Yuk, Buat Sendiri Resep Empon-Empon dan Cari Tahu Berbagai Khasiatnya! (2020)

Yuk, Buat Sendiri Resep Empon-Empon dan Cari Tahu Berbagai Khasiatnya! (2020)

Sejak kasus virus corona merebak di Indonesia banyak masyarakat mulai peduli akan kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi empon-empon yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tak heran bila hingga saat ini empon-empon mulai banyak diburu di pasar tradisional. Nah untuk Anda yang ingin mencoba resep empon-empon dan khasiatnya, berikut ulasan dari BP-Guide.

Ketertarikan Masyarakat pada Khasiat Empon-empon Meningkat

Penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 membuat masyarakat berlomba-lomba meningkatkan imun tubuh. Caranya dengan asupan gizi dan vitamin yang cukup. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk memilih apa saja makanan yang boleh dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi.

Selain itu, masyarakat pun sangat disarankan untuk mengonsumsi suplemen. Suplemen berbentuk obat-obatan banyak dijual, namun masyarakat juga bisa mengkonsumsi suplemen yang berupa empon-empon. Empon-empon adalah jenis minuman herbal yang sangat baik untuk tubuh.

Kandungannya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja manfaatnya dan bagaimana resep empon-empon yang bisa Anda coba buat sendiri!

Kenali Khasiat Empon-Empon untuk Kesehatan?

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sumber gambar theculturetrip.com

Empon-empon yang terbuat dari berbagai rempah rempah memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk sistem imun tubuh. Sistem imun akan lebih kuat dan tubuh Anda pun menjadi tidak mudah terkena penyakit.

Oleh sebab itu, Anda bisa mengkonsumsinya dengan rutin jika dibutuhkan. Namun jangan lupa untuk banyak minum air putih juga untuk mendukung khasiatnya.

Melegakan Pernapasan Akibat Dahak dan Batuk

Kandungan temulawak dalam resep empon-empon diketahui sangat berkhasiat untuk melegakan pernapasan. Jadi saat Anda batuk, khususnya jika dahak batuk Anda tidak kunjung keluar konsumsilah empon-empon.

Kandungannya mampu mengencerkan dahak dan mengeluarkannya hingga bersih. Jadi pernapasan Anda akan berangsur angsur lebih lega dan kemudian bisa pulih lebih cepat.

Membuat Tubuh Lebih Berstamina

Seperti diketahui, empon-empon juga menggunakan bahan seperti jahe dan kunyit. Keduanya sangat ampuh untuk membuat tubuh menjadi lebih berstamina.

Khusus bagi Anda yang harus banyak menghabiskan tenaga setiap waktu, pasti perlu stamina yang kuat setiap saat bukan? Konsumsilah empon-empon ini dengan rutin untuk membantu Anda.

Mencegah Pertumbuhan Bakteri Jahat dalam Tubuh

Jika dalam tubuh Anda sedang ada infeksi yang disebabkan oleh bakteri, mengonsumsi empon-empon akan sangat mampu mengendalikannya. Lebih baik lagi, sebelum bakteri jahat merusak kesehatan tubuh Anda empon-empon bisa segera mencegahnya. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang mengonsumsi empon-empon ketika sedang menderita penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Mencegah Radikal Bebas Penyebab Kanker

Sumber gambar www.dougcookrd.com

Terakhir, kunyit dalam empon-empon sangat berkhasiat untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Seperti diketahui, radikal bebas adalah penyebab pertumbuhan sel menjadi tidak normal dan terbentuk kanker. Oleh sebab itu, konsumsi empon-empon akan sangat baik untuk Anda dalam mencegah dan menanggulangi kanker pada tubuh.

Yuk, Coba Resep Empon-Empon yang Bisa Anda Dibuat Sendiri di Rumah Ini!

Siapkan Terlebih Dahulu Bahan yang Dibutuhkan

Seperti yang sudah diketahui, empon-empon adalah jenis minuman herbal. Minuman herbal yang satu ini membutuhkan bahan berupa berbagai jenis rempah rempah yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Resep empon-empon membutuhkan bahan berupa jahe, kunyit, temulawak, dan sereh.

Selain berupa bahan rempah-rempah, Anda juga perlu menyiapkan garam dan gula untuk menambah rasa. Gula yang bisa digunakan boleh Anda pilih berupa gula merah, gula aren, atau gula putih biasa.

