8 Rekomendasi Lip Balm yang Aman untuk Si Kecil agar Bibirnya Lembap dan Sehat (2020)

8 Rekomendasi Lip Balm yang Aman untuk Si Kecil agar Bibirnya Lembap dan Sehat (2020)

Suhu cuaca yang ekstrem bisa menyebabkan bibir anak menjadi kering dan pecah-pecah. Ini tentu akan berpengaruh pada nafsu makannya. Jangan menyerah ya, ibu, BP-Guide akan merekomendasikan lip balm terbaik dari bahan alami yang aman untuk si kecil.

Bibir Kering juga Bisa Dialami Si Kecil Terutama pada Saat Cuaca Panas atau Dingin

Bibir kering ternyata bukan masalah orang dewasa saja, tetapi juga rentan diderita oleh anak-anak. Ketika cuaca terlalu ekstrem seperti sangat panas atau sangat dingin, bibir si kecil rawan mengalami pecah-pecah karena dehidrasi.

Ada banyak hal yang menyebabkan anak menderita bibir kering. Misalnya terpapar cuaca ekstrem (panas matahari atau dingin) secara berlebihan, kekurangan vitamin B dan nutrisi lainnya, hingga dehidrasi.

Bibir kering pada anak jika tidak segera diatasi akan menimbulkan penyakit lain yang lebih parah. Pada kondisi ini, anak biasanya kehilangan nafsu makan lantaran bibir yang terasa sakit saat bersentuhan dengan makanan.

Cara Mudah untuk Menjaga Bibir Anak agar Tidak Mudah Kering

Perbanyak Minum Air Putih

Sumber gambar timesofisrael.com

Salah satu kunci untuk menjaga bibir tetap lembap dan terhindari dari kekeringan adalah dengan memastikan asupan cairan yang masuk cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Anak-anak biasanya sulit untuk minum air secara teratur, sehingga orang tua tidak boleh lelah mengingatkan si kecil.

Ketika ia akan berangkat sekolah misalnya, bekali dengan botol minum dari rumah dan minta mereka untuk menghabiskannya.

Oleskan Madu pada Bibir

Madu sering disebut sebagai obat untuk hampir segala macam penyakit. Tidak salah memang mengingat manfaat madu yang sangat besar untuk menjaga kesehatan. Salah satunya adalah melembapkan bibir. Oleskan madu alami pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Madu akan menenangkan kulit bibir, membuatnya lembap kembali tanpa rasa sakit.

Nutrisi dari Buah dan Sayur yang Cukup

Sumber gambar parenting.com

Menjaga kesehatan bibir dari dalam juga sangat penting. Caranya adalah dengan memakan makanan dengan kandungan vitamin yang bermanfaat untuk bibir. Buah dan sayur adalah jenis makanan yang paling banyak mengandung mineral dan vitamin. Ini juga menjadi tantangan bagi orang tua agar si kecil mau makan buah dan sayur.

Pilih jenis buah dan sayur dan memiliki kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang tinggi. Jangan lupa cukupkan juga asupan vitamin B yang sering menyebabkan bibir menjadi kering. Nutrisi tersebut bisa ditemukan pada jenis makanan seperti telur rebus, ikan, bayam, buah bit, brokoli, dan asparagus.

Minyak Kelapa juga Bisa Dioleskan di Bibir

Merawat bibir pecah-pecah juga bisa dilakukan dengan mengoleskan minyak kelapa. Minyak kelapa dapat bekerja menjaga dan melindungi kelembapan kulit sekaligus memperbaiki tekstur kulit yang rusak.

Selain itu, bibir yang bengkak akibat luka karena pecah-pecah juga bisa mereda secara alami jika dirawat dengan minyak kelapa.

Ketika tidak ada masalah dengan bibir pun, minyak kelapa tetap baik digunakan sebagai salah satu cara alami untuk merawatnya.

Gunakan Lip Balm

Lip balm punya banyak fungsi dan manfaat. Yang utama tentu saja menjaga kelembapan bibir. Di samping itu, lip balm juga mengandung emolien tinggi yang bisa melindungi bibir dari efek buruk paparan sinar matahari, polusi, hingga makanan dan minuman yang tidak sehat.

