Buat Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir, Ada 10 Rekomendasi Souvenir untuk Dosen Tercinta (2020)

Buat Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir, Ada 10 Rekomendasi Souvenir untuk Dosen Tercinta (2020)

Memberikan souvenir untuk dosen bisa menjadi kenang-kenangan tersendiri untuk beliau. Apalagi jika kamu sudah lulus kuliah, tentu ingin memberikannya sebagai rasa terima kasih. Berikut BP-Guide akan memberikan rekomendasi souvenir yang bisa kamu berikan untuk dosen tercinta.

Menjaga Hubungan Baik dengan Dosen Adalah Hal yang Penting

Ketika kamu menempuh studi di perguruan tinggi, tidak dapat dipungkiri peran dosen memang sangat besar. Dosenlah yang memberikan kamu berbagai ilmu yang akan berguna untuk kehidupanmu nantinya. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan para pendidik di kampus.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu berhubungan baik dengan dosenmu. Segala sesuatu yang berhubungan dengan perkuliahan akan menjadi lebih mudah. Termasuk ketika kamu menemui kesulitan dalam memahami materi atau mengerjakannya.

Hal yang tidak kalah penting adalah saat kamu sedang berjuang menyelesaikan skripsi. Memiliki hubungan baik dengan dosen akan membantu kelancaranmu dalam mengerjakan skripsi. Meski tidak semua dosen bisa menyambut hangat niat baikmu, kamu harus tetap menghargai dan menghormati mereka.

Misalnya ketika kamu menemui kesulitan saat berkomunikasi dengan dosen yang terkenal killer, tidak seharusnya kamu berlaku seenaknya. Tunjukkan kepada beliau bahwa kamu tetap menghormatinya, terlepas dari bagaimana pun karakter pribadinya.

Alasan Kamu Harus Menjaga Hubungan Baik dengan Dosen

Mempermudah Diskusi Mengenai Perkuliahan

Kini sudah bukan zamannya lagi hubungan antara dosen dan mahasiswa terkesan kaku. Kamu bisa menjadikan dosen sebagai teman diskusi, terutama tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kuliah. Kamu bisa meminta saran mengenai mata kuliah apa yang harus kamu ambil semester depan.

Demikian juga saat kamu kebingungan menentukan judul skripsi. Sebagai seorang pendidik yang berpengalaman, dosen akan memberikan banyak inspirasi pada kamu tentang isu-isu yang bisa diangkat ke dalam skripsimu. Kamu juga dapat berdiskusi mengenai isu-isu terbaru yang berhubungan dengan bidang perkuliahanmu jika kamu bisa menjaga hubungan baik dengan dosen lho!

Menunjang Karier di Masa Depan

Seorang dosen dipastikan punya banyak relasi dan koneksi di luar sana. Entah itu rekan-rekan mereka atau mantan mahasiswa yang sudah sukses menapaki karier. Hubungan baikmu dengan dosen bisa menunjang kariermu di masa depan. Dosen biasanya mengajak para mahasiswa mereka dalam sebuah proyek penelitian. Dari situ kamu bisa menggali banyak pengalaman sekaligus mendapatkan uang.

Sama halnya jika dosenmu merasa kamu berkompetensi dalam bidang tertentu, lalu beliau merekomendasikan kamu ke perusahaan atau instansi tertentu yang mungkin cocok denganmu. Perlu kamu tahu, surat rekomendasi dosen sangat berguna untuk melancarkan jalanmu mencari pekerjaan, lho. Terlebih lagi jika dosenmu adalah seorang figur ternama yang telah dikenal di bidangnya.

Melatih Komunikasi Formal Sebelum Masuk ke Dunia Kerja

Komunikasi dosen dan mahasiswa pernah menjadi isu panas yang marak dibahas di mana-mana. Apabila kamu bisa menjaga hubungan baik dengan dosenmu, secara tidak langsung kamu melatih kemampuan untuk berkomunikasi secara formal sebelum masuk ke dunia kerja. Kamu sudah terbiasa menggunakan bahasa yang santun, sehingga kamu tidak canggung lagi jika suatu saat nanti harus berkomunikasi dengan atasan.

Kemampuan semacam ini tidak hanya berguna di dalam dunia kerja saja, tetapi juga sebagai bekal untuk kamu bersosialisasi dengan masyarakat. Jangan pernah lelah untuk mengasah kemampuan komunikasi dengan dosen, ya!

