9 Rekomendasi Kantin Kampus Terbaik di Indonesia ini Bisa Buat Jelajah Kuliner Lho (2018)

9 Rekomendasi Kantin Kampus Terbaik di Indonesia ini Bisa Buat Jelajah Kuliner Lho (2018)

Ada banyak kantin kampus di Indonesia yang bisa dijadikan rujukan kuliner murah-meriah. Selain lezat dan hemat, kantin kampus ini berlokasi di dekat area perkuliahan mahasiswa atau bahkan berada di dalam area kampus. Cocok untuk kondisi anak kos dengan biaya apa adanya. Berikut beberapa rekomendasi kantin kampus terbaik di Indonesia.

Saat menimba ilmu di bangku kuliah, umumnya para mahasiswa kerap nongkrong dan menghabiskan waktu santai di kantin kampus. Berusaha menyesuaikan dengan kantong mahasiswa yang dikenal pas-pasan. Tak hanya itu harga menu di kantin kampus juga tergolong miring dan berbagai menu lengkap yang bergizi dan porsinya banyak. Karena banyak dikunjungi kaum intelektual, kantin kampus terbaik di Indonesia ini juga memiliki standar dan keunggulan masing-masing. Selain kebersihan yang terjaga dan menu-menu sehat yang bernutrisi, ada beberapa kelebihan lain yang membedakan dari kantin umumnya. Berikut deretan nama-nama kantin terbaik yang ada di Indonesia.

1. Kantin Akademik Halalan Thoyyiban Universitas Brawijaya

Sumber gambar ub.ac.id

Menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia, Universitas Brawijaya memiliki kantin yang berkualitas. Baik dari segi kebersihan tempat, kebutuhan gizi, serta memenuhi standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Untuk memenuhi kualitas tersebut Universitas Brawijaya meluncurkan Kantin Akademik Halalan Thoyyiban UB. Peluncuran ini bahkan diresmikan langsung oleh Rektor UB dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Prof. Dr. H. Nur Syam, MS . Standar kebersihan dan kehalalan menunya meliputi adanya wastafel, perbedaan tong sampah dan sertifikasi halal dari Pemerintah Republik Indonesia. Jadi, jika Anda ingin mencicipi menu lezat di tempat yang bersih dan sehat, langsung saja berkunjung ke Kantin Akademik Halalan Thoyyiban UB ini.

2. Kantek

Sumber gambar www.anakui.com

Penyebutan Kantek ini merupakan istilah untuk Kantin Teknik yang berada di Universitas Indonesia. Tidak sekadar warung nasi penghilang rasa lapar dan dahaga, tetapi Kantek juga menjadi tempat favorit kalangan mahasiswa berkumpul dan berinteraksi atau berdiskusi tentang mata kuliah. Dari segi harga, tentunya Kantek juga sangat kompetitif. Menjual aneka menu mahasiswa yang bikin lidah bergoyang. Seperti gado-gado, sate, nasi rames, gudeg, hingga pasta dan bahkan makanan Jepang. Selain menu yang berat atau mengenyangkan, ada juga camilan alias jajanan pengganjal perut. Misalnya kentang goreng, cimol, wafel serta es krim untuk menu penutup.

3. Kancil

Bukan nama binatang, tetapi ini adalah istilah untuk menyebut kantin di dalam area kampus jurusan Psikologi atau Kantin Psikologi. Meski berada di area kampus Psikologi, tetapi ada banyak kalangan mahasiswa dari jurusan FISIP UI dan sekitarnya. Menu yang ditawarkan cukup menggoda selera.

4. Kansas

Keunikan Kantin Sastra atau Kantin Kerucut ini berada pada bentuk bangunan yang menyerupai kerucut. Meskipun saat ini Fakultas Sastra sudah beralih nama menjadi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), tetapi tidak menyurutkan minat para mahasiswa tetap nongkrong sembari memanjakan lidah. Berbicara soal menu, kantin sastra yang berada di area kampus Universitas Indonesia ini memiliki pilihan beragam. Mulai dari gado-gado, nasi goreng, sate, batagor, ayam penyet, hingga ayam saus khas Thailand. Menu lain yang tak kalah peminat, adalah ayam penyet Mas Roni. Counter yang dikelola oleh sang pemilik bernama Roni tersebut menyajikan menu andalan ayam cabe hijau yang sering ludes diserbu kalangan mahasiswa.

