Temani Waktu Santai dan Hangout dengan 9 Rekomendasi Minuman Keras Termahal yang Layak Dicoba Ini (2021)

Temani Waktu Santai dan Hangout dengan 9 Rekomendasi Minuman Keras Termahal yang Layak Dicoba Ini (2021)

Mengonsumsi minuman keras sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Minuman ini memang bisa membuat tubuh lebih rileks sehingga biasanya dikonsumsi saat santai atau berkumpul. Kalau kamu ingin coba sensasi minum minuman beralkohol, kamu bisa coba rekomendasi minuman keras termahal berikut!

Peredaran Minuman Keras di Indonesia Memang Menjadi Polemik Saat Ini

Minuman keras saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat terutama mereka yang tinggal di luar negeri. Meski begitu, di Indonesia sendiri ada sebagian golongan yang juga mengonsumsi minuman keras atau yang kerap disebut dengan miras. Peredaran minuman keras di Indonesia masih menjadi perdebatan dan banyak pula undang-undang yang mendukung dan melarangnya.

Kultur dan mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam tentu menjadi faktor mengapa minuman keras dilarang di negara ini. Baru-baru ini Peraturan Presiden Nomor 10 tahun 2021 tentang bidang usaha justru membuka kesempatan investasi di dunia industri minuman keras. Perpres ini banyak mendapat penolakan dan banyak kalangan menuntut agar peraturan ini dikaji kembali.

Manfaat Minuman Beralkohol untuk Tubuh

Meningkatkan Kolesterol Baik

Sumber gambar www.medicinenet.com

Meskipun minuman keras dilarang dan dikenal memiliki efek yang tidak baik, ternyata minuman keras yang mengandung alkohol juga memiliki beberapa manfaat. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi minuman keras beralkohol dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Efek alkohol ini disebabkan karena alkohol dapat mengurangi pengentalan darah dan peradangan dalam tubuh.

Selain itu, alkohol juga dikenal dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik sehingga risiko penebalan dinding pembuluh dapat dikurangi. Tapi, mengonsumsi alkohol juga tidak bisa dilakukan secara berlebihan karena justru bisa meningkatkan risiko hipertensi dan fibrilasi atrium. Batasi konsumsi alkohol tidak lebih dari 2 gelas per hari untuk pria dan 1 gelas untuk wanita.

Mencegah Diabetes

Siapa sangka jika minuman beralkohol juga bisa menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Denmark dan diikuti oleh 70.000 partisipan membuktikan bahwa mereka yang yang rutin mengonsumsi alkohol memiliki risiko yang lebih rendah terserang diabetes. Professor Janne Tolstrup dari National Institute of Public Health of The University of Southern juga menyatakan bahwa frekuensi konsumsi alkohol juga bisa memberikan efek lebih baik jika dikonsumsi di waktu yang berbeda.

Membuat Tubuh Lebih Rileks

Sumber gambar www.travelandleisure.com

Alkohol juga punya efek lain yang bisa menguntungkan. Alkohol bisa membuat seseorang yang mengonsumsinya lebih rileks dan mudah bersosialisasi. Tentunya jika dikonsumsi dalam batas wajar. Saat stres, banyak orang yang terkadang melampiaskannya dengan mengonsumsi alkohol. Hal ini sesuai dengan penelitian yang menyebutkan bahwa hampir 60 persen orang dewasa mengonsumsi alkohol saat stres.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Drinkware juga menyatakan bahwa ada beberapa alasan orang memilih mengonsumsi alkohol. Sebanyak 38 persen partisipan mengaku mengonsumsi alkohol untuk melupakan masalah dan 47 persen lainnya mengaku mengonsumsi alkohol untuk menghibur diri.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Sumber gambar awonderifillworld.blog

Manfaat alkohol lainnya yang bisa kamu ketahui adalah efeknya untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi alkohol setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada pria. Pernyataan ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan di Spanyol dan melibatkan sekitar 15.000 pria dan 26.000 wanita.

Studi lainnya yang dilakukan oleh School of Public Health Harvard University menyatakan bahwa alkohol dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kolesterol baik tersebut dapat membantu melindungi jantung dan mengurangi risiko penyakit tersebut. Meski demikian, konsumsi alkohol secara berlebihan dan dil uar batas tetap dapat membahayakan jantung dan menyebabkan penyakit lainnya.

