10 Minuman Kolagen untuk Bikin Kulit Wajah Awet Muda (2021)

10 Minuman Kolagen untuk Bikin Kulit Wajah Awet Muda (2021)

Minuman menyehatkan ada banyak macamnya. Salah satunya adalah minuman kolagen. Terbuat dari kolagen, minuman ini bisa memberikan manfaat baik untuk kulit hingga persendian. Nah, supaya tidak salah pilih, cek dulu tips memilih minuman berkolagen. Jangan lupa cek juga rekomendasi BP-Guide untuk produk minuman kolagen terbaik!

Minuman Kolagen Kaya Manfaat untuk Tubuh dan Kulit

Minuman kolagen merupakan salah satu minuman kesehatan yang banyak beredar di pasaran. Minuman ini banyak dikonsumsi para wanita yang ingin mendapatkan kulit lebih sehat. Kaya akan kolagen di dalamnya, minuman semacam ini bisa membantu merawat keindahan kuku, memelihara kekuatan rambut, dan juga menunda munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

Sebenarnya, tubuh kita bisa menghasilkan kolagen. Namun seiring bertambahnya usia, produksi kolagen kian menurun. Jika kolagen berkurang, maka kulit tampak kusam, kering, kurang elastis, dan tampak kurang sehat. Begitu juga dengan kuku dan rambut yang tampak kurang sehat.

Minuman kolagen akan sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kolagen dalam tubuh. Kolagen bisa diserap tubuh dalam bentuk hydrolyzed collagen dengan struktur asam amino yang pendek. Minuman kolagen juga mudahdiserap karena kolagennya berbentuk peptides.

Dengan rutin mengonsumsi minuman kolagen maka kesehatan kulit lebih terjaga. Kulit bisa terhidrasi dengan baik dan bisa membantu mencegah munculnya penuaan dini.

Tips Memilih Minuman Kolagen

Pilih Tipe Kolagen

Secara umum, kolagen memang memiliki manfaat untuk membantu mengencangkan kulit dan menjaga kekenyalannya. Namun, fungsi lainnya juga bisa menjaga kesehatan persendian dan mengatasi masalah persendian. Oleh karena itu, kolagen bisa dibedakan jadi 3 macam supaya kamu bisa lebih mengenal fungsi utama dari masing-masing kolagen.

Kolagen tipe 1 dan 3 adalah jenis kolagen yang baik untuk kulit dan juga tulang. proporsi kolagen 1 dan 3 dalam tbuh begitu besar karena memiliki peranan penting berupa pembentukan struktur rambut, tulang, dan kulit. Kedua jenis kolagen ini juga paling banyak dimanfaatkan untuk minuman kolagen yang memiliki fungsi whitening, anti aging, moisturizing, dan lain sebagainya.

Kolagen tipe 2 adalah kolagen yang biasa digunakan untuk merawat kesehatan sendi dan juga tulang rawan. Selain itu, kolagen tipe 2 juga bisa mengurangi artritis akibat penuaan. Kolagen tipe 2 bisa juga dimanfaatkan untuk radang sendi akibat salah gerak saat berolahraga.

Bagi kita mungkin sulit mengetahui tipe kolagen karena dalam sebuah produk jarang dicantumkan tipe kolagennya. Namun, kamu bisa tahu tipenya dengan cara mengetahui fungsi utamanya. Jika fungsi utamanya untuk radang sendi dan tulang rawan maka jelas tipe 2. Tetapi jika fungsinya untuk kulit, kuku, dan rambut, jelas tipenya 1 dan 3.

Cek Sumber Kolagen

Minuman kolagen wajib dicek darimana asal kolagennya. Ada yang asalnya dari hewan darat dan ada juga yang dari hewan laut. Setiap jenisnya memiliki kelebihan tersendiri.

Untuk kolagen yang didapat dari hewan darat disebut sebagai grass fed collagen atau bovine collagen. Bahannya sendiri dari hewan seperti sapi, ayam, dan babi. Meski harga jualnya murah, namun kolagen dari hewan darat cenderung lebih sulit diserap oleh tubuh.

Sementara itu, kolagen yang sumbernya dari hewan laut disebut dengan marine collagen atau fish collagen. Bahan utamanya seperti ubur-ubur, kulit ikan, atau tulang ikan muda. Kolagen dari hewan laut lebih mahal harga jualnya karena manfaatnya lebih bagus dan juga lebih cepat diserap oleh tubuh.

Cek Kandungan Selain Kolagen

Dalam minuman kolagen, tentu bahannya bukan hanya kolagen. Ada bahan lain yang digunakan untuk membuat minuman kolagen. Telitilah bahannya supaya kamu bisa mengetahui manfaat apalagi yang kamu dapatkan dari minuman kolagen tersebut.