5. Fakultas Ekonomi (FE)

Masih di kawasan Universitas Indonesia, kantin Fakultas Ekonomi dikenal sangat bersih, rapi, dan higienis. Pemandangan di sekitar kantin juga sangat asri menyejukkan mata. Selama menikmati hidangan, maka Anda juga akan terhibur dengan panorama yang hijau nan menyegarkan pikiran. Di kantin Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, pengunjung bisa memilih beraneka macam menu. Mulai dari nasi padang, mie ayam, ayam bakar, bubur ayam hingga ketoprak dan ayam bakar.

6. Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom)

Terletak di dekat perpustakaan kampus Universitas Indonesia, kantin yang berada di antara beberapa kampus ini cukup nyaman dijadikan tempat berkumpul kalangan mahasiswa. Selain itu, terdapat bangku yang panjang agar bisa muat lebih banyak pengunjung. Di Fasilkom menu-menu kantin yang ditawarkan juga cukup menggoda. Seperti mie ayam, nasi rames, hingga bakso. Masih ditambah, menu favorit seperti sop dan sate. Soal harga menyesuaikan dompet anak kost yang tidak lebih dari Rp 15 ribuan. Kelebihan lain dari kantin Fasilkom adalah bermitra dengan restoran Jepang, Yoshinoya. Sesuai konsepnya, restoran Jepang ini menyajikan menu khas Negeri Sakura dan interior yang ditata apik berunsur ala Jepang.

7. Fakultas Hukum

Berbicara tentang kantin kampus terbaik di Indonesia, tentunya kantin Fakultas Hukum ini bisa jadi sorotan. Pasalnya, harga dan menunya cukup menggiurkan. Di antaranya seperti gado-gado, ayam rica-rica, bakso malang, mie ayam, bubur ayam, nasi padang dan lain-lain. Harga yang terjangkau membuat kalangan mahasiswa hukum hobi nongkrong atau berkumpul di tempat ini. Hanya saja, tempatnya masih bisa ditingkatkan lagi agar lebih banyak menampung pengunjung

8. AH Resto Cafe

Berada di sekitar Fakultas Ekonomi, AH Resto Cafe menjadi jujukan mahasiswa untuk menikmati makanan lezat khas Negeri Paman Sam. AH Resto Cafe mengusung konsep American Hamburger yang didirikan sejak 1977. Resto ini merupakan restoran waralaba cepat saji berasal dari Amerika Serikat yang cukup cozy dan asyik untuk nongkrong. Sesuai namanya, restoran ini menyajikan menu burger serta steak atau pasta. Ada juga beberapa menu khas Nusantara seperti nasi goreng dan desert berupa kue manis yang cocok dijadikan santapan penutup. Meski tergolong restoran impor dari luar negeri, tapi harga menu masih relatif wajar.

9. Green T Cafe

Berlokasi di dekat Perpustakaan Universitas Indonesia, Green T Cafe bisa jadi opsi saat capek atau perut mulai protes minta diisi. Dapat dikatakan, Green T menjadi area favorit mahasiswa UI untuk mengerjakan tugas atau berdiskusi bersama teman-teman satu squad. Setelah meminjam buku dari perpustakaan, mahasiswa bisa langsung menuju Green T Cafe untuk membaca atau belajar sembari menikmati sajian. Menu-menu yang ditawarkan tidak jauh berbeda dari kantin kampus lain. Seperti kentang goreng, sandwich, roti bakar, dan menu camilan lain. Fasilitas lain yang memadai, di kafe ini banyak stop kontak, sehingga mahasiswa bisa lebih mudah mengerjakan tugas dengan laptop.

From our editorial team

Jelajah kuliner nusantara murah meriah

Itulah beberapa kantin kampus terbaik di Indonesia. Meskipun hanya sebuah kantin namun terkadang tempat ini cukup dikenang setelah lulus kuliah. Apalagi mengingat harga makanannya yang gak bikin kantong bolong alias ala mahasiswa. Kantin ini bisa jadi referensi Anda untuk menjelajahi kuliner nusantara sekaligus bernostalgia kembali ke masa-masa saat masih jadi mahasiswa atau anak kampus.