10 Rekomendasi Minuman Tradisional dalam Bentuk Instan yang Mudah Dinikmati (2021)

10 Rekomendasi Minuman Tradisional dalam Bentuk Instan yang Mudah Dinikmati (2021)

Minuman tradisional memang banyak macamnya. Kadang saking banyaknya, kita jadi kurang tahu secara mendetail apa saja bahannya, bagaimana sejarahnya, hingga dari mana asalnya. Nah, jangan sampai kamu tidak tahu banyak soal minuman tradisional. Yuk, kepoin aneka minuman tradisional yang masih banyak diminati. Dan, jangan lupa cek rekomendasi minuman tradisional instan yang bisa kamu icip di bawah!

Minuman Tradisional Banyak Disukai Hingga Kini

Indonesia memang dikenal akan kekayaan kulinernya. Tidak hanya kaya akan beragam jenis makanan namun juga minumannya. Bicara soal minuman tradisional Indonesia, tentu setiap daerah memilikinya. Minumannya berbeda-beda bergantung dari bahan utamanya. Setiap daerah memiliki bahan utama yang unik untuk menunjukkan kekhasan rasa tersendiri.

Minuman tradisional dari Indonesia kebanyakan memakai bahan rempah-rempah. Seperti kita tahu bahwa Indonesia kaya akan rempah-rempahnya yang melimpah. Bukan hanya rasanya saja yang enak namun kita juga bisa mendapat beragam khasiat dari rempah-rempah yang kita gunakan tersebut.

Minuman tradisional Indonesia ada yang enak disajikan panas dan ada pula yang nikmat disajikan dingin. Hal ini membuat kita memiliki banyak sekali pilihan minuman untuk menemani saat santai kita.

Meski sekarang ini ada banyak sekali minuman dari luar negeri yang menarik untuk dicoba, namun rupanya peminat minuman tradisional tidak kalah banyak, loh. Masih banyak masyarakat dari anak-anak hingga dewasa yang gemar minum minuman tradisional. Nah, kenali yuk, beberapa jenis minuman tradisional yang banyak diminati!

Beberapa Jenis Minuman Tradisional Paling Diminati

Wedang Uwuh

Wedang uwuh merupakan salah satu minuman tradisional Indonesia. Asalnya dari Yogyakarta dan hingga kini bisa mudah ditemukan baik di kafe, warung kecil, hingga tersedia juga dalam bentuk minuman instan. Wedang yang satu ini terbuat dari aneka dedaunan. Sehingga, jika disajikan bersama aneka bahannya, kesannya seperti minuman yang penuh dengan dedaunan.

Wedang uwuh disajikan panas dan hangat. Rasanya dominan manis dan pedas. Bahan utamanya adalah dari aneka rempah seperti jahe, kapulaga, kayu secang, sereh, dan lain sebagainya. Minuman ini cocok diminum saat cuaca dingin atau sedang hujan. Ini akan bikin tubuh jadi lebih cepat hangat.

Wedang uwuh memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Minuman tradisional ini bisa meredakan mual dan muntah berkat adanya jahe di dalamnya. Wedang uwuh juga bisa merdakan rematik karena ada bahan kayu secang yang bisa menurunkan kadar asam urat.

Mengonsumsi wedang uwuh juga bisa membantu menurunkan gula darah. Ini karena rempah di dalamnya seperti pala, jahe, cengkeh, dan kayu manis bisa menurunkan kadar gula darah. Wedang ini juga bisa menyehatkan pencernaan sehingga pencernaan makin lancar dan kita bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa terganggu sakit perut.

Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman tradisional lainnya yang wajib kamu coba. Minuman yang satu ini asalnya dari Jawa Tengah. Dibuat dari air rebusan jahe, pastinya minuman ini bisa menghangatkan tubuh. Kamu bisa menikmatinya dalam kondisi panas atau hangat. Uniknya, minuman ini berisi beberapa isian seperti kacang tanah yang digoreng tanpa minyak, pacar cina, hingga roti tawar yang dipotongi kecil.

Sekoteng bisa ditemukan di berbagai angkringan. Biasanya, minuman ini juga dijual berkeliling dengan gerobak. Sekoteng biasanya dijual di malam hari untuk menghalau rasa dinginnya malam.

Minuman tradisional yang satu ini memiliki banyak manfaat. Kamu yang sedang pusing dan mual bisa mengonsumsinya. Ini karena air jahe bisa merangsang aliran darah menuju otak dan juga bisa menghilangkan rasa mual.

Bagi yang sedang menstruasi juga bisa mengonsumsinya. Ini karena jahe kaya akan ibuprofen dan juga asam mefenamat yang ampuh mengurangi nyeri haid.

Sekoteng juga cocok untuk mengatasi osteoporosis dan peradangan sendi. Senyawa pada jahe ampuh untuk mengurangi zat kimia dalam tubuh dan bisa membuat rasa sakit dan nyeri di tubuh jadi berkurang.

Lahang

Minuman tradisional Indonesia tidak melulu dari rempah-rempah. Contohnya saja Lahang yang merupakan minuman khas dari Sunda. Minuman yang satu ini terbuat dari nira, yakni air sadapan pohon aren. Rasanya dominan manis dan segar sehingga cocok dikonsumsi di siang hari yang terik.

