10 Rekomendasi Gamis Lebaran untuk Tampil Anggun di Idul Fitri 2021

10 Rekomendasi Gamis Lebaran untuk Tampil Anggun di Idul Fitri 2021

Lebaran memang masih jauh. Namun, tak ada salahnya kamu persiapkan baju yang akan kamu kenakan dari sekarang. Semisal kamu hendak membeli baju, kamu bisa nabung dari sekarang. Nah, untuk pilihan gamis Lebaran, kami siapkan rekomendasinya untuk kamu! Pastikan juga kamu mengecek tips memilih gamis terbaik untuk dikenakan saat Lebaran, ya!

Menjelang Lebaran Banyak yang harus Disiapkan

Lebaran merupakan salah satu hari paling penting bagi para muslim. Ini adalah hari di mana Ramadan berakhir dan berganti menjadi bulan Syawal. Pada saat Idul Fitri tiba, kita berkesempatan untuk saling meminta maaf dan memaafkan antar sesama. Pada momen Lebaran kita juga berkesempatan saling kunjung mengunjungi baik antar tetangga hingga saudara.

Menjelang Lebaran, kita harus mulai melakukan aneka persiapan. Misalnya saja bersih-bersih rumah. Kita tentu tak ingin tamu yang datang ke rumah jadi kurang nyaman karena rumah kita kotor dan tak tertata rapi. Kita perlu mengganti taplak meja, tirai, dan lainnya yang mungkin perlu dicuci karena debu. Jangan lupa juga mengecat tembok untuk memberi kesan lebih baru dan bersih.

Persiapan lainnya yang umum dilakukan menjelang Lebaran adalah menyiapkan aneka suguhan. Persiapkan sederet kue kering di meja untuk suguhan tamu yang datang. Bisa membuat sendiri atau bisa juga membeli. Selain itu, siapkan juga ketupat, opor ayam, atau rendang untuk suguhan mereka yang ingin makan.

Kamu juga perlu menyiapkan amplop berisi uang. Ini untuk diberikan kepada para keponakan atau anak-anak kecil yang datang ke rumah. Tujuannya adalah untuk menyenangkan mereka. Ini juga bisa jadi ladang pahala kita karena bisa berbagi dengan sesama.

Persiapan lain yang harus dilakukan adalah berkomitmen untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Maksimalkan ibadah dan juga berdoalah agar meski Ramadan usai namun kamu tetap bisa beribadah seperti saat Ramadan.

Persiapkan Baju Lebaran Jauh-jauh Hari

Ketika Lebaran tiba, kita akan saling kunjung mengunjungi. Kita disarankan untuk memakai pakaian terbaik. Pakaian ini akan dikenakan saat ke masjid untuk melakukan salat Ied dan bersilaturahmi dengan tetangga dan saudara-saudara kita.

Baju Lebaran memang tak harus selalu baru. Baju lama pun bisa dikenakan asal masih pas dan masih layak. Kamu hanya perlu mencuci baju lama dan menyetrikanya agar tampak lebih rapi.

Memakai baju baru atau lama tetap harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Ini karena, jika kamu mempersiapkannya dalam waktu dekat maka pikiran kamu tidak bisa fokus karena sibuk dengan persiapan lainnya. Mempersiapkan dari jauh hari bikin kamu bisa memikirkan warna baju, model baju, hingga hijab apa yang pas untuk kamu pakai agar cocok dengan pakaian yang kamu kenakan.

Jika memutuskan untuk membelinya, maka membeli jauh-jauh hari juga lebih menguntungkan. Ini karena kamu tak perlu berdesakan dengan orang lain yang juga akan membeli baju baru. Selain itu, kamu juga bisa mempersiapkan bujet khusus untuk baju sehingga kamu bisa memilih baju dengan lebih leluasa dengan bujet yang sudah kamu siapkan.

Tips Memilih Gamis Lebaran

Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Untuk Lebaran, baju gamis yang akan kamu kenakan sebaiknya disesuaikan dengan bentuk tubuh. Baju yang sesuai dengan bentuk tubuh tentunya akan lebih nyaman digunakan. Selain itu, tampilan kamu juga akan lebih menawan saat dilihat.

Jika kamu memiliki tubuh kurus, maka usahakan memilih gamis berpotongan lebar di bagian bawah. Kamu bisa juga memilih model klok untuk bagian bawahnya. Potongan yang melebar di bawah bisa membuat tubuhmu terkesan lebih berisi. Pilih juga gamis dengan motif ramai agar kesannya lebih berisi.