Membuka Peluang Beasiswa

Melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi dengan beasiswa adalah impian setiap mahasiswa. Namun, seperti yang kamu mungkin sudah pahami, ada banyak persyaratan yang harus kamu penuhi untuk bisa mendapatkan beasiswa. Apalagi jika yang kamu incar adalah beasiswa ke luar negeri.

Salah satu persyaratan yang ada di dalamnya adalah surat rekomendasi dari dosen. Bayangkan, jika kamu tidak pernah memiliki hubungan baik dengan dosen, tentu akan sulit bagi kamu untuk mendapatkan rekomendasi. Berbeda lagi jika selama ini dosen mengenal kamu sebagai mahasiswa yang aktif dan sopan, maka bisa dipastikan sang dosen akan menuliskan banyak hal positif tentangmu.

Sebagai Media untuk Belajar dan Mencari Motivasi

Berbagai prestasi yang berhasil didapatkan oleh dosen seharusnya bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi untukmu. Tidak ada salahnya lho selama berdiskusi dengan beliau kamu menanyakan tentang perjalanan hidup beliau hingga meraih kesuksesan. Dari situ kamu akan mendapatkan banyak makna dan pembelajaran.

Akhirnya, kamu pun akan semakin bersemangat untuk menggapai mimpi. Ingat ya, menjalin hubungan baik dengan dosen lebih dari sekadar melancarkan skripsi atau tugas akhir saja. Tetapi juga sebagai sumber inspirasi dan motivasi yang sangat kamu butuhkan dalam hidup.

Cara Membangun Hubungan Baik dengan Dosen

Memberikan Kesan Pertama yang Positif

Kesan pertama yang baik bukan hanya perlu kamu berikan pada gebetan saja, tetapi juga pada dosenmu. Apalagi ketika kamu melangkah ke ruang bimbingan skripsi untuk pertama kalinya. Kenakan pakaian yang sopan dan pantas serta pastikan badanmu bersih dan wangi.

Kemudian gunakan kata-kata yang sopan saat berbicara dengan beliau. Jaga nada suaramu agar tetap rendah meski kamu sedang berargumen atau mengutarakan pendapat. Tidak ada salahnya juga lho mencari tahu lebih dalam tentang dosen yang bersangkutan, seperti hal-hal apa yang beliau sukai dan tidak sukai, sehingga akan lebih mudah bagimu untuk menunjukkan sikap di depan beliau.

Menjaga Etika Komunikasi

Etika komunikasi harus dijaga setiap saat, kapan saja, di mana saja, dan melalui media apa saja. Bukan hanya saat kamu bertemu langsung dengan dosen, kamu juga harus tahu etika berkomunikasi lewat telepon. Biasakan untuk memperkenalkan diri dan jurusan saat memulai percakapan dengan dosen, baik itu lewat telepon maupun pesan singkat.

Perhatikan juga waktu kamu menghubungi beliau. Hindari menghubungi dosen di jam-jam istirahat dan hari libur. Waktu terbaik untuk menghubungi dosen adalah saat jam kerja. Jika dosen tidak segera memberikan jawaban setelah kamu mengirimkan pesan, bersabarlah dan tunggu hingga esok hari. Jangan mengejar-ngejar untuk membalas pesanmu saat itu juga, ya!

Memberikan Souvenir Saat Lulus

Ini dia nih hal yang tidak kalah penting. Setelah kamu dinyatakan lulus, berikan souvenir kepada dosen pembimbing atau dosen wali. Bukan sebagai bentuk gratifikasi, melainkan sebagai rasa terima kasih atas jasa dan waktu yang sudah mereka berikan selama ini untukmu. Untuk menghindari pelanggaran hukum dan kode etik dosen, pastikan souvenir yang kamu berikan tidak terlalu mahal, namun sangat berkesan untuk beliau.

Tidak Perlu Bingung, Ini Dia Rekomendasi Souvenir untuk Dosen yang Sangat Berkesan

Buku - The Things You Can See Only When You Slow Down oleh Haemin Sunim

Sebagai seorang akademisi, dosen tentu tidak henti-hentinya membaca buku. Memberikan buku best seller sebagai kenang-kenangan untuk beliau adalah hal yang tepat. Kamu bisa memilih buku yang berkaitan dengan bidang pengajarannya atau bisa juga memilih buku lain, seperti buku pengembangan diri yang satu ini.