Potong-potong Bahan dalam Ukuran Lebih Kecil

Selanjutnya, Anda perlu memotong seluruh bahan yang berupa rempah rempah sebelumnya. Sesuai perbandingan, Anda harus menyiapkan jahe, kunyit, temulawak, dan sereh dalam jumlah yang sama. Jadi jika semuanya langsung dihaluskan akan sangat menyulitkan.

Lebih baik Anda memotong terlebih dahulu setiap rempah rempah menjadi ukuran yang lebih kecil. Potonglah menjadi seukuran dadu atau bulat.

Haluskan Seluruh Bahan dengan Menggunakan Blender

Sekarang siapkan wadah blender Anda. Masukkan seluruh potongan rempah-rempah tadi. Namun jika memang terlalu banyak, Anda bisa memblendernya dalam dua tahap terpisah.

Haluskan seluruh bahan rempah-rempah tadi menggunakan blender. Pastikan seluruh bahan tercampur dan telah benar-benar halus sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Jika Anda menghaluskan dalam dua tahapan, campurkan hasil keduanya dan aduk kembali.

Rebus Bahan Dengan Air Hingga Mendidih

Bahan yang telah dihaluskan tadi, kemudian harus Anda rebus. Campurkan air sekitar 500 ml untuk mencampurkan bahan sebanyak setengah kilogram. Jadi Anda hanya tinggal memasukkan bahan halus ke dalam air dan merebusnya di atas api hingga benar-benar mendidih.

Namun dalam beberapa resep empon-empon lain, proses perebusan tidak harus sampai mendidih juga. Ada yang menunjukkan bahwa Anda bisa berhenti merebus ketika air rebusan telah mengeluarkan bau wangi rempah-rempah yang khas.

Tambahkan Garam dan Gula Sesuai Selera

Walau berupa minuman herbal, empon-empon harus diberikan penambah rasa agar mudah dikonsumsi. Bahan yang digunakan untuk menambahkan cita rasa pada minuman ini adalah garam dan gula. Anda bisa menambahkan garam dan gula sesuai selera Anda ya.

Jika Anda ingin minuman terasa lebih gurih, tambahkan lebih banyak garam. Namun jika ingin lebih manis, tambahkan lebih banyak gula. Namun jangan terlalu banyak dan membuatnya menjadi tidak enak dikonsumsi.

Saring Air dari Bahan-Bahan Setelah Mendidih

Jika sudah menambahkan gula dan garam, maka Anda bisa melanjutkan rebusan empon-empon tadi. Setelah mendidih atau keluar bau wangi khas rempah-rempah, matikan api. Segera saring air rebusan untuk memisahkan ampas rempah-rempah dari air empon-empon yang nantinya akan diminum.

Anda harus menggunakan saringan yang lubangnya kecil-kecil, sehingga penyaringan dapat dilakukan sebaik mungkin dan Anda bisa meminum air empon-empon yang lebih jernih.

Tambahkan Madu, Jus Lemon, dan Kayu Manis Jika Mau

Setelah disaring, empon-empon bisa didiamkan sebentar sebelum diminum. Namun jika Anda mau bervariasi, Anda bisa menambahkan campuran lain ke dalamnya. Misalnya, Anda bisa menambahkan jus lemon untuk membuat empon-empon terasa lebih segar dan wangi.

Atau ada juga yang menambahkan kayu manis, agar wangi dari empon-empon tidak terlalu menyengat. Terakhir, Anda juga bisa menambahkan madu untuk rasa yang manis namun tetap sehat.

Tambahkan Es Batu Jika Ingin Lebih Segar

Sumber gambar www.buderimginger.com

Beberapa orang juga lebih menyukai jika empon-empon disajikan dingin. Oleh karena itu, jika mau Anda bisa menambahkan es batu. Namun untuk Anda yang ingin mengonsumsi empon-empon untuk meredakan batuk, sebaiknya tidak mencampurkan es batu ya.

Es batu ini membuat empon-empon terasa lebih segar dan lebih diminati oleh orang muda. Akan tetapi, untuk beberapa kalangan penambahan es batu tidak direkomendasikan.

From our editorial team

Yuk, Coba Buat Minuman Empon-Empon Sehat Sendiri

Jadi demikianlah penjelasan mengenai apa saja khasiat empon-empon dan bagaimana resep empon-empon. Sekarang Anda bisa membuat empon-empon sendiri. Caranya cukup mudah bukan? Jangan tunggu lama lagi dan segeralah coba resep empon-empon di atas!