Minuman lahang diperoleh dengan menyadap bunga jantan dari pohon aren. Lahang dipercaya memiliki kualitas sebaik minuman isotonik. Lahang akan disimpan dalam batang bambu sebelum disajikan. Dalam segelas lahang terkandung sukrosa, protein, dan kadar lemak. Ini bisa menggantikan tenaga dan cairan tubuh yang hilang saat kita beraktivitas.

Lahang juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati diabetes. Mengonsumsi air nira dengan dosis rendah secara teratur justru bisa menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, air nira juga kaya akan serat sehingga bisa mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Ada kandungan asam ascorbik yang bisa membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar tanpa hambatan.

Lahang juga bisa melancarkan ASI. Untuk ibu hamil yang mengalami oksidasi nutrisi, kualitas dan kuantitas ASI jadi menurun. Maka dari itu, minum lahang bisa memeperlancar ASI dan mencegah terjadinya oksidasi atau perubahan nutrisi.

STMJ

Minuman tradisional berikutnya adalah STMJ yang merupakan singkatan dari Susu, Telur, Madu, dan Jahe. Minuman khas dari Malang Jawa Timur ini cukup banyak diminati. Bahannya mudah didapatkan. Campuran susu sapi murni dengan telur ayam kampung, ditambah jahe dan madu membuat minuman ini bisa menghangatkan badan dan mengembalikan stamina yang hilang usai beraktivitas seharian.

STMJ kaya akan khasiat kesehatan untuk tubuh. Ini karena aneka bahannya mengandung vitamin A, B12, dan vitamin D. Tubuh jadi bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Apalagi ada madu yang memiliki sifat antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh.

STMJ bisa mudah dijumpai di berbagai angkringan, warkop, hingga kafe. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah baik dari bahan-bahannya langsung atau dari minuman STMJ instan.

Bajigur

Bajigur merupakan minuman tradisional lain yang wajib kamu tahu. Minuman dari Priangan ini awalnya banyak dikonsumsi petani di Jawa Barat. Mereka menyeduh gula aren untuk diminum sebelum pergi bekerja di sawah. Gula aren dipercaya bisa menambah stamina, maka dari itu para petani meminumnya agar lebih giat bekerja di ladang.

Bajigur umumnya juga diberi bahan tambahan mulai dari santan, kopi, kayu manis, jahe, dan lainnya. Bisa juga disajikan dengan irisan kolang kaling agar kesannya lebih seru. Bajigur mudah ditemui di warkop hingga angkringan.

Ini Loh Deretan Minuman Tradisional Instan yang Bisa Kamu Cobain

X'TRAGIN Wedang Uwuh

X'TRAGIN Wedang Uwuh ini merupakan rekomendasi pertama kami. Minuman tradisional yang satu ini praktis tinggal seduh saja. Kamu bisa menikmati manfaat dari wedang uwuh tanpa ribet. Dibuat dari aneka rempah alami, minuman ini memiliki komposisi berupa jahe emprit, gula, garam, kayu secang, sereh, ekstrak madu, kayu manis, kapulaga, dan aneka bahan alami lainnya. Produk dibuat tanpa pengawet, perasa, dan pewarna buatan.

Manfaat wedang uwuh adalah untuk antioksidan, anti inflamasi, mengatasi pencernaan, menjaga kadar gula darah, hingga menurunkan kolesterol. Aduk 1 sachet dengan 200 ml air panas dan siap dinikmati.

Harga Rp. 14.000-41.000

Anget Sari Wedang Jahe

Anget Sari Wedang Jahe adalah rekomendasi kamu selanjutnya. Produk ini dihadirkan oleh PT. Forisa Nusapersada ini hadir dalam bentuk serbuk yang praktis tinggal seduh. Minuman ini mengandung jahe sebagai bahan utamanya. Diolah secara modern dan dikemas higienis, minuman ini aman sampai ke tangan konsumen. Kamu bisa beli rencengan isi 10 sachet. Produk sudah halal MUI dan BPOM sehingga dijamin tidak bikin was-was saat dikonsumsi.

Harga Rp. 9.000-10.500

Nutrisari W'Dank Bandrek

Nutrisari W'Dank Bandrek tentunya tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Bandrek sendiri merupakan minuman khas Jawa Barat. Minuman ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba aneka minuman asli Nusantara. Rasa bandreknya begitu khas. Ada rasa manis dan gurih yang bercampur dengan pas. Kamu bisa sajikan saat berkumpul bersama keluarga. Terbuat dari bahan alami seperti, kelapa, gula merah, kopi, dan daun pandan, produk ini dijamin menghadirkan kombinasi sempurna untuk minuman yang menghangatkan.

Harga Rp. 1.800-18.000

Nutrisari W'Dank Bajigur

Nutrisari W'Dank Bajigur juga wajib kamu icipi nih. Mencari penjual bajigur mungkin agak sulit sekarang ini. Namun, kamu tak perlu khawatir. Ad Nutrisari yang menghadirkan minuman serbuk bajigur yang siap seduh. Kamu tak perlu repot lagi jika ingin merasakan cita rasa aslinya. Tinggal seduh saja dan sajikan saat berkumpul bersama keluarga.