Jika kamu memiliki tubuh berisi, ada baiknya kamu memakai gamis dengan ukuran yang pas. Modelnya bisa sesukamu hanya saja jangan pilih gamis berukuran terlalu besar atau dengan model yang terlalu longgar. Bukannya memberikan ilusi lebih ramping, ini hanya akan membuat tubuh terkesan makin besar. Kamu bebas memilih warna pastel atau warna gelap. Boleh juga memilih gamis dengan motif, namun pastikan motifnya kecil-kecil, ya.

Pilih gamis berpotongan payung jika kamu memiliki tubuh kurus dan jangkung. Tegaskan potongan busana gamis di bagian bawah dada. Untuk bahan gamisnya gunakan yang flowy agar terkesan memberi lekuk pada tubuh.

Tubuh dengan bentuk buah pir bisa memilih gamis berpotongan longgar. Bagian pinggul yang lebih lebar bisa disiasati dengan memilih gamis yang bagian atasnya lebih ramai. Bisa diberi tambahan pernik, renda, atau bebatuan di bagian dada.

Kalau kamu memiliki tubuh lurus dan kurus, kamu bisa kenakan gamis bermotif. Pilih yang ada aksen belt. Ini akan memberikan ilusi tubuh lebih berbentuk. Kamu bisa juga memilih yang ada aksen serut atau brokat di area pinggang.

Jika kamu memiliki tubuh bentuk apel, kamu bisa kenakan gamis yang modelnya fit body. Tubuh yang berisi di bagian tengah bisa diakali dengan memakai baju siluet ketat atau menciptakan ilusi fit body. Ketimbang memakai baju yang terlalu longgar dan membuat tampilan makin besar, baju yang pas bisa bikin kamu terkesan lebh langsing.

Pilih Bahannya

Bahan gamis juga perlu kamu pertimbangkan. Saat Lebaran kita banyak bepergian baik jauh maupun dekat. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Agar lebih nyaman bepergian, maka kenakan pakaian yang sekiranya tidak mudah bikin kamu gerah dan bisa menyerap keringat.

Bahan pilihan pertama adalah bahan katun. Gamis bahan katun memiliki tekstur halus dan lembut. Gamis katun juga tidak panas dipakai karena bahannya cepat menyerap keringat. Bahan ini juga gampang dicuci dan tidak mudah kusut.

Bahan kaos merupakan bahan gamis selanjutnya yang bisa dilirik. Bahan ini teksturnya lembut, ringan, dan elastis. Gamis kaos lebih cepat menyerap keringat dan tidak bikin gerah. Sayangnya, bahan kaos kurang memberi kesan elegan saat digunakan. Gamis kaos lebih cocok digunakan saat kamu di rumah saja agar lebih nyaman.

Gamis bahan ceruti adalah pilihan menarik lainnya. Ciri khas bahannya yakni sangat tipis. Teksturnya lembut dan mudah dibentuk. Jika memilih gamis bahan ceruti, pastikan gamis sudah memiliki lapisan furing di dalamnya agar tidak menerawang.

Pilihan lainnya adalah gamis bahan jersey. Bahan ini adalah bahan favorit pembuat gamis karena terbuat dari serat kapas dan dicampur dengan bahan karet yang adem. Bahan kainnya jatuh dan agak mengkilap. Gamis ini nyaman dikenakan beraktivitas di segala cuaca.

Bahan lain yang kerap digunakan sebagai gamis adalah bahan wolfis. Bahan ini tebal dan tak tembus pandang. Meski bahannya tebal namun bahannya adem dan tidak bikin gerah.

Sesuaikan dengan Warna Kulit

Warna gamis juga bisa dipertimbangkan sebelum membeli gamis. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan warna kulit agar tidak terlihat terlalu mencolok. Misalkan saja semisal kamu memiliki kulit putih maka kamu akan cocok memakai warna pastel. Sementara jika kamu memiliki kulit sawo matang, pilihan warna seperti navy, pink, hingga burgundy bisa jadi pilihan yang pas.

Pilih yang Simpel

Gamis yang digunakan untuk Lebaran sebaiknya dipilih yang modelnya simpel saja. Meski kita ingin tampil menarik di mata orang lain, bukan berarti kita memakai pakaian yang terlalu menyolok atau terlalu berlebihan modelnya. Sebisa mungkin kenakan yang simpel dan sederhana. Ini supaya ketika Lebaran kamu lebih nyaman bergerak bebas untuk bersalaman, makan, ngobrol, dan lain sebagainya.