Ada kalanya minuman kolagen juga memiliki bahan tambahan seperti zat besi dan vitamin C. Kedua bahan tersebut tentunya akan membuat minuman lebih maksimal dalam hal mencerahkan wajah dan juga menjaga daya tahan tubuh karena vitamin C tinggi antioksidan.

Ada juga kandungan seperti vitamin B yang bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Minuman kolagen bisa juga diberi tambahan seperti royal jelly, placenta, polyphenol, dan ceramide. Berbagai bahan tersebut jika ada dalam minuman kolagen bisa membuat kulit jadi lebih ternutrisi, mulai dari mencegah penuaan hingga bisa memutihkan kulit.

Pastikan BPOM

Pastikan minuman kolagen yang kamu konsumsi sudah memiliki izin edar. Salah satu izin edar yang wajib ada yakni BPOM. Ini adalah sebuah badan peneliti obat dan makanan yang ada di Indonesia. Jika sudah memiliki sertifikasi BPOM maka bisa diyakinkan bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi. Kita juga bisa memastikan ada manfaat baik yang didapat dari minuman tersebut karena sudah terjamin oleh BPOM.

Ini Dia Deretan Minuman Kolagen yang Bisa Kamu Pilih

Everwhite Hi-Collagen Powder Drink

Everwhite Hi-Collagen Powder Drink merupakan rekomendasi pertama kami. Minuman ini hadir dalam kemasan bubuk. Kamu tinggal seduh saja untuk mengonsumsinya. Diproduksi oleh anak negeri, minuman kolagen ini dijamin banyak memberikan manfaat untuk tubuh.

Minuman akan membuat kulit lebih cerah dan warna kulit lebih merata. Noda gelap di kulit menghilang dan kulit lebih mulus tanpa cela. Produk juga bisa mengeluarkan racun dan melancarkan pencernaan sehingga tubuh bisa terasa lebih bugar dan sehat.

Di dalam minuman terdapat aneka bahan yang berkualitas dan bermanfaat. Ada vitamin E, fiber C, vitamin C, pro glutathione, ektrak buah anggur dan stroberi. Minuman juga mengandung fish collagen yang sangat bermanfaat untuk mengurangi munculnya keriput pada wajah.

Harga Rp. 72.900-159.000

Dear Me Collagen Peptide+

Dear Me Collagen Peptide+ hadir dengan kandungan kolagen dari hewan laut. Kandungan marine collagenya sebesar 5000mg. Selain itu, bahan lainnya adalah L glutathione terbaik di dunia yang diambil dari Jepang. Minuman juga terbuat dari vitamin C dengan kadar asam rendah. Kamu yang memiliki masalah pencernaan akan tetap aman mengonsumsinya.

Produk ini mampu menghasilkan nutrisi yang baik untuk sistem pencernaan. Selain itu bagus juga untuk kecantikan kulit. Kaya akan probiotik, minuman kolagen ini bisa membuat penyerapan nutrisi makanan dan juga vitamin jadi lebih baik.

Harga Rp. 161.000-307.000

Diva Mixed Berries Drink

Diva Mixed Berries Drink memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Minuman dengan formula double action ini tidak hanya bisa mengurangi kerusakan kulit akibat kurangnya produksi kolagen dalam tubuh. Produk juga bisa meningkatkan jumlah kolagen dalam kulit sehingga kulit jadi lebih elastis, kencang, lembut, halus, dan bebas kerutan.

Kamu bisa lihat bedanya dalam 14 hari mengonsumsinya. Kolagen terbuat dari fish collagen dengan jumlah 1000mg. Minuman juga terbuat dari bahan seperti selenium, vitamin E, vitamin A, dan juga likopen. Produk ini kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Antioksidan dalam minuman ini diperoleh dari pomegranate, acai berry, dan grape seed.

Harga Rp. 37.900-141.000

Pure Collagen Healthy Skin Care

Pure Collagen Healthy Skin Care aman untuk dikonsumsi tanpa takut bikin berat badan naik. Minuman ini hadir tanpa pemanis buatan sehingga tidak akan membahayakan untuk kamu yang sedang diet. Minuman juga aman untuk kamu yang memiliki masalah asam lambung.

Produk terbuat dari kolagen dari hewan laut alias marine collagen. Ada juga kandungan vitamin C, ikan tilapia, dan buah stroberi. Diolah dan diproduksi dengan memakai teknologi tinggi, minuman ini aman hingga ke tangan konsumen. Minuman bisa menutrisi kulit, mengecilkan tampilan pori-pori, mencegah penuaan dini, mengatasi jerawat dan bekas jerawat. Minuman juga bisa melembapkan dan mencerahkan kulit.

