Dapatkan Manfaat Terbaik Teh Hitam dan 10 Rekomendasi Produk Terbaiknya (2020)

Dapatkan Manfaat Terbaik Teh Hitam dan 10 Rekomendasi Produk Terbaiknya (2020)

Teh hitam termasuk jenis teh yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Tidak hanya memiliki aroma yang nikmat, teh hitam ternyata juga punya banyak manfaat bagi kesehatan lho. Yuk, cari tahu manfaat teh hitam dan rekomendasi produknya dalam artikel BP-Guide berikut ini.

Secangkir Teh Hitam Dapat Menjadi Penyemangat untuk Memulai Hari

Sumber gambar www.eatthis.com

Teh sudah lama dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Konsumsi teh sendiri sudah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu dan masih dilakukan sampai sekarang. Teh hitam merupakan salah satu dari banyaknya varian teh yang ada di seluruh dunia. Teh hitam berasal dari spesies Camellia sinensis, spesies yang sama dengan teh hijau.

Dalam pengolahannya, teh hitam melalui peoses okisidasi atau fermentasi alami oleh oksigen. Inilah yang menyebabkan warna teh berubah menjadi hitam serta memiliki aroma yang lebih kuat dibanding teh lainnya.

Teh hitam juga dipercaya mampu meningkatkan fokus dan kesadaran seseorang karena kandungan kafeinnya yang tergolong tinggi untuk jenis teh. Secangkir teh hitam biasanya memiliki kandungan 14-61 mg kafein. Itulah mengapa teh hitam memiliki khasiat yang kurang lebih sama dengan kopi, yaitu memperbaiki mood dan mengusir kantuk. Anda yang mulai loyo saat beraktivitas bisa membangkitkan semangat dengan secangkir teh hitam.

Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Melindungi Sel Tubuh Dari Kerusakan

Sumber gambar www.thespruceeats.com

Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hitam sangat tinggi. Sebut saja seperti kafein, polifenol, kafein, thearubigin, dan theaflavin. Kelompok antioksidan ini dapat membantu melindungi sel rubuh dari kerusakan dan menghilangkan radikal bebas. Dengan demikian, teh hitam mampu mengurangi resiko penyakit kronis seperti jantung, diabetes, stroke, dan hipertensi.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner

Sumber gambar www.heart.org

Pada penelitian yang dimuat dalam US National Library of Medicine National Institute of Health, ditemukan bukti yang menunjukkan bahwa teh hitam mampu mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Kandungan antioksidan yang ada pada teh hitam terbukti mampu menjaga jantung agar tetap sehat.

Meskipun demikian, kadar teh hitam yang dikonsumsi juga penting untuk diperhatikan. Dalam sehari, cukup minum 3 cangkir teh hitam saja. Karena jika lebih dari itu dapat menyebabkan efek samping seperti anemia, gelisah, dan sulit tidur.

Menyehatkan Pencernaan

Sumber gambar www.bouldervitality.com

Polifenol sebagai antioksidan yang ada dalam teh hitam dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menekan pertumbuhan bakteri jahat. Tidak hanya itu, sifat antimikroba pada teh hitam bekerja membunuh zat-zat berbahaya dalam usus sehingga membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

Menjaga Kestabilan Gula Darah

Sumber gambar insider.com

Manusia memerlukan asupan gula untuk memicu insulin yang kemudian diubah menjadi energi. Namun bagi penderita diabetes, asupan gula bisa mengganggu kestabilan gula darah. Teh hitam tanpa gula bisa menggantikan manfaat gula pada penderita diabetes.

Minuman ini bisa meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh. Bahkan menurut penelitian, teh hitam bisa melipatgandakan akvititas insulin dalam tubuh hingga 15 kali lipat. Teh hitam merupakan minuman yang baik bagi penderita diabetes karena mampu membantu menjaga kestabilan gula darah.

Memperlambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Di dalam teh hitam terkandung zat polifenol yang bekerja mencegah kelangsungan hidup sel kanker dalam tubuh. Hal ini sudah dibuktikan dalam banyak penelitian, dimana efek polifenol dalam teh hitam mampu menekan pertumbuhan sel kanker dengan cara mendorong pertumbuhan sel-sel baru yang lebih sehat. Studi lain yang dilakukan mengenai efek polifenol terhadap kanker payudara membutikan bahwa teh hitam dapat membantu mengatasi penyebaran tumor payudara.

Tips Minum Teh Hitam Untuk Mendapatkan Manfaat Terbaiknya

Tiga Cangkir Sehari Sudah Cukup

Sumber gambar obubutea.com

Minum teh hitam memang bisa meningkatkan fokus dan kewaspadaan. Namun ini bukan berarti Anda bisa minum teh secara berlebihan lho. Terlalu banyak minum teh dalam sehari justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Teh yang tinggi kandungan antioksidan bisa menyebabkan gangguan pada fungsi hati. Sebaiknya cukup minum teh maksimal tiga cangkir dalam sehari untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

Jangan Minum Teh Ketika Perut Kosong

Sumber gambar www.lipton.com

Jika Anda termasuk orang yang minum teh di pagi hari sebelum sarapan, sebaiknya kebiasaan itu dihentikan sekarang juga. Minum teh dalam kondisi perut kosong dapat memicu masalah lambung yang serius. Teh menyebabkan naiknya asam lambung yang akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Sebaiknya, minum teh setelah sarapan untuk menjaga lambung tetap dalam kondisi yang optimal.