Tips Aman Mengonsumsi Minuman Keras

Makan Terlebih Dahulu

Sumber gambar www.india.com

Mengonsumsi alkohol tetap harus dilakukan dengan benar. Salah satu tips mengonsumsi alkohol yang benar adalah dengan mengisi perut atau makan sebelum minum minuman keras. Minum minuman keras dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan mual, pusing, dan sakit kepala. Selain itu, alkohol yang diminum saat perut kosong dapat diserap lebih cepat sehingga efeknya akan lebih parah. Jadi pastikan Anda makan camilan atau makanan lain sebelum mengonsumsi alkohol.

Minum Secara Perlahan

Sumber gambar www.mirror.co.uk

Agar tetap aman saat diminum, ada baiknya Anda meminum minuman alkohol pelan-pelan saja. Jangan cepat-cepat meminum atau menenggaknya sampai habis karena hal tersebut bisa membahayakan organ hati. Konsumsi tidak lebih dari satu gelas minuman beralkohol dalam satu jam agar tubuh bisa mentolerir alkohol tersebut dengan baik. Usahakan juga untuk minum jenis minuman yang sama dalam satu waktu atau jika ingin mencampurnya, mintalah bantuan bartender.

Jangan Terlalu Banyak

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik termasuk alkohol. Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa sebaiknya pria dan wanita dewasa tidak mengonsumsi lebih dari 14 unit alkohol dalam seminggu. Empat belas unit tersebut juga sebaiknya tidak diminum sekaligus dalam satu hari tetapi diberi jeda hingga beberapa hari sebelum mengonsumsinya kembali.

Satu unit alkohol setara dengan 240 - 280 ml bir, 50 ml wine, atau sake dengan kadar alkohol 12 -20 persen, 25 ml minuman keras lain seperti wiski, gin, vodka, tequila atau lainnya dengan kadar 40 persen. Jika dikonsumsi secara berlebihan alkohol dapat memberikan efek buruk bagi tubuh jadi pastikan Anda tidak mengonsumsinya berlebihan.

Jangan Menyetir Setelah Minum

Sumber gambar www.lowcostinterlock.com

Jangan menyetir atau mengoperasikan kendaraan maupun mesin setelah mengonsumsi alkohol. Perlu Anda ketahui bahwa minuman beralkohol bisa memperlambat refleks Anda serta mengurangi konsentrasi. Jika Anda berencana untuk minum, sebaiknya jangan bawa kendaraan sendiri terutama jika minum sampai mabuk. Akan sangat berbahaya jika Anda menyetir mobil atau kendaraan dalam keadaan mabuk.

Rekomendasi Minuman Keras Termahal yang Bisa Kamu Coba

Martell Red Barrel VSOP

Kalau Anda gemar mengonsumsi minuman beralkohol, Anda bisa coba produk yang satu ini. Martell VSOP Red Barrel adalah alkohol jenis Cognac yang lezat dan punya rasa yang kompleks. Minuman beralkohol asal Perancis ini sangat bagus dikonsumsi dan sangat cocok digunakan sebagai campuran cocktail. Dengan volume 700 ml per botol, minuman ini mengandung alkohol 40% dengan aroma prem, aprikot, melon kuning, Mirabelle, dan campuran rempah. Tentunya bisa membuat Anda lebih bersemangat setelah meminumnya.

Harga Rp. 1.080.000-1.420.300

Martell Cordon Bleu 1Liter

Martell Cordon Bleu juga menjadi salah satu minuman keras termahal yang layak dicoba. Minuman beralkohol cognac ini memiliki kandungan alkohol spirit dengan aroma dominan bunga anggrek, plum, apel, almond panggang, dan vetiver. Aromanya merupakan kombinasi dari rempah, kayu manis, madu, dan jeruk yang cukup kuat. Minuman ini cocok disajikan di acara khusus atau dengan dicampur sedikit air. Minuman beralkohol yang dibuat campurannya oleh Auguste Chapeau dan Edouard Martell ini hadir dalam botol 1000 ml dan memiliki rasa lembut dan kuat secara bersamaan.

Harga Rp. 5.175.000-5.175.000

Hibiki Harmony 700ml

Jepang juga punya produk minuman keras termahal produksi Suntory. LVS335 Hibiki Suntory Whisky Japanese Harmony adalah minuman beralkohol dengan volume 700 ml dengan kadar alkohol 43%. Minuman alkohol jenis wiski ini punya rasa yang lembut dan disajikan dalam trademark 24- faceted bottle yang merepresentasikan musim yang ada di Jepang. Dibuat dari perpaduan malt Jepang dan wiski gandum dari Yamazaki, Chita, dan Hakushu, minuman ini punya rasa yang ringan dengan aroma jeruk dan cokelat putih yang memikat.