Gamis yang terlalu banyak aksesorinya bikin kamu jadi merasa terlalu ribet. Selain itu, tampilan ini juga bisa bikin orang sekitarmu jadi kurang nyaman. Ingatlah bahwa less is more. Makin simpel tampilan kamu maka makin elegan dan makin indah terlihatnya.

Lebaran tahun ini kemungkinan kita tak banyak bepergian jauh karena masih masa pandemi. Karena itu, baju gamis yang simpel juga bisa jadi andalan. Kamu jadi tetap sopan dan elegan saat menemui tamu dan bisa juga tetap tampil santai dan melakukan aktivitas rumahan saat tak ada tamu di rumah.

Ini Dia Rekomendasi Gamis Lebaran untuk Kamu

Agnes Baju Gamis Wanita Brukat / Gamis Putih Lebaran Umroh Haji / Busana Muslim Wanita #80920

Agnes Baju Gamis Wanita Brukat / Gamis Putih Lebaran Umroh Haji / Busana Muslim Wanita #80920 merupakan pilhan yang pas untuk Lebaran tahun ini. Bajunya berwarna putih dan menggambarkan kesan kembali fitri. Terbuat dari bahan ceruti, baju ini nyaman dikenakan di berbagai cuaca.

Gamis ini hadir dengan aksen brukat dan glitter yang membuatnya terkesan begitu istimewa. Kamu bisa padukan dengan hijab warna apa saja. Ada detail resleting belakang untuk bukaannya. Gamis ini dilengkapi dengan furing sehingga tidak terawang saat dikenakan.

Kamu bisa padukan dengan hijab warna apa saja. Kenakan saat salat Ied dan juga bersilaturahmi. Ada ukuran M hingga XL yang tersedia untuk gamis cantik ini.

Harga Rp. 175.000-251.000

Zafina Dress/Gamis Syar'i

Zafina Dress/Gamis Syar'i berbahan katun madina. Ini membuatnya terkesan jatuh, tidak kaku, dan memberi kesan elegan. Bahannya tidak menerawang, lembut, dan adem dikenakan. Cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia yang panas. Ini karena bahannya dari serat kapas yang menyerap keringat dan tidak mudah bau. Bahan seratnya bergaris jadi sekilas mirip seperti linen. Gamis ini dikombinasi dengan bahan babydoll armani.

Ada aksen serut di bagian pinggang sehingga terasa lebih nyaman dikenakan dan terkesan membentuk tubuh. Ada saku di samping kanan bajunya. Pilihan warna bajunya juga banyak, mulai, magenta, smoke grey, moss green, soft pink, dan denim. Ukurannya tersedia dari S hingga XL.

Harga Rp. 239.000-254.000

Le Najwa - Gamis Fashion Muslimah Larisa Dress

Le Najwa - Gamis Fashion Muslimah Larisa Dress bisa bikin tampilan kamu makin feminin. Gamis yang satu ini cocok untuk ibu hamil dan juga menyusui. Terbuat dari bahan kyoto yang tebal dan tidak transparan. Meski tebal namun bahannya ringan, elastis, dan nyaman digunakan. Tekstur bahannya lembut dan menyerap keringat sehingga cocok digunakan dalam berbagai acara.

Gamis ini memiliki ukuran all size fit to XL. Lingkar dadanya 110 cm dan panjang bajunya 138 cm. Gamis ini busui friendly dan juga wudhu friendly.

Harga Rp. 145.000-264.000

Vallina Outfit - Baju Gamis Tutu Tile Raya Dress

Vallina Outfit - Baju Gamis Tutu Tile Raya Dress adalah baju gamis yang bisa kamu andalkan untuk hari raya tahun ini. Bajunya berkualitas bagus karena bahannya juga premium. Gamis ini berbahan wollycrepe yang dikombinasi kain tutu. Modelnya sederhana namun terlihat elegan dan mewah. Tersedia satu ukuran yang pas untuk ukuran M hingga XL. Lingkar dadanya 102 cm dengan panjang baju 135 cm.

Harga Rp. 79.900

Le Najwa - Gamis Fashion Muslimah Zania Dress

Le Najwa - Gamis Fashion Muslimah Zania Dress cocok untuk kamu yang ingin berkesan elegan. Bajunya simpel dengan model yang nyaman untuk dipakai kegiatan keseharian ataupun Lebaran. Gamis ini tidak transparan jadi kamu tidak perlu khawatir saat memakainya.