Hindari Minum Teh Segera Setelah Makan

Sumber gambar parenting.firstcry.com

Orang-orang yang sedang menjalani program diet biasanya meminum teh sesaat setelah makan. Padahal hal ini sangat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan lho. Meminum teh setelah makan tidak akan melunturkan lemak, namun justru mengikat kandungan zat besi dan protein sehingga tidak dapat terserap oleh tubuh.

Kekurangan zat besi dan protein membawa dampak yang buruk bagi kesehatan. Fungsi dari kedua zat tersebut adalah membantu proses pembentukan sel-sel dalam tubuh, meningkatkan energi, dan menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh. Waktu yang ideal untuk minum teh adalah 30 sampai 45 menit setelah makan.

Rekomendasi Produk Teh Hitam Terbaik dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Teh Hitam Kayu Aro

Rekomendasi pertama adalah produk teh yang disebut-sebut sebagai salah satu teh hitam terbaik di Indonesia. Keunikan dari Teh Hitam Kayu Aro terletak pada daun tehnya yang diambil dari perkebunan teh di kaki gunung Kerinci. Itu merupakan perkebunan teh terbesar kedua di dunia setelah Darjeeling yang berlokasi di India.

Kualitas dan rasa dari teh ini tidak perlu diragukan lagi, demikian juga manfaat kesehatan yang diberikan. Aroma yang sangat kuat menjadi ciri khas dari teh yang satu ini. Ketika baru diseduh, akan muncul dari sedikit sepat, namun berubah menjadi manis dalam waktu 10 menit. Jika belum pernah, jelas Anda harus mencoba teh yang satu ini.

Harga Rp. 5.000-25.000

Sariwangi Teh Asli

Membahas soal teh tentu tidak bisa melupakan brand yang satu ini. Sariwangi adalah merek teh lokal yang sangat populer di Indonesia. Salah satu produk terbaiknya adalah Sariwangi Teh Asli, teh dengan rasa yang klasik dan harga sangat terjangkau.

Teh hitam Sariwangi memiliki kandungan antioksidan dan kafein yang tinggi di dalamnya, serta baik untuk membantu menurunkan berat badan. Teh dikemas dalam bentuk celup untuk memudahkan Anda dalam melarutkannya di dalam air panas. Teh Sariwangi dijual dalam berbagai kemasan dengan isian berbeda untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

Kualitas teh dari merek ini tidak perlu diragukan lagi. Sariwangi terbuat dari daun teh pilihan, diolah melalui proses yang higienis untuk memastikan Anda mendapatkan segala manfaatnya.

Harga Rp. 5.000-10.000

2Tang Classic Black Tea

Selanjutnya ada rekomendasi teh premium dari Indonesia, 2Tang Classic Black Tea. Teh ini memiliki aroma dan karakter rasa yang sangat kuat, terbuat dari daun teh pilihan berkualitas yang diracik secara tradisional. Setiap cangkirnya mampu menghadirkan kehangatan dan memberikan sensasi yang eksotis.

Berbeda dengan teh hitam kebanyakan, teh ini memiliki rasa yang ringan dengan aroma vanilla dan melati yang menenangkan. Sangat cocok bagi penikmat teh yang tidak suka dengan rasa teh yang terlalu kuat. Teh ini dikemas dalam model celup sehingga sangat praktis.

Harga Rp. 80.000-150.000

Dilmah Pure Camomile Flowers

Dilmah Pure Camomile Flowers bukan sekedar teh yang punya citarasa nikmat saja, tetapi juga memiliki segudang manfaat kesehatan. Teh ini cocok dikonsumsi Anda yang memiliki masalah pencernaan. Khasiatnya untuk kesehatan adalah memberikan rasa rileks dan membantu meredakan diare. Teh ini juga tidak mengandung kafein sehingga aman dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah pada lambung.

Kandungan bunga camomile di dalam teh memberikan aroma yang lembut, membuat tubuh merasa rileks. Cocok untuk diminum di sela-sela padatnya aktivitas dan di malam hari jika Anda sulit tidur. Dalam satu pak produk terdapat 20 kantong teh celup yang bisa Anda nikmati. Cukup seduh dengan 220 ml air panas, lalu diamkan sealam 3 menit agar teh bisa larut dengan sempurna.

Harga Rp. 50.000-90.000

Lipton Yellow Label Tea

Lipton adalah merek teh ternama di dunia yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Lipton Yellow Label Tea adalah teh hitam premium yang telah mengantongi sertifikasi dari Rainforest Alliance (RFA) karena mengambil bahan baku dari perkebunan teh yang legal dan memberi upah adil pada para pekerja yang memetik teh.