"The Things You Can See Only When You Slow Down" yang ditulis oleh Haemin Sunim termasuk salah satu bukus terlaris di 2020. Buku ini mengajak para pembacanya untuk memperlambat ritme hidup sejenak. Tentu saja topik ini sangat cocok dengan dosen yang selalu sibuk setiap hari.

Buku ini akan membantu seseorang menjadi lebih tenang dalam menghadapi dunia yang sibuk dan serba cepat di masa modern.

Harga Rp. 100.000-300.000

Parfum - Calvin Klein One Unisex

Souvenir selanjutnya yang pasti akan sangat berkesan untuk dosen adalah parfum. CK One by Calvin Klein adalah wewangian dengan aroma citrus yang bersifat uniseks, bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Parfum ini pertama kali diluncurkan pada 1994, dibuat oleh Alberto Morillas dan Harry Fremont.

Base notes parfum adalah cendana, amber, musk, cedar, oakmoss, teh hijau, dan green accord. Untuk middle notes kamu bisa menikmati aroma violet, pala, melati, mawar, orris root, freesia, dan lily of the valley. Pada top notes akan didominasi aroma papaya, jeruk mandarin, lemon, cardamom, dan nanas.

Setiap kali menyemprotkan parfum ini, sang dosen pasti akan teringat padamu.

Harga Rp. 100.000-500.000

Dompet - LOOD Dompet Pria Landscape

Produk yang satu ini jelas bisa jadi suvenir yang sangat cocok untuk diberikan kepada dosen saat kamu lulus. LOOD Dompet Pria Landscape adalah dompet yang terbuat dari kulit asli, terlihat sangat elegan dan berkelas. Dimensi dompet adalah 11 x 8.5 cm, cocok untuk pria yang tidak suka ribet.

Bahan kulit asli memiliki keunggulan awet dan tahan lama, tidak mudah rusak, mudah dirawat, dan terlihat sangat stylish. Ada pilihan warna cokelat dan hitam yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Dompet ini juga bisa dipesan dengan grafir nama, lho! Ini membuat dompet yang satu ini menjadi lebih istimewa sebagai kenang-kenangan.

Harga Rp. 200.000-500.000

Kemeja - House of Cuff Kemeja Putih French Cuff

Masih rekomendasi untuk dosen pria, kamu bisa memberikan kemeja putih untuk beliau. Seorang dosen pasti sering menghadiri berbagai acara penting, sehingga beliau pasti sangat membutuhkan kemeja formal.

House of Cuff Kemeja Putih French Cuff bisa jadi rekomendasi yang tepat. Merek lokal ini terkenal dengan produk-produk yang berkualitas dan maskulin. Kemeja ini terbuat dari bahan katun 100% yang nyaman, tidak berbulu, dan sangat berkualitas. Warnanya putih polos, sangat netral untuk dipadukan dengan celana dan sepatu warna apa saja. Kemeja formal ini memiliki potongan slim fit dengan kerah kecil yang tidak berkancing.

Harga Rp. 200.000-400.000

Mug - Mug Inisial Huruf

Souvenir yang kamu berikan kepada dosen tidak harus mahal, tapi harus berkesan. Seperti rekomendasi produk berikut ini. Mug Inisial Huruf Desain Daun Vintage Custom Nama bisa menjadi kenang-kenangan manis untuk diberikan kepada dosen tercinta.

Kamu bisa menambahkan inisial nama dosenmu dan menambahkan ucapan terima kasih di bagian belakangnya. Mug akan menjadi souvenir sederhana namun sangat berguna untuk dosen.

Harga Rp. 50.000-100.000

Pulpen - Montblanc Meisterstuck

Tidak perlu bingung mau memberikan benda apa sebagai hadiah untuk dosen tersayang. Pulpen Montblanc Meisterstuck bisa jadi pilihan yang tepat. Kegiatan sehari-hari dosen tentu tidak lepas dari pulpen, baik itu untuk membubuhkan tanda tangan atau mengoreksi tugas mahasiswa.