Harga Rp. 2.000.000-3.500.000

Johnnie Walker Blue 750ml

Johnnie Walker adalah salah satu merek minuman keras yang populer. Blue Label dari Johnnie Walker adalah minuman wiski dengan kategori scotch yang punya campuran super premium. Minuman yang terbuat dari wiski gandum tua dan terbaik ini punya rasa yang unik dan bisa membuat Anda lebih bersemangat setelah meminumnya. Blue Label dengan kandungan alkohol 40% asal Skotlandia ini bahkan dinobatkan sebagai campuran wiski terbaik di dunia.

Harga Rp. 2.500.000-2.500.000

Drambuie 750ml

Minuman keras termahal lainnya yang bisa Anda cicipi adalah Drambuie. Drambuie adalah minuman keras jenis wiski yang terbuat dari campuran wiski scotch tua, herba, madu heather, dan rempah-rempah. Dengan warna cerah keemasan, minuman ini dibuat dengan resep rahasia yang dibuat untuk Bonnie Prince Charlie di abad ke-18 oleh apotekernya. Wiski ini punya aroma malt tua dan campuran nuansa bunga, herbal, serta madu yang lembut. Soal rasa, minuman ini punya susunan yang kompleks, lembut, dan bisa membuat tubuh lebih bergairah. Dengan kandungan alkohol 40%, minuman ini cocok dikonsumsi saat santai atau acara khusus.

Harga Rp. 860.000-943.000

Remy Martin XO 700ml

Remy Martin X.O Excellence adalah minuman alkohol dengan volume 700 ml dan mengandung kadar alkohol 40%. Minuman ini punya aroma jeruk, melati, dan kayu manis yang cocok dinikmati saat bersantai. Minuman asal Perancis dengan rasa hangat madu, vanilla, dan rempah ini sangat halus dan kaya.

Harga Rp. 2.000.000-2.000.000

Hennessy XO 700ml

Hennessy XO, adalah Ccgnac ekstra tua asli yang pertama dibotolkan pada tahun 1870 oleh Maurice Hennessy. Minuman ini jauh lebih kompleks dan gelap dibandingkan VSOP dengan aroma kulit, tembakau, serta rempah yang menarik. Dengan kadar alkohol 40%, minuman asal Perancis dengan warna amber ini cocok dikonsumsi sendirian maupun disajikan dalam acara yang mewah.

Harga Rp. 3.500.000-8.580.000

Omar Single Malt Whisky (Bourbon Cask) 700ml

Omar Bourbon Single Malt adalah minuman beralkohol asal Taiwan yang juga dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Produk Omar Bourbon yang diluncurkan pada tahun 2015 ini adalah minuman wiski dengan aroma karamel yang kuat dipadu dengan aroma buah kering, roti panggang, dan sedikit asap. Disuling dan dibotolkan di daerah Nantou, Taiwan, minuman dengan kadar alkohol 46% ini punya bodi yang sedang dan rasa yang halus.

Harga Rp. 1.350.000-1.350.000

Iceland Vodka 750ml

Vodka menjadi salah satu minuman keras asal Rusia yang banyak digemari. Iceland Vodka Original adalah minuman vodka dengan kadar alkohol 40% dan terbuat dari bahan alami pilihan. Iceland Vodka lokal asal Bali dibuat dengan bahan berkualitas dan air murni dari dataran tinggi Bali serta sudah melalui standarisasi internasional. Melewati tiga kali proses destilasi, minuman vodka ini punya rasa yang halus dan murni sehingga bisa jadi pilihan untuk Anda yang ingin menikmati vodka yang tidak terlalu berat.

Harga Rp. 145.000-249.700
From our editorial team

Perhatikan Konsumsi Minuman Keras

Minuman keras memang bisa memberikan beberapa manfaat untuk tubuh, tapi jika dikonsumsi secara terus menerus dan berlebihan justru bisa membahayakan kesehatan. Pastikan kamu mengonsumsi minuman beralkohol sesekali saja dalam jumlah sedang. Imbangi juga dengan makan sehat dan berolahraga.