Terbuat dari spandek, kainnya lembut dan bisa menyerap keringat. Selain itu juga ringan dan sangat nyaman dikenakan. Gamisnya busui friendly karena ada bukaan depan. Ada aksen belt di sebelah kiri. Untuk ukurannya ada satu ukuran all size fit to XL. Lingkar dadanya 110 cm dengan panjang baju 138 cm. Ada pilihan warna yellow mustard, ash rose, militery olive, dan violet.

Harga Rp. 145.000-233.000

Wulfi Gamis Kiara Light Lilac

Wulfi Gamis Kiara Light Lilac kekinian warnanya dan bikin tampilan kamu makin anggun. Gamis ini nyaman dipakai wudhu karena bagian lengannya nyaman. Ada serutan setengah lingkaran di pinggang yang unik dan manis. Gamisnya nyaman untuk aneka aktivitas. Kamu bisa memakainya untuk di rumah saja atau bisa juga untuk bersilaturahmi kala Lebaran. Terbuat dari bahan supercrepe premium dijamin kamu tak mudah kepanasan saat memakainya. Ukurannya ada S hingga XL yang bisa kamu pilih.

Harga Rp. 115.000-623.000

Mybamus Maddy Ballon Dress Camel M15348 R56S5

Mybamus Maddy Ballon Dress Camel M15348 R56S5 merupakan gamis dengan desain yang nyaman. Potongannya longgar dan oversized sehingga cocok dipakai bersantai. Kamu bisa juga memakainya saat lebaran karena kesannya juga elegan. Terbuat dari bahan lacost, bahannya adem dan jatuh. Ada aksen kerut di bagian tangan sehingga memudahkan saat wudhu. Ada juga tali di bagian samping sebagai aksen pemanis. Ukuran gamis ini all size. Lingkar dadanya 124 cm dengan panjang baju 134 cm. Produk ini cocok untuk berat badan 45 hingga 65 kg dan tinggi badan 140 hingga 170 cm.

Harga Rp. 111.000-138.000

Dresssofia - Bukchon Etnic Hanbok Maxidress

Dresssofia - Bukchon Etnic Hanbok Maxidress terbuat dari bahan katun toyobo yang kualitasnya bagus. Bahan kainnya lembut dan dingin. Ketebalannya pas dengan serat rapat dan padat. Produk ini tak mudah kusut sehingga nyaman dipakai dalam keseharian.

Produk model hanbok ini keren dan praktis digunakan. Kamu bisa memakainya di segala suasana. Produk ini memiliki resleting belakang. Ada pula karet di bagian pinggang sehingga lebih nyaman dipakai. Lingkar dadanya 100 cm dengan panjang 140 cm.

Harga Rp. 189.000-303.000

Sakila Dress IT Crepe

Sakila Dress IT Crepe hadir dalam pilihan warna mocca, latte, dan greenmint. Baju berbahan IT crepe ini tersedia dalam ukuran S hingga XL. Bahan bajunya elastis dan nyaman dikenakan. Tidak menerawang dan tidak bikin gerah. Kainnya bisa melar dan tidak mudah kusut meski dipakai seharian. Selain itu juga mudah menyerap keringat sehingga bikin kamu betah memakainya seharian.

Gamis ini memakai resleting depan jadi busui friendly. Bagian depan bawah dilengkapi dengan lapisan double layer. Bagian tangannya memakai bostrox kancing aktif sehingga memudahkan saat wudhu.

Harga Rp. 105.000-287.000

Aziara Dress

Aziara Dress terbuat dari bahan torri HQ yang tebal namun nyaman dipakai. Desain gamisnya simpel namun elegan. Baju ini cocok untuk berbagai acara. Ada pilihan warna almond dan army yang tersedia.

Gamis ini hadir dengan serat yang lembut dan tidak menerawang. Baju tak mudah kusut sehingga kamu tetap cantik seharian. Bahan kainnya menyerap keringat dengan cepat dan tak bikin gerah. Bagian depan ada resleting sehingga cocok untuk ibu menyusui. Gamis ini memiliki variasi renda dan rempel.

Harga Rp. 116.000-231.000
From our editorial team

Belanja Baju Secara Online Lebih Praktis

Di masa pandemi seperti sekarang, sangat riskan belanja baju ke toko langsung. Untuk lebih aman dan praktisnya, kamu bisa belanja di online shop. Pilih online shop tepercaya yang menyediakan garansi uang kembali agar kamu tidak kecewa. Selain itu, kamu juga bisa cek review pembeli sebelum untuk tahu kualitas produknya dan juga pelayanan toko. Perhatikan detail produk secara cermat agar tidak salah beli, utamanya soal bahan dan juga ukurannya.