Pilih lip balm dengan kandungan petroleum, beeswax, atau lanolin yang bisa menenangkan serta melembapkan kulit bibir. Lakukan ini secara rutin, setiap pagi sebelum beraktivitas dan setiap malam sebelum pergi tidur.

Lip Balm yang Aman untuk Anak

EVT (Evete Naturals) Lip Balm

Lip balm lokal produksi dari Yogyakarta terbuat dari bahan-bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikit pun.

Dengan kandungan VCO, almond oil, dan shea butter yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif di daerah tropis.

Warna yang dihasilkan sangat natural. Selain itu, 3 varian aromanya pasti disukai si kecil. Ada chocolate mint, lemon ginger, dan strawberry.

Harga Rp. 40.000-102.000

Sebamed Baby Lip Balm

Sebamed Baby Lip Balm diformulasikan khusus untuk melembapkan dan menyehatkan bibir si kecil. Tinggal oleskan saja lip balm tipis-tipis secara rutin agar bibir bayi dan anak tidak kering dan pecah-pecah. Formulanya yang alami dan aman sangat bersahabat untuk kulit mereka yang sensitif.

Harga Rp. 49.800-60.000

Babyganics Lip and Face Balm

Babyganics Lip and Face Balm menggunakan bahan-bahan alami seperti ekstrak biji tomat, biji bunga matahari, jintan hitam, cranberry, shea butter, dan vitamin E.

Tidak mengandung patraben, minyak mineral, petrolatum, serta pengharum sintetis. Sangat aman dan ringan untuk bibir anak. Selain itu, produk ini juga bisa melembapkan pipi dan muka bayi.

Harga Rp. 125.000-182.500

Novo Lip Balm

Lip balm organik ini hadir dalam rasa buah-buahan yang ringan di bibir anak. Ada blueberry, pomegranate, jeruk, dan cherry. Diperkaya dengan SPF 15 yang akan melindungi bibir anak dari sinar matahari. Kandungan di dalamnya antara lain yaitu shea butter, minyak jojoba, minyak alpukat, ekstrak teh hijau, dan bahan alami lainnya.

Harga Rp. 18.239-35.000

Lip Smacker

Brand asal Amerika Serikat ini menciptakan lip balm khusus untuk anak usia 2-12 tahun yang mengalami masalah pada bibir. Diperkaya dengan SPF 30 untuk melindungi bibir anak dari paparan sinar UV serta kandungan eucalyptus mint untuk mengobati bibir kering secara intensif.

Harga Rp. 50.000-124.700

Beauty Barn Lip Balm

Cegah bibir anak menjadi kering dan pecah-pecah dengan lip balm yang satu ini. Terbuat dari berbagai kandungan bahan alami aktif seperti minyak alpukat, shea butter, lavender, peppermint, dan sweet almond oil. Rawat bibir anak dengan lip balm alami ini secara rutin.

Harga Rp. 60.000-77.500

Buds Organics Lip Balm Pukka Pucker

Buds Organics Lip Balm Pukka Pucker memiliki beberapa fungsi seperti melembapkan kulit bayi yang kering dan menguatkan struktur sel kulit. Selain itu. produk ini juga mengandung incha inchi yang bisa melindungi kulit bayi agar tidak mudah terkelupas dan emolien yang mudah diserap oleh bibir.

Harga Rp. 260.000-455.000

Smiggle Bubble Lip Balm

Smiggle Bubble Lip Balm punya 5 varian rasa yaitu semangka, anggur, stroberi, blueberry, dan permen karet yang lezat dan disukai anak. Kemasannya mungil, mudah dibawa ke mana saja. Rawat bibir kering anak dengan lip balm ini secara rutin agar tidak kering dan pecah-pecah.

Harga Rp. 163.000-180.000
From our editorial team

Teliti Dulu Sebelum Membeli

Kulit anak cenderung sensitif sehingga tidak bisa diberi sembarangan produk. Agar tidak terjadi reaksi alergi dan hal lain yang tidak diinginkan, pastikan ibu sudah meneliti bahan-bahan yang terkandung dalam produk tersebut. Termasuk lip balm anak rekomendasi BP-Guide di atas. Jangan sampai justru muncul masalah kesehatan baru, ya!