Harga Rp. 139.000-370.000

Byoote Collagen

Byoote Collagen adalah minuman dalam bentuk bubuk. Minuman ini dibuat dengan memakai hydrolized collagen. Formula tersebut membuat senyawa kolagen bisa diubah menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah terserap.

Kandungan lain dalam minuman ini adalah L glutathione yang fungsinya bisa mendetoksifikasi tubuh. Kandungan ini juga bisa membantu mengurangi kerontokan rambut. Produk juga hadir dengan aneka vitamin seperti vitamin A, B, C, dan D. Ada juga kandungan green algae yang berfungsi mengatasi masalah jerawat dan mencerahkan wajah.

Harga Rp. 350.000

Roove Collagen Blueberry Drink

Roove Collagen Blueberry Drink akan bikin wajah kamu jadi tampak lebih muda. Terbuat dari fish collagen, produk ini juga dilengkapi dengan ekstrak bluberi alami. Bluberinya kaya akan antioksidan tinggi yang diperoleh dari vitamin C, omega 3, dan omega 6. Produk juga memiliki kandungan stevia sebagai pemanis alami. Jumlah kolagennya terbilang tinggi yakni 2500 mg.

Harga Rp. 236.000-384.000

MS Glow Glasskin Drink

MS Glow Glasskin Drink wajib kamu coba produknya. Minuman ini hadir dalam bentuk serbuk. Produk memakai fish collagen. Selain itu ada juga bahan seperti L glutathione dan juga hyaluronic acid yang bisa membantu mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Minuman juga akan menjaga kelembapan kulit dan menghidrasinya sehingga masalah kulit bisa teratasi dengan baik.

Minuman juga terbuat dari ekstrak sakura yang kaya isoflavon sehingga bisa membuat kulit lebih cerah. Dalam satu kotak berisi 15 sachet serbuk.

Harga Rp. 137.000-250.000

Kinohimitsu Collagen Diamond

Kinohimitsu Collagen Diamond bisa membuat kulit jadi lebih kenyal dan elastis. Kamu juga bisa menghilangkan tampilan pori-pori besar dan juga kerutan halus yang muncul di wajah dengan meminum produk ini secara rutin.

Ada kandungan ekstrak perilla seed yang manfaatnya adalah untuk meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi sel sehingga kulit tampak lebih muda dan lebih sehat. Dalam minuman juga ada silk protein yang bisa mengunci kelembapan jaringan kulit. Ada juga soy isoflavon yang bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Harga Rp. 220.000-1.400.000

Collaskin Drink

Collaskin Drink adalah minuman dengan kebaikan matcha green tea. Rasa green tea begitu kuat sehingga penikmat green tea tentu akan sangat menyukainya. Minuman ini juga kaya serat dan vitamin. Selain itu, ada juga kandungan selenium, zinc, klorofil, dan magnesium. Berbagai kandungan tersebut bisa menguatkan tulang, membantu membakar kalori, dan meningkatkan proses metabolisme.

Terbuat dari aneka bahan alami, minuman bisa dikonsumsi setiap hari. Ini bisa membentuk lapisan dasar guna menciptakan kulit yang kencang dan awet muda. Produk ini terbuat dari grass fed collagen. Bahan lainnya adalah serat akasia, madu multiflora, dan tentu saja green tea.

Harga Rp. 130.000-200.000

Vital Proteins Collagen Peptides

Vital Proteins Collagen Peptides merupakan rekomendasi terakhir kami. Minuman kolagen ini hadir dalam bentuk serbuk yang tinggal dicampur air dan diaduk saja. Uniknya, kamu juga bisa mencampurnya ke aneka minuman atau makanan lain. Bisa ditambahkan ke teh, susu, kopi, salad buah, hingga oatmeal.

Produk tidak hanya berisi kolagen namun juga terbuat dari vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Ada juga kandungan hyaluronic acid yang bisa meningkatkan kinerja kolagen dan bisa memperbaiki sel kulit.

Harga Rp. 735.000-1.273.500
From our editorial team

Pilih Minuman dari Jumlah Kolagen

Minuman kolagen hadir dengan jumlah kolagen yang berbeda-beda. Sebelum membelinya, tidak ada salahnya jika kamu mengecek jumlahnya. Untuk perawatan kulit, kuku, dan rambut, kamu butuh kolagen dengan kandungan minimal 5000mg. Boleh juga mencari yang kandungannya 8000 mg. Jumlah tersebut baik untuk satu hari. Sementara, jika kamu mencari produk untuk kesehatan tulang dan sendi, kamu bisa memilih yang kandungan kolagennya 10000 hingga 12000 mg per hari. pastikan kamu tidak mengonsumsi kolagen secara berlebihan. Sebab, terlalu banyak kolagen bisa memberatkan kinerja ginjal dalam mengolah sisa kolagen dan unsur-unsur sampah lain.