi resleting di bagian belakang. Terbuat dari bahan poliester, gamisnya nyaman dikenakan. Ada ukuran S hingga XXL yang tersedia.

Harga Rp. 249.000-975.000

ZM Zaskia Mecca - Elba Black Tunik

ZM Zaskia Mecca - Elba Black Tunik tentu tidak boleh kamu lewatkan. Kamu yang lebih suka pakai tunik karena kesannya rapi dan ringkas, wajib lirik yang satu ini. Untuk bawahannya kamu bisa kenakan celana jeans, celana palazzo, atau celana lain yang nyaman. Tunik memiliki kerah bulat dan tidak terkesan mencekik. Ada resleting depan sehingga busui friendly. Tunik juga hadir dengan aksen pita dan rampel tumpuk di bagian bawah. Ukuran tunik tersedia dari M hingga XXL.

Harga Rp. 146.000-545.000

Mybamus Akhila Mix Jarin Tunic Mocca M15357 R46S6

Mybamus Akhila Mix Jarin Tunic Mocca M15357 R46S6 merupakan tunik cantik yang bikin gaya kamu makin elegan. Produk ini hadir dengan tile di bagian bawah. Ini menambah kesan mewah dan eye catching. Kamu bisa padukan dengan jeans warna senada dan juga heels untuk tampilan makin stylish.

Tunik ini berbahan lacost di bagian atasnya sehingga nyaman untuk berbagai cuaca. Ada detail kerut di bagian tagan. Tunik memiliki ukuran all size. Cocok untuk tinggi badan 140 sampai 160 cm. Baju pas untuk berat badan 40 sampai 60 kg. Lingkar dadanya 104 cm dan panjangnya 107 cm.

Harga Rp. 101.000-428.000

Hijabwanitacantik - Instan Baiti Aurum

Hijabwanitacantik - Instan Baiti Aurum wajib jadi koleksi kamu untuk dipakai saat Lebaran. Hijab instan ini desainnya praktis dan bisa memberi kesan manis saat dipakai. Cocok untuk baju yang polos karena hijabnya sudah penuh motif yang indah. Hijab ini berbahan diamond stretch terbaik. Saat memakainya kamu tak perlu takut gerah. Dengan teknologi digital printing, hijabnya tidak mudah luntur warnanya. Ukuran panjang depannya 66 cm dan panjang belakangnya 97 cm.

Harga Rp. 99.000-324.000

Seruni Living Paket Hijab dan Masker Seri Alyssa

Seruni Living Paket Hijab dan Masker Seri Alyssa merupakan pilihan keren untuk kamu. Di masa pandemi ini kita memang wajib memakai masker. Paket ini akan memudahkan kamu karena dalam satu paket sudah ada satu stel. Hijabnya memiliki motif yang elegan dan cantik. Bahannya dari voal sehingga nyaman dipakai di segala suasana. Ukuan hijabnya adalah 115 x 115 cm. Ada aksen cutting laser pada tepi yang mempermanis tampilannya.

Maskernya nyaman digunakan karena sudah sesuai rekomendasi WHO. Ada lapisan poliester di bagian depan, lapisan polypropylene di bagian tengah, dan lapisan katun lembut di dalam. Ukuran maskernya 32 x 12 cm dengan karet headloop.

Harga Rp. 279.000-447.000
From our editorial team

Tak Harus Ikut Tren

Setiap tahun saat Lebaran tiba pasti produsen baju menghadirkan banyak baju model kekinian. Tren baju Lebaran dari waktu ke waktu terus bervariasi. Kita tentu tergoda untuk memilikinya dan memakainya agar tak disangka ketinggalan mode. Namun, ingat tak semua tren cocok untuk kamu. Jangan memaksa ikut tren yang ada jika model bajunya kurang nyaman untuk kamu kenakan. Atau misalnya modelnya kurang cocok dengan bentuk tubuh kamu. Tak perlu ikut-ikutan gaya jika bajunya kurang nyaman dikenakan. Kamu bisa tetap cantik dan anggun dengan gaya dan model baju yang nyaman kamu kenakan meski tidak mengikuti tren kekinian.