Teh ini terbuat dari daun teh besar dan berkualitas untuk menghasilkan seduhan rasa yang nikmat. Tidak hanya itu, teh ini juga diproses sesuai dengan standar internasional. Tidak perlu khawatir, teh ini sudah terbukti halal kok. Untuk semua kelebihan yang didapatkan, teh ini dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Harga Rp. 30.000-60.000

Tasseo Premium Darjeeling

Darjeeling dikenal sebagai salah satu penghasil teh terbaik di dunia. Oleh karena itu, setiap produk teh yang mengambil daun teh dari sana selalu diminati oleh para pecinta teh. Termasuk Tasseo Premium Darjeeling. Ini merupakan teh dengan rasa dan aroma premium yang dijual dengan harga terjangkau.

Teh ini memiliki rasa berkelas yang sulit Anda dapatkan dari produk teh biasa. Dikemas dengan sangat hati-hati menggunakan lapisan kertas foil untuk memastikan aroma dan rasa teh tetap terjaga. Baik dalam keadaan kering maupun sudah diseduh, teh ini akan menggugah selera Anda. Buat Anda yang suka meluangkan waktu untuk tea time, produk yang satu ini memang sangat layak dicoba.

Harga Rp. 45.000-100.000

Singabera Nawakani Chai

Produk berikutnya yang akan direkomendasikan kepada Anda adalah Singabera Nawakani Chai, teh premium dengan rasa khas Indonesia. Seluruh kemasan dari teh ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, mulai dari kantong celup, tali hingga kertas labelnya. Setiap kantong celup teh ini berisi daun teh asli untuk menghadirkan rasa autentik yang terjaga kesegarannya.

Teh ini sangat cocok buat Anda yang suka dengan rasa teh yang kuat. Tidak hanya itu, keaslian rasa teh juga terjamin karena produk ini tidak menggunakan bahan pengawet. Rasakan aroma rempah asli Indonesia yang berpadu dalam kenikmatan secangkir teh.

Harga Rp. 150.000-250.000

Twinings Darjeeling Tea

Setiap penikmat teh pasti tahu, Twinings adalah merek teh terkemuka asal London yang menyajikan rasa dan kualitas tiada duanya. Salah satu produk mereka adalah Twinings Darjeeling Tea, teh hitam dengan rasa ringan yang terbuat dari daun teh asli Indian Himalayan. Rasanya yang ringan dan tidak terlalu pekat membuat teh ini cocok dan bersahabat untuk siapa saja.

Rasa yang diciptakan oleh teh ini juga tidak main-main lho. Dalam setiap cangkirnya Anda dapat mencicipi sensasi manis seperti anggur muscat yang nikmat. Seduhan tehnya pun berwarna keemasan, membuat teh ini semakin menggugah selera.

Harga Rp. 45.000-150.000

Teh Celup Sosro

Teh dapat menjadi minuman hangat yang sempurna untuk disajikan di waktu santai, terutama di siang atau sore hari. Jangan memilih teh sembarangan, pilih teh yang berkualitas dengan rasa khas supaya tea time menjadi lebih berkesan. Teh Celup Sosro bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Sosro merupakan merek teh asli Indonesia yang produknya sudah dipasarkan ke seluruh pelosok negeri. Teh yang dijual dalam kemasan celup ini sangat mudah dan praktis untuk diseduh. Terbuat dari daun teh yang berasal dari pegunungan langsung untuk nenghasilkan aroma, warna, dan rasa teh alami. Seduh dengan air mendidih sebanyak 200 ml, lalu biarkan selama 3 menit supaya teh larut dengan sempurna.

Harga Rp. 2.000-30.000

Sir Thomas Lipton Earl Grey Black Tea

Produk terakhir yang ada dalam daftar ini adalah Sir Thomas Lipton Earl Grey Black Tea. Teh ini dibuat untuk menjaga konsentrasi Anda selama menjalankan aktivitas. Teh jenis earl grey ini sangat unik karen kandungan kafeinnya yang lebih banyak dibandingkan teh lain pada umumnya. Cocok untuk Anda yang sedang bekerja, karena dapat meningkatkan fokus seseorang.

Untuk Anda yang sibuk, teh ini layak dijadikan pilihan. Selain itu, teh yang satu ini juga memiliki rasa yang kuat dan khas dengan subtle bergamot notes dalam setiap seduhannya. Aroma yang tipis dan menyegarkan akan membuat Anda ketagihan untuk meminumnya lagi.

Harga Rp. 50.000-110.000
From our editorial team

Sudah Siap Merasakan Manfaat Teh Hitam?

Teh hitam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun Anda tetap harus memperhatikan jumlah teh hitam yang Anda minum setiap hari. Jangan sampai terlalu banyak karena justru bisa menimbulkan masalah kesehatan. Nikmati teh hitam berkualitas dari rekomendasi produk BP-Guide di atas ya!

Tag