Pulpen yang satu ini memiliki packaging yang sangat elegan dengan pilihan warna gold dan silver. Pilihan modelnya pun ada dua, yaitu ball point yang harus diputar dulu untuk mengeluarkan mata pen atau roller ball yang dilengkapi penutup.

Dalam satu set produk, kamu akan mendapatkan box dan kartu sertifikat asli Mont Blanc. Untuk membuat pulpen ini lebih personal, kamu bisa menambahkan grafir nama dosen pada pulpen.

Harga Rp. 200.000-500.000

Cokelat - Ferrero Rocher Premium Chocolate

Sekotak cokelat yang manis bisa menjadi souvenir yang berkesan untuk dosenmu. Jangan asal pilih, kamu harus memberikan yang terbaik. Ferrero Rocher Premium Chocolate menjadi produk yang layak dipertimbangkan.

Merek cokelat ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Ferrero Rocher merupakan cokelat hazelnut berkualitas dengan tekstur lembut. Wafer yang renyah, hazelnut, dan cokelat berpadu sempurna dalam satu bulatan yang dapat meningkatkan suasana hatimu seketika. Kemasannya sangat elegan sehingga pantas untuk diajdikan hadiah.

Kamu juga bisa menambahkan kata-kata ucapan khusus untuk dosenmu, lho.

Harga Rp. 100.000-300.000

Soft Case Laptop - POFOKO SOFTCASE LAPTOP

Satu lagi rekomendasi souvenir untuk dosen yang bisa kamu jadikan inspirasi. Softcase laptop tentu akan menjadi barang yang berguna dan bisa dipakai setiap hari. Fungsinya tentu untuk melindungi laptop dan memudahkan dosenmu untuk membawanya ke mana saja.

POFOKO SOFTCASE LAPTOP hadir dalam 3 pilihan ukuran yaitu 11-13 inch, 13.3 inch, dan 14-15 inch yang bisa disesuaikan dengan ukuran laptop yang dimiliki. Pilihan warna Light Grey dan Dark Grey untuk produk ini juga membuatnya terlihat timeless dan elegan. Soft case laptop ini terbuat dari bahan waterproof, sehingga tidak perlu khawatir laptop akan mudah basah saat hujan.

Harga Rp. 150.000-250.000

Kain Batik - Kain Batik FULL TULIS 100% ORIGINAL

Kain batik akan menjadi souvenir yang sangat berkesan bagi dosenmu. Kain Batik FULL TULIS 100% ORIGINAL hadir dalam motif dan warna khas tradisional Jawa dengan kombinasi motif yang kaya akan sentuhan modern. Batik ini akan terkesan sangat eksklusif karena satu motif hanya dijual satu kain saja. Bisa digunakan sebagai bahan kebaya atau kemeja.

Batik tulis asli ini dikerjakan oleh tangan-tangan pengrajin yang andal, menunjukkan ciri khas batik Solo yang sangat terkenal itu. Kamu bisa memilih ragam motif dengan banyak warna, seperti warna hitam hingga warna cokelat yang klasik.

Batik dilukis di atas kain katun halus primissima yang berkualitas ekspor. Karena harganya yang sedikit mahal, kamu bisa mengajak temanmu untuk patungan.

Harga Rp. 600.000-750.000

Lilin Aromaterapi - BATH AND BODY WORKS Candle Aromatherapy 3 Wicks

Rekomendasi souvenir terakhir adalah lilin aromaterapi yang memiliki efek menenangkan. BATH AND BODY WORKS Candle Aromatherapy 3 Wicks akan merelaksasi tubuh dan pikiran yang lelah setelah beraktivitas sepanjang hari.

Lilin ini hadir dalam berbagai macam pilihan aroma seperti fresh, sweet, white musk, dan maskulin. Lilin aromaterapi ini juga sangat awet dan tahan lama lho. Cocok banget deh untuk dosen yang sangat sibuk dan punya aktivitas padat sepanjang hari.

Harga Rp. 250.000-400.000
From our editorial team

Pelajari Karakter Dosen Sebelum Memberikan Souvenir

Setelah membaca rekomendasi souvenir untuk dosen dari BP-Guide di atas, kamu tidak perlu bingung lagi mau memberikan apa. Tapi yang paling penting adalah memberikan souvenir yang sesuai dengan kepribadian dosen. Jangan sampai kamu memberikan sesuatu yang tidak sesuai dengan minat mereka.

Tag