Harga Rp. 13.000-28.000

Wedang Jahe Sekoteng Jamu Herbal

Wedang Jahe Sekoteng Jamu Herbal ini terbuat dari bahan alami yang menyehatkan. Minuman ini sudah ada PIRT sehingga aman untuk dikonsumsi. Produk hadir dalam kemasan plastik isi 5 pcs. Setiap pcs memiliki berat 20 gram. Minuman ini diproses secara higienis dan diolah dalam bentuk minuman siap minum. Kamu bisa mencampurnya dengan kopi, susu, teh, bubur, atau minuman lainnya.

Ada banyak manfaat yang kamu dapatkan dari minuman yang satu ini. Daya tahan tubuh bisa meningkat. Tubuh juga bisa lebih hangat dan bisa mengatasi masuk angin. Gejala flu dan batuk juga bisa teratasi dengan baik. Kamu yang sedang sakit tenggorokan pun bisa sedikit mereda dengan minuman yang satu ini. Produk ini juga bisa mengatasi pegal linu, mual, kembung, hingga melancarkan haid bagi wanita.

Harga Rp. 3.700-19.000

SIDOMUNCUL Susu STMJ

SIDOMUNCUL Susu STMJ merupakan minuman tradisional yang mudah tinggal seduh saja. Produk ini dibuat dari susu, telur, madu, jahe, dan ginseng pilihan. Dapatkan aneka manfaat baiknya dari minuman yang satu ini. Kamu akan langsung merasa tubuh jadi lebih hangat dan lebih bugar. Tidak hanya cocok disajikan dalam keadaan panas, minuman ini juga enak diminum dalam kondisi dingin. Dalam 1 sachet isinya 30 gram.

Harga Rp. 9.500-13.000

WEDANG RONDE ISI 5 KHAS JOGJA

WEDANG RONDE ISI 5 KHAS JOGJA merupakan minuman yang cocok dikonsumsi saat cuaca sedang sangat dingin. Produk ini bisa menghangatkan tenggorokan dan juga badan. Minuman ini praktis tinggal seduh. Produk banyak disukai dari anak-anak hingga dewasa. Wedang ronde ini tidak repot membuatnya. Cocok juga untuk suguhan tamu yang datang ke rumah.

Harga Rp. 20.000-25.000

Kameumeut Bir Pletok Minuman Rempah

Kameumeut Bir Pletok Minuman Rempah adalah minuman yang menyehatkan dan juga menyegarkan. Minuman yang satu ini dibuat dari campuran rempah-rempah berkhasiat dengan tambahan gula. Ada sensasi hangat pada tenggorokan dan tubuh usai mengonsumsinya. Bir pletok ini terbuat dari air, aren, gula putih, sereh, jahe, kayu secang, kayu manis, daun jeruk, pandan, kapulaga, cengkih, merica, garam, dan pala. Produk sudah ada PIRT sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 14.000-39.000

SIDOMUNCUL Kunyit Asam

SIDOMUNCUL Kunyit Asam merupakan salah satu minuman tradisional yang aman untuk dikonsumsi. Minuman ini rasanya sangat menyegarkan. Ini cocok untuk para wanita yang sedang nyeri haid. Minuman ini juga bisa melindungi kesehatan hati. Produk ini anti radang juga. Minuman ini tinggal seduh. Bisa dinikmati dalam kondisi hangat atau dingin dengan es.

Harga Rp. 5.000-15.000

Mustika Ratu Beras Kencur

Mustika Ratu Beras Kencur adalah rekomendasi terakhir kami. Minuman jamu ini dijamin bikin tubuh makin segar. Kamu bisa mengonsumsinya dalam kondisi dingin agar makin segar. Diproses dengan teknologi UHT, minuman ini dikemas rapi dan aman sampai tangan konsumen.

Produk ini terbuat dari bahan seperti tepung beras, kencur, asam jawa, dan gula kelapa. Beras kencur bisa meredakan pegal-pegal usai beraktivitas seharian.

Harga Rp. 4.000-28.000
From our editorial team

Lestarikan Minuman Tradisional Indonesia

Kita sebagai bangsa Indonesia tentu wajib bangga dengan segala kekayaan alam dan keragaman budaya yang kita miliki. Semuanya harus kita lestarikan agar anak cucu kita kelak bisa menikmatinya juga. Salah satunya adalah minuman tradisional Indonesia. Ada banyak sekali minuman tradisional di negara kita. Jangan biarkan aneka minuman tradisional tersebut tergerus arus zaman dan juga tergeser oleh aneka minuman kekinian. Nah, cara melestarikannya adalah dengan mengenali aneka minuman tradisional dan juga mencoba menikmatinya. Selain bisa membuat kita lebih mengenal aneka minuman tradisional, membeli dan meminum minuman tradisional juga bisa turut mendukung perekonomian dalam negeri, loh.

Tag